Cari Blog Ini

Senin, 11 Mei 2020

CISCO WEBEK


Pertemuan ke 30
Senin,11 Mei 2020


PELATIHAN CISCO WEBEX



Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru menulis gelombang 8

PEMBICARA :Eka Septian Singgih
Moderator : Kartika Paramita
Topik: Pelatihan Menggunakan Cisco Webex Untuk Pengajaran Jarak Jauh 
Nama perusahaan: PT. Shakta Vidia Solusi

Pertemuan kuliah online ke 30 ini dengan mengunakan webek dan jadwal  sudah di sampaikan om jay sejak pagi hari.Maka kamipun perlu mempersiapkannya dengan baik.Al-hamdulilah walau cuaca didaerah  GK tepatnya di Paliyan  sore ini kurang mendukung  karena hujan dan cuaca gelap.Tapi saya dapat menyimak dan mengikuti kuliah online dengan baik hanya sedikit kurang lancar di awal-awal pertemuan.
Cisco Webex adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengembangkan dan menjual aplikasi konferensi web dan konferensi video. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2007, setelah Cisco Systems mengakuisisi Webex. Kantor perusahaan ini berada di Milpitas, California.
Mbak kartika  sebagai moderator memjelaskan tentang cara mengunakan cisco webex secara garis besar nya saja.
Kemudian di lanjutkan oleh bapak  Eka Septian Singgih ini pembicara utamanya,pak eka mengupas cara mengunakan cisco webex secara rinci dan runtut cuma sayang karena posisi beliau masih dalam perjalanan dan menyetir mobil,pada awalnya suara beliau sangat jelas tetapi lama kelamaan suaranya tidakjelasterdengar, kami terpaksa  tanya jawab melalui chat saja.Beliaupun menjawab melalui tulisan juga, penjelasan beliau sungguh luar biasa,akhinya kami mendapatkan ilmu tambahan terimakasih bapak eka.


Kelebihan Cisco WebEx di antaranya:
  1. Jumlah meeting yang tidak terbatas
  2. Kapasitas 100 orang di setiap meeting
  3. Tidak ada limit durasi selama meeting
  4. Support Webex Teams
  5. Unlimited messages
  6. 1 GB cloud storage
Inilah kelebihannya, namun apapun aplikasinya kita harus pastikan bahwa sinyal internet kita stabil,artinya sinyal wifi kita kuat maka akan membuat meeting berjalan lancar



Hasil dari beberapa pertanyaan peserta,diantaranya bahwa Webek bisa di gunakan untuk peserta lebih dari 100 peserta.Jika jadi host kita lebih baik menggunakan laptop karena jika di hp jika  mau kirim atau share conten conten/ppt  tidak bisa.ada beberapa handphone video juga tidak bisa di muat.

Untuk meet number atau password di peroleh kita masuk ke webek.com terus sig in nanti di secedul meeting otomatis muncul .ada setting terus pilih mau durasi berapa jam di situ bisa di pilih.
Sebelum meeting pastikan  koneksi harus memadai.
Jika inggin langganan mb Kartika akan kasih link untuk isi google foam untuk di isi bagi yang berminat.
Nanti bisa kirim penawaran ke email.

 Menggunakan webek ini ada yang berbayar dan ada yang gratis.yang berbayar itu ada yang paket sebulan 40 Dolar,harga khusus jika untuk  institusi Pendidikan.  Sebenarnya aplikasi ini sangat bagus untuk pembelajaran daring namun karna hubunganganya degan jaringan maka aplikasi ini belum bisa digunakan ditempat kami bekerja karena berbagai hal kondisi  di daerah kami.Untuk menggunakan aplikasi ini kedepanya perlu ada training untuk beberapa guru  khususnya di sekolah kami.
Untuk pembelajarn di kelas dan menggunakan/menyalakan  video hanya bisa di batasi sekitar 10 anak saja. Nanti bisa brgantian untuk menyalakan vidionya.Sebelum di coba prlu adanya pelatihan terlebih dahulu.
Demikian pembelajaran webex yang dapat di sampikan.Semoga bermanfaat.

Salam guru blogger Indonesia






4 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca