Cari Blog Ini

Rabu, 30 September 2020

Pembuatan Vidio Pembelajaran

 PEMBUATAN VIDIO PEMBELAJARAN 


Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Rabu,30 September 2020, Kelompok Kerja Guru PAI SD se DIY mengadakan webinar dengan pemateri Bp Asep Sakhban Solihin,M.Pd dari SD N Sendono Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Peserta dalam kegiatan ini ada 272 guru dari pengurus  KKG kecamatan dan pengurus KKG Kabupaten se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum pemateri menyampaikan materi pada hari ini di buka dengan berdoa di pimpin oleh moderator dan di lanjutkan sambutan oleh Bapak Bukhori Muslim selaku Kabid Pakis   DIY.

Materi dari Bapak Asep

Membuat Vidio pembelajaran bisa dengan menggunakan banyak cara namun untuk kesempatan ini akan di berikan  2 cara yaitu sebagai  berikut 


1.      Dengan Powerpoint

Langkah-langkah

1)      Tentukan topik

2)      Tentukan tujuan

3)      Buat Materi

4)      Buat slide powerpoint

5)      Rekam suara presentasi power point kita

Cara rekam suara

ü  Klik menu slide show

ü  Record slide show  

ü  Star recording

ü  Untuk menyimpan (Klik file pilih export pilih creat a video,tentukan jenis display

Creat video pilih kkata dialog pilih volder penyimpanan kasih nama.

ü  Untuk menambah bacson: klik insert klik audio pilih voulder penyimpanan music on my pc

6)      Export hasil perekaman tersebut

2.      Dengan Powerpoint + aplikasi rekam layar

Cara membuat video dengan powerpoint + aplikasi perekam layar itu,

Aplikasi perekam layar itu banyak sekali seperti ScreenOMatic, OBS, bandicam, filmora , faststone, dll. Namun Dalam webinar ini disampaikan khusus terkait penggunaan faststone capture.

Aplikasi FastStone adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merekam layar laptop atau layar PC kita, sehingga apapun yang tampil di layar laptop kita itulah yang akan terekam dan menjadi video. Biasanya aplikasi FastStone digunakan untuk membuat tutorial-tutorial yang menampilkan langsung layar laptop, misal: tutorial desain coreldraw, tutorial desain photoshop. Dengan menampilkan video tutorial tersebut akan memudahkan orang lain dalam belajar. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk membuat video pembelajaran.

Cara mengambil gambar egan fastston Captur cukup mudah dapat mengambil gambar secara keseluruhan pada layar computer dapat mengambil gambar Sebagian saja.

Langkah pertama yaitu kita douwnload aplikasi Faststone, pilih yang portebel.

Ikuti petunjuk sederhana di layer untuk melihat Faststone captur. Ikon secara otomatis akan ditempatkan di layar selama proses instalasi.


Setelah dibuka, klik aplikasinya di dalam folder FastStone Capture V9.0, kemudian klik saja dan tunggu hingga aplikasi terbuka. Aplikasinya bernama “FastStone Capute.exe” 

Setelah muncul tampilan aplikasi dari FastStone, klik “Screen Recorder” dengan icon bergambar film


Untuk menyisipkan gambar pada power point







Kemudian muncul tampilan screen recorder. Klik “Record” titik warna merah




Kemudian akan muncul dua buah garis di cursore mouse kita, arahkan saja di pojok layar laptop dan kemudian klik kanan, kemudian muncul lagi dua buah garis di cursor mouse kemudian arahkan di pojok layar laptop bawah. Intinya dua buah garis ini adalah pilihan layar kita yang akan direkam, semakin besar kita mensetting layar laptop maka layar laptop yang terekam semakin besar / full screen.

Jika sudah mensetting ukuran layar yang akan di rekam, langkah berikutnya klik start sehingga layar akan merekam (akan merekam  sesuai tujuan anda merekam layar laptop anda)

Tampilan saat perekaman, jika mau mengakhiri merekam klik kotak warna hitam di pojok kanan sepeerti pada gambar berikut

Jika sudah selesai klik kotak warna merah, kemudian akan muncul tampilan apakah anda akan menyimpan (save), resume (lanjut merekam), atau batal simpan (discard).



Setelah selesai power point yang telah kita buat bisa di share lewat Youtube atau pun WAG dan media sosial lainya.

Demikian materi yang di sampaikan Bp Asep  semoga bermanfaat selamat mencoba. Terus berkarya mari buat pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Salam literasi salam 

Guru Blogger Indonesia

Gunungkidul,30 September 2020




4 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca