Cari Blog Ini

Minggu, 06 September 2020

Jangan Ragu Untuk Menulis

 

Ahad, 6 September 2020

JANGAN RAGU UNTUK MENULIS




Oleh: Sumarjiyati,S.Pd.I

Malam ini Sabtu, 5 September 2020, dari grup  Antalogi Oktober Bermakna akan mendapatkan materi dan sharing dari Ibu Siti Suryani atau akrab di panggil ibu iyong. Beliau lahir pada sepertiga malam di Bojonegoro 05 Desember 1970 .menikah.Mulai menempuh pendidikan formal SD dan MI dulu bisa di tempuh pagi dan sore lulus dalam waktu yang sama(1983). SMP dan Mts (1986) dapat menjalani pagi dan sore juga alhamdulillah,karena saat itu sekolah sore masih marak.puncak remaja beliau bersekolah di SPG Negeri Bojonegoro jurusan SD (1989),hingga masa pra adolosen sampai adolosen  kuliah di IKIP Bojonegoro jurusan FPBS Bahasa dan Sastra Indonesia (1994), S2 Bahasa Indonesia  Unisma Malang (2011)

Saat ini beliau sebagai PNS aktif di SMAN 1 Baureno Bojonegoro Jawa Timur mengampu mapel Bahasa Indonesia.

Sebelumnya anggota grup mendapat spirit dari ibu Sri Sugiatuti atau biasa di kenal dengan bu Kanjeng. Ibu Kanjeng memulai dengan salam. Beliau mengungkapkan  rasa terharu.“Jujur saja saya sangat terharu setelah inisiatif kurator yaitu Mbak Eni dengan spontan nya membuat grup dengan nama yang bagus sekali yaitu buku antologi Oktober kemudian membuat blog kemudian membuat grup WA untuk bergabung. Sehingga dalam waktu 3 hari grup ini sudah memiliki anggota yang di atas 50. Hari ini juga suatu kebanggaan apa lagi Om Jay juga masuk di grup ini jadi memang mungkin grup ini yang didominasi oleh ibu-ibu. Saya yakin akan berkembang. Kita bisa belajar bareng kita bisa berkolaborasi tanpa menggurui tapi betul betul kita berbagi pada kesempatan malam hari ini kita akan mendapatkan tamu Istimewa dari Jawa Timur saya belum pernah berjumpa orangnya tapi kita sudah terasa sangat dekat karena kita punya satu niat yang sama yaitu  sebagai penyebar virus cinta literasi. Mudah-mudahan langkah kita ke depan itu selalu dimudahkan oleh Allah dan kita tetap bisa berkolaborasi silaturahmi dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Pada intinya mari kita belajar bareng. Selamat belajar bareng mudah-mudahan ilmu bisa kita manfaatkan”.

Terimakasih Bu Kanjeng. Selanjutnya Ibu iyong mulai menyampaikan materinya.

Bu Iyong mengucap salam dan salam literasi. Juga ungkapan syukur bahwa di beri kesempatan untuk bersilaturrahim bertemu dengan semua yang luar biasa “Antalogi Oktober Bermakna”.

Orang bijak berkata'keberhasilan manusia ditentukan oleh dirinya sendiri.Dengan pilihan yang benar, ia akan bersinar. Sebagai makhluk yang memiliki kekuatan, kecerdasan, cinta, serta sebagai tuan dari pikiran-pikirannya sendiri. Ia memegang kunci untuk setiap situasi'.

Pilihan adalah kekuatan terbesar Anda.

Memilih untuk bergabung di sini merupakan pilihan yang tepat, karena di sini kita hanya akan membahas kebaikan,kebersamaan, saling mengenal, mempererat jalinan persaudaraan, dan merupakan ajang yang banyak memberi manfaat untuk kita...karena kita di sini akan bersama belajar menuangkan ide-ide, pikiran, perasaan, melalui tulisan yang kita buat baik berupa cerpen,puisi, artikel dan lain-lain.

Selamat bergabung untuk berkarya bersama...

Do'a terbaik untuk Panjenengan semua..dalam mengawali materi kita malam ini...🙏🙏🙏

Cinta adalah suatu spirit kesatuan dengan alam semesta.Cinta adalah tabib semua kelemahan.Cinta adalah kekuatan yang menggerakkan alam semesta. Karena cinta, saya ada di sini menyapa pada semua untuk mengenal lebih dekat bersam Anda semua

Banyak yang bilang beliau tipe orang yang humoris, tomboi, beliau merasa dari kecil sampai saat ini  banyak berteman dengan para ksatria  domestik.beliau paling suka  membaca, menulis, menjahit, membuat minuman-minuman tradisional dan jamu herbal untuk keluarga dan teman-teman, sebagian di order juga, bu iyong juga sangat suka prospek properti dan interior (vornitur) rumah dari remaja sampai sekarang alhamdulillah masih berjalan.'Pun sangat menikmati hidup namun kadang sak karepe dewe .ingin menyapu ya nyapu gak mood ya sudah...krentek masak ya masak ..klo gak mood ya beli saja...karena prinsip bu oyong jika bisa diper mudah untuk apa dipersulit, (tak patut dicontoh juga ya yang seperti ini) dan sangat menyukai kebersamaan. Bersama tidak harus sama. Apapun kata orang ..kita harus tetap selangkah lebih maju..

'Jangan lewatkan waktu tanpa bersedekah'  itu motto hidup ibu Iyong.

Tetap semangat dan mari belajar menulis,karena menulis itu mudah.

Dalam kesempatan ini beliau ingin berbagi sedikit tentang menulis. Beliau  merasa apa yang di sampaikan jauh dari para Senior di  group ini. Beliau juga meminta maaf bila nanti masih banyak kekurangan.

Bu Iyong mengajak kita optimis jangan hanya teori tapi  buktikan bahwa menulis itu mudah.

Tidak ada kata sulit untuk menulis. Siapapun bisa  menjadi penulis.

Terlebih anggota grup guru-guru hebat  ini.

Yang perlu di ingat,  kita semua sedang proses belajar. Belajar dari kelebihan dan kekurangan kita juga orang lain, untuk itu jangan pesimis dalam mengawali semua kegiatan apalagi kegiatan menulis.

'Awal sebagaimana peribahasa, adalah sebagian dari seluruhnya'.

Apa  yang akan kita tulis pada kesempatan ini?temanya? Apa saja yang perlu ditulis? Bagaimana cara memulainya?

Nah .. Sekarang kita akan menulis apa?

Puisi?

Cerpen?

Kisah nyata?

Artikel?

Pantun?

Pilih saja semua bisa kita tulis dengan mudah. Ayo kita buktikan.

Yang pertama kita akan menulis puisi. Abaikan dulu tentang bait, pilihan kata atau diksi, jenis puisi, dan lain lain. Karena kita di sini tidak berteori tetapi langsung menulis dan membuat puisi.

Tidak perlu dijelaskan bagaimana puisi itu? yang penting kita mrmbuatnya.

Puisi itu karya sastra yang bisa ditulis oleh siapa saja.

Puisi itu tidak harus berupa kalimat, boleh menggunakan satu kata atau dua kata saja, tiga kata dan mungkin sampai seribu kata, bisa semua.

Benda apapun dan situasi dan kondisi apapun sangat mudah kita jadikan puisi. Kita buat contoh puisi yang satu kata saja, kata apa saja bisa.

Misalnya satu kata, nama orang (satu kata)

      Iyong

Iyong...Iyong

Iyong..

Iyong..Iyong..Iyong

Iyoooong...

Iiiii....yoooongggg...

Iyong

Yoooong...Iyooong...

Yong...

Yong..

Iyoooonggg..

Kata atau nama  Iyong Anda tulis sampai 10x, 50x, 100x atau 1000x sudah menjadi puisi. Tinggal kita ingin memilih kata apa. Satu kata, dua kata, dan seterusnya.

Contoh puisi dua kata

Terserah anda ingin menulis kata apa saja...suka-suka kita..milih kata tidak dosa koq...

Contoh: judul puisi gampang (dua kata)

Menulis Gampang

Menulis...

Menulis gampang

Gampang menulis

Menulis..menulis..menulis..gampang..

Gampang

Gampang

Gampang

Menulis gampang..

            Menulis..

            Menulis..

            Menulis gampang  

            Menulis gampang

Sudah..jadilah puisi dengan dua kata 😍😍😍

Sekarang kita membuat puisi dengan obyek atau benda. Pilih saja benda apa saja yang dekat dengan kita..

Misalnya pensil..

Pensil itu kayu bentuknya lurus. Warnanya bisa merah, hijau, biru dan lain-lain.

Ayo kita buat puisi dengan judul 'pensil'

         Pensil

Kau luruuussss..kaku...

Kaku....luruuussss..biru..

Pensil..kau kayu

Kayu kayu....dan kayu..

Biru ..luruuusss...

Kayu...

Biruuuu

Luruusss

Ya sudah jadi puisi..apalagi dengan obyek manusia...

     Wanita

Mahkota tergerai ..terburai sehelai..merekah bibir indahmu mengundang detak jantung..para adam penggoda..

Kedip matamu...lentik jemarimu..manja suaramu..meluluhkan jiwa-jiwa perkasa di sekitarmu

Ini hanya contoh yang paling sederhana, saya yakin kita pasti bisa membuat puisi yang luar biasa..

Sebab membuat puisi itu benar-benar sangat mudah...

Bagaimana dengan puisi yang temanya suatu kondisi? Kita bisa membuatnya dengan satu kata saja atau lebih.

Sedih

Sedih...oh sedih

Mengapa sedih dan sedih lagiiii mengapa...?

     Sedih...

     Sedih....

     Sedih...

     Haruskah kau selalu

     Bernaung dalam

     Hidupku?

Masihkah ada yang kesulitan?

Jika Anda bertanya apakah puisi di atas baik?

Bagaimana puisi yang baik?

jawabannya, semua puisi itu baik..tidak ada yang tidak baik.

Lalu...?

Bagaimana orang bisa memahami puisi kita? Jawabannya

Orang lain tidak harus selalu bisa menafsirkan dengan benar tentang puisi yang kita buat..karena yang lebih bisa memahami puisi itu adalah penulis puisi itu sendiri..

Selamat mencoba ya...😍😍😍🙏🙏🙏

Situasi sulit yang sedang kita alami saat ini tidak akan mengubah apapun, demikian perihal nasib  kita. Hanya keputusan mengambil langkah tepat yang dapat menentukan sejarah kesuksesan kita menjadi seorang penulis.Tidak ada hal yang tidak mungkin dalam hidup, yang pasti adalah memutuskan tindakan apa yang kita pilih. Dan lakukan segera! 

Karena kemampuan kita untuk memilih menjadi penulis, berarti pula kemampuan kita untuk dapat mengubah segala yang tidak mungkin menjadi mungkin.😍😍😍😍💪💪💪💪🙏🙏🙏

Satu-satunya cara untuk memahami perubahan adalah,dengan terjun di dalamnya, bergerak bersamanya, dan bergabung dalam tariannya.

Kita sudah memulainya bergabung di sini...mari bersama belajar menulis..ikuti intruksi segera menulisnya.

Setiap peristiwa yang pernah kita alami baik yang menyenangkan atau yang kurang menyenangkan dapat mejadi tulisan, tidak perlu merasa malu dan enggan menulisnya.

Bu iyong pun menceritakan masa kecilnya dulu, sering di samping ibu sebatas menunggu, belum bisa membantu ibunya memasak di depan tungku. Debu-dabu lembut di depan tungku itu sering di buat latihan menulis latin dengan ujung jari. Sering di  hapus dengan telapak tangan tulisan yang sudah di  buat itu,  untuk menulis yang lain lagi, yang paling sering saya tulis lirik lagu 'Ibu pertiwi'. Ya paling suka latihan menulis  lirik 'gunung sawah lautan' karena menurutnya pribadi dulu munulis kata itu tulisannya sangat bagus, sehingga sangat percaya diri saja. Saat itu dalam pemahaman beliau makna Ibu pertiwi adalah nama seorang Ibu yang sedang bersedih, sehingga lagu itu beliau pikir mampu mewakili hati untuk berempati pada Ibunya  yang  tampak gelisah disetiap harinya..dan beliau tidak pernah  tau apa sebabnya dan  mengapa?...

 

Mulai saat itulah hobi menuangkan perasaan dengan kondisi yang ada perlahan di abadikan dengan goresan-goresan pensil di atas kertas-kertas lusuh. lalu beliau kumpulkan satu demi satu. Beliau pun senang membacanya berulang.

Berangkat dari pengalaman sederhana itulah dalam pelajaran mengarang di usia SD sudah bisa menyelesaikannya paling cepat. Saat berdeklamasipun beliau bisa menjiwai hingga menangis-nangis ketika tampil di depan kelas. Tidak peduli semua teman menertawakan dan ketika istirahat jadi bahan guyonan.

Semua orang juga pasti memiliki pengalaman hidup yang lebih menarik lagi untuk ditulis menjadi sebuah cerita pendek. Cerpen misalnya.

Cerpen...apa cerpen?

Cerpen adalah cerita pendek yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1.      Terdapat satu peristiwa saja

2.      Beralur tunggal

3.      Bercerita tentang peristiwa hidup sehari-hari.

4.      Jumlah kata tidak lebih dari 10 ribu kata

5.      Tidak ada perubahan nasib dari tokoh utamanya.

6.      Selesai di baca dalam sekali duduk.

Unsur yang terdapat dalam cerpen ada 2.

1.      Unsur intrinsic

2.      Unsur ekstrinsik

Apa unsur intrinsik?

Unsur yang membangun cerpen dari dalam. Di antaranya:

A.    Tema

B.     Judul

C.     Tokoh

D.    Penokohan

E.     Alur

F.      Latar

G.    Gaya bahasa

H.    Nilai-nilai

Apa unsur ekstrinsik?

Unsur yang membangun cerpen dari luar

Di antaranya:

A.    latar belakang sosial, budaya, politik pengarang

B.     latar belakang pendidikan pengarang.

Abaikan dulu yang di atas. Yang penting kita nulis dulu , jangan berpatok pada teori.

Mari kita flas back ...dengan mengingat masa-masa kita yang dulu...mulai masa kanak-kanak, SD, SMP, SMA, Kuliah, awal bekerja, awal mengenal cinta, atau peristiwa-peristiwa hidup yang lain.

Marilah segera kita mulai menulisnya, tulis dan tulis saja tidak usah dilihat dan dibaca dulu, bagaimana isi, bentuk tulisan  abaikan saja dulu, yang penting kita menulis.

Bisa saat bermain layang-layang, karet, kelereng, dan  sekedar mengganti pakaian barbi pada boneka kertas yang pernah kita buat dulu.

Tulislah kisah itu tidak harus keseluruhan. Tulis dulu satu demi satu peristiwa saja. Mungkin bisa kita mulai yang kita ingat dulu. Menulis kisah tentang digigit semut saat memanjat manga, lalu tertawa sendiri saat teringat peristiwa lucu kita yang lainnya. Tulis lagi dan lagi.

Jangan pernah berpikir nanti ditertawakan oleh yang membacanya, atau khawatir tulisan tidak nyambung dan lain-lain, yang penting kita menulis dulu.

Begitu juga dalam menulis cerita . Tulis saja cerita tentang keluarga , lingkungan, peristiwa alam, cerita hidup kita. Bisa dimulai dari mana saja. Jangan berpikir panjang harus mencari-cari tentang apa yang paling baik. Semua cerita akan selalu menarik untuk kita ceritakan. Menulislah seperti saat kita bercerita kepada teman  anda sehari-hari. Tentang apa saja yang anda suka. Misalnya menceritakan bagaimana paniknya anak-anak kita mengerjakan dan mengikuti pembelajaran daring sekolahnya. Cerita tentang memasak yang rasanya ke asinan. Memberi makan burung piaraan yang lupa menutup kembali pintu kandangnya sehingga burungnya lepas dan lain-lain.

Sekali lagi...

Menulis itu sangat mudah apapun bisa menjadi tulisan.

Benar..menulis itu gampang👍👍👍👍

Demikian juga dalam menulis sebuah cerita pendek atau 'cerpen'.

Sekarang tidak perlu bertanya lagi harus dari mana saya membuatnya. Sekali lagi saya tegaskan 'menulis cerita itu bisa dari mana saja'

Misalnya kita membuat cerita tentang tetangga yang meninggal karena covid. Kita bisa menulisnya pada bagian akhir cerita atau endingnya..yaitu meninggal.

Contoh:

Akhirnya dia meninggal dan dimakamkan tanpa banyak orang....ditempat yang jauh dari pemakaman umum..jauh terpencil di sudut desa sana...sendiri..tanpa ada bunga di atas pusaranya..

Lalu Anda bisa menyambungkan cerita pada saat tetangga kita masih sehat,kebiasaannya apa,sikapnya bagaimana,dan penyebab terdampak covid...karena apa sehingha tidak bisa te…

Kebebasan yang sempurna diperuntukkan bagi manusia yang meyakini pekerjaannya sendiri, dan di dalam pekerjaannya ia melakukan apa yang ingin ia lakukan. Maka tulislah apa yang ingin kita tulis...Anda bebas menulis apa saja. Urusan baik atau sempurna itu nanti saja....

Kesempurnaan adalah seni yang diperoleh melalui pelatihan dan kebiasaan. Kita tidak bertindak benar karena kita memiliki kebaikan atau kesempurnaan, tetapi kita lebih memilih memilikinya karena kita telah bertindak yang benar. Kita adalah kebiasaan kita. Oleh karena itu, kesempurnaan bukanlah suatu tindakan tetapi suatu kebiasaan.

'Mempersatukan cita-cita orang banyak, dapat menciptakan karya besar, tetapi bila hanya seorang diri meskipun telah menguras semua kepandaian, namun jika timbul sedikit saja keraguan tak akan mampu kita menghadapinya'..akhirnya kita menyerah..

Di sinilah tujuan dalam group ini ringan sama dijinjing, berat sama dipikul..jangan takut memulai, jangan takut salah kita memang harus berani salah dulu, karena di antara kita nanti saling membantu menjadi benar.

Apa yang bisa kita tulis tulis saja. Demikian materi dari bu iyong.

Selanjutnya berharap sedikit yang beliau sampaikan dapat memberi manfaat untuk kita semua.

Kita pasti berharap smoga hasil goresan pena kita nanti mampu mengikatkan kita pada jalinan silaturahmi, menyatukan hati untuk tetap setia..tetap bersahabat sampai nanti..

terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan...

Terima kasih moderator yang telah berkenan menayangkan materi yg tentu masih jauh dari kekurangan.🙏🙏🙏❤

Kita bisa bekerja bersama-sama untuk mewujudkan tulisan kita menjadi sebuah karya yang bisa memberi manfaat dan 'tenger' atau tapak tilas kita pada usia saat ini kita menghasilkan sesuatu yang dapat menyumbang semangat literasi dan tentunya dapat menjadi kenang-kenangan bahwa kita pernah berbuat bersama.pada pandemi ini🙏

SALAM LITERASI

Sesi tanya jawab

Pertanyaan : Assalamualaikum wr wb. Bunda Atik yang tersayang dan teman2 semuanya.  Saya Nur Cholifah dari kab. Semarang.  Mohon ijin bertanya ya bunds.  Kalau membuat puisi, artikel pernah saya coba.  Tapi kalau yang imaginery itu blm pernah bund,  soalnya saya itu oragnya kurang "imaginatif". Istilahnya datar gitu bund. Bagaimana cara menumbuhkan daya imaginasi saya sehigga dari kisah sehari-hari bisa diubah menjadi cerpen. Kemudian,  saya itu tipenya orang yang kerja cepat. Untuk menulis puisi, artikel yang hanya 1 sd 4 lembar insyaallah suka.  Namun utk membuat buku,  hanya sampai bab 1 terus bund,  kecuali ada actionnya (babnya jelas seperti PTK).  Kalau bab 1 sd 10 tidak sanggup bund.  Mohon pencerahan dan bimbingan ya bund. Maaf terlalu panjang 🙏🙏🙏

 Jawab : 'Berani tanpa disertai kesabaran,akan merugikan kita. Optimis tanpa kesabaran,dapat memusnahkan karir Anda yang paling menjanjikan, berjuang meraih harta tanpa kesabaran, akan menghanguskan kepunyaan yang sudah ada. Demikian halnya dengan menulis..kita tidak harus selalu buru-buru..lanjutkan dengan niat ibadah dan untuk mengisi waktu serta dapat diambil manfaatnya...Anda pasti bisa menyelesaikan dengan sempurna.pasti bisa.

Pertanyaan : Assalamu'alaikum warahmatullah. Mohon izin bertanya. Sebelumnya terimakasih telah menerima keberadaan saya di group ini. Saya Asnawati, selama ini hanya bisa ikut menulis antologi puisi atau cerpen, dan merasa masih banyak yg kurang. Jauhhhh banget dibanding bapak/ibu di group ini. Bergabung di sini hanya dengan modal ingin menulis.

Tulisan saya sepertinya masih jauh dari memperhatikan unsur ekstrinsik, intrinsik. Pertanyaan saya, 1. Bagaimana cara memperbaiki kualitas tulisan??.

2.      Selama ikut menulis antologi saya menulis puisi, terkait pendidikan. Saya ingin menulis sesuai dg bidang saya (kimia), bagaimana cara memulainya??

 

Jawab : Wa'alaikumsalam wr.wb Bu Asnawati 'Sang Kimiawati hebat'

Group kita ini memang pesertanya gado-gado dari unsur Bahasa,TIK, MTK, Ekonomi, Pengawas, Blogger, ABRI, POLRI juga ada..maka rasanya pun 'Nano-Nano' semakin nikmat..

1.memperbaiki tulisan

 Itu(editing) kita lakukan pada bagian paling akhir dari kegiatan menulis..menulis saja dulu..sampai selesai...baru setelah sampai pada akhir tulisan ..tarik nafas..mulai deh.. kita membacanya dari awal..

Mana kata yang harus diganti, juga ejaannya. Perlukah kita menambah kata atau kalimat agar lebih baik dan menarik tulisan kita. Seperti cara memperbaikinya.

2. Saya pikir menulis bidang apapun hampir sama ya memulainya.Bu Asna ingin menulis apa dulu tentang kimia..Larutan? Tentu jika sebuah proses maka langkah-langkah dari tulisan itu harus prosedur atau berurutan. langkah demi langkah dan tahap demi tahap agar pembaca sekali membaca tulisan kita langsung memahaminya.

'Ilhami diri anda dengan keyakinan bahwa hidup adalah panggilan yang luar biasa dan mulia, bukan hal yang kejam dan selalu merendahkan diri, yang bisa kita lewati sebisa kita, tetapi sabagai suratan yang lebih baik serta terhormat.

Mari terus menulis dan berkarya🙏🙏🙏

Keyakinan itu lebih perkasa ketimbang bisikan kenyataan.

Apapun yang dapat kita lakukan atau impikan, mulailah. Dalam keberanian terdapat kejeniusan, kekuatan dan keajaiban.

Maka kita tidak usah ragu-ragu untuk menulis apapun..tulis saja.siapa bilang tulisan kita biasa..semua tulisan yang kita buat pasti luar biasa..kata ini yang harus terpatri saat kita menulis.

Alhamdulillahirobbil alamin. waktu telah menunjukkan pukul 20.30 WIB, maka untuk kesempatan malam hari ini materi dan sharing dari Ibu iyong sudah selesai ada beberapa pertanyaan yang sudah beliau jawab, semoga setelah pertemuan ini kita dapat mengambil manfaat dan segera untuk menulis. Mulai menulis dari apa yang kita sukai.  Niatkan menulis untuk berbagi. Semoga Allah memberikan petunjuk dan kemudahan untuk kita mewujudkan impian kita menulis dan menerbitkan buku. Sehingga kita bisa meninggalkan jejak bahwa kita pernah hidup.

Terimakasih ibu iyong... Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik lagi.

Harapan semoga nanti kan bertebaran inspirasi dan imajinasi di hati dan esok kita tuangkan menjadi sebuah tulisan hebat.

Tetap semangat untuk terus menulis dan berkarya.

Salam literasi, salam guru blogger Indonesia

Gunungkidul, 6 September 2020

7 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca