Cari Blog Ini

Sabtu, 17 Oktober 2020

Sinositis

 




Tepat pukul 08.30 WIB aku beserta suami dan anakku tiba di rumah sakit dimana seminggu yang lalu aku sudah cek kesehatan untuk anak ke-duaku. Segera kami menuju ruang radiologi seperti yang sudah di sarankan dokter minggu lalu. Untuk mengetahui kondisi lebih jelas yang di alami anakku maka dokter menganjurkan untuk foto rontgen. Suamiku pun sudah langsung daftar di munggu yang lalu setelah selesai pemeriksaan dan mendapatkan resep. Alhamdulilah mendapatkan nomor antri satu artinya kami tidak perlu antri terlalu lama.

Setelah proses foto rontgen selesai kami pun segera menuju poli THT. Di poli ternyata kami sudah antrian nomor empat, tidak mengapa yang penting nanti bisa ketemu dokter untuk kembali memeriksa apa yang di alami anakku dan segera tau solusi yang harus di lakukan.

“ Anak daffa “, suara terdengar dari dalam ruangan.

“ Ya sus “, kami pun segera memasuki ruang periksa.

“ Halo daffa, gimana sudah sehat? Tanya dokter. Anaku dengan cepat menjawab apa yang di tanyakan dokter kepadanya.

Segera dokter memeriksa dan segera memberi penjelasan pada kami. Selama pemeriksaan berlangsung dan dokter menjelaskan hasil foto rontgen anaku. Hati terasa sesek dan tak tega. Berasa baru kemarin delapan tahun silam anaku di rawat di rumah sakit ini selama hampir lebih dari satu bulan. Dan kini periksa di rumah sakit yang sama. Ya rabb semoga tidak apaa-apa. Jujur jika anaku sakit aku selalu kwatir berlebih mengingat riwayatnya yang premature dan sangat rentan terhadap penyakit.

Dokter menjelaskan bahawa anakku ada masalah dalam sinus. Setelah seminggu yang lalu ada pembengkakan di dalam hidung namun setelah di obati  selama seminggu sudah ada perubahan. Apa itu sinusitis? Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Peradangan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya akibat iritasi, atau alergi bahan kimia yang masuk melalui hidung, yang diikuti dengan kumpulan bakteri serta virus.

Keadaan inilah yang paling wajar menyebabkan seseorang terkena penyakit sinusitis.

Sinus adalah salah satu organ dalam pernafasan. Biasanya sinus ini berisi udara.

Hanya saja bila sinus tersumbat oleh cairan yang berisi kuman, maka kuman ini yang akan mengakibatkan infeksi pada organ sinus.

Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang dihirup. Sinusitis atau infeksi sinus biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur.

Pada kondisi lain, tidak jarang terjadi akibat oleh alergi, polip hidung, dan infeksi gigi yang dapat menimbulkan pembengkakan pada selaput lendir hidung dan sinus.

Pembengkakan tersebut akan menutup jalur antara sinus dan hidung yang akhirnya akan menyebabkan penyumbatan di dalamnya.

Adapun gejala awal seseorang menderita penyakit sinusitis yang harus diketahui, di antaranya :

1. Sakit kepala

2. Nafas yang bau

3. Demam

4. Nyeri di Wajah

5. Hidung Tersumbat

6. Batuk

7. Keluar Lendir Dari Hidung

Di antara gejala tersebut anakku mengalami gejala yang nomor lima yaitu hidung tersumbat. Jika malam tiba dia selalu mengeluh susah untuk bernafas. Hal  itu sudah dia rasakan sekitar 3 mingguan. Betapa hatiku sangat sedih melihat keadaanya. Untuk minggu depan kami harus kontrol lagi semoga segera membaik ya nak.

Penyebab utama yang dapat memicu seseorang terkena sinusitis :

1. Udara Kotor

2. Alergi

3. Infeksi sinus

4. Flu Menahun

Pencegahan sinositis adalah seagai berikut :

1. Hindarilah minuman bersoda, teh dan minuman dingin karena minuman tersebut menyebabkan keadaan sinus terinfeksi semakin parah .

2. Olahraga rutin dapat menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh.

3. Melakukan teknik sederhana dengan menghirup minyak kayu putih atau minyak angin yang mengandung aroma terapi.

4. Mandi dengan menggunakan air hangat.

 Itulah penjelasan dokter, setelah kami mendapatkan resep untuk pengobatan selama seminggu. Untuk minggu depan harus kontrol lagi. Semoga ada perubahan bahkan semoga  anakku segera sehat.

Salam sehat jaga kesehatan. Sehat itu ternyata mahal. Banyak orang lupa nikmat allah yang satu ini yaitu nikmat sehat. Maka dari itu gunakan masa sehatmu sebelum masa sakitmu.



Resep obat dari dokter untuk satu minggu


# Day11AiseiWritingChallenge

#100 kata bercerita

#30 hari Aesei bercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

11 komentar:

  1. Semoga putra tercinta segera sehat seperti semula..mbk atik

    BalasHapus
  2. Semoga mas ganteng segera sembuh y mba,. Amiín Allohuma Amiín

    BalasHapus
  3. Semoga mas ganteng segera sembuh y mba,. Amiín Allohuma Amiín

    BalasHapus
  4. Semoga sinusitisnya cepat sembuh ya
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin iya buk mksih.. Kta dokter jika rutin minum obat dan bs mnghindari hal2 yg mnybabkn alergi.insyaAllah bs smbuh..

      Hapus
  5. Lekas sembuh ya bu putranya, tulisannya memneriksn informasi yg jelas tentang sinus

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca