Resume pertemuan ke-12
Rabu,15 April 2020
Karya inovatif dan kualitas diri
Tingkatkan diri untuk karya yang
berkualitas
Bapak Tri Agus Cahyono
Oleh :Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Kelompok 8
Penulis lahir
di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik
Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat rumah RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab. Pacitan Jawa
Timur. HP: 081392542771. e-mail:
3agusgurdacil@gmail.com
Penulis
menamatkan pendidikan terakhir Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri
Yogyakarta (UNY) jurusan Magister Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui
beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V
Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY.
Penulis telah
mendapatkan berbagai penghargaan sebagai berikut:
1. Guru
Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
1. Juara I
Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3. Penghargaan
Short Course ke Jepang Tahun 2017;
4. Finalis
Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
5. Finalis Guru
Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Di latar
belakangi tidak maximalnya globe konvensional sebagai media pembelajaran IPA
pada materi rotasi dan revolusi bumi,Guru SDN Belik,Purwodadi ,Tepus ini
berinovasi menciptakan media pembelajaran Planetarium Bekam.Inovasi inilah yang
mengantarkannya sampai memperoleh penghargaan terbaik nasional lomba Inovasi
Pembelajaran (inobel).Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) adalah salah satu
lomba yang bergengsi yang menjadi impian bagi guru-guru baik tingkat SD,SMP,SMA maupun SMK
se-Indonesia. Lomba ini diselenggarakan
oleh Kemendikbud khususnya oleh Ditjen
Kesejahteran Penghargaan,dan Perlindungan (KESHARLINDUNG) Dirjen Guru dan
Tenaga Kependidikan Kemendikbud.Dalam materi malam ini akan di Sampaikan
bagaimana trik untuk sukses meraih
penghargaan Inobel.
Sebelum penyampaian materi Om jay mengirim
biodata dan juga video tentang narasumber dan meminta ijin untuk menutup group
wa selama pemateri menyampaikan materinya. Untuk mengawali kegiatan Bapak agus
mengajak unuk berdoa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan masing-masing. Masya
Allah beliau sangat rendah hati denan segudang prestasi yang ia raih beliau
merasa malu jika sebagai narasumber merasa bapak ibuk yang ada di group ini
lebih hebat dan berpengalaman,beliau meminta agar ini sebagai sharing
pengalaman saja.
Pada hakikatnya
sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang. Sesuai
taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool
Ada 6 tahapan
berfikir kognitif
1. Mengingat
(C1)
2. Memahami
(C2)
3. Menerapkan
(C3)
4. Menganalis
(C4)
5. Mengevaluasi
(C5)
6. Menciptakan
(C6)
Dalam taksonomi
tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika
kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh
melewati tahapan2 tersebut. Jangan sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu
ilmunya
2. Tidak paham
maksudnya
3. Tidak pernah
menggunakan
4. Tidak bisa
menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa
menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya
jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi
keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final
lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya
tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana
penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik
oleh dewan yuri melalui presentasi dan tanya jawab.Nah bagaimana cara
kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah
karya inovasi adalah dengan bekerja.leh dewan juri melalui presentasi dan
tanya-jawab.Dari sinilah team penguji akan mengetahui lebih detail tentang
inovatornya.Bahwa inovatornya menguasai dan memahami materi secara menyeluruh,sehingga team akan
yaqin bahwa memang karya inovasi tersebut adalah asli buatan inovator.
Bapak Agus
menambahkan bahwa sebenarnya Belajar
dapat kita lakukan pada saat mengajar. Cara belajar paling baik adalah dengan
mengajar.Dari situ kita akan dapat meningkatkan kualitas diri dan sekaligus
menciptakan sebuah karya inovasi.
Selanjutnya
sampai pada sesi tanya jawab di antaranya dapat saya sampikan sebagai berikut :
Pertanyaan 1.Apa yg membuat bpk tertarik melakukan inovasi pemebelajaran di
kelas bpk?
Jawab: Ketika
kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan .Setelah kita belajar, mengingat,
memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan
dan kelebihan). Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul. Dan daya cipta kita
sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul .Nah sekarang bagaimana kita memilih
bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK"
(saya kutip dari Pak Arif Edi)
1. Asli (jangan
menjiplak)
2. Perlu
(benar2 dibutuhkan)
3. Inovativ
4. Konsisten
Ok, sekarang
saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016
Bapak Agus pun menunjukkan hasil inobel yang beliau raih pada yahun 2016
Namanya media "Planetarium
Bekam" Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media
konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe. Bertahun2 menggunakan
globe hasilnya selalu biasa-biasa saja. Anak tidak tertarik/kurang termotivasi
dan prestasi belajar kurang memuaskan.
Prestasi kurang
lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah lebih disebabkan materi
bukan pada zona motivasi (jangkauan anak). Zona motivasi anak itu adalah
sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan. Jadi jika materi terlalu sulit dan
terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi. Ketika menggunakan globe
dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan,
anak dipaksa berfikir sangat abstrak.
Jadi penasaran dengan media ini. Fungsi media
ini adalah mempermudah observasi. Ketika anak memperbandingkan globe yg
diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya
antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit. Disinilah ketidakpuasan terhadap
globe muncul. Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan
materi tersebut
Kelebihan:
1. Model yg
paling sesuai
2. Ada di
sekolah
3. Mudah
digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan
langit dari bumi saat diperagakan.
Meskipun anak
kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas
Khusus pada
gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima
konsep .
Semisal Gerak
semu harian matahari .Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari.
Matahari tidak bergerak tetapi yang bergerak adalah bumi. ketika kita merekam
video dengan kamera action cam misalnya . kita menggunakannya dalam kondisi
bergerak,maka Ketika kita memutar vidionya hasilnya benda yang kita shot
kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak dan kamera merupakan alat
optic yang menyerupai kinerja mata sehingga saya mempunyai ide memasang kamera
pada globe sebagai pengganti mata kita.kamera saya hubungkan ke proyektor saya
sorotkan ke langit-langit kelas,maka jadilah Planetarium Bekam. hampir setiap
kegiatan saya rekam foto dan video.
Media Planetarium
Bekam
Pertanyaan 2.Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan lebih dalam karya inovatif yang pernah anda buat sampai dikenal dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
Kelemahan globe
tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari .Sehingga
menjadi sulit bagi anak
Kelebihan dari
sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada
kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang
lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk
ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka
nilainya akan kurang. Sehingga menjadi sulit bagi anak .Maka anak akan lemah
motivasinya untuk terus belajar. Itu kendala yg harus diselesaikan. Nah dimana
saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut Bisa langsung dijelaskan
untuk mengatasi kendalan .aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi
Pertanyaan 3.Yang manakah media / alat
peraga yang lebih pertimbangkan oleh
dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional
atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm
pencapaian IPK siswa. Terimakasih.
Prihariyani _
Semarang
Jawab :Tidak
selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa
akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK. Kelebihan dari sebuah karya bukanlah
dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide,
dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya
berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru
lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.
Pertanyaan 4. Selamat malam pa Agus saya sudah nonton lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama
guru dan kepsek di sekolahmu
melihat dan mendukung prestadi anda? Pak
Simon Kupang
Jawab : mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan
membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah
Kemudian Bapak
Agus membagikan link
Pertanyaan 5 Assalamualaikum Pak Agus, perkenalakan saya Pak Etik dari
Kabupaten Pemalang
Disamping karya
inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016.
apa kiat2
sukses bapak
kebetulan saya
mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD
Daerah Khusus.
terima kasih.
Jawab : Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi
kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun
tidak lolos ke propinsi.Bu Etik silahkan pantau terus akun kesharlindung. Jika
propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama seperti Gupres tetapi lebih
kepada dedikasi bukan prestasi
Pertanyaan 6 Assalamualaikum wr.wb
1.Untuk karya
inobel..ada kriterianya?
2.untuk karya
yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?
3.Untuk
pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK?
perlu
dicantumkan rumusan masalah?
Safitri
Purbalingga
Jawab : Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar,
ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka
hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh
dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya
pengembangan (Research & design)
Kalau tidak
bisa lebih baik bestpractise
Silahkan
terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri
Kunci Inovasi
1. Menemukan
baru
2. Menyempurnakan
yang lama
Pendaftaran
inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK.
Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos
uji smiliarity maksimal 30% turnitine
Kesimpulan
Dalam
berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan
sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg
akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan
pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres
juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yang
berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada
kekilafan.
Terimakasih Bapak
Agus atas ilmu dan motifasinya,semoga kami Peserta guru menulis bisa mengikuti jejak Langkah Anda.
Semakin keren
BalasHapushttps://unih789.blogspot.com
Semangat ibuk.. Bljr dan sll bljar
HapusSemalam saya membaca pengalaman pak agus dan membuat saya smeakin termotivasi untuk selalu berprestasi
BalasHapusIya om jay.. Tugas d daerah teroencil..tp tdk mngurangi untuk tetap berkarya..
HapusMantul
BalasHapusKunjungi juga https://arifiani05.blogspot.com/
Asiaaap ibuk..slng berkunjung ya..dan beri masukan..
Hapus