Cari Blog Ini

Minggu, 19 April 2020

Peyek vs rasulan

Kulihat ibu sibuk di dapur yaa..disana aku lihat ibu sedang menggoreng peyek.Kulirik toples besar di meja makan.waaaw luar biasa.tidak biasanya toples besar itu berisi peyek.Pasti jika toples besar itu sudah berisi peyek,itu artinya sebentar lagi akan ada rasulan di desa kami.Apa itu rasulan? rasulan adalah istilah yang digunakan masyarakat gunungkidul yang berarti bersih desa.tradisi rasulan dilakukan bertujuan untuk memohon keoada Tuhan yang naha Esa spya diberi kelancaran dakam mencari rezeki dan juga hasil panen berikutnya bertambah.Di desa kami biasanya terjadi saat musim panen.

Bagamana tradisi itu ada aku sendiri tidak tau pasti sejak aku masih kecil tradisi itu sudah ada.Dulu pernah ku tanyakan pada ibuku.Beliau hanya menjawab saat rasulan kita di beri kesempatan untuk bersedekah dari hasil panen kita,begitu beliau jawab.Aku pun hanya mengiyakan saja.

Saat  rasulan  tiba masyarakat  biasanya mengeluarkan makanan di bawa ke balai desa dan di bagikan kepada masyarakat yang hadir.Atau bahkan sampai pada saudara-saudara kita yang jauh.Rasulan identik dengan peyek.Biasanya saat rasul tiba maka kita akan kedatangan tamu baik teman-teman kita atau teman suami bahkan teman-teman anak kita.Susana sangat ramai karena saat rasulan juga  selalu ada pertunjukan wayang kulit.Nha saat teman-teman kita yang datang maka kita akan menjamu berbagai masakan khas yaitu sayur lombok,gudeg,tahu bacem,mie bihun, juga ayam satu yang tidak pernah ketinggakan yaitu peyek.
Peyek sangat cocok di makan bersama teman-teman kita rasanya yang gurih renyah bisa membuat kita betah untuk sekedar ngobrol bersama keluarga teman dan saudara.

Di keluargaku pun peyek biasanya di buat sendiri.Peyek buatan ibuku sangatlah enak tidak ada duanya itu menurutku lhu..mungkin karena ibu selalu membuat peyek dengan penuh cinta ya..hihi..itu yang kurasakan.mau tau rasa peyek buatan ibuku.. Segera datang ke gunungkidul ya saat rasulan tiba..hehe..karena jika datang bukan saat rasulan jika ada peyek itu bukan peyek buatan sendiri.Tapi hanya beli di warung.dan tentu rasanya pun pasti berbeda dengan peyek buatan sendiri.




Salam guru blogger..

9 komentar:

  1. Jadi tahu adat rasulan.
    Mantap bu..
    Salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thun dpn rasulan ke gunungkidul ya buk..hehe

      Hapus
  2. Saya suka peyek yogya.
    Ini resep peyek malang bu,
    https://wijiindayat.blogspot.com/2020/04/mau-coba-rempeyek-kacang.html

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah..tmn2 blogger suka oeyek..suatu saat smg bisa mkn peyek rane2 yaa.hehe

    BalasHapus
  4. Peyek peyek makanan yang selalu hadir dengan pecel Kediri atau Madiun, lezat

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca