Cari Blog Ini

Minggu, 03 Mei 2020

Menulis Buku Motivasi dan Kepemimpinan


Pertemuan ke 24
Kamis ,30 April 2020
Menulis Buku Motivasi  dan Kepemimpinan


Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8

Pertemuan hari ini kita akan mendapatkan  Ilmu dan pengalaman dengan narasumber hebat  yaitu Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.
Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.
Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dan lain-lain.
Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Kemudian pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007), Konsultan Marketing Media (2007).
Contact Person : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.

Sebelum memberikan materi narasumber menceritakan pengalaman beliau dalam menulis di gramedia juga menulis di change publiser,charisma dan penerbit lain. Agar mindsed para peserta terbuka.Beliau menyampaikan sebuah vidio youtube  https://youtu.be/-VRlz_04M.

Beliau banyak menulis buku,kita bisa baca di blognya.

Menembus penerbit nasioanal
Menjadi seorang penulis buku sekaligus bukunya di terbitkan  secara nasioanal adalah cita-cita penulis.Apabila buku diterbitkan secara nasional,maka kita bisa menjadi pembicara nasional.Seperti yang pernah dilakukan oleh Bapak Amir Faizal.Beliau menerbitkan buku yang pertama kali “menyiapkan anak jadi juara” di terbitkan oleh Gramedia.Padahal beliau bukan berlatar belakang dari dunia Pendidikan,saat itu beliau seorang mandor proyek.Untuk terkenal banyak orang tidak hanya seribu,dua ribu,lima ribu  bahkan  jutaan orang maka kuncinya adalah  menulislah buku yang diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Gramedia. Bagaimana supaya sukses menerbitkan buku
Pertama kita harus temukan Genre kita ada dimana.Yang di maksud genre adalah sifat genetik karya kita.Bukan bidang atau tema bukunya.Setiap penulis  mempunyai genre masing-masing.Maka dari itu temukan genre kita ada dimana.apakah di buku cerita anak,novel atau marketing.Lalu cari buku yang laku di pasaran kemudian di pelajari.Intinya  tentukan dulu visi/dream kita,kenapa ingin jadi penulis.Setelah itu hadapi semua tantangan-tantangan.kita harus berani dan ingat bahwa Gramedia atau penerbit manapun adalah korporasi bisnis yang orientasi mereka adalah menjual( mencari untung ) orientasi mereka adalah pasar.karena itu cari yang di sukai pasar dan disesuaikan dengan genre kita.
Kedua,cari informasi buku apa yang di sukai.Di Gramedia biasanya melakukan riset dan riset mereka dengan menyebarkan angket atau membagi kuisener untuk para pelanggan ,lihat hasil penjualan dari itu mereka bisa menentukan buku yang laris maka mereka minta pengarang untuk bisa mampu membuat buku yang di sukai pelanggan.Di Gramedia buku yang paling di sukai dan laris terjual adalah:
1.      Novel
2.      Traveling
3.      Komix
4.      Motivasi
5.      Marketing

Apabila kita  ingin menjadi penulis yang disukai pelanggan. paling tidak  kita bisa menulis dengan menggabungkan antara novel dan traveling atau novel dengan komix karena buku-buku seperti itu yang sangat di sukai pelanggan.
Selanjutnya  dapat di simpulkan hal-hal apa saja yang harus di perhatikan penulis diantaranya adalah :
1.      tentukan visi kita kenapa ingin jadi penulis lalu hadapi tantangan-tantangan.
2.      kualitas tulisan kita genre kita di sukai pasar atau tidak.
3.      ingat penulis itu hanya  memenuhi kriteria pasar.
4.      kita perlu belajar Hypnowriting.
Lalu bagaimana agar buku yang kita tulis bisa terjual laris usahakan temanya ilpop,tidak banyak teori.semakin banyak hal-hal praktis semakin baik serta mampu menarik perhatian  banyak orang.
Selanjutnya kita  harus tau buku yang di sukai penerbit biasanya penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran,perasaan,dan gagasan kita sendiri.Satu hal penting lagi yang perlu di perhatikan penulis adalah,penerbit Gramedia tidak menerbitkan buku pelajaran.Semua penerbit punya krieria masing-masing.

Buku yang bisa diterbitkan  missal  true story  itu bisa juga diterbitkan asal fenomenal.Misalnya pengalaman memberikan tutorial pada anak berkebtuhan khusus,pada anak-anak miskin,anak-anak di rumah singgah dan lain-lain.

Pak Amir  menyampaikan  pengalaman seorang pengusaha menjadi penulis. Luar biasa ..maka beliau pun membuat tantangan  untuk  memberi training guru.waah gila ..,tidak tahu ilmu pedidikan namun berani mentraining guru. Beliaupun belajar dan mampu mengubah mindsetnya.inilah rahasianya Beliau belajar dari buku-buku Pendidikan mutakhir karya Bobbi De Porter Barbara  Prahnig,buku-buku psikologi karya Dr.Daniel Goleman,Howard Gardner,Thomas amstrong serta ikut Training binaan pak Munif Chotib,Sekolahnya manusia.Lanjutnya,untuk sukses menjadi penulis.

Di balik kesuksesan beliau  ternyata dulu beliau juga pernah mengalami kegagalan  yaitu terdapat dua bukunya yang hingga kini tidak di terbitkan.tetapi beliau tidak patah semangat buku-buku tersebut  di jadikan  sebagai identifikasi masalah.Untuk menjadi sukses,perlu pengorbanan,perjuangan dan kesabaran.Sukses itu tidak ditunggu tapi diraih dan diperjuangkan.Jangan menyerah karena  tidak bisa .Banyak tokoh yang sukses diluar latar belakang Pendidikan.Tetapi karena kemauan di situ ada jalan dan kesuksesan dapat di raih.berlatih dan terus berlatih tidak ada kata terlambat tidak ada kata menyerah.

Salam guru blogger…

4 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca