Cari Blog Ini

Kamis, 16 April 2020

Karya inovatif dan kualitas diri ( Tingkatkan diri untuk karya berkualitas )



  Resume pertemuan ke-12
  Rabu,15 April 2020
Karya inovatif dan kualitas diri
Tingkatkan diri untuk karya yang berkualitas
Bapak Tri Agus Cahyono



Oleh :Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Kelompok 8

Penulis lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat rumah  RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab. Pacitan Jawa Timur. HP: 081392542771. e-mail:
 3agusgurdacil@gmail.com
Penulis menamatkan pendidikan terakhir Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY.
Penulis telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai berikut:
1. Guru Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
1. Juara I Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3. Penghargaan Short Course ke Jepang Tahun 2017;
4. Finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
5. Finalis Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Di latar belakangi tidak maximalnya globe konvensional sebagai media pembelajaran IPA pada materi rotasi dan revolusi bumi,Guru SDN Belik,Purwodadi ,Tepus ini berinovasi menciptakan media pembelajaran Planetarium Bekam.Inovasi inilah yang mengantarkannya sampai memperoleh penghargaan terbaik nasional lomba Inovasi Pembelajaran (inobel).Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) adalah salah satu lomba yang bergengsi yang menjadi impian bagi guru-guru  baik tingkat SD,SMP,SMA maupun SMK se-Indonesia. Lomba ini  diselenggarakan oleh Kemendikbud khususnya oleh  Ditjen Kesejahteran Penghargaan,dan Perlindungan (KESHARLINDUNG) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.Dalam materi malam ini akan di Sampaikan bagaimana trik  untuk sukses meraih penghargaan Inobel.
 Sebelum penyampaian materi Om jay mengirim biodata dan juga video tentang narasumber dan meminta ijin untuk menutup group wa selama pemateri menyampaikan materinya. Untuk mengawali kegiatan Bapak agus mengajak unuk berdoa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan masing-masing. Masya Allah beliau sangat rendah hati denan segudang prestasi yang ia raih beliau merasa malu jika sebagai narasumber merasa bapak ibuk yang ada di group ini lebih hebat dan berpengalaman,beliau meminta agar ini sebagai sharing pengalaman saja.
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari proses belajar seseorang. Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh Krathwool
Ada 6 tahapan berfikir kognitif
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut. Jangan sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik  oleh dewan yuri melalui presentasi dan tanya jawab.Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.leh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab.Dari sinilah team penguji akan mengetahui lebih detail tentang inovatornya.Bahwa inovatornya menguasai dan memahami  materi secara menyeluruh,sehingga team akan yaqin bahwa memang karya inovasi tersebut adalah asli buatan inovator.
Bapak Agus menambahkan  bahwa sebenarnya Belajar dapat kita lakukan pada saat mengajar. Cara belajar paling baik adalah dengan mengajar.Dari situ kita akan dapat meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi.
Selanjutnya sampai pada sesi tanya jawab di antaranya dapat saya sampikan sebagai berikut :
Pertanyaan 1.Apa yg membuat bpk tertarik melakukan inovasi pemebelajaran di kelas bpk?
Jawab: Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan .Setelah kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan). Disitulah rasa ketidakpuasan akan muncul. Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul .Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak Arif Edi)
1. Asli (jangan menjiplak)
2. Perlu (benar2 dibutuhkan)
3. Inovativ
4. Konsisten
Ok, sekarang saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016 Bapak Agus pun menunjukkan hasil inobel yang beliau raih pada yahun 2016
Namanya media "Planetarium Bekam" Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami gunakan yaitu globe. Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa saja. Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang memuaskan.
Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak). Zona motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan. Jadi jika materi terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi. Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat abstrak.
 Jadi penasaran dengan media ini. Fungsi media ini adalah mempermudah observasi. Ketika anak memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit. Disinilah ketidakpuasan terhadap globe muncul. Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam menjelaskan materi tersebut
Kelebihan:
1. Model yg paling sesuai
2. Ada di sekolah
3. Mudah digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
 Tidak bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.
Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak namun kemampuan tersebut masih terbatas
Khusus pada gerak semu atau bukan gerak sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep .
Semisal Gerak semu harian matahari .Kita menyampaikan ke anak bahwa gerak semu harian matahari. Matahari tidak bergerak tetapi yang bergerak adalah bumi. ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya . kita menggunakannya dalam kondisi bergerak,maka Ketika kita memutar vidionya hasilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak dan kamera merupakan alat optic yang menyerupai kinerja mata sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita.kamera saya hubungkan ke proyektor saya sorotkan ke langit-langit kelas,maka jadilah Planetarium Bekam. hampir setiap kegiatan saya rekam foto dan video.

Media Planetarium Bekam


Pertanyaan 2.Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan  lebih dalam karya inovatif  yang pernah anda buat sampai dikenal  dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari .Sehingga menjadi sulit bagi anak
Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang. Sehingga menjadi sulit bagi anak .Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar. Itu kendala yg harus diselesaikan. Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi kendalan .aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi
Pertanyaan 3.Yang manakah  media / alat peraga yang lebih pertimbangkan  oleh dewan juri saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa. Terimakasih.
Prihariyani _ Semarang
Jawab :Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK. Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.
Pertanyaan 4. Selamat malam pa Agus saya sudah nonton  lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama guru dan kepsek  di sekolahmu melihat  dan mendukung prestadi anda? Pak Simon Kupang
Jawab : mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah
Kemudian Bapak Agus membagikan link
Pertanyaan 5 Assalamualaikum Pak Agus, perkenalakan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang
Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi  Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016.
apa kiat2 sukses bapak
kebetulan saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD  Daerah Khusus.
terima kasih.
Jawab : Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi.Bu Etik silahkan pantau terus akun kesharlindung. Jika propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama seperti Gupres tetapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi
Pertanyaan 6 Assalamualaikum wr.wb
1.Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2.untuk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?
3.Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK?
perlu dicantumkan rumusan masalah?
Safitri Purbalingga
Jawab : Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
 Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
 Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design)
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise
Silahkan terapkan APIK tadi menurut kondisi anda sendiri
Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine
Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yang berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.

Terimakasih Bapak Agus atas ilmu dan motifasinya,semoga kami Peserta guru menulis  bisa mengikuti jejak Langkah Anda.


6 komentar:

  1. Semakin keren

    https://unih789.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Semalam saya membaca pengalaman pak agus dan membuat saya smeakin termotivasi untuk selalu berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om jay.. Tugas d daerah teroencil..tp tdk mngurangi untuk tetap berkarya..

      Hapus
  3. Mantul
    Kunjungi juga https://arifiani05.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiaaap ibuk..slng berkunjung ya..dan beri masukan..

      Hapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca