Cari Blog Ini

Rabu, 28 Oktober 2020

Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan

 Membuat PJJ Tidak Lagi Membosankan



Selamat hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2020. Tepat di hari yang sangat bersejarah ini. Banyak moment yang saya rasa sangat luar biasa . Hari ini  ada dua orang yang sangat aku kagumi orang yang begitu banyak membuat diri ini berubah,  aku belum pernah bertemu secara langsung aku hanya bertemu melalui dunia maya, namun begitu besar apa yang telah beliau berikan padaku, memberi peluang untuk bisa bergabung di grup menulis sehingga aku bisa berlatih untuk menuangkan ide-ide lewat tulisan, mampu membuat blog dan menulis sehingga aku bisa berbagi melalui tulisan. Beliau adalah guru hebat guru blogger Indnesia Bapak Wijaya Kusumah atau sering di panggil Om Jay. Terimaksih Om Jay  barokallahu fi umrik dan do’a terbaik untukmu semoga sehat,Panjang umur dan  selalu  dalam keberkahan. Amiin.

Yang kedua teman ku dalam berjuang untuk meraih mimpi, dia adalah seorang wanita sederhana namun sangat mempesona dengan perilakunya yang anggun. Menurutku dia sosok wanita yang kuat ,cerdas dan bisa memberi inspirasi bagi orang lain jiwa kerja keras yang mampu mengantarkannya sampai pada posisi saat ini dialah Ibu Ari Susana. Selamat ulang tahun semoga selalu sehat dan berlimpah berkah jadi anak,istri,ibu dan guru kebanggan.

Yang ketiga hari ini aku bisa bergabung dalam Seminar Nasional Guru Blogger Indonesia.Hal  Ini yang membuatku bisa lebih bersemangat lagi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh dan terus semangat untuk belajar dan terus berkarya. Meneladani semangat sumpah pemuda dapat kita lakukan dengan banyak hal sesuai dengan kemampuan kita masing-masing,asal berdampak positif dan membuat kita lebih maju.

Dengan semangat sumpah pemuda aku berani bangkit untuk bisa mengembangkan diri melalui menulis walau awalnya kurang percaya diri. Berkat suport dan doa suami saudara dan teman-teman akhirnya aku mampu untuk mengatasi keraguanku.

Kegiatan  Seminar Nasioanal Guru Blogger PGRI melalui zoom meeting bersama  lima nara sumber hebat yaitu, Bapak Dedi Dwitagama, Ibu Sri Sugiastuti, Bapak Agus Sampurno dan sang motivator  bapak Nanim  AB Ibnu Solihin. Mereka banyak memberikan wawasan yang sangat luar biasa dalam mengatasi pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di era pandemi covid-19.

1.      Bapak Dedi Dwitagama

Menurut Bp Dedi dalam pembelajaran jarak jauh ini kita harus jadi guru yang kreatif dan inovatif. Bagaimana membuat pembelajaran jark jauh yang menyenangkan sejatinya guru dan siswa harus berinteraksi sebagaimana orang tua dan siswa.

Banyak hal yang bisa kita bisa lakukan di antaranya adalah :

1)      Percaya diri

2)      Iklas mendidik

3)      Mengajar dengan asik dan menyenangkan

Apapun metodenya yang terpenting itu semua bisa masuk dan dapat di terima oleh siswa.

4)      Amati Tiru dan Modifikasi

5)      Memanfaatkan TIK

6)      Jadi diri sendiri

7)      Sehat dan Bahagia

8)      Dokumentasikan kegiatan

9)      Lakukan dialog dengan orang tua siswa

10)  Tetap tenang dan Tarik kesimpulan

Bagaimana agar pembelajaran jarak jauh itu tidak bosan, menurut Pak Dedi banyak yang bisa kita lakukan namun yang sudah Pak Dedi lakukan adalah :

1)      Berikan bonus nilai sepuluh point untuk siswa yang telah menuelesaikan tugasnya dan dapat mengiim tugasnya pertama kali pada kita.

2)       Kirim  materi video-vidio yang singkat dan menarik.

3)       Menghubungi siswa siswa langsung melalui telephon

4)      Mengajarlah dengan iklas kita lakukan komounikasi dua arah.

Untuk mengukur kejujuran siswa, menurut Pak Dedi. Guru yang baik adalah guru yang mempunyai isting tentang kelakuan anak didiknya, kalau kita merasakan keganjalan pada siswa tilpun mereka. Dengan cara berkomunikasi apakah itu di kerjakan asli sendiri atau bukan.

2.      Ibu Sri Sugiastuti

Menurut Ibu Sri atau kita kenal dengan Bu Kanjeng. Dalam situasi PJJ ini kita sebagai guru bisa mengembangkan diri dengan menulis buku. Ini juga merupakan kegiatan positif yang dapat di lakukan oleh guru untuk bisa mengembangkan dirinya sebagai pendidik. Selama PJJ ini bu Kanjeng telah banyak melakukan  kegiatan membuat buku antalogi bersam a pegiat literasi di seluruh Indonesia. Antalogi yang telah Bu Kanjeng lakukan bersam curator yaitu :

1)      Antologi Oktober bermakna. Begitu banyak respon dari guru-guru seluruh nusantara sampi menjadi dua jilid. Yaitu oktober bermaka jilid satu yang sudah cetak dan oktober bemakna jilid dua yang baru proses. Buku Antologi ini dengan kurator ibu Eny  setyawati dari Gunungkidul.

2)      Buku antologi dengan kurator bapak brian dari Jawa Barat, dengan tema Digital Milinea,Ukir Prestasi ( tentang guru yang mengawal siswa dalam lomba sampi merai uara) dan yang sedang proses adalah buku antalogi Pahlawan Dalam Hidup.

3)      Buku antalogi bersam curator Ibu Rita Wati dari Bali tentang kisah inspiratif dan dengan tema All Abaut Teacher.

Untuk yang buku  ingin membuat buku tunggalnya tentang resume selama belajar menulis dengan nara sumber-nara sumber hebat boleh menghubungi Bu Kanjeng untuk mengetahui bagaimana susunan menulis buku yang tepat.

Susunan dari sebuah buku yang baik itu terdiri dari, hal judul,hal penerbit,hal sambutan,kayta pengantar, pra kata ditulis penulis sendiri, bisa juga ada indosmen/tekstimoni,selanjutnya daftar isi, isi, profil penulis dan cover.

Menulis kata pengantar yang baik itu serahkan pada ahlinya, biasanya  kita cari orang yang lebih banyak mengetahui dunia literasi.. Sedangkan pra kata kita harus bisa membedakan pra kata untuk karya tulis sekripsi atau karya tulis karir popular. Kalau yang  prakata karya tulis karir harus di buat luwes.

Jadi dalam menulis buku terdiri dari dua hal yaitu naskah pendukung dan naskah inti.

Naskah pendukung terdiri dari cover depan, judul, nama penulis, logo.

Semoga di masa PJJ ini kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan semangat menulis dan akhirnya menjadi sebuah buku yang nantinya bermanfaat untuk kita dan anak didik kita.

3.      Bapak Agus Sampurno

Di awal beliau memberikan materinya Bapak Agus memberikan pertanyaan dan peserta di minta menjawab .Apa saja ciri guru kreatif ? Banyak jawaban yang di tulis para peserta .

Ciri guru kreatif adlah :

1)       Bersikap terbuka

2)      Mencoba hal baru

3)      Mau bertanya

4)      Mau belajar

5)       Mau membaca

6)       Mau bergerak

7)       Aktif belajar terus

Apa saja hal kreatif yang kita lakukan selama PJJ. Membuat video-vidio pembelajaran yang menarik, quisis,google form,class room, dengan WAG, ikut webinar dan diklat-diklat online,membuat pembelajaran dengan menggunakn game juga bis amenulis di blog.

Kita sebagi guru kretaif di era PJJ ini di hadapkan pada venomena yang membuat kita harus mampu berpikir kretif untuk menjalankan tugas kita. Mas mentri menginginkan Pendidikan dengan digital Allah pun mengabulkan, dan selama pandemi ini pun apapun di lakukan dengan digital  begitu juga dengan dunia pendidikan. Banyak orang di paksa, untuk itu kita bisa maknai hal ini  suatu hal yang penting dalam melakukan pembelajaran.

Jadi sebenarnya dalam PJJ ini apa yang sulit kita lakukan? Pembelajaran atau penyampaian materi.

1)      Dalam ukuran Pemebelajaran, usaha membuat seseorang/siswa belajar.Ukurannya siswa belajar

2)      Yang kedua penyampain materi ukuranya materi tersamapikan.

Untuk itu kolaborasi semua pihak sangat di perlukan yaitu antara sekolah,guru,orang tua dan siswa. Untuk sekolah harus mengutamakan transparasi, kolaborasi, fleksibilitas dan komunitas. Sebagai guru kita adalah sosok yang reflektif, terbuka dan bersedia belajar. Kita harus fokus pada materi pembelajaran maka kita akan melakukan yang namnaya kolaborasi dan pembelajaran lah yang membuat seorang guru itu guru keluar dari zona nyaman. Karena pembelajaran itu harus bisa memberikan pengalaman mengajar bukan hanya sekedar menyampikan materi jadi jika kita niat kreatif di masa PJJ ini maka satu cara saja akan terasa kurang. Kita bertanggung jawab pada situasi rumah jadi  kita harus berkontribusi pada situasi rumah  yng tidak enak,atau malah justru menimblkan keributan. Dengan memberikan metode yang cukup untuk membuat pengalaman belajar untuk semua pihak di rumah. Kaki kita  tidak boleh hanya berpijak pada satu sisi saja sebagai guru melainkan kita harus bisa pada posisi orang tua , dan juga siswa. Kita harus bisa memberikan sumber belajar yang bervariasi.

 Selanjutnya  orang tua adalah sosok yang suportif, efektif dalm komunikasi mengedepankan prasangka  baik. Siswa  harus semangat dalam mejalankan pembeljaran jarak jauh.

Peran sekolah adalah punya kwajiban agar guru tetap kreatif. Segala macam kebijakan agar mampu  menjaga keadaan yang , sekolah harus mampu menemani orang tua murid agar pengalaman belajar yang di berikan oleh guru akan sampai ke anak.  

4.      Bapak Nanim AB Ibnu Solihin

Ayah 4 anak tanpa gadget menyampaikan bahwa  beda generasi beda komunikasi. kita adalah guru yang mengajar di era digital kita guru x dan guru milenial sedang yang kita ajar adalah generasi  z  yang berada pada dunia digital, kita di paksa  mengenal teknologi. Kita bisa mengajar dengan cara kreatif mealuli blog. Murid yang kita hadapi cara komunikasi banyak mnggunakan media sosial, kita bisa memasuki dunia mereka. Missal dengan anak sma dengan mnggunakan instragram. Mereka akan suka karena itu dunia mereka. Guru SD kita bisa mengjar dengan mengasikan.

Murid kta adalah generasi yang terbiasa dengan tehnologi. Mereka  lebih senang berenteraksi dengan youtube dan google. Maka kita harus punya skill yang lebih dari pada mereka.

Skill yang harus kita miliki :

1)      Kemampuan public spiking

2)      Memiliki kemampuan breaking pembelajaran kreatif

3)      Menguasai teknologi

4)       Mampu mendesain media pembelajaran dan kelas pembelajaran

5)      Menguasai berbagai model-model pembelajaran

6)      Menguasai ilmu parenting

 

Cara mengelola kelas dengan kreatif mengajar daring :

1)      Ketika tampil di depan video pastikan kita benar-benar dalm keaaan rapi.

2)      Mulailah  dengan kelas menyenangkan (interaksi,ajak senyum sapa mereka)

3)      Atur posisi tempat belajar denagn nyaman

4)      Berbicara denagn sistematika dan gunakan gestur tubuh yang baik

5)      Berinteraksi dengan dinamis ( gunakn bahan ajar yang  yang menarik seperti slide yang mudah di pahami)

6)      Setiap 20 menit sekali lakukan improvisasi

7)      Menutup pembelajaran denagn kalimat penuh dengan hikmah

5 SOP Pemnbelajaran Daring

1)      Guru dan siswa berpakaian rapi

2)       Memilih tempat yang baik

3)       Menjaga adab dalam berbicara

4)      Satu hari sebelum pembelajaran guru harus menyampaikan

5)       Informasikan ke siswa tentang media yag akan di gunakan

6)      Pastikan guru dan siswa memiliki jaringan internet

Walaupun pembelajaran daring harus tetap kreatif. Kiat-kiat diantaranya :

ü  Membuka pelajaran dengan salam yang hangat

ü  Bertanya kabar dengan menggelora

ü  Buat yel-yel pembelajaran

ü  Antarkan peserta didik ke zona alfa (ice breaking game,story telling,quisis)

ü  Membuat kontrak belajar yang menarik

Itulah beberapa hal yang di sampaikan oleh bapak Nanim, semoga bermanfaat dan dapat kita praktekkan dalam PJJ sehingga apa yang menjadi tujuan kita tercapai.

 

5.      Bapak Wijaya Kusumah (Om Jay)

Om Jay mengatakan pembelajaran jarak jauh ada dua,tatap monitor dengan tatap muka. Kita harus menggunkan teknologi yang ada dalam pembelajaran. Banyak yang di gunakn misalnya  Google klas room, google meet, namun yang paling meneyenangkan adalah dengan blog karena bisa di nikmati sipa saja. Jika google meet hanya  yang bergabung saja. Tapi tidak dengan blog. Maka pembelajaran melalui blog itu sangat menyenangkan.

Om Jay menyampaikan 4 kekuatan manusia.

1)      Pikiran

2)      Perkataan

3)      Perasaan

4)      Perbuatan.

Kita harus percaya diri jangan dengarkan kata orang lain karena jika kita selalu mendengar kata orang lain kita tidak akan pernah maj dan sukses.

Di akhir pesan Om Jay dengan rasa haru dan meneteskan air mata,beliau tetap memberi semangat kepada peserta untuk selalu semangat menjalankan tugas kita dan agar selalu berbagi ,tebar kebaikan di sisa umur kita.

Tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15 lebih acara seminar segera di tutup dan  bagi peserta jangan hanya mengejar sertifikat namun mengejar ilmu itu lebih bermanfaat.

Dengan semangat sumpah pemuda kita bangun generasi yang kuat, beriman, berakhlak mulia,bertanggungjawab dan hanya Allah satu-satunya tujuan utamanya..



Salam literasi, tetap semangat dan terus berkarya jangan pernah lelah untuk terus belajar.

 

# Day23AiseiWritingChallenge

#100 KataBercerita

#30 HariAeseiBercerita

#AiseiWritingChallenge

# WarisanAisei

#Pendidikbercerita

7 komentar:

  1. Pesan Penting Untuk Peserta seminar nasional guru Blogger Indonesia

    Yth Bapak/Ibu yang Budiman, Untuk mendapatkan sertifikat peserta semnas guru blogger PGRI, bapak dan ibu dapat menonton siaran ulang kegiatan semnas di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Kemudian bapak/ibu dapat mengisi daftar hadir online di Link Daftar Hadir : http://bit.ly/DAFTARHADIR-semnaspgri

    Setelah itu, bapak/ibu dapat mengunduh sertifikat dan prosesnya cukup makan waktu karena ada lebih dari 3000 guru yang mendaftar acara semnas ini dan bila namanya belum ada, kemungkinan masih menunggu antrian di https://drive.google.com/drive/folders/1E6kkLxcUjgC40xPZtjNqqlIVu8HTL0Pm

    Ingatlah selalu pesan pak Dedi, Pak AGus, Pak Namin, bu Kanjeng, dan Omjay. Kalau perlu ulang kembali materi mereka di https://youtu.be/-ZfslhK-gtQ

    Sertifikat adalah bonus dari kita mengikuti kegiatan semnas, namun hal yang terpenting kita dapat berburu ilmunya. Sebab guru adalah pendidik dan bukan pemburu sertifikat. Insya Allah bila kompetensi bapak ibu meningkat, maka akan segera naik pangkat dan derajat. Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan.

    Materi pak Agus di https://padlet.com/n_sampurno/ibdnsvte51rdth01

    Materi Pak Dedi di https://www.slideshare.net/dwitagama

    Materi Omjay di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/pjj-menyenangkan1

    Materi Pak Namin di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/materi-training-cara-kreatif-mengajar-daring-pgri-1

    Materi Bunda Kanjeng di https://www.slideshare.net/wijayakusumah/konferensi-blogger-2020

    Ikutilah lomba blog dalam rangka memeriahkan sumpah pemuda dan bulan Bahasa di https://www.gurupenggerakindonesia.com/ikutilah-lomba-blog-dalam-rangka-memeriahkan-bulan-bahasa-dan-sumpah-pemuda/

    Terima kasih sudah mengikuti semnas guru blogger PGRI. Semoga semakin banyak guru yang memiliki blog dan mengelolanya dengan baik sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi tidak membosankan.

    Salam Blogger Persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com


    BalasHapus
  2. Bagus banget ibu. Sy jg sdg menulis ttg seminar kmrn..tp blm beres2😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ibuk..ni sedapetnya saja..kmrin yg materi bp agus kdng suara terputus...alhmdulikah om jay kirim materi bs nyimak lgi.. Tp resume blm aq bnerin..

      Hapus
    2. 😁iya bu. Aku lg BW ke temen2 dl..nanti baru dilanjutin

      Hapus
  3. Terima kasih resume materi seminarnya.

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca