Resume Pertemuan ke-13
Kamis 16 April 2020
Mengajar Gaya Motifator
Bagaimana peran seorang guru
yang sesungguhnya ?
Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru belajar Menulis Kelompok 8
Bapak Aris Ahmad Jaya adalah seorang motivator sekolah sekolah
unggul di Indonesia.
Beliau sudah lebih dari 15 tahun menjadi sang motivator untuk sekolah sekolah unggul seperti labschool kebayoran, labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia,
Beliau lahir di pati 23 Febuari 1974,pernah diterima didua universitas di Indonesia tanpa tes yaitu di IPB dan UGM. Aris Ahmad Jaya menyelesaikan gelar dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Master Manajemen di UIKA Bogor Tahun 2015.
Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO dilembaga ABEco SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak dibidang Motivasi dan Konsultan bagi sekolah sekolah unggul di Indonesia serta lembaga baik pemerintah maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan Beberapa karya buku Best Seller diantaranya buku 30 hari mencari jati diri, yang telah terjual lebih dari 45.000 eksemplar Love Touch Parenting, dan buku lainnya.
Aris Ahmad Jaya telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti sukses ilmu, sukses karakter, sukses masa depan untuk para siswa, Love Touch Parenting bagi orang tua serta mengajar Gaya Motivator bagi para guru dan pendidik.
Sekolah unggul juga sudah bersinergi bersama Aris Ahmad Jaya di Indonesia. Seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, wilayah Sumatera dan wilayah Indonesia.
Mengajar Gaya Motivator adalah program hebat khusus untuk para guru dan pendidik yang telah dirasakan oleh lebih dari 3500 guru di Indonesia Training ini telah di rasakan manfaatnya oleh para guru dan pendidik.
Beliau sudah lebih dari 15 tahun menjadi sang motivator untuk sekolah sekolah unggul seperti labschool kebayoran, labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia,
Beliau lahir di pati 23 Febuari 1974,pernah diterima didua universitas di Indonesia tanpa tes yaitu di IPB dan UGM. Aris Ahmad Jaya menyelesaikan gelar dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Master Manajemen di UIKA Bogor Tahun 2015.
Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO dilembaga ABEco SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak dibidang Motivasi dan Konsultan bagi sekolah sekolah unggul di Indonesia serta lembaga baik pemerintah maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan Beberapa karya buku Best Seller diantaranya buku 30 hari mencari jati diri, yang telah terjual lebih dari 45.000 eksemplar Love Touch Parenting, dan buku lainnya.
Aris Ahmad Jaya telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti sukses ilmu, sukses karakter, sukses masa depan untuk para siswa, Love Touch Parenting bagi orang tua serta mengajar Gaya Motivator bagi para guru dan pendidik.
Sekolah unggul juga sudah bersinergi bersama Aris Ahmad Jaya di Indonesia. Seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, wilayah Sumatera dan wilayah Indonesia.
Mengajar Gaya Motivator adalah program hebat khusus untuk para guru dan pendidik yang telah dirasakan oleh lebih dari 3500 guru di Indonesia Training ini telah di rasakan manfaatnya oleh para guru dan pendidik.
Untuk mendapatkan keilmuan dari mr. sugesti indonesia (bapak aris
ahmad jaya), silahkan follow instagram beliau di link berikut:
Teman-teman juga bisa menhubungi blog nya di http://arisahmadjaya.com/
Berdasarkan niat saya membagi guru menjadi dua :
** Pertama adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan
guru betulan adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang
pendidik ingin mengajak dan memang dia ingin menjadi guru guru betulan ini
memang seorang guru yang diidamkan guru yang memiliki energi untuk mengajar
energi untuk bertemu dengan siswa energi untuk mengeluarkan keilmuannya kepada
anak didiknya guru betulan memang guru yang diidamkan oleh setiap siswa
** Kedua guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi
pengajar maka dia menjadi guru kebetulan lulus dari universitas dan sambil
menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan kita terima
makanya akhirnya menjadi guru sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian
orang tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu kebetulan ada temen
yang ngajak daripada nganggur maka menjadi guru apakah guru kebetulan
namun
kadang-kadang guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan ketika dia mau
belajar mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus dihadapi
dan kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang menjalani
kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari
bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus dijalankan apakah ada guru
betulan atau kebetulan itu salah dan jadi yang jadi masalah adalah ketika
anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru ,itu yang masalah
baik ada guru betulan maupun anda guru kebetulan ketika anda menerima profesi
ada ini sebagai bagian dari sebuah pilihan dan mau memberi pembelajaran
dengan cara yang baik dan menyenangkan menginspirasi anak didik Anda mencintai
ilmu yang anda sampaikan maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan
buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya,
apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar menyampaikan asal-asalan dan
menyesali pilihan hidupnya karena itu selamat datang para guru yang mau
menginvestasikan waktu untuk belajar ,saya akan mencoba membantu anda untuk
menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan
kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda adalah kurikulum
yang sesungguhnya apapun yang anda bawa murid Anda akan mencintai manakala dia
menyukai anda karenanya izinkan saya untuk hari ini pada sesi kali ini
mengajarkan kepada anda bagaimana anda menjadi guru yang dinanti kehadirannya, di
rindukan kepergiannya guru yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan ,baik
pembelajaran apapun yang anda berikan .Anda adalah
kurikulumnya karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan
mudah-mudahan untuk tema hari ini anda bisa pahami dan bisa anda praktekkan
mudah-mudahan Allah senantiasa mewujudkan niat kita seseorang yang menjadikan murid kita mencintai ilmu, mudah-mudahan
bermanfaat .
Selanjutnya beliau menyampaikan ada tiga tipe guru berdasarkan kinerja.
1) Guru nyasar adalah guru yang
tidak punya tujuan tidak punya arah, menyesatkan ,mengapa karena murit-murit
membenci apapun yang disampaikan guru ini , karena tidak punya target,tidak
berenergi.kehadiranya tidak di harapkan,kehadiranya seperti jam dinding
bergerak sangat lambat murit merasa jenuh.
Apabila ada teman sejawat yang
seperti itu disarankan segera berubah atau segera berhenti karena memberikan
kontribusi negative pada siswa untuk masa depannya.
2) Guru bayar adalah Guru yang
berenergi karena gaji, imbalan, finansial. Tidak konsisten berdasarkan dekat atau jauhnya tanggal gajian. On off
kadang semangat kadang tidak.Disaat tanggal muda begitu ceria di tanggal tua
kelihatan muram.Untuk guru seperti itu segera sadar menuju jalan yang benar.
3) Guru sadar adalah Guru yang sadar,kehadirannya
selalu dinanti,murit-murit mencintai pelajarannya,pelajarannya menjadi
menyenangkan murit-murit akan mencintai dirinya pelajarannya kehidupannya karena
disana ada kata-kata yang keluar yang mampu menyadarkan,pembelajaran menjadi
menyenangkan,keilmuan menjadi mengasyikkan. Kepergiannya akan selalu
dirindukan.
Ada Lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar
gaya motivator dan silakan Anda praktekkan 5 langkah ini maka dengan
langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi guru yang dicintai guru yang
dirindukan guru yang menginspirasi dan guru yang menjadikan murid-murid anda
mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bawa.
Sebelum
saya berikan saya ingin mencoba membahas tentang bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya.
Ada 4 peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan
utuh yaitu :
**Peran yang pertama adalah mengajar yaitu mengajak
memindahkan keilmuan yang ada di otak kita ke otak murid kita memindahkan
kurikulum yang ada ke pikiran kita jadi kalau guru hanya sekitar mengajar maka
anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini bisa online mereka bisa
belajar dari YouTube bahkan sekarang sudah ada online yang memungkinkan murid
Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.
**Peran yang kedua adalah mendidik bagaimana seorang guru
mendidik tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri
dari 2 kata digugu dan ditiru diharapkan ketika Anda masuk ke ranah mendidik
maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma baik yang bisa dijalankan
oleh anak didik kita dalam keseharian kedisiplinan kejujuran bisa dipercaya
berbagi bekerja sama berkomunikasi memudahkan urusan orang lain menolong membantu
itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik dan anda bisa masuk
lewat pembelajaran apapun.
**Peran yang ketiga adalah menginspirasi guru level berikutnya adalah
sosok guru yang menginspirasi yang mampu memberi keteladan,mampu menginspirasi
siswanya untuk berbuat hal-hal positif.
Mampu menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka anda adalah inspirator bagi
mereka anda motivator bagi mereka. Mereka menjadikan anda menjadi bagian dari
history bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian dari cerita.
** Peran yang terakhir adalah menggerakkan inilah level tertinggi seorang
guru. Mampu menggerakkan siswanya dari yang biasa menjadi luar biasa
sesuai kemapuannya.Mampu menggerakkan mereka
untuk mengerjakan apa yang Anda sarankan. Guru yang mampu mengasah talenta siswa sehingga yang
tadinya pasir menjadi mutiara.
Terkadang kita lebih fokus
pada peran pertama dan ternyata guru
yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi dan mampu menggerakkan siswa
untuk melakukan hal-hal positif.Guru yang hebat tidak hanya mengajar tapi bisa
mendidik,menginspirasi dan menggerakkan.
5 Langkah sederhana agar bisa mengajar gaya motifator
1. 1.Jadilah
guru yang menarik guru yang menyenangkan
Dengan menarik guru memiliki daya tarik.
Dengan menyenangkan guru akan dirindukan anak didiknya.Guru yang memiliki daya
tarik akan senang dilihat oleh peserta didiknya, baik dari sisi penampilan
ataupun prilaku. Hal ini berlaku tidak hanya dikelas, atapi juga diluar kelas.
untuk menjadi menarik guru harus melaksanakan tiga langkah sederhana
yaitu:
1. Persiapkan diri untuk menarik,di mulai dari apa yang terlihat,
penampilan, perilaku. Menyenangkan mulai dari yang di rasa.Guru yang layak
dizinkan. Ketika kita masuk kelas ada dua pintu pada siswa : diizinkan dan
tidak dizinkan. Pintu diizinkan adalah pintu diamana siswa nyaman.
Kebaliklannya Pintu Tidak Diizinkan adalah pintu dimana siswa merasa tertekan
sehingga apa siapa dan bagaimana kita di kelas itu tidak diterima oleh siswa.
Guru harus bisa menyenangkan, sehingga harus bisa memahami siswa. Contoh
membuka pintu ‘diizinkan’ adalah masuk dalam kondisi senyum “1225” (1 dari
hati, 2 cm kiri dan kanan, cukup 5 detik).
2.
Sapa
mereka dengan salam,yang benar sebelum mengucap Assalamu’alaikum sebaiknya kita
sapa dengan kalimat yang lain missal siapa yang menjawab salam saya doakan menjadi anak yang sukses atau
siapa yang menjawab salam semoga menjadi orang cerdas seketika anak-anak akan
menjawab aamiin,nha dari situ anak sudah antusias dengan apa yang akan kita
sampaikan.
berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pelajaran dimulai
mainkan game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan Setebak-tebakan
anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube dari internet.Bisa kita
ATM
(Amati tiru modifikasi).
3.
Apresiasi
proses mereka. Apesiasikan sebelum kenaikan kelas apresiasikan sebelum ia
menjadi juara.Hargai prosesnya.Tangkap basah kebaikan, “tempa besi selagi panas”.Anda
bisa memberi apresiasi secara personal atau masal.Jangan pelit terhadap
pujian,pujilah mereka.Katakan aku bangga kalian aku suka mengajar di kelas ini.Contoh
lain ketika ada peserta didik yang datang tepat waktu, guru dapat langsung
meberikan apresiasi dengan berkata; “ keren, kamu orang yang disiplain. Isya
Allah kamu akan menjadi orang yang berhasil”. Tidak tunggu sampai penerimaan
rapor, sehingga dia lupa. Kata-kata seperti ini akan membuat respek mereka.
2.
Temukan
titik lebihnya dan motifasilah mereka ,temukan nilai unggulnya temukan dan
mulailah masuk melalui nilai unggul mereka nilai tambah mereka dan masuklah
pada nilai tambah mereka.Jangan paksa mereka.Ensten mengatakan kalau kita
memaksa seekor burung berenang,ikan untuk terbang ,monyet untuk melata maka kita
akan melihat dari kebodohan kebodohan dari hewan itu.Sama halnya seorang guru,guru yang hebat akan mmeberikan
kesempatan pada muritnya unggul dalam keunggulan-keunggulan yang mereka miliki.Tidak
semua murit unggul dalam semua bidang jadi cari nilai unggul pada masing-masing
siswa.
Ada 3 langkah untuk memotivasi sehingga siswa menemukan dan bangga
akan keunggulan mereka;
1) Harus mampu memberi momentum kesempatan hebat berdasar nilai
lebihnya. Beri dia kepercayaan. Mampu memberikan momentum,kesempatan hebat
berdasarkan nilai hebat mereka.Misal sebagai ketua kelas beri kepercayaan untuk
mengelola kelas.Atau berikan kesempatan murid anda untuk menjadi duta sekolah
anda,tujuan memberikan kepercayaan mereka bahwa mereka punya nilai.Setiap anak
di berikan momentum agar mereka percaya mereka punya kemampuan.Momentum di
berikan bukan karena dia harus jadi juara tapi mereka merasa orang yang di
percaya.
2) Libatkan menjadi pemain, jadikan mereka bagian dari history
mereka. Jadikan mereka pelaku bukan penonton.Sesungguhnya guru yang hebat
adalah guru yang mampu mewujudkan kehebatan muritnya karena melibatkan muritnya
dalam proses kehebatan masa depannya.Orang hebat bukanlah orang yang mmpunyai
nilai lebih tp orang hebat adalah orang yang mampu melibatkan kemampuan
menghebatkan orang di sekitarnya termasuk muridnya.
3) Berikan label positif secara klasikal maupun individu label
membangun persepsi label akan membangun rasa. Label positif sebagaimana yang anda katakan.Kata kata anda
adalah proposal hidup.dan proposal hidup akan terwujud seperti apa yang anda
proposalkan,kata-kata adalah doa. Misal kita beri kelas Lebah, Kelas Bintang,
Si Jenius, Si Pemusik dan lain sebagainya.
Sebelum menyampaikan Langkah selanjutnya Bapak Aris mempersilahkan
untuk melakukan diskusi terlebih dahulu serta membagikan link youtube kepada
para peserta.
Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang Guru akan
mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
Bahasa cinta APRESIASI.
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE
Mr Sugesti Indonesia
Beberapa Pertanyaannya para peserta :
Pertanyaan 1 :Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai guru BAYAR dan guru NYASAR.
Pertanyaan 1 :Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai guru BAYAR dan guru NYASAR.
Jawab :semua guru berpotensiuntuk mjd
guru dsadar,namun itu sangat terkait dengan meluruskan keinginan yg kuat krn pd
dasarnya guru sadar sngt terkait den latar depan bukan latar blkang latr blkng
dia bukn latr dri keguruan keilmuannya bs jadi tidak sesuai yang di ajarkan saat
ini nmun krn dia sadar diam au bljr mmprbaiki diri metode yg tepat mk ia akan
bisa mnjdi guru sadar nmun seorang yg guru bayar /nyasar susah u mnjdi guru sadar mn kala dia tidak mau keluar dari
zona kenyamanan mrk.skli lg guru sadar
seorang yg mmpunyai niat mulia bkn skedar bayaran
mengisi waktu luang.insyaAllah gru yg pny potensi terus
belajar mengabdi mlyani berkontribusi
lmbat laun ia akan seorang guru sadar yang di rindukan yg hadirnya di nantikan
dan mnjdi inspirasi bagi murit-muritnya.
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Pertanyaan 2 :Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang.
Jawab :
Pengetahuan adalah kekuatan namun yg bnar ada pengetahuan kekuatan saat di
terapkan semua ilmu akan mnjadi nyata manakala di aplikasikan dan bkn di rak
perpus.semua keilmuan pd dasarnya 10 % ide 90 aksi.aksi inilah yg mnjdikan
sbuah pngetahuan mnjdi bermanfaat.krnnya guru hebat pd dasrnya yg
mempraktekkan,mengaplikasikan dan memperbaiki dan mngefaluasi dirisehinga mampu
mnjdi guru yg di idolakan anak didiknya.Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Pertanyaan 2 :Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang.
Pertanyaan 3 :Gini. Sy mengajar udah mulai th 2000. Tp saat ini sy lg shok. Ada siswa sy main hp di kelas. Sy bentak suruh keluar dr kelas. Krn hp sy sita tidak dikasih kan ke sy. Pd hal kl sy sita hp ganti pelajaran udah sy kasih. Pulang sekolah udah sy kembalikan. Tp siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lg.
Yg sy tanya kan gmn ya solusinya
agar anak ini bs nurut guru nya. Kok gurunya yg hrs nurut ke siswa. Ini kan
kebalik.
Jawab :kurang adanya peraturan yg jelas.pada
dasarnya ttng pnggunaan hp,biasanya sklh unggul siswa tdk di perbolehkan membawa
hp dlm kls.hp di kumpulkan oleh ketua kelas dan di simpan di suatu kotak kmudian
di ambil lagi setelah jam istirahat atau jam pulang.Kalaupun sudah ada
peraturan dan ada yg mlnggar mk akan ada ketegasan dari sklh.diman hp harus di
sita dan orang tua yg mngambil.jika itu permasalahannya anaknya yg memiliki
masalah memiliki arogansi artinya perlu
ada aturan yang jlas shingga guru mdh mnegakkan dan dpt di pahami oleh siswa.kita
hrs tegas shingga pmbelajaran mnjdi lbh baik.
Pertanyaan 4 :Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.
Adakah tips jitu lainnya pak? 🙏🏻
Ridwan Nurhadi.
Pertanyaan 4 :Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.
Adakah tips jitu lainnya pak? 🙏🏻
Ridwan Nurhadi.
Jawab :kadang siswa sulit untuk menerima guru karena
hasutan dari teman- temanya nah itu betul itu yang di namakan persepsi,persepsi
adalah bagaimana tanggapan umum yang di
berikan siswa terhadap guru dan itu akan menjadi titik tular kyakinan atas bagaimana
persepsi itu di bangun apakah guru itu mnyenangkan,menarik atau menyebalkan
sehingga persepsi ini harus di rubah dengan
kondisi guru yang sesungguhnya kalau persepsinya sudah tidak bagus dan akhirnya terbukti maka itu akan mnguatkan bahwa informasi dan hasutan dari teman-temanya
adalah benar namun sebaliknya Ketika kita bisa melakukan sebaliknya dari
hasutan sbgian teman-tean yang ada di kelas maka yang terjadi adalah orang-orang tersebut mendukung kita ternyata
kita tidak sebagaimana yang di ceritakan
itu jadi tetaplah berbuat baik tetap optimis tetap melakukan pembelajaran yang menenangkan.
Pertanyaan 5 :Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik? Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota Bekasi.
Pertanyaan 5 :Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik? Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota Bekasi.
Jawab : secara teori gampang,apa yang kita yaqini itu yang
terfisosialisasikan jadi Ketika kita
berkata bahwa teori gampang namun prakteknya sulit itulah yang terjadi
karena kita adalah sebagimana yang ada di pikiran kita yg harus terjadi adalah
menguasai emosi kita. untuk mngajarkan anak didik memang di mulai dari kesadaran
kita menjadi guru sadar bukan guru nyasar atau guru bayar.pada prinsipnya anak
jaman now berbeda dengan era kita makanya
kita harus mengerti sebelum di mngerti
mampu merubah di menjadi me.Sebelumnya kita ingin di
dengarkan menjadi kita harus mndengarkan,ingin di layani menjadi melayani karena
pada dasarnya sifat dasar murid kita adalah dia menyukai guru yang menghargai
mereka dia mnyenangi guru yang penyampainya adalah menarik dan menyenangkan Ketika
kita di terima maka apapun yang kita bawa insyaAllah di terima murid kita. Jadi
pada prinsipnya tidak ada anak nakal atau anak bandel semua baik yg ada adalah
anak yg kurang mampu mendapatkan cinta sehingga dia tidak bisa menerima nasehat
dari orang di sekitarnya dan dia mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat
tidak baik ,dan dengan cara itulah ia akan mendapatkan perhatian dan bukan
prestasi.
pertanyaan 6 :Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel.
pertanyaan 6 :Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel.
Jawab :
sbenarnya ini adallah pola mnejemen sja guru yang berprestasi bagus tp knp ia tdk bisa mnciptakan siswa berprestasi
bisa jadi ia mampu memahami keilmuanya
namun belum mampu menyampaikan pembelajaran secar baik dan menyenangkan untuk
siswa siwinya sehingga ia menyukai pelajaran yang di sampaikan namun cara
menyampaikannya tidak mnyenangkan akhirnya murit tidak berprestasi itu yg
pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat kut
lomba guru prestasi ini menejemen waktu saja dia harus tau semua ada aturannya walupun ia berprestasi tapi kalua tidak memenuhi prasarat guru prestasi
ya jelas tidak bisa nha ikut saja suatu
hari ia bisa berprestasi dan mampu
menjadikan siswanya berprestasi pula.
“Guru
hebat yang luar biasa anda adalah
manusia syurga yang di titipkan Allah di
muka bumi ini sehingga peran seorang guru untuk menjadi guru idola guru favorit
guru menarik dan menyenangkan adalah peran yang sangat penting,apapun pelajaran
yang anda bawa maka murid anda akan melihat siapa yang membawanya yaitu anda
karenanya selamat menjadi guru yang di cintai menjadi seorang guru yang
dirindukan seorang guru yang menginspirasi dan menjadi seorang guru yang
menjadi bagian sejarah menjadi history bagi murid-murit anda bukan sekedar menjadi seorang guru yang hanya
menjadi story ataupun cerita,selamat berjuang selamat menjadi bagian hebat dari
kehidupan yang hebat atas masa depan murid-murid anda “.
Luar
biasa kereen… terimaksih bapak Aris Ahmad jaya semoga kami para guru-guru
seluruh Indonesia dapat menjadi guru-guru hebat guru yang selalu dinanti
kehadiranya,di rindukan kepergianya dan di cintai murid-murid kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar