Cari Blog Ini

Kamis, 02 April 2020

5 Aplikasi Baru untuk mengajar online

Belajar Online, Belajar nline Gratis, Aplikasi Belajar Online Gratis, Corona, Virus Corona, Sekolah Tutup, Ruangguru, Zenius, Google, Microsoft
Covid-19 atau virus Corona jenis baru yang mewabah hingga hampir seluruh negara ini termasuk di daerah-daerah pelosok negeri ini.Memang menjadi masalah terberat saat ini. Banyak hal terjadi, mulai dari masalah persediaan kebutuhan makanan hingga menganggu pendidikan.Khususnya guru harus keluar dari zona nyaman. Nyatanya kini guru-guru banyak kesulitan untuk menentukan cara belajar online yang efektif.
Sebagian besar guru awalnya merasa kaget terutama guru di lingkungan tempatku bekerja yang notabennya guru-guru yang sudah hampir purna.Beruntung ada sebagian guru yang melek IT jadi bisa sedikit membantu guru yang kesulitan  untuk melakukan pembelajaran daring ini. Hal ini juga karena, selama ini pembelajaran masih dilakukan secara tradisional dimana guru belum dapat mengoptimalkan berbagai media pembelajaran yang ada terutama media online. Penggunaan kertas juga masih terlihat disana sini baik sebagai media ajar maupun untuk evaluasi. Tidak hanya guru, siswapun merasa tergopoh-gopoh untuk beradaptasi dengan pembelajaran online ini karena ini merupakan hal yang baru dan dirasa cepat bagi mereka.
Sebenarnya banyak sekali aplikasi online yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran daring. Aplikasi ini berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan nya. Ada yang digunakan untuk kebutuhan video conference, chat group online, serta pemberian tugas atau PR, kuis dan evaluasi online ke siswa.

Perkembangan digital mulai masuk ke berbagai sektor, termasuk pendidikan, dengan banyaknya startup atau usaha rintisan mengembangkan platform atau aplikasi untuk memberikan pembelajaran secara online.
Aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur mulai dari belajar melalui video animasi, latihan soal, bahkan persiapan untuk menghadapi berbagai ujian.Berikut beberapa aplikasi belajar online tersebut:
1. Ruangguru
Ruangguru adalah aplikasi bimbingan belajar online yang menawarkan solusi lengkap hanya dalam satu aplikasi. Pengguna bisa belajar melalui video, latihan soal, les privat, dan tryout yang bisa diakses hanya melalui smartphone.
Ruangguru menyediakan konten untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMA yang sesuai dengan kurikulum nasional. Aplikasi yang dikembangkan oleh ruangguru.com ini dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman.
Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur belajar yaitu mulai dari fitur Video Belajar, dengan fitur tersebut, pengguna bisa menonton ribuan video belajar beranimasi dan pembahasan soal untuk SD, SMP, SMA, bersama tutor dengan durasi hanya 5-10 menit per video. Video juga bisa diunduh agar pengguna bisa menonton berulang kali.
Kemudian fitur Latihan Soal dan Pembahasan, pengguna bisa mempertajam pemahamannya melalui lebih dari puluhan ribu latihan soal dan pembahasan dari berbagai tingkat kesulitan (termasuk High Order Thinking Skills atau HOTS). Hasil latihannya bisa langsung keluar disertai dengan pembahasannya.
Ruangguru juga menghadirkan fitur Rangkuman Modul Bimbel. Fitur ini bisa digunakan setelah menyelesaikan semua misi. Pengguna dapat mengunduh rangkuman yang dapat disimpan di galeri smartphone yang bisa dijadikan bahan untuk belajar.
Dan fitur Catatan Squad Ruangguru, untuk membagikan catatan pelajaran dan catatan-catatan lain dari Sahabat Ruangguru di seluruh Indonesia. Aplikasi Ruangguru, dalam Google PlayStore sudah diunduh lebih dari kima juta kali.
2. Quipper
Quipper merupakan aplikasi layanan solusi belajar online. Pengguna bisa menikmati belajar yang seru dengan berbagai konten seperti video amimasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas di Quipper Video.
Aplikasi yang dikembangkan Quipper Ltd ini menyediakan ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional. Pelajaran tersebut berlaku untuk untuk persiapan berbagai jenjang pendidikan dalam menghadapi UN SMP, UN SMA, SBMPTN dan ujian reguler di sekolah.
Pengguna juga bisa menanyakan soal langsung ke tutor dan konsultasikan rencana akademis dengan pembimbing terbaik di Quipper Video Masterclass. Siswa juga dapat menikmati layanan Quipper School untuk mengerjakan tugas dari guru secara online. Aplikasi ini dalam Google Play Store sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali.
3. Rumah Belajar
Rumah Belajar adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dirilis Agustus 2018. Aplikasi itu bisa digunakan para siswa untuk belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.
Aplikasi ini dalam Google Play Store sudah diunduh lebih dati 100 ribu kali. Aplikasi menyediakan berbagai konten pembelajaran yang berbasis audio, video, gambar, dan animasi, serta disajikan secara interaktif.
Adapun fitur yang tersedia adalah Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.
4. KelasKita
KelasKita bisa menjadi tempat di mana belajar secara online di mana saja dan kapan saja. Dengan fitur media sosial, memungkinkan pengguna tetap berkomunikasi dengan baik dengan pengguna lain.
Dalam aplikasi yang dikembangkan oleh KelasKita, pengguna bisa mempelajari banyak hal mulai dari Pemrograman, Desain Grafis, Bahasa, Otomotif, Robotik, Jaringan Komputer, Agama, dan lainnya.
Pengguna bisa memilih kelas dari puluhan kategori atau berdasarkan tingkat studi, mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi atau Umum. Artinya berbagai kalangan bisa menggunakan KelasKita, dan semua fitur bisa digunakan dengan gratis.
Aplikasi ini menawarkan fitur seperti membuat Kelas tanpa batas, membuat Quiz tanpa batas, juga fitur Tanya Jawab yang bisa digunakan untuk mengajak orang berdiskusi.
KelasKita dibekali dengan Fitur Kampus, fitur ini akan membuat sebuah Institusi Pendidikan, Perusahaan atau Komunitas dalam mengatur konten-konten pendidikan dalam kelas online. Fitur ini bisa di atur menjadi kelas untuk umum atau pribadi yang hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu.
Selain berkontribusi materi dengan membuat kelas gratis, pengguna juga bisa membuat kelas berbayar untuk menambah penghasilan. Caranya dengan memperluas penyampaian materi tanpa memikirkan jarak dan waktu belajar yang bisa kapan saja, harganya bisa disesuaikan dengan konten materi yang diberikan.
Pengguna juga bisa mendapatkan sertifikat digital yang bisa dicetak dengan validitas yang tersimpan di database KelasKita. Pengguna bisa menggunakannya untuk menunjang karir dan peningkatan mutu kemampuan profesional kamu. Aplikasi ini dalam Google Play Store sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali.
KelasKita juga menawarkan beberapa pengajar yang berasal dari perusahaan dan lembaga kurusus vokasional ternama, seperti Parang Kencana, DynEd, Btech, Yayasan B.I.S.A, dan Arva School of Fashion. Mereka akan memberikan materi-materi terbaik untuk memberikan materi.
5. Kelas Pintar
Kelas Pintar merupakan aplikasi besutan PT Extramarks Education Indonesia. Aplikasi ini menggunakan Kurikulum Nasional 2013 Revisi, yang memberikan solusi belajar lengkap untuk kelas 1 hingga kelas 12 dengan metode interaktif, yang membuat aktivitas belajar lebih mudah dan efektif.
Extramarks menyajikan berbagai alternatif cara belajar, mulai dari visual, audio dan kinestetik. Sajian tersebut berdasarkan perbedaan karakter siswa memberikan inspirasi bahwa cara belajar setiap siswa juga berbeda.
Aplikasi ini hadir dengan tiga metode belajar efektif yaitu Learn, Practice dan Test. Fitur Learn akan memberikan penjelasan menyeluruh secara audio visual mengenai pelajaran melalui konsep belajar, animasi, video, multimedia interaktif maupun buku pelajaran (e-book).
Sedang fitur Practice bertujuan untuk penguatan konsep melalui latihan dan kegiatan yang bersifat interaktif, seperti HOTS, Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions). Sementara fitur Test dijadikan sebagai valuasi menyeluruh dari proses belajar dengan berbagai bentuk tes seperti Adaptive Test, Soal Pilihan Ganda, Tes Periodik hingga Ujian Semester.
Selain itu, Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen pendidikan, yaitu murid, guru dan orang tua ada dalam satu platform yang sama untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar.
Aplikasi ini dapat membantu murid memahami, mendukung guru mengajar dan membuat orang tua tenang. Dalam laman Google Play Store, Kelas Pintar sudah diunduh lebih dari 100 kali.
Kelima aplikasi tersebut dapat di gunakan untuk belajar online ini mungkin ada beberapa yang tidak asing lagi. Selain sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi belajar online ini dinilai lebih efektif digunakan untuk mengajar secara online.
Selamat mencoba,mari sukseskan Pembelajaran daring. Tetap semangat !

Sumarjiyati,S.Pd.I
Guru PAI SD N Karanganyar,Gedangsari,Gunungkidul,DIY

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca