Cari Blog Ini

Minggu, 04 Oktober 2020

Pembekalan Lomba GTK Berprestasi

 Pembekalan Lomba GTK Berprestasi




Oleh Sumarjiyati,S.Pd.I

 

Dalam kegiatan pembekalan dan persiapan mengikuti lomba GTK berprestasi secara garis besar akan membahas dua kunci sukses Gupres yaitu

1.      Sukses secara lahiriyah

Bagaiman kita menyiapkan diri untuk portopolio yang di susun sesuai dengan juknis yang ada pada tahun yang bersangkutan. Tiap tahun panduan yang ada berbeda namun secara garis besar  tetap ada kesamaan/kemiripan. Pada umumnya tidak ada pembekalan di setiap kecamatan ataupun kabupaten kota. Untuk itu dari hasil bincang-bincang kang encon dengan peserta lomba dan para juara GTK tahun 2016,  maka munculah  inisiatif untuk bisa memodifikasi pengalaman yang di alami sehingga behasil mengadakan kegiatan pembekalan ini.

2.      Sukses secara batiniyah

Keberhasilan seseorang tidak terlepas dari  spirit dan motivasi. Dari pengalaman orang-orang sukses. Beruntunglah bagi orang yang selalu berbagi pengalaman. Betul sekali ungkapan itu. Secara batiniah kita memerlukan kesiapan mental yang kuat. Berusaha dekat dengan sang pencipta Allah SWT untuk selalu memohon kepadaNya di beri kemudahan kelancaran dan ilmu yang bisa kita amalkan. Mintalah kepadaNya ungkapkan semuanya. Sampai hati kita benar-benar bisa merasakan ketenangan. Sehingga apa yang kita lakukan selalu dalam bimbinganNya.



A.    Pengertian Pembekalan dan persiapan

1.      Pembekalan adalah proses,cara,perbuatan,menyediakan bekal.

2.      Bekal adalah sesuatu  yang dapat digunakan kelak apabila perlu

3.      Persiapan adalah perbuatan untuk melakukan sesuatu

Jadi pembekalan dan persiapan adalah upaya memberikan cara yang bisa digunakan kelak untuk melakukan sesuatu hingga mencapai target.

 

B.     Pengertian Lomba GTK berprestasi

Adalah lomba guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang memiliki mompetensi pedagogik, kepribadian,sosial, dan profesional yang mampu memenuhi Standar Nasional Pendidikan,memiliki kinerja yang melebihi GTK lain,Berkarakter dan menjadi teladan bagi siswa,sesama guru, kepala sekolah,pengawas sekolah dan masyarakat.

C.    Kata kunci lomba

Kita bisa mengambil salah satu kunci :

1.      Guru dan tenaga kependidikan

2. Memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,profesional (Menunjukkan komprahensip )

3.      Memenuhi standar nasional Pendidikan

4.      Memiliki kinerja yang melebihi guru dan tenaga kependidikan lain.

5.      Menjadi contoh/teladan

     Lomba GTK ini adalah lomba yang sangat keren atau bergengsi karena dalam lomba ini tidak hanya satu aspek saja yang di nilai namun mencakup beberapa aspek. Misal untuk guru ada 4 aspek yang di nilai yaitu, pedagogik,,kepribadian, sosial dan profesional. Untuk kepala sekolah 5 aspek untuk pengawas sekolah 6 aspek.

Memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) termasuk dalam  PP no 19 tahun 2005.

Ada 8 komponen :

1.      Standar isi

2.      Standar kompetensi lulusan

3.      Standar proses

4.      Standar pendidik dan kependidikan

5.      Standar sarana prasarana

6.      Standar pengelolaan

7.      Standar pembiayaan

8.      Standar penilaian Pendidikan.

 

Berbicara dengan standar pendidikan  menurut pengalaman bapak encon  bahwa di sekolah saat study banding di Australia di kota viktoria yang menarik dari 4 sekolah yang beliau kunjungi adalah standar nasional pendidikan itu ditempel diluar untuk mengingatkn guru bahwa inilah target yang akan di capai sekolah. Hal ini bagus untuk kita kembangkan.

 

D.    Lomba tahunan kemendikbud

1.      Sayembara menulis buku bahan bacaan (puskurbuk)

2.      Lomba menulis buku ( Balai bahasa)

3.      Lomba kreativitas guru (LKG)

4.      Lomba inovasi pembelajaran ( Inobel)

5.      Lomba menulis artikel

6.       Lomba seminar nasional

7.      Lomba foto

8.       Lomba seniuntuk siswa

9.      Lomba sains untuk guru

10.   Lomba GTK berprestasi.

E.     Persiapan ikut lomba

1.      Ikuti kelengkapan administrasi

Persyaratan lomba GTK,berdasarkan pedoman serta juknis dari kemendikbud.

2.      Siapkan pakaian utuk 4-6 hari di Jakarta

(Jas, baju olah raga,pakaian harian, dan keperluan pribadi )

3.      Siapkan dokumen portopolio 3 tahun terakhir

 

Mengapa kita harus ikut lomba

Ada beberapa alasan untuk itu yaitu

v   Lomba mendorong kita kreatif

v  Lomba dapat hadiah

v  Lomba  dapat menambah saudara,kenal teman-teman dari seluruh nusantara.

F.     Reward lomba GTK

1.      Uang tunai Rp. 20-40 juta

2.      Uang saku selama berada di Jakarta

3.      Souvenir dari sponsor ( Mitra kemendikbud)

4.       Jas dan perlengkapannya

5.      Baju batuk

6.       Kaos

7.      Tas dan ATK

8.      Menikmati obyek wisata di Jakarta dan sekitarnya

9.       Uang dari sponsor

10.  Laptop

11.  Berangkat ke luar negeri

12.   Berangkat ke tanah suci.

 

Beberapa pertanyaan tentang lomba GTK berprestasi

1.      Berapa lama  untuk mempersiapkan bekal sampai ikut lomba?

Sejak awal  mempersiapkan seperti untuk portopolio, tes tertulis, presentasi  dan wawancara. Bagaimana teknik agar juara dalam presentasi yaitu kita perhatikan gestur tubuh kita, senyum kita, cara tatapan mata kita.

Mempersiapkan  bekal sampi ikut lomba GTK 2-3 tahun sebelum lomba,karena untuk lomba GTK tidak semudah inobel, atau lomba menulis artikel atau yang lainnya jadi butuh bertahun-tahun. Umumnya juara 1, 2 dan 3 untuk menjadi juara itu di persiapkan waktu yng cukup lama kedepan harapannya kita lebih siap.

 

Dalam mengikuti lomba kita harus punya target yaitu kita harus jadi pemenang bukan pecundang, kita harus jadi peman bukan penonton.

2.      Apakah boleh setelah mengikuti lomba GTK di tahun ini dan belum lolos sampai juara 1 maka boleh mngikuti GTK tahun berikutnya.Tergantung  pola kabupaten masing-masing.

Jika sudah juara 1,2 atau 3 di tingkat nasional maka baru boleh mengikuti 5tahun kedepan. Lomba GTK ini merupakan lomba berjenjang.

Apakah boleh setelah mengikuti lomba GTK di tahun ini dan belum lolos sampai juara 1 maka boleh mngikuti GTK tahun berikutnya.Tergantung  pola kabupaten masing-masing.

Jika sudah juara 1, 2 atau 3 di tingkat nasional maka baru boleh mengikuti 5tahun kedepan. Lomba GTK ini merupakan lomba berjenjang.

Sejak awal  mempersiapkan seperti untuk portopolio, tes tertulis, presentasi  dan wawancara. Bagaimana teknik agar juara dalam presentasi yaitu kita perhatikan gestur tubuh kita, senyum kita, cara tatapan mata kita.

3.      Apakah dalam lomba GTK harus menguasai bahasa Inggris.

Bagi guru bahasa inggris beruntung karena yang bersangkutan mempunyai kemampuan bahasa inggris yang bagus,karena dalam lomba GTK juri hanya minta gunakan  bahasa inggris saat mengakhiri presentasi saja,wawancara  dari hasil presentasi setiap tahun berbeda-beda ada peserta  yang menggunakan bahasa inggris namun tidak masuk kategori 1,2 atau 3. Artinya bahasa inggris bukan satu-satunya yang membuat peserta lomba GTK menang karena di dalam lomba GTK  ini sangat komperhensip atau menyeluruh.Jadi aspek bahasa nggris itu penting tetapi bukan yang utama namun ada aspek lain  yang perlu kita siapkan.portopolio harus bagus,cara menjilid di buat agar portopolio menarik.

4.      Pada masa pandemi ini kegiatan lomba GTK tidak ditiadakan  mudah-mudahan tahun depan lomba GTK bisa di gelar. Kita bisa berkesempatan untuk memepersiapkan diri kita lebih baik lagi.

 

Demikian pembekalan hari pertama untuk  Lomba GTK berprestasi oleh kang Encon semoga bermanfaat bagi para guru yang akan mengikuti lomba GTK dan bisa memberi semangat bagi para guru-guru untuk mampu dan siap mengikutilomba GTK.

 

Salam sehat

Salam literasi

Salam guru blogger Indonesia

Gunungkidul, 3 Oktober 2020

7 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca