Cari Blog Ini

Jumat, 17 April 2020

Mengajar Gaya Motivator


Resume Pertemuan ke-13
Kamis 16 April 2020
Mengajar Gaya Motifator
Bagaimana peran seorang  guru yang sesungguhnya ?



Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru belajar Menulis Kelompok  8

Bapak Aris Ahmad Jaya adalah seorang motivator sekolah sekolah unggul di Indonesia.
Beliau sudah lebih dari 15 tahun menjadi sang motivator untuk sekolah sekolah unggul seperti labschool kebayoran, labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia,

Beliau lahir di pati 23 Febuari 1974,pernah diterima didua universitas di Indonesia tanpa tes yaitu di IPB dan UGM. Aris Ahmad Jaya menyelesaikan gelar dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan meraih gelar Master Manajemen di UIKA Bogor Tahun 2015.

Aris Ahmad Jaya merupakan pendiri sekaligus CEO dilembaga ABEco SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak dibidang Motivasi dan Konsultan bagi sekolah sekolah unggul di Indonesia serta lembaga baik pemerintah maupun swasta yang ada di seluruh Indonesia.

Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan Beberapa karya buku Best Seller diantaranya buku 30 hari mencari jati diri, yang telah terjual lebih dari 45.000 eksemplar Love Touch Parenting, dan buku lainnya.
Aris Ahmad Jaya telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia seperti sukses ilmu, sukses karakter, sukses masa depan untuk para siswa, Love Touch Parenting bagi orang tua serta mengajar Gaya Motivator bagi para guru dan pendidik.
Sekolah unggul juga sudah bersinergi bersama Aris Ahmad Jaya di Indonesia. Seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, wilayah Sumatera dan wilayah Indonesia.

Mengajar Gaya Motivator adalah program hebat khusus untuk para guru  dan pendidik yang telah dirasakan oleh lebih dari 3500 guru di Indonesia Training ini telah di rasakan manfaatnya oleh para guru dan pendidik.
Untuk mendapatkan keilmuan dari mr. sugesti indonesia (bapak aris ahmad jaya), silahkan follow instagram beliau di link berikut:
Teman-teman juga bisa menhubungi blog nya di http://arisahmadjaya.com/

Berdasarkan niat  saya membagi guru menjadi dua :
** Pertama adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan guru betulan  adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi seorang pendidik ingin mengajak dan memang dia ingin menjadi guru guru betulan ini memang seorang guru yang diidamkan guru yang memiliki energi untuk mengajar energi untuk bertemu dengan siswa energi untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak didiknya guru betulan memang guru yang diidamkan oleh setiap siswa
** Kedua  guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka dia menjadi guru kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan kita terima makanya akhirnya menjadi guru sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu kebetulan ada temen yang ngajak daripada nganggur maka menjadi guru apakah guru kebetulan
namun kadang-kadang guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan ketika dia mau belajar mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus dihadapi dan kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru yang menjalani  kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus dijalankan apakah ada guru betulan atau kebetulan itu salah dan jadi  yang jadi masalah adalah ketika anda tidak mau menerima profesi anda sebagai seorang guru ,itu yang masalah baik ada guru betulan maupun anda guru kebetulan ketika anda menerima profesi ada ini sebagai bagian dari sebuah pilihan dan  mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan menginspirasi anak didik Anda mencintai ilmu yang anda sampaikan maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya, apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar menyampaikan asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya karena itu selamat datang para guru yang mau menginvestasikan waktu untuk belajar ,saya akan mencoba membantu anda untuk menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya apapun yang anda bawa murid Anda akan mencintai manakala dia menyukai anda karenanya izinkan saya untuk hari ini pada  sesi kali ini mengajarkan kepada anda bagaimana anda menjadi guru yang dinanti kehadirannya, di rindukan kepergiannya guru yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan ,baik pembelajaran apapun yang anda berikan .Anda adalah kurikulumnya karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan mudah-mudahan untuk tema hari ini anda bisa pahami dan bisa anda praktekkan mudah-mudahan Allah senantiasa mewujudkan  niat kita seseorang yang menjadikan murid kita mencintai ilmu, mudah-mudahan bermanfaat .
Selanjutnya beliau menyampaikan ada tiga tipe guru berdasarkan kinerja.


 1) Guru nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan tidak punya arah, menyesatkan ,mengapa karena murit-murit membenci apapun yang disampaikan guru ini , karena tidak punya target,tidak berenergi.kehadiranya tidak di harapkan,kehadiranya seperti jam dinding bergerak sangat lambat murit merasa jenuh.
Apabila ada teman sejawat yang seperti itu disarankan segera berubah atau segera berhenti karena memberikan kontribusi negative pada siswa untuk masa depannya.
2) Guru bayar adalah Guru yang berenergi karena gaji, imbalan, finansial. Tidak konsisten berdasarkan  dekat atau jauhnya tanggal gajian. On off kadang semangat kadang tidak.Disaat tanggal muda begitu ceria di tanggal tua kelihatan muram.Untuk guru seperti itu segera sadar menuju jalan yang benar.
 3) Guru sadar adalah Guru yang sadar,kehadirannya selalu dinanti,murit-murit mencintai pelajarannya,pelajarannya menjadi menyenangkan murit-murit akan mencintai dirinya pelajarannya kehidupannya karena disana ada kata-kata yang keluar yang mampu menyadarkan,pembelajaran menjadi menyenangkan,keilmuan menjadi mengasyikkan. Kepergiannya akan selalu dirindukan.
 Ada Lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator dan silakan Anda praktekkan 5 langkah ini maka dengan langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang menginspirasi dan guru yang menjadikan murid-murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bawa.
Sebelum saya berikan saya ingin mencoba membahas tentang bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya.

 
Ada 4 peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh yaitu :
**Peran yang pertama adalah mengajar yaitu mengajak memindahkan keilmuan yang ada di otak kita ke otak murid kita memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran kita jadi kalau guru hanya sekitar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini bisa online mereka bisa belajar dari YouTube bahkan sekarang sudah ada online yang memungkinkan murid Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.
**Peran yang kedua adalah mendidik bagaimana seorang guru mendidik tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru diharapkan ketika Anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian kedisiplinan kejujuran bisa dipercaya berbagi bekerja sama berkomunikasi memudahkan urusan orang lain menolong membantu itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik dan anda bisa masuk lewat pembelajaran apapun.
**Peran yang ketiga adalah menginspirasi guru level berikutnya adalah sosok guru yang menginspirasi yang mampu memberi keteladan,mampu menginspirasi siswanya untuk berbuat hal-hal positif. Mampu menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka anda adalah inspirator bagi mereka anda motivator bagi mereka. Mereka menjadikan anda menjadi bagian dari history bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian dari  cerita.

 ** Peran yang terakhir adalah menggerakkan inilah level tertinggi seorang guru. Mampu menggerakkan siswanya dari yang biasa menjadi luar biasa sesuai kemapuannya.Mampu menggerakkan mereka untuk mengerjakan apa yang Anda sarankan. Guru yang mampu mengasah talenta siswa sehingga yang tadinya pasir menjadi mutiara.
 Terkadang kita lebih fokus pada peran pertama  dan ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi dan mampu menggerakkan siswa untuk melakukan hal-hal positif.Guru yang hebat tidak hanya mengajar tapi bisa mendidik,menginspirasi dan menggerakkan.

5 Langkah sederhana agar bisa mengajar gaya motifator
1.      1.Jadilah guru yang menarik guru yang menyenangkan
 Dengan menarik guru memiliki daya tarik. Dengan menyenangkan guru akan dirindukan anak didiknya.Guru yang memiliki daya tarik akan senang dilihat oleh peserta didiknya, baik dari sisi penampilan ataupun prilaku. Hal ini berlaku tidak hanya dikelas, atapi juga diluar kelas. untuk menjadi menarik guru harus melaksanakan  tiga langkah sederhana yaitu:
1.      Persiapkan diri untuk menarik,di mulai dari apa yang terlihat, penampilan, perilaku. Menyenangkan mulai dari yang di rasa.Guru yang layak dizinkan. Ketika kita masuk kelas ada dua pintu pada siswa : diizinkan dan tidak dizinkan. Pintu diizinkan adalah pintu diamana siswa nyaman. Kebaliklannya Pintu Tidak Diizinkan adalah pintu dimana siswa merasa tertekan sehingga apa siapa dan bagaimana kita di kelas itu tidak diterima oleh siswa. Guru harus bisa menyenangkan, sehingga harus bisa memahami siswa. Contoh membuka pintu ‘diizinkan’ adalah masuk dalam kondisi senyum “1225” (1 dari hati, 2 cm kiri dan kanan, cukup 5 detik).
2.      Sapa mereka dengan salam,yang benar sebelum mengucap Assalamu’alaikum sebaiknya kita sapa dengan kalimat yang lain missal siapa yang menjawab salam  saya doakan menjadi anak yang sukses atau siapa yang menjawab salam semoga menjadi orang cerdas seketika anak-anak akan menjawab aamiin,nha dari situ anak sudah antusias dengan apa yang akan kita sampaikan.
berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pelajaran dimulai mainkan game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan Setebak-tebakan anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube dari internet.Bisa kita ATM
(Amati tiru modifikasi).
3.      Apresiasi proses mereka. Apesiasikan sebelum kenaikan kelas apresiasikan sebelum ia menjadi juara.Hargai prosesnya.Tangkap basah kebaikan, “tempa besi selagi panas”.Anda bisa memberi apresiasi secara personal atau masal.Jangan pelit terhadap pujian,pujilah mereka.Katakan aku bangga kalian aku suka mengajar di kelas ini.Contoh lain ketika ada peserta didik yang datang tepat waktu, guru dapat langsung meberikan apresiasi dengan berkata; “ keren, kamu orang yang disiplain. Isya Allah kamu akan menjadi orang yang berhasil”. Tidak tunggu sampai penerimaan rapor, sehingga dia lupa. Kata-kata seperti ini akan membuat respek mereka.

2.      Temukan titik lebihnya dan motifasilah mereka ,temukan nilai unggulnya temukan dan mulailah masuk melalui nilai unggul mereka nilai tambah mereka dan masuklah pada nilai tambah mereka.Jangan paksa mereka.Ensten mengatakan kalau kita memaksa seekor burung berenang,ikan untuk terbang ,monyet untuk melata maka kita akan melihat dari kebodohan kebodohan dari hewan itu.Sama halnya seorang  guru,guru yang hebat akan mmeberikan kesempatan pada muritnya unggul dalam keunggulan-keunggulan yang mereka miliki.Tidak semua murit unggul dalam semua bidang jadi cari nilai unggul pada masing-masing siswa.

Ada 3 langkah untuk memotivasi sehingga siswa menemukan dan bangga akan keunggulan mereka;
1) Harus mampu memberi momentum kesempatan hebat berdasar nilai lebihnya. Beri dia kepercayaan. Mampu memberikan momentum,kesempatan hebat berdasarkan nilai hebat mereka.Misal sebagai ketua kelas beri kepercayaan untuk mengelola kelas.Atau berikan kesempatan murid anda untuk menjadi duta sekolah anda,tujuan memberikan kepercayaan mereka bahwa mereka punya nilai.Setiap anak di berikan momentum agar mereka percaya mereka punya kemampuan.Momentum di berikan bukan karena dia harus jadi juara tapi mereka merasa orang yang di percaya.
2) Libatkan menjadi pemain, jadikan mereka bagian dari history mereka. Jadikan mereka pelaku bukan penonton.Sesungguhnya guru yang hebat adalah guru yang mampu mewujudkan kehebatan muritnya karena melibatkan muritnya dalam proses kehebatan masa depannya.Orang hebat bukanlah orang yang mmpunyai nilai lebih tp orang hebat adalah orang yang mampu melibatkan kemampuan menghebatkan orang di sekitarnya termasuk muridnya.
3) Berikan label positif secara klasikal maupun individu label membangun persepsi label akan membangun rasa. Label positif  sebagaimana yang anda katakan.Kata kata anda adalah proposal hidup.dan proposal hidup akan terwujud seperti apa yang anda proposalkan,kata-kata adalah doa. Misal kita beri kelas Lebah, Kelas Bintang, Si Jenius, Si Pemusik dan lain sebagainya.

Sebelum menyampaikan Langkah selanjutnya Bapak Aris mempersilahkan untuk melakukan diskusi terlebih dahulu serta membagikan link youtube kepada para peserta.
Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang  Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
Bahasa cinta APRESIASI.
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL

Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE
Mr Sugesti Indonesia

Beberapa Pertanyaannya para peserta :
Pertanyaan 1 :Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai  guru BAYAR dan guru NYASAR.

Jawab :semua guru berpotensiuntuk mjd guru dsadar,namun itu sangat terkait dengan meluruskan keinginan yg kuat krn pd dasarnya guru sadar sngt terkait den latar depan bukan latar blkang latr blkng dia bukn latr dri keguruan keilmuannya bs jadi tidak sesuai yang di ajarkan saat ini nmun krn dia sadar diam au bljr mmprbaiki diri metode yg tepat mk ia akan bisa mnjdi guru sadar nmun seorang yg guru bayar /nyasar susah u mnjdi  guru sadar mn kala dia tidak mau keluar dari zona  kenyamanan mrk.skli lg guru sadar seorang yg mmpunyai niat mulia bkn skedar   bayaran mengisi waktu luang.insyaAllah gru yg pny potensi   terus belajar mengabdi  mlyani berkontribusi lmbat laun ia akan seorang guru sadar yang di rindukan yg hadirnya di nantikan dan mnjdi inspirasi bagi murit-muritnya.

Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Pertanyaan 2 :Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM

Bu Iez Lumajang.
Jawab : Pengetahuan adalah kekuatan namun yg bnar ada pengetahuan kekuatan saat di terapkan semua ilmu akan mnjadi nyata manakala di aplikasikan dan bkn di rak perpus.semua keilmuan pd dasarnya 10 % ide 90 aksi.aksi inilah yg mnjdikan sbuah pngetahuan mnjdi bermanfaat.krnnya guru hebat pd dasrnya yg mempraktekkan,mengaplikasikan dan memperbaiki dan mngefaluasi dirisehinga mampu mnjdi guru yg di idolakan anak didiknya.

Pertanyaan 3 :Gini. Sy mengajar udah mulai th 2000. Tp saat ini sy lg shok. Ada siswa sy main hp di kelas. Sy bentak suruh keluar dr kelas. Krn hp sy sita tidak dikasih kan ke sy. Pd hal kl sy sita hp ganti pelajaran udah sy kasih. Pulang sekolah 
udah sy kembalikan. Tp siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lg.


Yg sy tanya kan gmn ya solusinya agar anak ini bs nurut guru nya. Kok gurunya yg hrs nurut ke siswa. Ini kan kebalik.
Jawab :kurang adanya peraturan yg jelas.pada dasarnya ttng pnggunaan hp,biasanya sklh unggul siswa tdk di perbolehkan membawa hp dlm kls.hp di kumpulkan oleh ketua kelas dan di simpan di suatu kotak kmudian di ambil lagi setelah jam istirahat atau jam pulang.Kalaupun sudah ada peraturan dan ada yg mlnggar mk akan ada ketegasan dari sklh.diman hp harus di sita dan orang tua yg mngambil.jika itu permasalahannya anaknya yg memiliki masalah  memiliki arogansi artinya perlu ada aturan yang jlas shingga guru mdh mnegakkan dan dpt di pahami oleh siswa.kita hrs tegas shingga pmbelajaran mnjdi lbh baik.

Pertanyaan 4 :Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.

Adakah tips jitu lainnya pak? 🙏🏻
Ridwan Nurhadi.
Jawab :kadang siswa sulit untuk menerima guru karena hasutan dari teman- temanya nah itu betul itu yang di namakan persepsi,persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang  di berikan siswa terhadap guru dan itu akan menjadi titik tular kyakinan atas bagaimana persepsi itu di bangun apakah guru itu mnyenangkan,menarik atau menyebalkan sehingga persepsi ini harus di rubah  dengan kondisi guru yang sesungguhnya kalau persepsinya sudah tidak bagus  dan akhirnya terbukti maka itu akan mnguatkan bahwa  informasi dan hasutan dari teman-temanya adalah benar namun sebaliknya Ketika kita bisa melakukan sebaliknya dari hasutan sbgian teman-tean yang ada di kelas maka yang terjadi adalah  orang-orang tersebut mendukung kita ternyata kita tidak  sebagaimana yang di ceritakan itu jadi tetaplah berbuat baik tetap optimis tetap  melakukan pembelajaran yang menenangkan.

Pertanyaan 5 :Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik?  Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota Bekasi.
Jawab : secara teori gampang,apa yang kita yaqini itu yang terfisosialisasikan jadi Ketika kita  berkata bahwa teori gampang namun prakteknya sulit itulah yang terjadi karena kita adalah sebagimana yang ada di pikiran kita yg harus terjadi adalah menguasai emosi kita. untuk mngajarkan anak didik memang di mulai dari kesadaran kita menjadi guru sadar bukan guru nyasar atau guru bayar.pada prinsipnya anak jaman now berbeda dengan era kita makanya  kita harus mengerti sebelum di mngerti  mampu merubah di menjadi me.Sebelumnya kita ingin di dengarkan menjadi kita harus mndengarkan,ingin di layani menjadi melayani karena pada dasarnya sifat dasar murid kita adalah dia menyukai guru yang menghargai mereka dia mnyenangi guru yang penyampainya adalah menarik dan menyenangkan Ketika kita di terima maka apapun yang kita bawa insyaAllah di terima murid kita. Jadi pada prinsipnya tidak ada anak nakal atau anak bandel semua baik yg ada adalah anak yg kurang mampu mendapatkan cinta sehingga dia tidak bisa menerima nasehat dari orang di sekitarnya dan dia mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat tidak baik ,dan dengan cara itulah ia akan mendapatkan perhatian dan bukan prestasi.
pertanyaan 6 :Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?

Trims..Andy -Beltim, kep.babel.
Jawab : sbenarnya ini adallah pola mnejemen sja guru yang berprestasi bagus tp  knp ia tdk bisa mnciptakan siswa berprestasi bisa jadi ia mampu  memahami keilmuanya namun belum mampu menyampaikan pembelajaran secar baik dan menyenangkan untuk siswa siwinya  sehingga ia menyukai  pelajaran yang di sampaikan namun cara menyampaikannya tidak mnyenangkan akhirnya murit tidak berprestasi itu yg pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat kut lomba guru prestasi ini menejemen waktu saja dia harus tau semua ada aturannya  walupun ia berprestasi  tapi kalua tidak memenuhi prasarat guru prestasi ya jelas  tidak bisa nha ikut saja suatu hari ia bisa  berprestasi dan mampu menjadikan siswanya berprestasi pula.

“Guru hebat  yang luar biasa anda adalah manusia syurga yang  di titipkan Allah di muka bumi ini sehingga peran seorang guru untuk menjadi guru idola guru favorit guru menarik dan menyenangkan adalah peran yang sangat penting,apapun pelajaran yang anda bawa maka murid anda akan melihat siapa yang membawanya yaitu anda karenanya selamat menjadi guru yang di cintai menjadi seorang guru yang dirindukan seorang guru yang menginspirasi dan menjadi seorang guru yang menjadi bagian sejarah menjadi history bagi murid-murit anda  bukan sekedar menjadi seorang guru yang hanya menjadi story ataupun cerita,selamat berjuang selamat menjadi bagian hebat dari kehidupan yang hebat atas masa depan murid-murid anda “.

Luar biasa kereen… terimaksih bapak Aris Ahmad jaya semoga kami para guru-guru seluruh Indonesia dapat menjadi guru-guru hebat guru yang selalu dinanti kehadiranya,di rindukan kepergianya dan di cintai murid-murid kami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca