Cari Blog Ini

Minggu, 01 November 2020

Pembangunan Mushola SD N Mertelu Baru

 

Pembangunan Mushola SD N Mertelu Baru



Masyarakat menyebut masjid adalah rumah Allah SWT yang difungsikan untuk menunaikan shalat. Selain itu, biasanya masjid juga dimanfaatkan untuk proses belajar dan mengajar keagamaan atau ngaji. Namun demikian, banyak hal yang bisa direalisasikan melalui masjid untuk tujuan kemaslahatan umat secara luas.

Di sekolah untuk memperlancar dan menunjang kegiatan keagamaan, masjid/mushola sangat di perlukan. Untuk itu pihak, sekolah,komite ataupun wali murit berusaha untuk bisa membangun mushola dilingkungan sekolah.

Alhamdulillah, dengan taufik dan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta'ala, kemudian atas bantuan dari semua pihak, pembangunan dan renovasi Mushola SDN Mertelu Baru, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, D.I  Yogyakarta, insyaallah segera dimulai.

Berikutnya, kami selaku panitia pembangunan mengajak para muhsinin, wali murid, orang tua, keluarga alumni dan kaum muslimin untuk menginfakkan sebagian hartanya untuk pembangunan dan renovasi ini.

📝 Total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 210.335.000,-

📝 Dana yang sudah masuk sampai hari ini sebesar Rp 18.150.000,-

📝 Total kekurangan sebesar Rp 192.185.000,-

🌱 Sedekah jariyah bisa disalurkan dengan menyerahkan secara langsung kepada bendahara pembangunan mushola SDN Mertelu Baru atau bisa dengan transfer ke:

💳 Nomor rekening BRI Unit Gading Wonosari: 6973-01-012711-53-5

Atas nama:

Panitia Pembangunan Mushola SDN Mertelu Baru

📲 Demi ketertiban administrasi, setelah transfer, dimohon untuk konfirmasi ke nomor:

0822-4271-2161 (SMS/WA)

🌹 Allah Ta'ala berfirman :

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)"Dan apa-apa yang kalian infakkan, maka Allah pasti akan menggantinya, dan Dialah (Allah) sebaik-baik Pemberi Rezeki" (QS Saba: 39)

🌹 Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Apabila manusia wafat, terputuslah amalannya, kecuali dari 3 hal: sedekah jariyah (yang kemanfaatannya terus ada, -pent.), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya" (HR Muslim)

1. Sedekah Jariyah

Sedekah merupakan pemberian sesuatu dari seorang muslim kepada yang berhak menerimanya secara ikhlas dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dengan mengharapkan ridha Allah.

Sedangkan sedekah jariyah ialah sesuatu yang terus menerus manfaatnya seperti wakaf tanah, buku-buku hingga lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren dan lain sebagainya.

Pahalanya akan terus mengalir meskipun kita sudah wafat.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Dikutip dalam buku 'Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai al-qur'an' oleh Ahmad Syarifuddin menjelaskan bahwa seorang ayah dan ibu yang giat dan tekun mendidik al-qur'an kepada anak-anaknya sehingga anak-anaknya pintar membaca al-qur'an, memahami dan mengamalkannya. Keduanya akan mendapatkan penghargaan spesial di akhirat kelak.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

"Barangsiapa membaca al-qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

3. Doa Anak Sholeh

Doa kepada kedua orang tua adalah kebaktian yang masih bisa dilakukan seorang anak kepada orang tuanya yang telah meninggal dunia dan terus memberikan kebaikan pada orang tua. Doa seorang anak akan terus mengalir kebaikan dan manfaat dan balasan kebaikan bagi kedua orang tua tatkala amal-amal lainnya telah terputus.

Semoga kita bisa mengamalkan perintah  Allah dan ajaran yang di sampaikan Nabi Muhammad SAW.

 

Demikian, atas ta'awun dan bantuannya, kami ucapkan Jazakumullah khaira wa baarakallahu fiikum.

✍🏼 Gedangsari,  14 Rabiul Awwal 1442 H/31 Oktober 2020 M

Ttd.

Panitia Pembangunan Mushola SDN Mertelu Baru, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, D.I Yogyakarta.


Salam sehat salam literasi tetap semangta dan terus berkarya.

 

# Day27AiseiWritingChallenge

#100 KataBercerita

#30 HariAeseiBercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

Gunungkidul, 2 November 2020


9 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca