Resume 32
Selasa,12 Mei 2020
INOVASI PEMBELAJARAN
Oleh Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8
Inovasi
pendidikan sangat diperlukan dalam menyambut era global seperti saat ini. inovasi
pendidikan adalah suatu ide atau metode yang dirasakan sebagai hal yang baru
dan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah
pendidikan. Inovasi pendidikan perlu dikembangkan dari segala aspek baik dari
sistem pendidikan, sarana prasarana dan metode pembelajaran.
Salah satu
komponen yang paling sangat berperan dalam memberikan inovasi pendidikan adalah
pemerintah. Pemerintah harus mengetahui segala permasalahan yang ada di dunia
pendidikan dengan menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan.
Karena pemerintah punya wewenang penuh dalam memberikan keputusan hingga
pembuatan sistem pendidikan. Hal ini akan lebih mudah dalam penerapan inovasi
pendidikan, karena setiap instansi sekolah akan mengikuti setiap arahan dan
keputusan dari pemerintah pusat. Cara ini bisa juga kita sebut dengan top
down inovation, dimana keputusan pemerintah adalah hal yang mutlak dan
harus di ikuti semua instansi.
Selain itu,
dalam inovasi pendidikan terkadang tidak harus menunggu adanya keputusan dari
pemerintah. Pihak sekolah bisa memulai dengan hal kecil agar inovasi pendidikan
dapat terwujud. Demi memcahkan masalah pendidikan yang ada di lingkungannya,
jajaran petinggi sekolah terkadang mencari cara agar permasalahan sekolah mereka
bisa terselesaikan, tanpa harus menunggu keputusan dari pemerintah. Seperti
dalam hal memberikan materi pelajaran, tak sedikit instansi sekolah mengubah
metode mereka dalam mengajar tentunya tetap dengan tujuan yang sama dan tidak
menyalahi aturan pemerintah. Cara seperti ini bisa juga di sebut bottom
up inovation, karena terlalu lama menunggu keputusan dari pemerintah
pusat, pihak sekolah mengembil keputusan untuk merubah metode pembelajaaran
tentunya dengan kesepakatan semua elemen yang ada di sekolah.
Pada intinya,
inovasi pendidikan diperlukan untuk mengurangi masalah yang ada di sekolah.
Melibatkan peran teknologi adalah salah satu cara untuk mewujudkan inovasi
pendidikan. Salah satu peran teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini adalah
untuk menangani permasalahan manajemen yang ada di sekolah.
Kaitanya dengan
inovasi kuliah online hari ini akan
membahas materi tentang inovasi pembelajaran di ajang Nasional untuk meraih
juara inobel.Mr Bams sebagai moderator kali ini membuka salam dan memberikan
waktu sepenuhnya pada Narsumber yaitu Bapak Arif Darmansyah yaitu seorang guru biologi yang
asli orang solo namun mengabdi di Alor NTT.Terlebih dahulu beliau membagikan
link youtube untuk di lihat oleh para peserta.
Bapak Arif
mengajar di daerah yang terpencil daerah pegunungan. Jarak tempuh siswa dan
guru 5 km dengan jalan kaki. Siswanya dan guru pakai motor jalan
tanah liat, naik turun bukit ke sekolah sangat sederhana dan tiada sarana dan
prasarana yang memadai sehingga kualitas pembelajaran kurang
optimal.
Narasumber
menyampaikan pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau
gagasan sederhana. Berkeinginan untuk membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan,
selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada
sarana prasarana yang mencukupi.
ide inovasi
bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi. Beliau mengungkapkan jelas banyak
masalah yang di hadapi. dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa
tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah beliau yang tidak ada
listrik dan sinyal telp apalagi internet.
Kemudian
mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Bisa media, bahan ajar, atau
lainnya. Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti
kompetisi.
Bagaimana
alurnya?
Karya ilmiah
yang disusun dapat berupa penelitian tindakan kelas, penelitian eksperimen atau
penelitian pengembangan (R&D). Selanjutnya lakukan pendaftaran di
portal
Udikmen bisa di
akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas
kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
Kompetisi
ini terbuka untuk semua guru. Ada beberapa syarat administrasi yang
diminta pada saat pendaftaran misalnya surat pernyataan aktif mengajar, surat
bukan kepala sekolah, dan lainnya. Tahap pertama adalah seleksi administrasi.
Peserta yang lolos akan dilakukan penilaian proposal yang diajukan. Apabila
lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari Kemendikbud. Selanjutnya
melakukan penelitian Pelaksanaan di sekolah masing-masing. Selama pelaksanaan
penelitian, akan dilakukan tahap seleksi dan evaluasi. Peserta yang lolos
seleksi pada tahap ini, akan ditetapkan sebagai finalis yang akan kembali di
undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya.
Ada
beberapa syarat administrasi :
1. surat
peryataan aktif mengajar,
2. surat bukan
kepala sekolah, dan lainnya.
3. apabila
lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud.
Tahapan lomba
Inobel :
1. Tahap
pertama seleksi administrasi
2.
Penilaian proposal penelitian.
3. Melakukan
penelitian pelaksanaan disekolah.
4. Seleksi
finalis
5. Diundang
mempresentasikan hasil karya ilmiahnya
6. Mengirim
hasil laporan penelitiannya.
Untuk jenjang
sma ada 3 bidang SMA DAN SMK dan SEKOLAH
INKLUSI. untuk jenjang dikdas kalau tidak salah langsung mengirim laporan
hasil penelitiannya. bidangnya ada ipa, soshum dan lainnya. mohon koreksinya
bila salah. Waktu tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis.
SMA 50 dan SMK 50. waktu itu belum ada inklusi. Tahun 2018 format dibedakan
kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah juara, madya yang pernah
masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang pertama kali mengikuti.Tes
yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan
laporan hasil penelitian.Tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100
soal.Tahapan lomba inovasi paling tidak seperti itu bapak ibu, nanti bisa
ditambahkan apabila ada yang terlupa. Sekarang mengenai inovasi yang saya
lakukan di sekolah.
Berada di
daerah 3 T yaitu Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya.Namun tidak
mengurangi semangat Beliau,minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan
tantangan untuk berbuat lebih baik lagi.Semangat beliau sungguh luar biasa.
Berawal tahun
2016 itu terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d.Saya ingin menjelaskan
invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali. biar menarik saya
coba membuatnya.Pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk
seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan hp android sebagai penayang video
atau gambarnya. Mika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut
limbah. Namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di
toko harganya 30rbu seukuran kertas A4.Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga
detail tidak kusam.
Nara sumber
menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya ,setelah produk
jadi di nilaikan ke pengawas sekolah
hasilnya valid. Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran
hasil yang didapat minat dan
hasil belajar anak meningkat.Kemudian Bp Arif membagikan chanel youtube nya https://youtu.be/1tFF7rYt8Z4 (hologram mika CD)
Kemudian Tahun
2018, sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan
apa yang harus dilakukan.Beliau membuat media : Mikroskop lensa laser tenaga
surya
ide ini beliau dapatkan Ketika ingin melakukan
pengamatan pada materi pembelajaran struktur tumbuhan. Namun tidak ada mikroskop
untuk melakukan pengamatan.Padahal biologi
40 persen praktek di lab yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop.
Media ini juga
sederhana. Hanya hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang
biasa dipakai untuk sorot-sorot itu sehingga perbesarannya bertambah. Sudah
cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan.
https://youtu.be/-31FLFPoYpY (inovasi Milea)
Dengan
menggunakan kedua ide inovasi tersebut, pak Arif dapat meningkatkan minat siswa
dalam pembelajaran secara signifikan. Prestasi siswa juga ada peningkatan,
namun tidak terlalu signifikan seperti pada minat siswa. Selain itu, dari 2 ide
itulah banyak bonus yang didapatkan oleh pak Arif. Dari yang niat awalnya hanya
untuk membuat suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, beliau berhasil
meraih juara pada sebuah kompetisi guru bergengsi tingkat nasional yaitu
INOBEL.
Menurut Nara
sumber bahwa bidang inovasi
itu banyak sekali . Tergantung tujuannya. Dan strategi pembelajaran
dapat dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan mencapai tujuan
tersebut. Ide-ide dalam mendapatkan penghargaan inobel beliau didorong oleh
pengalaman dan kenyataan yang dihadapi. Ide-ide itu muncul ketika melihat
anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Dimana siswa-siswa
yang di hadapi setiap harinya, di daerah 3T tersebut
sebenarnya mempunyai hape android, padahal tidak bisa
dipakainamun tidak dapat digunakan karena terkendala jaringan. Dan hape android
adalah sebuah media digital bagi mereka.
Sebenarnya
dalam kondisi apapun, guru memang harus dituntut untuk kreatif dan inovatif
menciptakan suatu pembelajaran yang menarik minat siswa dan dapat meningkatkan
prestasi siswa. Inovasi tersebut tidak melulu dalam bidang IT atau harus berupa
produk yang mahal dan susah dibuat. Banyak barang di sekitar kita yang apabila
kita kreatif, bisa dijadikan suatu media pendukung proses pembelajaran.
Apalagi di
daerah 3T yang segalanya serba minim dan terbatas, tantangan tersendiri bagi
guru yang mengajar di daerah tersebut untuk terus menciptakan inovasi dalam
pembelajaran yang dilakukan. Di tengah segala keterbatasan yang ada, kekreatifan
seorang guru sangatlah diperlukan agar transfer pendidikan tetap
berjalan. Inovasi harus terus-menerus dilakukan. Dan yang penting dari suatu
inovasi adalah mudah dibuat, mudah ditiru, mudah digunakan, dan pastinya
bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
Kemudian
sekarang di saat sedang musim pandemi corona, maka yang dapat diterapkan dalam
pembelajaran di rumah ,yaitu kegiatan belajar menggunakan sms lewat
hape. Siswanya dibagi perwilayah atau perdaerah. Di mana setiap jam pelajaran
di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai hape mencari tempat sinyal
kemudian materi maupun tugas-tugas disampaikan kepada merka. Selanjutnya
pengumpulan tugas-tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika
nanti sudah aktif KBM maka siswa sudah siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu
juga membuat media android yang dapat diakses secara offline.
Langkah membuat
inovasi pembelajaran
Menurut BP Arif
, dalam membuat inovasi pembelajaran atau untuk menghasilkan produk baru
berbeda-beda tergantung rujukannya siapa yang mau memnafaatkan produk baru
tersebut. Namun secara garis besar ada beberapa langkah yang harus dilewati dan
dijalani yaitu :
1. Ide
- pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. Aspek
penilaiannya mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru,
3. dan
seberapa manfaat produk tersebut dalam pembelajaran akan mendapatkan nilai
tinggi.
Menurut Om Arif
lagi bahwa inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah atau format yang
lain. Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian
R&d. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian
PTK atau eksperimen. Bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian
ditulis secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice. Sebenarnya
dalam kehidupan sehari-hari kita sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak
terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.
Langkah membuat
karya ilmiah atau penulisan karya ilmiah diantaranya ada latar
belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan.
Dari inovasi
pembelajaran yang dihasilkan dari kedua idenya tersebut Om
Arif sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan
teknologi. Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara , Sistematika
laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya.
Dan dalam
memanfaatkan inovasi media yang diciptakan Om Arif menggunakan metode diskusi
yang paling dominan, kemudian pengamatan dan penyampaian hasil.
Biasanya dengan model Projek Based Learning atau Problem Based
Learning. Alasannya karena kedua model tersebut dapat menggali kemampuan
siswa secara sebenarnya. Tidak hanya secara kognitif namun menyeluruh meliputi
aspek afektif dan psikomotornya juga.
Dalam memotivasi
siswa beliau melakukan visit home ,
bertemu keluarga dan anaknya , kemudian menjelaskan pentingnya sekolah. Mereka
diberi pengertian akan kesadaran untuk belajar . Sedangkan untuk
siswa yang berkebutuhan khusus harus mendapatkan perhatian lebih dibanding
dengan siswa lainnya. Pesan terakhir dari nara sumber agar kita semua sebagai
seorang guru, seorang pengajar sekaligus pendidik harus selalu bersemangat ,
dan semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak-anak
bangsa.
Demikian resume
pertemuan hari ini semoga dapat memberi inspirasi bagi kita semua,semangat
untuk melakukan inovasi-inovasi pembelajaran.Tidak ada alasan untuk kita berinovasi
bahkan di daerah 3 T pun mampu meraih inobel.
Semangat untuk
terus berkarya
Salam guru
blogger Indonesia
Mantap sekali bu... pertemuan ke 32? Benar2 luar biasa
BalasHapusiya ibuk..terimaksih..tetap semangat..
BalasHapusWah baru baca, Bagus banget sister
BalasHapus