Cari Blog Ini

Sabtu, 16 Mei 2020

Pengalaman Menulis Opini dan Hikmah Republika

Pertemuan ke 34
Kamis,14 Mei 2020
  Pengalaman Menulis Opini dan Hikmah Republika
Oleh : Sumarjuyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis gelombang 8


Nara sumber hari ini akan berbagi pengalaman  tentang menulis opini dan hikmah Republika.Di awal beliau memperkenalkan diri dengan sangat bahagia terlihat dari senyum dan nada bicara beliau.Nama saya Asep Sapa'at, tubuh sehat, jiwa kuat, cita-cita ingin jadi orang bermanfaat. Dengan semangat untuk saling belajar, saya ingin sharing tentang pengalaman menulis di rubrik opini dan hikmah Republika.
Pertama, saya awali dengan penjelasan tentang mengikat makna. Istilah mengikat makna dipopulerkan oleh almarhum Hernowo. Segala hal yang berkaitan dengan aktivitas menulis sebagai cara untuk memaknai hal-hal yang bisa kita lihat, dengar, rasakan, renungi.
Setiap orang memiliki hambatan menulis yang berbeda-beda. Ada hambatan yang disebabkan kesulitan mengalirkan gagasan, ada karena faktor mood, ada pula yang disebabkan karena faktor penguasaan bahasa serta keterampilan menulis. Namun hakikatnya, setiap diri kita bisa menulis jika konsisten mau belajar. Hal yang paling mudah ditulis adalah sesuatu yang dekat dengan diri kita.


Sebelum saya dapat mempublikasikan tulisan di media masa, saya belajar menulis di buku harian. Menulis di buku harian adalah cara ampuh untuk membangun kepercayaan diri untuk menuangkan gagasan.
Berdasarkan kajian salah satu guru menulis saya, Mas Bambang Trimansyah, sifat tulisan terbagi ke dalam 4 sifat, yaitu:
1.       Pribadi tertutup, yakni tulisan bersifat sangat pribadi dan cenderung dirahasiakan agar tidak dibaca atau terbaca oleh orang lain. Tulisan ini biasanya berupa diari, surat-surat pribadi, ataupun catatan-catatan rahasia.
2.       Pribadi terbuka, yakni tulisan bersifat pribadi ataupun sangat pribadi, tetapi dibiarkan ataupun disengaja untuk dibaca orang lain. Tulisan semacam ini muncul akibat perkembangan teknologi informasi, terutama di dunia internet. Tulisan-tulisan di blog, situs, ataupun media sosial cenderung banyak yang bersifat pribadi, subjektif, dan kadang malah dibuat sesuka hati.
3.       Publik terbatas, yakni tulisan yang ditujukan untuk konsumsi orang banyak, tetapi dalam lingkup terbatas, misalnya lingkup komunitas, lingkup keagamaan, ataupun lingkup sesama teman yang saling kenal.
4.       Publik terbuka, yakni tulisan yang ditujukan untuk konsumsi orang banyak secara terbuka dan luas meskipun menyasar pada segmen pembaca tertentu. Tulisan ini bebas dibaca siapa pun yang berminat.


Sifat menentukan untuk siapa tulisan anda tujukan. Pada sifat pertama Bapak Ibu menulis, tetapi hanya Bapak Ibu sendiri yang membacanya. Sifat 2, 3, dan 4 adalah tulisan yang ditujukan untuk publik sehingga Anda perlu menimbang tujuan penulisan dan pembaca sasaran. Nah menurut Bapak Ibu, menulis di media masa termasuk sifat tulisan yang mana?

Opini merupakan jenis tulisan nonfiksi, ranah jurnalistik, dan sifat tulisannya publik terbuka.



Sebelum bicara lebih teknis untuk membuat tulisan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tulisan kita memiliki ruh atau jiwanya. Menurut Mas Fauzil Adhim, ada 6 aspek yang harus dikembangkan agar tulisan kita memiliki jiwa.
1.    Tulisan akan memiliki jiwa saat penulis memiliki visi hidup (cita-cita dan harapan)
2.    Melibatkan emosi saat menulis
3.    Luas wawasannya (banyak membaca, berdiskusi, jalan-jalan)
4.    Berbagi pengalaman hidup nyata yang pernah dialami
5.    Menggunakan nalar atau logika yang tepat
6.    Tulisan sebagai hasil perenungan yang mendalam tentang apapun yang akan ditulis

Berikutnya narasumber menjelaskan 5 proses menulis, seperti dapat dilihat dari gambar berikut: 



1.      Menggagas. (Berfikir dan merencanakan) : 
Mengumpulkan bahan referensi, Menentukan pembaca yang dituju, Mengembangkan ide menjadi kerangka.    

2.      Menyusun draf : 
Menulis bebas, Memasukkan bahan yang relevan dengan pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, latar belakang ilmu dan pengetahuan yang dimiliki Memasukkan data dan fakta. Mengembangkan gaya penulisan yang tepat sesuai pembaca yang dituju (sasaran).
3.      Merevisi
Sudah berapa kali anda membaca tulisan anda setelah selesai menulisnya ?Pertanyaan ini terkadang dianggap menyebalkan.Namun sering terdengar dan kita ketahui pertama kali saat menyerahkan karya tulis kita ke orang lain lagi untuk dibaca maupun di komentari.Sebagai pemula,sebaiknya mencari orang yang lebih paham tentang penulisan dan kemudian disodori karya untuk dikomentari atau di beri kritik dan saran.
4.      Menyunting (Memastikan tidak ada kesalahan) : 
Memperbaiki tulisan dari aspek tata bahasa, ketelitian data, dan fakta serta kesantunan.
Tidak boleh ada kesalahan elementer.
5.      Menerbitkan: 
Menentukan publikasi tulisan pada media yang tepat serta pembaca yang tepat.
Kita dapat memilih media daring atau media cetak.

Di luar teknis menulis yang disampaikan di atas, faktor nonteknis seperti disiplin menulis, tak pantang menyerah mengirimkan tulisan ke media meski sering ditolak dan tak dimuat, juga tak berhenti belajar meningkatkan keterampilan menulis. Jauh sebelum tulisan saya dimuat di rubrik opini dan Hikmah Republika, sejak tahun 2007 saya konsisten menulis di Republika Online.
Nah ini jadi faktor nonteknis, punya jalinan silaturahim dengan para redaktur di media masa. Kita mendapatkan informasi dan masukan dari para redaktur agar kualitas tulisan lebih baik dan potensial dimuat di media cetak.
Selanjutnya sesi tanya jawab peserta.

**Bagaimana menyiasati agar waktu menulis dan tema kita sesuai dengan waktu kirim/moment yang tepat?
Kita harus sensitif dengan momentum yang akan terjadi, misal, 6 hari lagi merupakan momen Hari Kebangkitan Nasional. Nah, dari sekarang kita sudah mulai menyiapkan bahan belanja gagasan, tentukan ide yang akan ditulis, dan tuliskan dan kirimkan tulisannya paling lambat sehari sebelum tanggal 20 Mei. Prinsip umum demikian.

**Kendala apa yang terbesar yang sering ditemui sampai tulisan selesai?
Hambatan paling mendasar kita sulit mengalirkan gagasan karena gagasan yang mau diungkapkan belum jelas. Persoalan lainnya, kita kekurangan bahan untuk menunjang penyelesaian tulisan kita. Hal lain yang juga kerap terjadi, saat menulis, kita menempatkan diri dalam 2 peran sekaligus sebagai penulis juga editor. Saat menulis, lalu diedit, kita berhenti. Balik lagi ke awal. Terus terjadi seperti itu. Alhasil gagasan kita lewat tulisan tak selesai-selesai.

**Apa syarat tulisan opini atau artikel bisa layak cetak di media?
Syarat paling utama adalah ide orisinal dan menarik, data dan fakta yang disajikan sahih, tata bahasa baik, dan sesuai dengan kriteria dari redaktur media cetak.

**Bagaimana menyiasati ketidakpercayaan diri atas tulisan yang sudah kita tulis?
Kita coba konsisten menulis dulu di buku harian atau personal blog yang bersifat pribadi. Nanti jika sudah mulai percaya diri, publikasikan tulisan kita. Jangan takut mendapat kritikan dan masukan dari pembaca terhadap tulisan kita. Karena justru hal tersebut bisa menjadi cermin untuk kita terus meningkatkan kualitas tulisan.

**Bagaimana mengasah emosi dalam kepenulisan sehingga tulisan kita bisa berkualitas?
Tuliskan sesuatu yang benar-benar pernah dialami oleh diri sendiri. Saya pernah membuat tulisan di rubrik Hikmah Republika saat istri saya wafat. Wah susah memulai kata pertama dan menutup kata terakhir karena saya ada rasa yang hadir menemani saat membuat tulisan.

**Apa saja yang menyebabkan tulisan sering ditolak media masa dan bagaimana cara menulis yang bisa diterima media massa?
Tulisan yang pasti ditolak media adalah yang tidak mengikuti kaidah yang sudah ditetapkan media. Misal, kita menulis sesuatu yang bersifat SARA, gagasan terlalu umum, batas maksimal karakter tak diindahkan oleh kita.

**Bagaimana ciri artikel yang menarik untuk diterbitkan?
Ide tulisan orisinal, aktual dengan situasi kekinian di masyarakat, tata bahasa baik, data dan fakta penunjang gagasan Bu Sri Budi lengkap dan sahih.

**Adakah kriteria pembeda antar media cetak untuk bisa menerbitkan suatu tulisan?
Setiap media cetak punya kebijakan sendiri terkait standar tulisan yang akan mereka terima. Misal, tulisan Hikmah Republika tak ada di media cetak lain. Rubrik Hikmah khas punya Republika. Jadi, kita harus pelajari secara cermat rubrik-rubrik yang ada di setiap media cetak agar kita bisa tepat memilih media mana untuk menerbitkam tulisan kita.

**Saya mulai menulis dari bentuk fiksi yang diksinya penuh majas dan ketika saya mencoba ke nonfiksi yang ilmiah saya kesulitan. Apa solusinya?
Saran saya, Bapak mulai pelajari tulisan-tulisan opini yang dimuat di media, lalu coba buat tulisan bergenre nonfiksi. Ala bisa karena biasa. Hal paling penting dalam tulisan opini (nonfiksi) adalah tata bahasa baku dan pemilihan diksi yang bermakna lugas.

**Bagaimana caranya supaya ide yang sudah kita miliki menjadi sebuah judul yang menarik untuk dibuat suatu tulisan, karena kadang terlintas ide tetapi susah sekali mencarikan judul yang tepatnya untuk ide tersebut.   
Ada beberapa pendekatan saat menulis. Ada yang langsung menetapkan judul, lalu membuat tulisan. Tetapi ada juga yang sebaliknya, buat tulisan dulu untuk menguraikan idenya, judul bagian terakhir. Saran saya, menulis dulu, nanti judul diputuskan terakhir. Boleh minta pendapat ke guru menulis Ibu atau rekan sejawat terkait pilihan judul dari tulisan yang sudah dibuat Ibu.

**Apakah artikel dapat diberikan angka kredit dalam penyusunan DUPAK ke IVb?
Saya kurang paham terkait hal ini. Sejauh pemahaman awam saya, tulisan yang dimuat di media masa, makalah yang dimuat dan dipresentasikan di seminar nasional atau internasional, dan makalah yang dimuat di jurnal terakreditasi nasional bisa menyumbangkan angka kredit yang bermanfaat untuk kenaikan pangkat. Saya punya dosen pembimbing yang sangat produktif berkarya tulis, sekali menulis 2 judul makalah untuk satu event seminar nasional. Kalau semua karya tulis didokumentasikan dengan baik, belajar dari kiprah dosen pembimbing saya, beliau naik pangkatnya cepat sekali. Kata kuncinya: konsisten berkarya tulis. Naik pangkat itu bonusnya.


Menulislah setiap hari, menulis dari apa yang di rasakan dalam hati tuangkan dalam jiwa dengan niat yang baik untuk manfaat orang lain serta berguna untuk anak didik kita.



Demikian resume yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat
Selamat berkarya
Salam guru blogger indonesia 








4 komentar:

  1. blognya bagus, ulasannya lengkap, kasih saran dong di blog saya
    https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2218605635203927585#allposts/postNum=23

    BalasHapus

Hidup Barokah Jaminannya Bahagia

Hidup  Barokah Jaminanya Bahagia Pengajian  antar instasi putaran ke-86 di kapanewon paliyan dilaksanakan di hari Rabu, 20 Novem...