Kiat Menyusun Karya Tulis Ilmiah Guru
Kegiatan Seminar Nasional yang di adakan oleh PGRI DIY yang di
adakan hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020. Materi webinar akan di isi materi dari
3 narasumber. Namun karena bertepatan dengan jadwal pengobatan rutin anak
keduaku akhirnya bisa gabung setelah materi kedua dari ibu Reni. Alhamduilah
satu kali dayung dua pulau terlampaui. Sambil menunggu antrian periksa dokter
akhirnya aku dapatkan satu materi webinar.
Seminar Nasional Pendidikan PGRI
Tgl 31 Oktober 2020
oleh : Ibu Reni Herawati,M.Pd.B.I
Apa saja kiat Menyusun karya ilimah guru. Sebelum menyampaikan
materi Bu Reni mengajak peserta webinar untuk selalu bersemangat dalam
melaksanakn tugas dalam keadaan apapun dan meminta untuk guru sebagai pendidik harus mau mengembangkan diri.
Jangan menunggu namun segeralah memulai. Ibu Reni memulai menyampaikan materinya.
# Positive mindset
"tanamkan positif mindset pada diri sendiri"
Kendala apa yang ditemui:
1.
Sangat
sibuk
2. Di sekolah tidak punya waktu untuk menulis
3. sangat
lelah karena banyak tugas
4.
Menulis
itu susah
5.
Tidak
ingin naik pangkat
6.
Mengajar
lebih utama dari menulis
7.
Menilai
pak tidak pernah lolos
8.
Tidak
perlu naik pangkat agar tidak perlu bayar pajak lebih tinggi
Positif mindset itu ada 5 yaitu : mudah, perlu, rendah hati,hasil
berproses, pahami regulasi dan kaidah ilmiah.
1.
Menulis
itu mudah
“Tidak ada batasan bagi pikiran seseorang kecuali pembatas yang
dibuat oleh dirinya sendiri terapkan mencatat bahwa menulis itu mudah”
Bahtiar Fitanto, SE.,MT (Dosen FEB UB-UGM). 24 Maret 2020
2.
Menulis
itu perlu katakan pada diri sendiri menulis itu perlu
ü Dokumen refleksi yang dilakukan
ü Mengembangkan kemampuan
ü Penilaian angka kredit
3.
Humble
"jika ingin sukses menulis be humble agar rendah hati (Prof Agusty 2020)
Bagaimana menulis itu perlu humble
* Membaca
* Mencari referensi
*berkomunikasi
*mengatur waktu
*tidak menyalahkan orang lain dan diri sendiri.
# Membaca
Read read read then write membaca adalah
memasukkan kata-kata ke dalam diri pikiran semakin banyak membaca, berarti
kata-kata yang dimasukkan tentu akan semakin banyak. sementara itu menulis
adalah mengeluarkan isi pikiran (dan kadang juga isi perasaan ) dengan bantuan
kata-kata .
(The Power of reading insights from the research by Dr krashen
2020)
# Mencari referensi.
Referensi akan menstimulasi munculnya ide-ide baru.
Di mana mencari referensi ?
Boleh kita cari di buku jurnal, tesis, disertasi dokumen pemerintah
atau lembaga paper yang dipresentasikan pada seminar atau konferensi maupun
laporan laporan penelitian.
#Berkomunikasi
Pertama: Berkomunikasi dengan kolega atau orang yang lebih
berpengalaman
Dua :Minta pendapat orang lain untuk memunculkan ide atau
menyempurnakan karya.
# Mengatur waktu
ü Sisihkan waktu untuk menulis
ü Tidak ada guru yang tidak sibuk.
# Tidak menyalahkan orang lain dan atau diri sendiri
ü Refleksi diri
ü Cec and receck
ü Menulis dengan senang hati
4.
Hasil
berproses
ü Gigih
ü Sabar
ü Berkelanjutan
5.
Pahami
regulasi dan kaidah ilmiah
PERMENNEG PAN dan RB NO.16/2009
Sudah ada pedoman yang jelas yaitu pada buku 4 (apa kerangka
isinya) dan buku lima (bagaimana menilainya).
Komponen PKB
1.
Pengembangan
diri
2.
Pengembangan
diri Publikasi Ilmiah
3.
Karya
inovatif
Macam-macam
jenis kegiatan PKB
1.
Pengembangan
diri
a.
Dikkat
fungsional
b.
Kegiatan
kolektif guru
2.
Publikasi
ilmiah
a.
presentasi
pada forum ilmiah
b.
publikasi
ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmiah di bidang Pendidikan
c.
publikasi
buku pelajaran pedoman guru
3.
karya
inovatif
a.
menemukan
teknologi tepat guna
b.
menemukan atau menciptakan karya seni
c.
Membuat
modifikasi alat pelajaran /praktikum
d.
mengikuti
pedoman penyusunan standar pedoman soal dan jenisnya
Publikasi Ilmiah
1.
Presentasi
di forum ilmiah
2.
Hasil
penelitian
3.
Tinjauan
ilmiah
4.
Tulisan
ilmiah popular
5.
Artikel
ilmiah
6.
Buku
Pelajaran
7.
Modul/diktat
8.
Buku
dalam bidang Pendidikan
9.
Kary
terjemahan
10. Buku pedoman guru
Pengembangan diri :
1.
Diklat
fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau Latihan yang
bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam kurun waktu tertentu
2.
kegiatan
kolektif guru atau (KKG) adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan
pertemuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan
keprofesionalan guru
“ mengatakan itu mudah mengerjakan itu susah apalagi harus ilmiah
pasti lebih susah mulailah berkarya
meskipun belum ilmiah “ ( winih Wicaksono)
Demikian
sedikit resume dalam mengikuti webinar materi ke dua dari ibu Reni Herawati. Semoga
bermanfaat.
Salam
sehat, salam literasi tetap semangat untuk terus berkarya.
# Day26AiseiWritingChallenge
#100
KataBercerita
#30
HariAeseiBercerita
#AiseiWritingChallenge
# WarisanAisei
#Pendidikbercerita
Gunungkidul, 1 November 2020
Mantab...ilmunya mbk atik...selalu berkarya di segala suasana...
BalasHapusMksiih mbk Eny... Hehe sedapetnya mbk..berusaha..
Hapuslanjutkan..
BalasHapusYoi
HapusHebat Buuu
BalasHapusHehe..blm. buk..
HapusTerimakasih ilmunya Bu Atik...
BalasHapusSama2 ibu..😊
HapusBelum mau kna pjk 15% bu 🤭
BalasHapus