Cari Blog Ini

Senin, 09 November 2020

Pahlawan Sepanjang Masa

 Pahlawan Sepanjang Masa



Perayaan nasional Hari Pahlawan tahun 2020 mengusung tema 'Pahlawan Sepanjang Masa', dengan maksud mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Dalam peringantan hari pahlawan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dalam memeperingati hari pahlawan masih dalam kodisi pandemic covid-19, namun  tidak menyurutkan semangat kepahlawan.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari setiap Insan warga negara Indonesia.

Besar harapan para generasi muda bisa dan mampu meneladani jiwa para pahlawan, sehingga mampu menjalankan tugas-tugas yang akan di emban di masa datang. Menjadi generasi yang beriman, bertaqwa, memiliki jiwa kuat dan tangguh serta berkepribadian. Siap menghadapi segala tantangan zaman dengan berbekal ilmu yang mereka miliki.

Banyak cara yang bisa dilakukan, diawali dengan mengenalkan beberapa pahlawan yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selanjutnya siswa mengetahui perjuangan para pahlawan dari memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara tercinta ini.

Makna pahlawan tidak cukup hanya mengheningkan cipta dengan menundukan kepala, tetapi meneladani sikap baik pahlawan mengabdi pada kemanusiaan, membela yang lemah, tertindas dan membela hak yang dirampas.

Pahlawan untuk masa depan adalah orang-orang yang mampu menggerakkan nilai-nilai Pancasila untuk roda ekonomi dan menumbuhkan harapan untuk mengembangkan potensi lokal.

Dalam memeperingati hari pahlawan sekolah kami mengikuti surat edaran Dinas Dikpora kabupaten GK untuk bergabung di chanel youtube atau  siaran televisi TVRI. Siswa yang terjadwal masuk sekolah hari ini pun mengikutinya. Di lanjutkan untuk kegiatan menggambar para pahlawan yang mereka inginkan, boleh menggambar Pangeran Diponegoro, Hasanudin, Sudirman, Bung Tomo, Dewi sartika , R.A Kartini dan lain-lain. Untuk siswa yang tidak terjadwal masuk sekolah maka tugas di kirim lewat WAG kelas masing-masing. Untuk kelas enam membuat karangan bertemakan  kepahlawanan, karangan berupa prosa, minimal 4 alenia atau  paragraf.




Mari menumbuhkan semangat kepahlawanan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan membawa nama harum bangsa di mata internasional

Semoga kita bisa meneladani perjuangan para pahlawan, dengan menjadi pahlawan sesuai dengan bidang  kita. Berikan yang terbaik untuk nusa dan bangsa kita.

Salam sehat, salam litersai tetap semangat dan terus berkarya.

 

Day7NovWritingChallenge

#PendidikBercerita

Guungkidul,10 November 2020

12 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca