Cari Blog Ini

Sabtu, 31 Oktober 2020

Kiat Menyusun Karya Tulis Ilmiah Guru

 

Kiat Menyusun Karya Tulis Ilmiah Guru



Kegiatan Seminar Nasional yang di adakan oleh PGRI DIY yang di adakan hari Sabtu tanggal 31 Oktober 2020. Materi webinar akan di isi materi dari 3 narasumber. Namun karena bertepatan dengan jadwal pengobatan rutin anak keduaku akhirnya bisa gabung setelah materi kedua dari ibu Reni. Alhamduilah satu kali dayung dua pulau terlampaui. Sambil menunggu antrian periksa dokter akhirnya aku dapatkan satu materi webinar. 

Seminar Nasional Pendidikan PGRI

Tgl 31 Oktober 2020

oleh : Ibu Reni Herawati,M.Pd.B.I

Apa saja kiat Menyusun karya ilimah guru. Sebelum menyampaikan materi Bu Reni mengajak peserta webinar untuk selalu bersemangat dalam melaksanakn tugas dalam keadaan apapun dan meminta untuk guru  sebagai pendidik harus mau mengembangkan diri. Jangan menunggu namun segeralah memulai. Ibu Reni memulai menyampaikan materinya.

# Positive mindset 

"tanamkan positif mindset pada diri sendiri"

Kendala apa yang ditemui:

1.      Sangat sibuk

2.      Di sekolah tidak punya waktu untuk menulis

3.      sangat lelah karena banyak tugas

4.      Menulis itu susah

5.      Tidak ingin naik pangkat

6.      Mengajar lebih utama dari menulis

7.      Menilai pak tidak pernah lolos

8.      Tidak perlu naik pangkat agar tidak perlu bayar pajak lebih tinggi

Positif mindset itu ada 5 yaitu : mudah, perlu, rendah hati,hasil berproses, pahami regulasi dan kaidah ilmiah.

1.      Menulis itu mudah

“Tidak ada batasan bagi pikiran seseorang kecuali pembatas yang dibuat oleh dirinya sendiri terapkan mencatat bahwa menulis itu mudah”

Bahtiar Fitanto, SE.,MT (Dosen FEB UB-UGM). 24 Maret 2020

2.      Menulis itu perlu katakan pada diri sendiri menulis itu perlu

ü  Dokumen refleksi yang dilakukan

ü  Mengembangkan kemampuan

ü  Penilaian angka kredit

3.      Humble

"jika ingin sukses menulis be humble  agar rendah hati (Prof Agusty 2020)

Bagaimana menulis itu perlu humble

*  Membaca

* Mencari referensi

*berkomunikasi 

*mengatur waktu

*tidak menyalahkan orang lain dan diri sendiri.

# Membaca

Read read read then write membaca adalah memasukkan kata-kata ke dalam diri pikiran semakin banyak membaca, berarti kata-kata yang dimasukkan tentu akan semakin banyak. sementara itu menulis adalah mengeluarkan isi pikiran (dan kadang juga isi perasaan ) dengan bantuan kata-kata .

(The Power of reading insights from the research by Dr krashen 2020)

# Mencari referensi.

Referensi akan menstimulasi munculnya ide-ide baru.

 Di mana mencari referensi ?

Boleh kita cari di buku jurnal, tesis, disertasi dokumen pemerintah atau lembaga paper yang dipresentasikan pada seminar atau konferensi maupun laporan laporan penelitian.

#Berkomunikasi

Pertama: Berkomunikasi dengan kolega atau orang yang lebih berpengalaman

Dua :Minta pendapat orang lain untuk memunculkan ide atau menyempurnakan karya.

# Mengatur waktu

ü  Sisihkan waktu untuk menulis

ü  Tidak ada guru yang tidak sibuk.

# Tidak menyalahkan orang lain dan atau diri sendiri

ü  Refleksi diri

ü  Cec and receck

ü  Menulis dengan senang hati

4.      Hasil berproses

ü  Gigih

ü  Sabar

ü  Berkelanjutan

5.      Pahami regulasi dan kaidah ilmiah

PERMENNEG PAN dan RB NO.16/2009

Sudah ada pedoman yang jelas yaitu pada buku 4 (apa kerangka isinya) dan buku lima (bagaimana menilainya).

Komponen PKB

1.      Pengembangan diri

2.      Pengembangan diri Publikasi Ilmiah

3.      Karya inovatif

 

Macam-macam jenis kegiatan PKB

 

1.      Pengembangan diri

a.       Dikkat fungsional

b.      Kegiatan kolektif guru

2.      Publikasi ilmiah

a.       presentasi pada forum ilmiah

b.      publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmiah di bidang Pendidikan

c.       publikasi buku pelajaran pedoman guru

3.      karya inovatif 

a.       menemukan teknologi tepat guna

b.      menemukan  atau menciptakan karya seni

c.       Membuat modifikasi alat pelajaran /praktikum

d.      mengikuti pedoman penyusunan standar pedoman soal dan jenisnya

 

Publikasi Ilmiah

 

1.      Presentasi di forum ilmiah

2.      Hasil penelitian

3.      Tinjauan ilmiah

4.      Tulisan ilmiah popular

5.      Artikel ilmiah

6.      Buku Pelajaran

7.      Modul/diktat

8.      Buku dalam bidang Pendidikan

9.      Kary terjemahan

10.  Buku pedoman guru

Pengembangan diri :

1.      Diklat fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam kurun waktu tertentu

2.      kegiatan kolektif guru atau (KKG) adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru


“ mengatakan itu mudah mengerjakan itu susah apalagi harus ilmiah pasti lebih susah  mulailah berkarya meskipun belum ilmiah “ ( winih Wicaksono)

 

Demikian sedikit resume dalam mengikuti webinar materi ke dua dari ibu Reni Herawati. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat, salam literasi tetap semangat untuk terus berkarya.


 

# Day26AiseiWritingChallenge

#100 KataBercerita

#30 HariAeseiBercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

Gunungkidul, 1 November 2020


9 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca