Cari Blog Ini

Minggu, 26 April 2020

Sedekah menolak bala'


Ramadhan ke -4
Sedekah Menolak Bala




Dampak dari covid-19 ini sangat besar bagi perekonomian masyarakat  saat ini ,banyak orang yang biasanya berjualan keliling tidak lagi bisa berjualan,banyak karyawan yang di PHK akhirnya banyak pengangguran dan tentunya kriminal pun bisa meningkat,kita ketahui akhir-akhir ini di bawah naungan Ramadhan yang penuh keberkahan pun masih kita jumpai orang-orang yang berbuat jahat dengan mencuri hak milik orang lain.Miris memang mendengar hal itu,tapi itu memang realita yang terjadi saat ini.Beruntung orang-orang yang masih di beri kekuatan iman islam sehingga bisa bersabar menghadapi ujian ini dan tetap berusaha bertahan walau memang kita tahu mungkin menyakitkan.

Bagaimana kita bisa melakukan hal kecil untuk bisa mencegah semakin bertambahhnya  kejahatan dilingkungan kita.Dan kita bisa selamat dari kejahatan serta  wabah yang ada saat ini.kita bisa bentengi diri kita dengan mengamalkan hadist  berikut.
”Bersegeralah bersedekah,sebab bala bencana tidak pernah mendahului sedekah “(H.R Imam Baihaqi)

Dengan  mengeluarkan sedikit harta yang kita miliki untuk orang-orang yang membutuhkan ,insyaAllah sedikit bisa mengurangi beban mereka. Jika beban mereka berkurang maka kejahatan pun bisa kita cegah.apalagi jika setiap orang yang mampu bisa melakukannya dan kita kumpulkan, itu sangat bermanfaat.Selain manfaat baik buat si penerima sedekah ternyata bagi yang memberi sedekah juga akan mendapatkan dampaknya yaitu bisa menolak bala’.

Apalagi kita ketahui amalan yang kita kerjakan di bulan Ramadhan akan di lipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Jadi tunggu apalagi… mari kita sedekah.Kita gunakan momen ini untuk kebaikan karena ciri orang yang bersyukur itu selain mengucap syukur al-hamdulilah juga bisa bersyukur dengan berbagi dengan orang lain atas nikmat yang di berikan Allh SWT kepadaNya.

Selain bisa menolak bala’ manfaat Sedekah  juga dapat mengobati penyakit jasmani.
Daa wuu mardho kum bishodaqoh” (obatilah orang yang sakit  di antara kalian dengan sedekah)
Salah satu keajaiban sedekah bahwa ia bisa menjadi wasilah kesembuhan dari penyakit jasmani
Setidaknya sedekah yang penuh keiklasan akan melahirkan ketenangan jiwa,karena Ketika membuat orang lain senang dan bisa andil mengurangi berbagai kesulitan maupun kebutuhan mereka.Ketenangan dan keceriaan batin pasti akan mengiringi.Inilah yang menjadi modal penting bagi Kesehatan tubuh.

Dari hadist di atas kita bisa mengamalkan dalam kehidupan kita apalagi kita ketahui saat ini wabah corona belum juga lenyap di muka bumi ini.dari data yang kita ketahui jumlah terpapar covid-19 di idonesia saat ini  pasien yang positif 8.882, pasien sembuh 1.107 dan  pasian meninggal 743 orang.

Selain kita melaksanakan himbauan pemerintah untuk menjaga Kesehatan dengan selalu cuci tangan,memakai hand senitazer,memakai masker,berolah raga,stay at home,social distance,work from home. Semua  itu di lakukan agar penyebaran virus covid-19 bisa terhenti.dan tidak banyak lagi kurban.Kita juga Bisa mengamalkan hadist di atas,juga senantiasa berdoa mohon perlindungan Allah SWT.

Manusia hanya wajib berusaha semua kita kembalikan kepada Allh SWT yang maha berkendak dan berkuasa atas segala sesuatu.Berharap wabah covid-19 segera berlalu sehingga keadaan bisa Kembali seperti dulu lagi.Lakukan yang bisa kita lakukan selagi masih ada kesempatan.Gunakan masa sehatmu sebelum sakitmu,lapang sebelum sempitmu,kaya sebelum miskin,mudamu sebelum tua,hidup sebelum matimu.

Salam sehat
Salam guru blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca