Cari Blog Ini

Minggu, 24 Mei 2020

Makna Idul Fitri di Masa Corona

Idul fitri tahun ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya.Namun tidak mengurangi rasa syukur atas segala karuniaNya.Bisa menjalankan ibadah puasa dari awal sampai akhir dengan lancar itu sudah luar biasa.Berharap segala amal ibadah di bulan Ramadhan bisa d terima oleh Allah Swt.
Anjuran pemerintah untuk untuk pencegahan penyebaran covid-19 (rajin cuci tangan,memakai masker,jaga jarak dan tidak berkerumun serta tetap tinggal di rumah) memaksa kami untuk melaksanakan sholat idul fitri di rumah.
Kami pada awalnya akan melaksanakan sholat ied 3 keluarga terdekat di sekitar rumah.Namun ada tambahan lagi 2 keluarga..jadi ada lima kepala keluarga yang melaksanakan sholat eid di halaman rumah.Tidak mengurangi khitmat sholat eid kali ini dengan kutbah tema " Syukur Tanda Ketaqwaan"
Khotib menyampaikan sedikit tentang rasa syukur tentang apa yang telah kita terima.seperti:
1.Allah telah memberi kenikmatan pada kita untuk bisa melaksanakan ibdah puasa di bulan ramadhan sampai genab 30 hari.Dalam keadaan wabah yang melanda saat ini ada sebagian sodara-sodara kita yang tidak bisa melaksanakan ibadah puasa.Namun Allah masih sayang oada kita sehingga memberi kita kekuatan untuk bisa melaksanakan ibadah puasa.Dalam hadist di sebutkan
"siapa yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap ridha Allah Swt,maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang lalu"( HR.Bukhori Muslim)
2.Allah juga telah memberikan kenikmatan berupa kekuatan untuk bisa melaksanakan sholat taraweh.
Dalam hadist di sebutkan "Dan siapa saja melaksanakan sholat malam di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap Ridha Allah,maja Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang lalu.( HR.Bukhori Muslim)
3.Allah  memberi kenikmatan bisa melaksanakan rukun iman yang ke 4 yaitu membayar zakat fitrah.
Dalam hadist di sebutkan yang artinya " Rasulullah SAW sudah mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan puasa dari perbuatan senda gurau dan keburukan".(HR.Abu Daud,no 1609,Ibnu Majah,no.1827.

Maka mari kita bersyukur dengan kenikmatan yang telah Allah berikan denga melaksanakan amalan- amalan sholih diantaranya:
1.Menjaga ketaatan kita pada Allah walaupun keafaan baru ada pandemi virus dengan tetap melaksanakan shooat wajib dan sholat sunah lainya.Karena Sholat tersebut merupakan sarana untuk mendapatkan pertolongan Allah.
2.Menjaga ibadah puasa seowrti puasa senin kamis dan sebagainya.
3.Menjaga hubungan antara sesama manusia dengan peduli dan meminta pertolongan dengan tetangga dengan kemampuan kita.
4.Menjaga kesehatan,kebersihan, dan ikuti himbauan dari pemerintah untuk mngatasi penukaran virus corona.
Terakhir mari kita berdoa keoada Allah semoga Allah menerima ibadah kita di bulan Ramadhan,kita di jadikan orang yang bertaqwa,dapat keberuntungan dunia dan akhirat.Serta mendapat pertolongan agar wabah virus corona segera meninggalkan bumi ini sehingga kaum muslim dapat memakmurkan masjid-masjid intuk ibadah sholat,majlis taklim dan kegiatan lainya.
Demikian kutbah singat sholat eid tahun ini.Dan d tutup dengan doa.

Alhamdulilah walaupun tidak sholat di tanah lapang kami bisa melaksanakan sholat eid berjamaah di rumah dengan beberapa tetangga.
Setelah selesai  Alhamdulilah kami masih bisa untuk sekedar minum teh bersama dengan makanan seadanya.Hal ini yang membuat kami berkesan dalam melaksanakan sholat eid di tengah- tengah wabah corona.
Dan nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan.Terimakasih ya rabb...
Dan setelah di rasa sudah cukup maka tetangga pun segera berpamitan untuk pulang.Tanpa bersalaman kami pun kembali ke rumah masing-masing.Dengan hati yang riang. 

Atas semua karuniaNyalah kita bisa melaksanakan sholat eid  di rumah dengan tetap berjamaah.
Untuk silaturahmi kami batasi hanya berkunjung pada satu dua rumah tempat orang tua dan saudara dekat,itu pun karena masih dalam satu kampung.


Tetap semngat stay at home..
Selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1441 H,Minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.
salam guru blogger indonesia.
Terimakasih..


10 komentar:

  1. alhamdulillah bulekk, masih bisa berkumpul dihari yg fitri, semoga sehat selalu, aku selalu rindu dijawa❣

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah mbk atik...tetap slalu bersyukur dan berdoa tanpa jeda di tengah pandemi korona

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu eny.. Smg hrpn n doa2 kita di ijabah olwh Allah..

      Hapus
  3. Alhamdulillah.. Mohon maaf lahir batin...

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah slmt idul Fitri mhn maaf lahir batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 pak.. Mohon maaf lgir dan batiin.. Ya

      Hapus
  5. Iya mbk nisa.. Aamiin..mb nisa dsana jg smg sll dlm naungan KasihNya ya..sehat sll..

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca