Cari Blog Ini

Minggu, 12 April 2020

Meluruskan nIat untuk menerbitkan buku


Sabtu, 11 April 2020
MELURUSKAN  NIAT UNTUK MENERBITKAN BUKU
Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru menulis kelompok 8


BIO DATA NARA SUMBER

Nama                                     : WIJAYA KUSUMAH

Tempat/tgl lahir                    : Jakarta, 28 Oktober 1970
Pendidikan                            : 1.  S1-Elektro IKIP Jakarta 1990
                                                   2.  S2-Teknologi Pendidikan UNJ 2007
                                                   3. S3 – Teknologi Pendidikan 2009
Prestasi                                : JUARA I LKT Imtak (2005)
                                                  FINALIS PLB (2006)
                                                  FINALIS IT (2007)
                                                  FINALIS LKGDP(2008)
                                                  PEMENANG I BUKU PUSBUK (2009)
                                                  JUARA I BLOG PUSAT BAHASA (2009)
                                                  PEMAKALAH SIMPOSIUM (2010/2011)
                                              JUARA II GURARU ACER AWARD (2011)

Sebelum memulai pertemuan om jay membuka chanel youtub,tetapi bermasalah untuk audionya.Om jay kemudian memgirim slite ppt tentang  biodata dan juga prestasi beliau. Luar biasa apa yang telah di perolehnya om jay pun mengirim pesan lewat video yang intinya untuk mengajak meluruskan niat dari sekarang agar bukunya terbit dengan baca bismilah agar yang kita cita citakan berhasil dalam menerbitkan buku insya Allah jika niatnya  karena Allah akan berbuah berkah dan hidayah dari Allah swt.luruskan niat dari sekarang bukan mengejar sertifikat tapi kita mengejar ilmunya.Para nara sumber hebat sudah memberikan ilmunya pada kita baik yang baru maupun yang lama dan temen -temen bisa melihat di chanel youtube http://www.youtube.com/watch?v=mgLPKka9tE Peserta juga diharapkan dapat memberikan komentar di blog https://rianiastt.blogspot.com/.
Masya Allah luar biasa suntikan spirit yang Om Jay selipkan di antara materi - materi yang sudah disampaikan.  Inilah paparan dari Om Jay tentang “ Meluruskan  Niat Menerbitkan Buku “ yang berhasil saya resume.
          Rangkaian kata yang disusun menjadi kalimat mutiara ,  yang sangat menginspsirasi dari nara sumber Om Jay adalah “ Menulislah Setiap Hari, dan Buktikan Apa yang Terjadi “
Dan memang benar apa yang dikatakan Om Jay  dalam tulisannya. Bahwa kalau kita setiap hari mampu menuliskan apa yang kita alami, kita dengar, kita lihat, kita rasakan tentang momentum-momentum di sekitar kita, disekeliling kita, maka akan membuat sesuatu yang luar biasa. Dari hasil-hasil tulisan kita yang setiap hari, sedikit-sedikit lama lama akan menjadi banyak, dengan tanpa terasa, tanpa kita sadari. Dari tulisan –tulisan tersebut kalau kita posting di blog atau dishare / dibagikan kepada orang lain, maka akan semakin banyak orang yang membaca.  Semakin akan membuat tulisan-tulisan kita dikenal, diminati, disukai, dicari dan akhirnya dikenang oleh banyak orang. Dan semua tulisan kita harus diarsipkan menjadi sebuah buku, agar ada jejak sejarah, rekam sejarah tentang kita dengan segala imajinasi , kreasi kita yang akan menginspirasi banyak orang. Selain memberikan kepuasaan batin, menulis itu juga dapat semakin menajamkan otak kita, pikiran / nalar kita, rasa kita, jiwa kita,. Dan tentu saja dengan menulis juga akan mendatangkan kepuasaan secara finansial, secara materi.  Dengan karya-karya tulisan kita, buku-buku kita yang diterbitkan akan mendatangkan royalty buat kita sebagai penulisnya. Alhamdulillah. In syaa Allah.
      Kemudian  Om Jay juga mengatakan bahwa ikatlah ilmu dengan cara menuliskannya agar tidak mudah hilang. Dan tentu saja mempostingnya di blog yang sudah kita buat agar banyak orang menbacanya lewat internet.
          Biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain, terutama dalam bentuk tulisan.  Dan kita sudah mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari para nara sumber yang hebat-hebat di grup belajar menulis online ini , jangan hanya dimiliki sendiri , tetapi harus berbagi dengan yang lain. Kita harus  berkolaborasi antar teman, jangan mementingkan diri sendiri.  Tapi kita harus mengajak peserta lain yang masih kesulitan untuk menulis dan menerbitkan buku akan menjadi terbantu dengan kehadiran kita .
Kita semua yang tergabung dalam grup belajar menulis online adalah semua penggerak. Dan kita semua adalah guru penggerak yang akan menggerakkan guru-guru di sekitar kita, di seluruh Indonesia untuk giat dan semangat dalam menulis. Untuk menularkan ilmu keseluruh penjuru, dan akan semakin mencerdaskan kehidupan generasi kini, dan generasi mendatang dengan tetap berguru pada masa lampau. Sebaik-baik manusia  adalah yang mau belajar dan mengajarkan ilmunya kepada orang lain. Luar biasa, kalimat spirit dan bijak yang disampaikan oleh Om Jay.
          Untuk dapat menulis dengan baik, dan tulisan kita menarik, maka terlebih dahulu kita harus cinta buku, harus banyak membaca. Karena dengan kurang membaca akan  membuat tulisan kita kurang berkualitas. Dan disini di grup belajar menulis online kita semua ditantang untuk  berlatih menulis sebaik-baiknya. Sudah saatnya kita meluruskan niat kita untuk menerbitkan buku dari hasil tulisan kita. Mantapkan tekad untuk terus berkarya nyata dalam wujud sebuah buku.
Kemudian Om Jay juga mengatakan  bahwa berbagai momentum yang terjadi di sekitar  kita, yang kita alami, sayang jika tidak diabadikan dalam tulisan. Karena tulisan itu akan menjadi penanda sejarah bahwa kita pernah melakukan sesuatu .  Dan saat ini dunia pendidikan , juga aspek kehidupan yang lain sedang terkena dampak wabah virus corona, maka sebagai seorang guru , saat ini kita dihadapkan  pada pilihan. Dan pilihan itu mau tidak mau harus dilakukan. Yaitu melakukan pembelajaran daring / online. Semuanya belajar dari rumah. Dan kalau hal ini kita sajikan dalam sebuah tulisan , maka tulisan kita akan menjadi penanda sejarah yag akan menjadi catatan sejarah untuk tetap dikenang sepanjang jaman oleh generasi berikutnya.
        Kemudian yang terakhir, karena materi ini adalah meluruskan niat untuk menerbitkan buku, jika tulisan  kita ingin diterbitkan ,maka sudah menjadi draft yang naskahnya lengkap dengan daftar isi dan kata pengantar. Setelah itu kita harus mampu meyakinkan penerbit bahwa buku yang kita tulis  akan banyak dibeli orang, akan banyak peminatnya / pembacanya. Kalau isi buku kita menarik dan ada peluang laku di pasaran , maka penerbit akan menghubungi kita. Dari buku yang akan diterbitkan  rata-rata tiga bulan waktunya, membutuhkan  proses yang panjang. Kecuali buku kita akan diterbitkan dengan biaya sendiri, maka akan lebih cepat terbitnya yaitu di penerbit indie.
Di lanjutkan sesi tanya jawab dan sedikit di simpulkan bahwa,
Tulisan yang dipublikasikan di blog harus semua dikirim ke email Omjay omjaylabs@gmail.com dan diposting di blog semua resume kuliah. Untuk buku referensi, kalau bukan buku ajar bebas saja  asalkan lolos dari kriteria Penerbit buku. Tapi kalau buku ajar wajib membuat daftar pustaka.
Keberhasilan Om Jay selaku influencer, blogger, dan youtuber sangat menginspirasi. Saya juga yakin; hal itu sudah melalui perjuangan yang sanga panjang. Mempertahankan kesuksesana hari ini pun membutuhkan kedisiplinan untuk tetap berkarya melalui tulisan. Ini menjadi inspirasi.  Apalagi blog yang sudah ditulis  30 artikel bisa langsung menjadi buku. Rekam jejak yang tak akan lekang oleh waktu.

Luar biasa materi pada malam hari ini. Bismilah semoga peserta guru menulis kelompok 8 ini berhasil untu bisa menerbitkan buku.Buku yang bermanfaat untuk diridan orang lain khususnya di dunia Pendidikan

Selamat berkarya teman sukses selalu salam guru blogger …




3 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca