Cari Blog Ini

Minggu, 25 Oktober 2020

Hujan Dan Rahmat

 Hujan Dan Rahmad





Beberapa hari hujan mengguyur kampung ku yang kering , aktivitas petani di sekeliling sudah mulai terlihat. Hawa dingin sudah mulai terasa. Sebagai makhlukNya kita wajib bersyukur dengan datangnya hujan. Dengan hujan bumi kembali bersemi.

Hujan merupakan salah satu perkara terpenting bagi kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Ia merupakan sebuah prasyarat bagi kelanjutan aktivitas di suatu tempat, tidak hanya manusia, tapi hampir semua makhluk.

Allah telah menurunkan hujan sebagai rahmat di saat diperlukan oleh seluruh makhluk. Allah pula menurunkan hujan agar banyak orang mendapat kegembiraan setelah bertahun-tahun hampir putus asa menunggu. Karena itu, al-Quran menyebut hujan sebagai rahmat dan berkah, bukan musibah.

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ ۚ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS: Asy-Syuura [41] : 28).

Dengan mengirim hujan-lah, Allah menyuburkan tanaman-tanaman yang dibutuhkan manusia dan semua mahkluk yang hidup di bumi, menumbuhkan pepohonan dan buah-buahan dan biji tanaman yang dibutuhkan manusia.

وَنَزَّلْنَا مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً مُّبَٰرَكًا فَأَنۢبَتْنَا بِهِۦ جَنَّٰتٍ وَحَبَّ ٱلْحَصِيدِ

“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS: Qaaf (50) : 9).

Amalan ketika turun hujan

1.      Mensyukuri nikmat

Diantara nikmat yang Allah berikan kepada manusia adalah nikmat turunnya hujan.

اللَّهُمَّصَيِّباًناَفِعاً

Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

“doa diatas atau hadist diatas adalah anjuran yang diajarkan oleh Rasulullah untuk berdoa ketika turun hujan, agar hujan tersebut menjadi berkah dan bermanfaat bagi manusia”

2.   Waktu terbaik untuk berdoa

Disaat turun hujan Allah sedang memberikan rahmatnya kepada seluruh alam bahkan Imam Al Khottobi menyampaikan “Air Hujan yang mengalir adalah suatu karunia yang Allah berikan“

Rasul Salallahu 'alai wasallam bersabda :

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak : do’a ketika adzan dan  do’a ketika ketika turunnya hujan.” HR. Al Hakim dan Al Baihaqi.

3.     Jangan mencela hujan

Kadang kita tak sadar, ketika kita sudah bersiap ingin pergi tiba tiba hujan datang, lalu tanpa sengaja lisan kita mengucap “Aduh Hujan, Lah Hujan, Hujan Lagi”.

Mungkin kita mengucapkan itu semua tidak sengaja, tapi taukah kita bahwa ucapan yang diucapkan seseorang sengaja atau tidak disengaja, masuk kedalam catatan amal yang ditulis oleh malaikat raqib dan atid. Maka alangkah baiknya kita jaga kisan kita.

 

4.    Berwudhu dengan air hujan

Air hujan adalah air yang bersih, bahkan nabi shallallahu alaihi wa salam menyampaikan bahwa ar hujan adalah air yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci.

5.   Berdoa setelah turunnya hujan

Ketika turun hujan kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah, ketika sedang terjadi hujan kita diminta untuk berdoa kepada Allah karena termasuk salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan (HR. Bukhari no. 1014).

Itulah beberapa amalan dan doa yang bisa kita panjatkan ketika turun hujan.

Semoga Allah senantiasa menjadikan lisan kita untuk mudah meminta kepadaNya, bukan hanya mudah untuk mencela, aamiin insya allah.

Bersyukur dengan segala yang Allah berikan, dengan memanfaatkan kesehatan yang kita miliki untuk tetap beribadah, bekerja dan berusaha agar selalu mendapatkan rahmatNya.

Dengan mulai datangnya musim penghujan kita juga harus waspada. Jaga kesehatan agar dalam beraktifitas kita di berikan kemudahan dan kelancaran. Bagi para penglaju yang menngunakan sepeda motor seperti ku daya tahan tubuh harus tetap prima. Peralatan hujan seperti mantel harus selalu siap.

Salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

 

# Day20AiseiWritingChallenge

#100 KataBercerita

#30 HariAiseibercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

Gunungkidul, 26 Oktober 2020


9 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca