Cari Blog Ini

Jumat, 06 November 2020

SIMPINTER

 SIMPINTER




Jum’at, 6 November 2020, pertemuan KKG GPAI di laksanakan di rumah makan Sekar Kusuma dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Kegiatan ini di hadiri oleh Pengawas GPAI,SD, SMP, SMA se-Kabupaten GK, pengurus KKG kabupaten dan bapak ibu korwil kecamatan seluruh kecamatan di kabupaten GK. Selain membahas kegiatan PAS dan penyampain program yang sudah di laksanakan di tahun 2020 kegiatan ini juga ada sosialisasi SIMPINTER dari pengawas. Berikut uraian tentang simpinter.

Sosialisasi Simpinter

Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, di mana tatanan masyarakat  berpusat pada manusia (human–centered) dan berbasis teknologi (technology based, merupakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memperhatikan sisi kemanusiaan. Era ini akan mentransformasi jutaan data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan. Tentu saja diharapkan  menjadi kearifan baru dalam tatanan bermasyarakat, terlebih dalam dunia pendidikan dan secara khusus pada Pendidikan Agama Islam. Tidak dapat dipungkiri, transformasi ini akan membantu stake holders pendidikan mulai Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) untuk mengelola data dan informasi secara cepat dan akurat dengan menfaatkan teknologi. Menjawab persoalan ini, Pokjawas-PAI Nasional meluncurkan aplikasi yang dikemas dalam satu genggaman dengan nama SIMPINTER (Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Terintegrasi)

 

SIMPINTER merupakan aplikasi yang  berbasis pada web dan playstore.  Disamping penggunaannya untuk mengelola data dan informasi,  SIMPINTER juga berisi tentang segala aspek kebutuhan tuntutan administrasi guru, seperti Program Tahunan, Program Semester, Analisis KD, RPP, Penilaian, media pembelajaran, PKG, PKB dan lain-lain. Sedangkan untuk Pengawas PAI, SIMPINTER berisi Instrumen Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan Agama Islam, Program Pengawasan, Laporan Pembinaan, Laporan Pemantauan, Laporan Penilaian dan Evaluasi Pelaksanaan Program Pengawasan. Selain fungsi tersebut, di dalam SIMPINTER juga disediakan kolom Pengembangan Diri, Karya Ilmiah dan Karya Inovatif untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI. SIMPINTER dapat diupdate kapan saja  disesuaikan dengan perubahan tuntutan regulasi yang berlaku.

 

SIMPINTER akan dilaunching sebelum Tahun Pelajaran 2020/2021. Harapan yang ingin dicapai, dengan adanya SIMPINTER,  akan ada lompatan prestasi baru dalam dunia pendidikan, khususnya PAI. Guru lebih fokus mengajar di kelas dan tidak disibukkan lagi dengan administrasi, Kepala Sekolah dan Pengawas PAI lebih konsentrasi pada manajemen dan peningkatan mutu seperti pembinaan, pembimbingan dan pelatihan profesional Guru PAI, kenaikan pangkatpun lebih mudah dan cepat, sehingga berdampak pada peningkatan mutu  pendidikan.

Untuk mendaftarkan akun ini di kenai biaya sebesar Rp 180.000,00 per guru. Guru yang mendaftar semua guru PAI seluruh Indonesia dan di utamakan yang PNS dan juga guru yang sudah bersertifikasi. Akun ini di gunakan selama tiga semester dan dapat di perpanjang lagi sampai lima tahun. Jika ada perubahan kurikulum maka konten Simpinter akan mengikuti.

Untuk pembayaran di koordinasi oleh korcam masing-masing dan di  setorkan ke KKG kabupaten. Data  pengguna akun pendaftaran di tunggu sampai tanggal 20 November 2020.

NB : Info dari sie program bahwa Soal Penilaian Akhir Semester di siapkan oleh Team Pembuat Soal KKG Kabupaten berbentuk sofcopy dan juga link. Berhubung masih masa PJJ maka  bagi guru yang ingin mengedit di persilahkan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Terimakasih

Salam sehat, salam literasi tetap semangat.Semoga bermanfaat.

Day4 Aisei WritingChallenge

Gunungkidul, 7 November 2020

 

8 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca