Cari Blog Ini

Kamis, 29 Oktober 2020

Makna Memperingati Maulid Nabi Muhammad Di Masa Pandemi

 

Makna Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Di Masa Pandemi


Tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari Kamis 29/10/2020. Di tahun lalu untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW di sekolahku di adakan lomba-lomba antar kelas dan antar siswa. Di antaranya lomba pidato, lomba membuat kaligrafi ,lomba adzan,lomba hafalan dan juga lomba mewarnai kaligrafi bagi kelas satu.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan Maulid tahun ini terjadi di masa Pandemi Covid-19. Sekolah kami hanya mengadakan lomba menulis tentang kisah Nabi Muhammad dan membuat kaligrafi bertuliskan nama Nabi Muhammad SAW.

Peringatan maulid Nabi Muhammad memberi pesan tentang pentingnya meneladani Rasulullah, dalam sikap dan perilaku hidup. Untuk itu kami sebagai guru memberi tugas siswa untuk membuat  tulisan berupa kisah Nabi Muhammad dan perilaku atau sifat yang dapat di teladani dan dapat di amalkan dalam kehidupan sehari-sehari khususnya ditengah pandemi ini.

Rasulullah adalah sosok teladan dalam iman, Islam, ihsan, dan akhlak mulia. Dalam sejarah kehidupan, nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya. Maka kita harus menaati Rasulullah SAW dengan meneladani dan menjalankan sunahnya. Harapan terbesar siswa-siswa kami bisa meneladani dan mengamalkannya.

Keutamaan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai berikut:

 1. Syukur

 Kita wajib bersyukur atas hadirnya Nabi Muhammad SAW di muka bumi ini. Melalui beliaulah kita bisa menjalankan amalan-amaln  wajib dan sunah yang di perintahkan Allah. Sehingga kita bisa keluar dari jaman jahiliah menjadi jaman yang penuh peradapan. Kegelapan menjadi terang.

2. Memuji

Kita harus melalukan pujian kepada Nabi Muhammad SAW, karena nabi Muhammad merupakan sosok yang penting. Membaca salawat atasnya agar kelak kita dapat syafaatnya.

 3. Tholabul ilmi (Mengembangkan Pengetahuan)

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai momen mengembangkan pengetahuan, dengan begitu kita sebagai umat muslim mendapatkan hikmahnya.

 4. Teladan

Nabi Muhammad merupaakn tuntunan, yang menunjukkan kepada kita cara menuju kepada Allah. Sifat-sifat mulia beliau  di contohkan agar kita senantiasa menjadi hamba-hamba Allah yang berahklak mulia.

Selamat merayakan Maulid Nabi, semoga perdamaian selalu menimpa kita semua, perjuangan dan kebaikaan Nabi Muhammad bisa kita ingat selalu. Mari kita meneladani akhlak Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak Nabi Muhammad SAW telah membantu umat Islam dalam mewujudkan revolusi mental.

Mari sama-sama kita tingkatkan semangat kebersamaan dan kesatuan sesama umat islam dengan akhlakul karimah dan budi pekerti yang baik. Suri teladan hanyalah Rasulullah SAW, mari saling mempererat tali silaturahmi, dengan cara menjalankan ibadah dan muamalah sesuai dengan sunah dan syari’atNya.

 Walau dalam memperingati maulid Nabi Muhammad masih dalam masa pandemi namun harapan dan doa harus tetap kita jaga. Semoga peringatan Maulid Nabi dapat memberikan kehangatan dan kebahagiaan penuh berkah bagi kita semua serta dapat membawa harapan dan keberkahan yang cerah bagi umat Islam. Semoga Pandemi ini segera berlalu. Semoga kita ditetapkan iman islam.

Hasil lomba dari siswa yang di kirim melalui WAG hari ini, 29 oktober 2020





        Karya Ananda Afifah                       Karya Ananda Bintar



Karya  Ananda Dara Regita                                                                        Karya Ananda Kayisa

                 



Karya Bilqis Yumna
Karya Kalyana




Karya Ananda  Risqia  Shally 


Karya Hendra Saputra

Pemenang  Kelas IV - VI

Juara  I                   :  Dara Regita ( Kelas VI)

Juara II                  :  Afifah Nur  Hasna ( Kelas V )

Juara III                :  Bintar Adi Pamungkas ( Kelas VI )

Juara Harapan I    :  Kayisa Nuri  Camilia ( Kelas IV )

Pemenang lomba mewarnai 

Juara I.              : Bilqis Yumna ( kelas II )

Juara II              : Kalyana ( III)

Juara III             : Risqia Shally Safitri ( kelas III)

Juara Harapan I : Hendra Saputra ( kelas 1)

 Selamat bagi pemenang dan yang belum tetap semangat masih ada kesempatan di tahun depan. 

Salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

 

# Day24AiseiWritingChallenge

#100 KataBercerita

#30 HariAeseiBercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

Gunungkidul, 29 Oktober 2020

 

2 komentar:

  1. Selamat kepada para pemenang. Inspiratif sekali.
    anak-anak diberi link blog ini agar ikut menikmati.

    BalasHapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...