Cari Blog Ini

Senin, 13 April 2020

Menulis buku dalam seminggu,bisakah ?

 Resume Materi ke -10 senin 13 April 2020
Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta  Guru Menulis kelompok 8
MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU,BISAKAH ?



Nara Sumber

Prof.Eko Indrajit
Nama Lengkap    : Richardus Eko Indrajit
Alias                       : Richard
Profesi                    : Tokoh Teknologi Informasi
Tempat Lahir        : Jakarta
Tanggal Lahir       : Jumat, 24 Januari 1969
Zodiac                    : Aquarius
Warga Negara     : Indonesia

Istri                         : 
Lisa A. Riyanto
BIOGRAFI

Richardus Eko Indrajit merupakan pakar teknologi yang berbakat. Tak hanya sebagai pakar, narasumber berbagai seminar, ia juga seorang akademisi sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional.

Lahir di Jakarta, 24 Januari 1969, pria yang akrab disapa Richard ini memulai karir di dunia teknologi sejak duduk di bangku kuliah. Menuntaskan pendidikan di ITS, seolah haus akan ilmu, ia kemudian melanjutkan pendidikan di berbagai macam universitas seperti Harvard University, University of the City of Manyla, Maastricht School of Management, Leicester University, dan London School of Public Relations.

Sekembalinya dari luar negeri, ayah dari tiga anak ini sempat bekerja di sebuah perusahaan multinasional seperti Price Waterhouse, Prosys Bangun Nusantara, Renaissance Indonesia, Jakarta Consulting Group, Soedarpo Informatika Enterprise, dan IndoConsult Utama. Namun, ia lantas memutuskan keluar untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultan teknologi informasi independen yang membantu banyak perusahaan baik swasta maupun pemerintahan.

Dia aktif pula membantu pemerintah dalam sejumlah penugasan. Dimulai dari penunjukan sebagai Widya Iswara Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), yang diikuti dengan berperan sebagai Staf Khusus Bidang Teknologi Informasi Sekretaris Jendral Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Staf Khusus Balitbang Departemen Komunikasi dan Informatika, Staf Khusus Bidang Teknologi Informasi Badan Narkotika Nasional, dan Konsultan Ahli Direktorat Teknologi Informasi dan Unit Khusus Manajemen Informasi Bank Indonesia.

Saat ini ditunjuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk menakhodai institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dan menjadi anggota aktif dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Riset Nasional (DRN), dan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT).

Selain aktif sebagai konsultan teknologi informasi, suami dari Elisabeth Dhany Retno Putri ini juga menjadi akademisi di beberapa universitas; Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya, Bina Nusantara University, Curtin University of Technology, Universitas Trisakti, Edith Cowan University, dan IPMI-Monash University. Tak hanya pandai di bidang pendidikan serta profesional, Richard juga pandai dalam organisasi.

Kini, ia menjabat sebagai Presiden Association of Higher Learning Institution in Computing and Information Technology Studies dimana ia memimpin lebih dari 700 universitas dan 1.500 program studi di seluruh Indonesia dan President of International Association of Software Architect.

Seolah tak pernah padam semangatnya, Richard juga telah banyak menelurkan karyanya. Tercatat lebih dari tiga puluh judul buku dan ratusan jurnal yang telah dipublikasikan baik nasional maupun internasional.

Riset dan analisa oleh Atiqoh Hasan.
PENDIDIKAN
·         Leicester University, Inggris
·         London School of Public Relations, Jakarta
·         Maastricht School of Management, Belanda
·         University of the City of Manyla, Filipina
·         Applied Computer Science Harvard University, Amerika Serikat
·         Teknik Komputer Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya
KARIR
·         Konsultan teknologi informasi
·         Penulis
·         Akademisi
·         Guru besar ilmu komputer ABFI Institute Perbanas

Luar biasa pemateri malam ini
Kuliah pun dimulai tepat pukul 19.00 WIB sebelum Prof Eko Indrajid membuka,Mr Bams sebagai moderator pun meminta untuk para peserta mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
Om jay membuka kuliah online “ assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh selamat malam semuanya malam ini kita akan belajar bersama prof Eko indrajit di WA grup belajar menulis bersama omjay dan kawan-kawan di PGRI mohon simak baik-baik materinya lewat tulisan di WA grup dan jangan lupa setelah kegiatan ini  Anda diminta untuk membuat resuman nya agar anda mampu mengikat ilmu dengan cara menunjukkannya jangan lupa dikirimkan ke email omjay  dan juga diposting di blog Anda agar dibaca banyak orang sedunia terima kasih assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,Prof  indrajit mulai mempersiapkan diri belaiu mengatakan tes 123 apakah bisa diterima dengan baik,lalu moderator menjawab tes oke prof dan omjay menjawab bisa prof hehehe sambil tertawa kemudian profesor Eko indrajit mengatakan terima kasih saya menunggu perintah selanjutnya rojer,lalu moderator mempersilakan omjay monitor sambil tersenyum tanda terima kasih, silakan mulai beraksi assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat malam semuanya wa grup ini kami kunci dulu sementara untuk membawa keluar kuliah lewat WA yang akan disampaikan oleh profesor Eko indrajit, kemudian profesor  mulai beraksi cek 1 2 apakah suara saya terdengar dengan jelas, kemudian Om Jay menyerahkan kepada Mr. Bams untuk memimpin acara malam ini silakan Mr. Bams,prof  menjawab salam hangat untuk omjay  dan pak Bambs yang akan membantu saya hari ini, padahal kan sudah malam , malam ini maksudnya prof,lalu prof berkata saya tunggu perintah dari moderator ,kemudian Mr bams berkata terima kasih Omjay yang selalu bersemangat setiap detiknya izinkan saya Bambang  tapi biasa dipanggil Mr barms asalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kemudian profesor menjawab siap Mr barms, lalu moderator mengatakan Alhamdulillah hari ini kita akan menerima pencerahan yang sangat luar biasa dari pak profesor izinkan saya bagi dua sisi ya 60 menit untuk materi dan 60 menit untuk tanya jawab bagaimana prof,kemudian profesor menjawab saya ikut saja lebih senang pakai tulisan atau rekaman audio ya, lalu moderator menjawab kalau di sini ya… kami terbiasa dengan tulisan prof, kemudian profesor menjawab kembali oke baiklah supaya asik dan tidak membosankan mas bams mulai dengan tanya ke saya, saya akan menjawab agar tidak monoton oke, lalu menderator  kami menjawab’ wow keren banget oke prof,’kemudian  profesor mengatakan saya yakin yang sudah bergabung di grup ini pasti sudah punya niat ingin menulis,kemudian moderator kami nyatakan prof hari ini kan temanya sangat menarik apa sih sebetulnya yang ingin dibagikan kepada kami, kemudian profesor menjawab beginilah kisahnya sehingga kita bertemu saat .ketika pandemi terjadi semua harus berkarya dan bekerja dari rumah.dan yang penting harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. pengalaman saya sudah semenjak di sekolah dasar waktu itu saya besar di kota terpencil Dumai di Riau saya mengajar sudah menjadi hobi saya dari kecil sehingga tidak ada hari tanpa mengajar, saya mengajar macam-macam dari kecil mulai dari mengajar sandi-sandi Pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik dan lain sebagainya,kemudian moderator  kami mengatakan maaf prof bila sudah selesai tekan huruf N dichat terakhirnya ya, kemudian Professor menyambung lagi akhirnya saya jadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini mengajar dan membagi ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA dalam tubuh saya , nah pada saat Convid  saya tidak bisa lagi mengajar secara langsung atau tatap muka maka kalau saya tidak mengajar stamina saya menurun kalau stamina saya menurun saya bisa tertular virus . pada hari kelima lockdown di rumah saya putuskan untuk mengajar via streaming YouTube saya tidak peduli ada atau tidak ada yang nonton yang penting saya ngajar agar semangat maka saya buatlah Eko di channel di YouTube semuanya dimulai pada tanggal 20 Maret 2020 mengikuti seminar virtual saya gratis kan kalau mau pesan sertifikat dikenakan biaya tambahan rp10.000 untuk membayar teman-teman yang membantu admitrasi ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang dan hingga saat ini yang menonton YouTube saya sudah 6000 orang untuk tema pertama yang namanya digital mindset Anda silakan nonton rekamannya di YouTube ya, lebih terkejut lagi untuk 1 seminar tersebut yang pesan sertifikatnya 1116 orang tiba-tiba saya dapat 11 juta dalam sehari,akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang setiap hari jam 8 pagi saya melakukan seminar 1 sampai 2 jam di YouTube streaming untuk siapa saja yang tertarik , bernafas dulu ya sambil cari prof menuliskan N, kemudian moderator mengacungkan jempol sampai tersenyum luar biasa ,lalu profesor Eko indrajit mengatakan pertanyaan selanjutnya ,sebelumnya moderator berikan semangat ayo kita tepuk tangan dulu dalam hati sambil berdoa buat profesor dengan karyanya yang luar biasa,moderator mengajukan pertanyaan berikutnya profesor darimana ide seminar di YouTube kemudian mengeluarkan sertifikat,lalu profesor menjawabnya sederhana setiap dosen kan harus membuat laporan untuk kenaikan jabatan akademik biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat, dengan adanya pandemi ini semua seminarkan dibatalkan,(woooo prof ambil sisi positif dari convid rupanya ) lalu prof menyambung ,artinya ada 2 mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat dan saya sendiri kehilangan pemasukan karena pemasukan saya 70% dari seminar workshop lokakarya konsultasi dan sebagainya. semua orang yang ikut ternyata 80% adalah mereka yang pernah membeli buku-buku yang saya tulis semenjak tahun 1998 saya menulis buku juga dulu disuruh mahasiswa karena ada krisis ekonomi 1998 sehingga mahasiswa S2 tidak sanggup beli buku dalam mata uang dollar, akhirnya buku saya yang pertama terbit adalah ringkasan dari 50 buku bahasa Inggris yang saya pinjam di perpustakaan untuk meringankan beban mahasiswa yang saya ajar judulnya adalah manajemen sistem dan teknologi informasi diterbitkan oleh Elex media komputindo. eh ternyata buku itu jadi best seller akhirnya yang dulu ketagihan mengajar menjadi ketagihan menulis.( Mulai putar haluan ya prof ), saya dulu spesialis menulis bunga rampai,setiap ada 1 diagram yang menarik perhatian saya, saya jelaskan dalam satu halaman secara ringkas sebelum tidur menulis 1 halaman seperti sekarang omjay  menulis blog artinya dalam 3 bulan ada sekitar 100 halaman sehingga buku bisa diterbitkan sekarang saya sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan dan ratusan artikel di era milenium kebanyakan buku dan tulisan saya ,saya bagikan secara gratis silakan Anda download free di mana-mana seperti di situs acedemia di situs eco. ID dan lain-lain, Kemudian Menulis buku  Mesti harus ada trik jitu untuk dapat menulis  dalam satu minggu. Bagaimanakah caranya? caranya mudah. kita harus mendisrupsi diri sendiri. saya langsung saja pada pokok permasalahan ya. silahkan buka dan subscribe EKOJI CHANNEL. anda akan melihat beberapa presentasi saya semenjak tanggal 20 Maret 2020 yang lalu. kemudian pilihlah yang menarik perhatian anda (sesuai yang relatif anda SUKA dan KUASAI). kemudian saya kasih waktu satu minggu untuk menjawab 6 pertanyaan sederhana mengenai topik yang dibahas, yaitu: 5W1H. Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET. maka anda menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebb
1: APA yang dimaksud dengan digital mindset.
2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan
3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya
 4. DIMANA digital mindset harus diterapkan
 5. KAPAN digital mindset diterapkan. Dan
 6. BAGAIMANA cara menerapkannya.
 Nah, satu hari tulis satu. Berarti hari keenam sudah jadi. Hari ketujuh kasih ke saya. Anda tidak perlu banyak berfikir, karena semua sudah saya paparkan dalam presentasi. Tinggal anda bahasakan saja sesuai dengan yang anda tangkap. Di hari ketujuh, tulisan saya akan saya tambah-tambahkan sana sini. Kemudian saya akan LANGSUNG terbitkan dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasi saya yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Anda adalah penulis pertamanya, saya penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya lagu (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang beli). agar menarik, semua royalti jadi milik anda. kalau ternyata banyak yang laku, kita terbitkan versi kedua dalam bentuk fisik sehingga anda dapat ISBN.
tertarikkkkk??? saya mau lelang judulnya malam ini... silahkan nanti dipimpin moderator. kalau ada 3 orang memilih juduhl yang sama, lebih baik. jadi pengarangnya 4 orang plus saya. rejeki dibagi tiga penulis.... tertarikkkkk??? saya mau lelang judulnya malam ini... silahkan nanti dipimpin moderator. kalau ada 3 orang memilih juduhl yang sama, lebih baik. jadi pengarangnya 4 orang plus saya. rejeki dibagi tiga penulis....
Masya Allah super sekali penawaran dari prof ini.Ada beberapa peserta yang sudah siap untuk mengirim judulnya.Amazing… prof Eko benar-benar bisa membawa peserta untuk dapat bergerak cepat dengan apa yang beliau sampaikan kepada kami memberikan magnet yang luar biasa.
 Selanjutnya  enakan jadi penulis atau youtuber ?
Dulu saya jadi penulis karena masih banyak waktu luang. dan waktu itu khan belum ada internet. nah sekarang karena waktu saya terbatas, maka saya lakukan kombinasi. kalau Sabtu Minggu saya menulis, kalau hari biasa saya jadi Youtuber. bagi saya, buku dan youtube adalah MARKETING BROCHURE atau MARKETING TOOLS. karena orang mengenal kita, baru mereka mengundang kita untuk bicara di acara mereka. Dari situlah saya menghidupi keluarga saya hingga saat ini.
modal utamanya agar bisa seperti sekarang ini adalah karena waktu kecil, cita-cita saya sederhana. saya ingin keliling Indonesia melihat keindahan kota-kotanya, tapi dibayarin orang lain. setelah saya jadi penulis, tiba-tiba undangan seminar ke sana sini menggila. akhirnya dari tahun 1998 sampai 2003, saya sudah berkunjung ke 27 provinsi ketika itu. nah kemudian cita-cita berubah. ingin bisa keliling dunia, dibayarin orang lain. mulailah saya mengunggah tulisan serta powerpoint (biasanya powerpoint dalam bahasa Inggris) ke internet. Dan ehhhh... malah ada undangan dari beberapa negara. Jadi motivasi saya adalah ingin keliling dunia gratis dibayarin orang lain... karena ingin melihat berbagai keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa. sampai saat ini saya sudah hitung, telah mengunjungi 73 negara. Masih lebih dari 100 negara lagi yang saya ingin lihat. makanya sekarang saya tetap menulis dan jadi youtuber.
Bagaimana cara membagi waktu untuk menulis dengan jadwal yang super sibuk.
jika anda menyenangi yang anda lakukan, pasti waktu dapat anda alokasikan. sebelum tidur saya terbiasa membuat 3-5 halaman tulisan. saking terbiasanya, sekarnag kalau belum nulis, ndak bisa tidur.
Dan saya ingin meninggalkan legacy untuk anak cucu saya. sehingga kalau nanti mereka ngecek siapa kakek atau kakek buyutnya, bisa tercatat di internet. itulah cara hidup 1000 tahun lagi. hehehe....
Apakan setiap menulis selalu berpatokan pada 5wh? Urutan 5wh apakah bebas atau beraturan sesuai contoh dari bapak profesor.Tidak,5WH adalah untuk penulis awal yang ingin belajar menulis. karena sifatnya deskriptif, tapi sangat filosofis. setiap isu apapun, secara filsafat, harus bisa dijelaskan dalam 5W1H. kalau sudah biasa menulis deskriptif, barulah mulai menulis yang sifatnya: eksploratif, komparatif, arguentatif, persuasif, dan lain sebagainya.
contohnya: kalau isunya COVID-19, saya yakin dengan 5W1H, anda bisa membuat satu buku dalam seminggu. apalagi ada banyak referensi di internet saat ini. musuh menulis adalah diri sendiri. motivasi hanya dapat dibangun dari dalam diri sendiri. Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. jadi bagi saya semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. kita  pasti punya banyak hal yang ingin diceritakan kepada orang lain. tulis saja apa yang ada di kepala kita. ndak usah takut. kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. dan pembaca itu macem-macem. kalau saya menulis untuk kakek saya, akan beda bahasanya dengan kalau menulis untuk generasi anak2 saya. kualitas menulis adalah masalah jam terbang. lama-lama jadi bagus sendiri.... jaman sekarang, tulisan tidak perlu terkoordinir. masukin aja ke internet, maka nanti akan terkoordinir sendiri. karena dalam dunia maya, berlaku data yang unstructured dibandingkan dengan structured. menulis blog seperti yang disampaikan Oom Jay adalah sangat baik. saya selain menulis, senang juga bikin puisi dan lagu kok.... apapun yang ingin saya sharing, saya tulis. satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah (menurut saya), buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek.... menulis hal-hal yang buruk kalau bagi saya mendatangkan energi negatif.... malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang.... tulislah bersama orang yang berani menulis pasti nanti ketagihan deh.....
Jangan waktu mengatur kita, kita yang harus mengatur waktu. paling tidak alokasikan hari Sabtu dan Minggu seharian. bikin kontrak tak tertulis dengan suami/istri dan anak prioritaskan yang penting dan genting.

Jadikan tulisan menjadi  kepuasan pembaca. Karena pembaca yang puas, akan merefer ke orang lain. Akibatnya buku habis dibeli. dan dicetak lagi,  intinya setiap buku punya target audiens yang ingin diraih. selagi mereka merasa mendapatkan sesuatu, berarti buku tersebut baik adanya (secara etika manfaat yang dirasa adalah yang baik-baik, bukan dalam hal buruk)
 Supaya fokus, jangan menulis terlampau lama (kecuali anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena kalau lama-lama, kita kehilangan folkus, dan ilmu yang mau kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Makanya saya tawarkan, ayo menulis buku dalam SEMINGGU....
Super sekali… benar-benar luar biasa spirit dari prof Eko yang membuat para peserta bersemangat.
Terima kasih semuanya. anda sudah punya nomor telepon saya. seperti kata oom jay, tulis aja dan buktikan apa yang terjadi. saya menunggu yang tertarik membuat ringkasan yang saya katakan di youtube channel.... kita menulis berdua, dan saya langsung terbitkan.... ciao.... salam sehat untuk semuanya. terima kasih moderator dan Oom Jay. sukses semua untuk anda..... I am login out...

Moderatorpun meminta untuk yang pertanyaan belum terjawab bisa japri dengan prof Eko. Alhamdulillah bagi penanya awal bisa langsung di jawab.Tak hanya ilmu yang bermanfaat yang di berikan prof dalam pertemuan ini beliaupun membagi beberapa buku secara gratis.
Al-hamdulilah  terimakasih prof… 























































2 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca