Cari Blog Ini

Senin, 12 Oktober 2020

Mengelola Strees dan Kecemasan Berlebih dimasa Pandemi

 

Mengelola Stress dan Kecemasan Berlebih Dimasa Pandemi

 



Tidak terasa sudah selama 7 bulan kita di hadapkan pada situasi yang berbeda dari biasanya, kita harus beraktivitas dari rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah, beribadah dirumah. Tidak jarang di antara kita yang streees dalam menghadapi hal tersebut. Kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan ini. Jika kita perhatikan banyak dampak dari pandemi ini. Baik dampak positif atau negatif.

Kalau kita bicara strees atau kecemasan kita sudah punya rasa hal itu dari sebelum pandemic ini namun di masa pandemic ini samakin banyak orang yang merasa stress. Sebelum kita mengetahuiapa itu stress dan bagaimana kita mengelolanya,kita peratikan dampak yang munsul sat ini.

Dampak Pandemi terhadap mental :

·         Ketakutan dan kekhawatiran akan kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang disayang.

Banyak dari kita yang merasa takut kehilangan pekerjaan, takut terkena corona bahkan kita takut mati karena corona. Padahal seesorang bisa meninggal itu bukan hanya de sebabkan  corona.

·         Masalah finansial atau pekerjaan

Ekonomi tergannggu ,banyak yang di rumahkan, kehilangan tunjangan, tidak bisa berjualan seperti dulu dan sebagainya.

·         Kehilangan layanan-layanan yang biasa di dapatkan

·         Perubahan pola aktivitas secara signifikal dan drastis

Adanya perubahan-perubahan yang membuat kita kaget. Dan mendadak kita tidak siap.

·         Ketidakpastian akan masa depan

Sebelum pandemi sudah ada sebenarnya. Namun di masa ini seolah-olah kita tidak ada kepastian untuk masa depan kita. Ternyata memang alaminya manusia takut hal yang tidak pasti. Hanya kita percaya pada Allah. Agama yang sangat berperan.dari rasa takut itu maka manusia terjebak pola pikir yang tidak tepat, negative tinking, membesar-besarkan.Semua ini kita tau memicu strees.

 

Stress berdampak pada imunitas tubuh sehingga bisa membuat kita lebih rentan terhadap penyakit. Ketika kita stress maka kemampuan imunitas tubuh untuk melawan benda asing yang masuk ,virus atau bakteri akhirnya membuat kita rentan  terhadap terkena penyakit. Ketika kita stress di munculkan hormone kortisol yang menekan efektifitas system tubuh kita. Jadi itu yang menyebabkan kita strees. Itulah mengapa stress bisa di bilang membuat kita sakit. Kemudian ketika kita strees pola pikir kita terganggu kita tidak bisa berpikir jernih dan berpikir positif. Mengambil keputasan yang kurang  tepat atau kurang sehat.

Stress adalah reaksi yang muncul pada diri kita saat di hadapkan pada berbagai tuntutan yang sifatnya bisa positif dan  dan bisa juga negative.Pada dasrnya strees memiliki makna netral dan terbagi menjadi dua yaitu eustrees dan distrees.

Tidak semua  strees adalah buruk

Eustrees adalah strees yang bersifat positif,membuat kita termotivasi untuk mengerjakan sesuatu secara optimal dan mendukung produktivitas.

Kenali tanda-tanda stress.

Penting untuk di lakukan,agar lebih cepat mengambil Langkah untuk menghadapinya sebelum strees tersebut mencapai level yang terlalu tinggi.

1.      Fisik

·         Sakit kepala

·         Diare

·         Gatal-gatal

·         Lelah berlebihan

·         Gangguan tidur

·         Pencernaan terganggu

·         Malas gerak,dan lain-lain

2.      Kognitif/pikiran

·         Mudah lupa

·         Sulit konsentrasi

·         Sulit mencerna informasi

·         Cenderung negative

3.      Emosi/perasaan

·         Mudah tersinggung

·         Mudah cemas

·         Takut berlebih

·         Sedih berlebih

Tips Mengelola strees

ü  Fokus pada hal-hal yang yang bisa kita kontrol

ü  Fokus pada masa kini

ü  Jaga silaturahmi/ interaksi social

ü  Memilih lingkungan sosial

ü  Self-car

Kita bisa mencoba untuk relaksasi dengan  teknis bernafas dalam, visualisasi,relaksasi otot.Lalu bagaimana kita merawat kesehatan mental. Hal ini dapat menjaga/melestarikan kemampuan seseorang menikmati hidup. Mencapai keseimbangan antara kegiatan hidup, tanggung jawab dan upaya untuk mencapai ketahanan psikologis.

Tidak ada alasan lagi  untuk kita tidak menjaga kesehatan diri kita, keluarga kita dengan tidak strees dalam menghadapi masa pandemi ini. Mari kita lakukan hal-hal positif yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu beribadahh pada Allah Swt memohon ampun serta memohon agar virus yang melanda dunia saat ini bisa sirna sehingga kita bisa melakukan aktivitas seperti dulu lagi.

Salam sehat salam literasi selamat berkarya


# 30 hariAISEIbercerita

# Day 1AISAIwritingChallege

#AISEIWritingChallenge

#Pendidik bercerita

11 komentar:

  1. Agar tidak positif covid.hehe selalu berpikir positif...bertindak positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mb eny.. Agar prestasi juga melejit.. Waaw semangat selangit..

      Hapus
  2. Terimakasih bu. Saya termasuk stress ga ya? Karena mengantuk terus, stelah ada challenge ini hihihi

    BalasHapus
  3. MENULIS! Jalan-jalan ke blog ini
    mengurangi stress.

    BalasHapus
  4. Selalu positif thinking ya Bu dan tetap ikuti protokol kesehatan

    BalasHapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...