Cari Blog Ini

Jumat, 20 November 2020

Jangan Tunggu Besok

 Jangan Tunggu Besok





Saat pandemi masih melanda , tidak mengurangi semangat untuk memperingati hari-hari besar yang ada. Seperti halnya dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, memperingati hari pahlawan dan juga hari-hari besar lainya. Sekolah kami tetap memeperingati hari-hari besar tersebut. Yang terpenting adalah bukan bagaimana meriahnya peringatan itu, namun bagaimana mengambil nilai-nilai  positif dari peringatan hari-hari besar tersebut.

Antusias siswa dalam mengerjakan tugas dari guru boleh di acungi jempol, mereka melakukan  tugas apa yang di berikan oleh guru dengan penuh semangat. Mulai dari lomba menghafal surat-surat pendek, lomba pidato, lomba menyanyi, lomba menulis puisi, lomba menulis karangan, lomba mewarnai dan menggambar. Semua di lakukan siswa dengan sejuta harap karya-karya mereka bisa di pampang dipapan pengumuman sebagai pemenangnya.

Karya-karya siswa di kumpulkan ke guru kelas masing-masing kemudian guru menseleksi dan menilai karya-karya mereka. Pemenang di ambil dua kelompok kelas atas dan kelompok kelas bawah. Pemenang di ambil tiga pemenang utama dan satu pemenang harapan. Pengumuman hasil lomba itu di sampaikan lewat blog guru dan di share ke kelompok  POT mulai dari kelas satu sampai dengan kelas enam.

Hadiah di berikan kepada pemenang saat siswa  jadwal masuk ke sekolah selama dua jam, satu kali dalam seminggu. Para siswa sangat senang dan tambah semangat  saat namanya di sebutkan di pengumuman itu. Bagi siswa yang belum mendapatkan nomor agar tidak berkecil hati , tetap semangat masih ada kesempatan di waktu yang lain. Bagi siswa yang mendapatkan nomor agar tidak sombong dan tetap rendah hati. Kedepan semoga dapat memberi inspirasi kepada teman yang lain. Hadiah yang di berikan pun tidak seberapa namun sudah mampu membuat hati siswa berbunga-bunga.

Setiap anak mendapatkan keberhasilan dalam setiap moment belajar, kita sebagai guru harus bisa memberi reward pada mereka , pemberian reward  itu tidak perlu menunggu lama setelah kenaikan kelas ataupun setelah selesai ujian. Namun setiap saat setiap ada kesempatan siswa mendapatkan  keberhasilan langsung kita apresiasi dengan memberikan sedikit hadiah pada mereka. Hal itu akan siswa rasakan pada saat puncaknya dan dapat memambah bahagia mereka dan hal itu akan selalu mereka kenang sepanjang hidupnya.

Salam sehat, salam literasi ,tetap semangat dan terus berkarya.

Day17AiseiWritingChallenge

Gunugkidul, 20 November 2020

3 komentar:

  1. Pandemi tidak menyurutkan kreaifitas guru dalam mengadakan perlombaan dan siswa juga tetap antusias dalam mengikuti acara tersebut...

    Selamat untuk para pemenang...
    dan salam hormat untuk seluruh panitia yang bertugas... hebattt

    BalasHapus
  2. Pesan yang sangat bijka bu "yang terpenting adalah bukan bagaimana meriahnya peringatan itu, namun bagaimana mengambil nilai-nilai positif dari peringatan hari-hari besar tersebut". Ditambah dengan semangat anak -anak yang luar biasa, menjadi bukti bahwa kehidupan tidak akan berhenti hanya karena suatu hal. Terima kasih bu, saya suka dengan pesan - pesan positif dalam tulisan ini. Guru inspirasi.

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca