Cari Blog Ini

Jumat, 23 Oktober 2020

Positif Thinking

Positif  Thinking 


Kita tidak bisa hidup sendiri, Jangan hanya karena kita banyak harta atau banyak saudara lalu kita merasa tidak butuh orang lain. Dalam bermasyarakat, berteman  dengan beragam watak dan karakter banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Namun begitu kita tidak boleh asal menilai seseorang. Dengan hanya satu penilaian , pandang mereka dari sisi berbeda.

Hiasi hidup dengan dengan berpikir positif  thinking agar hati kita selalu berada dalam kebaikan dan kebahagiaan. Segala sesuatu yang terjadi berawal dari pola pikir kita. Jika pola pikir kita baik, maka akan baik semuanya. Sebaliknya jika pola pikir kita buruk, maka buruk pula semuanya. Maka itu,berbaik sangkalah kepada sesama.

Dalam Al-Quran juga di sebutkan yaitu dalam Q.S Al-Hujurat : 12

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اجۡتَنِبُوۡا كَثِيۡرًا مِّنَ الظَّنِّ اِنَّ بَعۡضَ الظَّنِّ اِثۡمٌ‌ۖ وَّلَا تَجَسَّسُوۡا وَلَا يَغۡتَبْ بَّعۡضُكُمۡ بَعۡضًا‌ ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمۡ اَنۡ يَّاۡكُلَ لَحۡمَ اَخِيۡهِ مَيۡتًا فَكَرِهۡتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيۡمٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.

 

Dari ayat di atas jelas sekali larangan agar kita tidak  berprasangka buruk atau berpikiran negative.

Memiliki positive thinking memang harus dibiasakan dan dilatih terus-menerus agar suatu saat kelak akan tumbuh menjadi karakter.

Mari kita lakukan kiat-kiat berikut !

1. Afirmasi verbal setiap hari

Di pagi hari selepas bangun tidur, katakan pada diri kita bahwa kita bisa melakukan sesuatu yang kita inginkan. Semacam “Kamu bisa!” atau, “Kamu pasti bisa!” Makin keras ucapan kita makin mampu mempengaruhi bawah sadar kita. Lakukan setiap hari sekitar 10 menit.

2. Gunakan kata positif

 Jika kita terbiasa menggunakan kat0a-kata negatif, hasil negatiflah yang kita dapat. Begitu pun, jika kita selalu menggunakan kata positif hasil positif yang akan kita dapat.

3. Pasang gambar atau tulisannya

Menempelkan visualisasi apa yang kita inginkan akan memberi dampak positif dalam pencapaiannya. Apa yang ingin kita raih, tempelkan gambar atau kata-katanya.. Hal Ini akan mendorong timbulnya pikiran-pikiran positif.

4. Penuhi sekeliling kita dengan citra positif

Citra positif ini bisa berupa poster kata-kata motivasi, foto inspirasi, bahkan tulisan afirmasi untuk meyakinkan diri dalam selembar kartu kecil atau kertas tempel yang mudah dilihat.

5. Sering-sering ucapkan “Terima Kasih”

Rasa syukur akan mempengaruhi pikiran kita. Ucapan “Terima Kasih” akan menerbitkan pikiran positif. makin sering berterima kasih, makin terbangun pikiran positif.

6. Dengarkan uraian motivasional

 

Positive thinking tidak lahir dengan sendirinya, kita harus rajin melatihnya.

Selamat mencoba dan sukses untuk kita semua. Salam sehat salam literasi.

 

# Day17AiseiWritingChallenge

#100 kata bercerita

#30 hari Aisei bercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

Gunungkidul 23 Oktober 2020

 

8 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca