Cari Blog Ini

Minggu, 17 Mei 2020

Inovasi Pembelajaran


Resume 32
Selasa,12 Mei 2020
 INOVASI PEMBELAJARAN



Oleh Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8

Inovasi pendidikan sangat diperlukan dalam menyambut era global seperti saat ini. inovasi pendidikan adalah suatu ide atau metode yang dirasakan sebagai hal yang baru dan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan. Inovasi pendidikan perlu dikembangkan dari segala aspek baik dari sistem pendidikan, sarana prasarana dan metode pembelajaran.
Salah satu komponen yang paling sangat berperan dalam memberikan inovasi pendidikan adalah pemerintah. Pemerintah harus mengetahui segala permasalahan yang ada di dunia pendidikan dengan menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan. Karena pemerintah punya wewenang penuh dalam memberikan keputusan hingga pembuatan sistem pendidikan. Hal ini akan lebih mudah dalam penerapan inovasi pendidikan, karena setiap instansi sekolah akan mengikuti setiap arahan dan keputusan dari pemerintah pusat. Cara ini bisa juga kita sebut dengan top down inovation, dimana keputusan pemerintah adalah hal yang mutlak dan harus di ikuti semua instansi.
Selain itu, dalam inovasi pendidikan terkadang tidak harus menunggu adanya keputusan dari pemerintah. Pihak sekolah bisa memulai dengan hal kecil agar inovasi pendidikan dapat terwujud. Demi memcahkan masalah pendidikan yang ada di lingkungannya, jajaran petinggi sekolah terkadang mencari cara agar permasalahan sekolah mereka bisa terselesaikan, tanpa harus menunggu keputusan dari pemerintah. Seperti dalam hal memberikan materi pelajaran, tak sedikit instansi sekolah mengubah metode mereka dalam mengajar tentunya tetap dengan tujuan yang sama dan tidak menyalahi aturan pemerintah. Cara seperti ini bisa juga di sebut bottom up inovation, karena terlalu lama menunggu keputusan dari pemerintah pusat, pihak sekolah mengembil keputusan untuk merubah metode pembelajaaran tentunya dengan kesepakatan semua elemen yang ada di sekolah.
Pada intinya, inovasi pendidikan diperlukan untuk mengurangi masalah yang ada di sekolah. Melibatkan peran teknologi adalah salah satu cara untuk mewujudkan inovasi pendidikan. Salah satu peran teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini adalah untuk menangani permasalahan manajemen yang ada di sekolah.
Kaitanya dengan inovasi  kuliah online hari ini akan membahas materi tentang inovasi pembelajaran di ajang Nasional untuk meraih juara inobel.Mr Bams sebagai moderator kali ini membuka salam dan memberikan waktu sepenuhnya pada Narsumber yaitu Bapak Arif  Darmansyah yaitu seorang guru biologi yang asli orang solo namun mengabdi di Alor NTT.Terlebih dahulu beliau membagikan link youtube untuk di lihat oleh para peserta.
Bapak Arif mengajar di daerah yang terpencil daerah pegunungan. Jarak tempuh siswa dan guru 5 km dengan  jalan kaki. Siswanya dan guru pakai motor jalan  tanah liat, naik turun bukit ke sekolah sangat sederhana dan tiada sarana dan prasarana yang memadai   sehingga kualitas pembelajaran kurang optimal.
Narasumber menyampaikan pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. Berkeinginan untuk  membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan, selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi.
ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi. Beliau mengungkapkan jelas banyak masalah yang di hadapi. dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah beliau yang tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet.
Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. Bisa media, bahan ajar, atau lainnya. Menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi.

Bagaimana alurnya?
Karya ilmiah yang disusun dapat berupa penelitian tindakan kelas, penelitian eksperimen atau penelitian pengembangan (R&D). Selanjutnya lakukan pendaftaran di portal 
Udikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
Kompetisi ini  terbuka untuk semua guru. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta pada saat pendaftaran misalnya surat pernyataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya. Tahap pertama adalah seleksi administrasi. Peserta yang lolos akan dilakukan penilaian proposal yang diajukan. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari Kemendikbud. Selanjutnya melakukan penelitian Pelaksanaan di sekolah masing-masing. Selama pelaksanaan penelitian, akan dilakukan tahap seleksi dan evaluasi. Peserta yang lolos seleksi pada tahap ini, akan ditetapkan sebagai finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya.
 Ada beberapa syarat administrasi :
1. surat peryataan aktif mengajar,
2. surat bukan kepala sekolah, dan lainnya.
3. apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud.

Tahapan lomba Inobel :
1. Tahap pertama seleksi administrasi
 2.  Penilaian proposal penelitian.
3. Melakukan penelitian pelaksanaan disekolah.
4. Seleksi finalis
5. Diundang mempresentasikan hasil karya ilmiahnya
6. Mengirim hasil laporan penelitiannya.
Untuk jenjang sma ada 3 bidang  SMA DAN SMK dan SEKOLAH INKLUSI. untuk jenjang dikdas kalau tidak salah langsung mengirim laporan hasil penelitiannya. bidangnya ada ipa, soshum dan lainnya. mohon koreksinya bila salah. Waktu tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis. SMA 50 dan SMK 50. waktu itu belum ada inklusi. Tahun 2018 format dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah juara, madya yang pernah masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang pertama kali mengikuti.Tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian.Tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal.Tahapan lomba inovasi paling tidak seperti itu bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang terlupa. Sekarang mengenai inovasi yang saya lakukan di sekolah.
Berada di daerah 3 T yaitu Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya.Namun tidak mengurangi semangat Beliau,minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik lagi.Semangat beliau sungguh luar biasa.

Berawal tahun 2016 itu terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d.Saya ingin menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali. biar menarik saya coba membuatnya.Pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan hp android sebagai penayang video atau gambarnya. Mika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah. Namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30rbu seukuran kertas A4.Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam.
Nara sumber menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya ,setelah produk jadi di  nilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran
hasil yang didapat  minat dan hasil belajar anak meningkat.Kemudian Bp Arif membagikan  chanel youtube nya  https://youtu.be/1tFF7rYt8Z4 (hologram mika CD)

Kemudian Tahun 2018, sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan apa yang harus dilakukan.Beliau membuat media : Mikroskop lensa laser tenaga surya
ide  ini beliau dapatkan Ketika ingin melakukan pengamatan pada materi pembelajaran struktur tumbuhan. Namun tidak ada mikroskop untuk melakukan  pengamatan.Padahal biologi 40 persen praktek di lab yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop.
Media ini juga sederhana. Hanya hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk sorot-sorot itu sehingga perbesarannya bertambah. Sudah cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan.
https://youtu.be/-31FLFPoYpY  (inovasi Milea)
Dengan menggunakan kedua ide inovasi tersebut, pak Arif dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran secara signifikan. Prestasi siswa juga ada peningkatan, namun tidak terlalu signifikan seperti pada minat siswa. Selain itu, dari 2 ide itulah banyak bonus yang didapatkan oleh pak Arif. Dari yang niat awalnya hanya untuk membuat suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, beliau berhasil meraih juara pada sebuah kompetisi guru bergengsi tingkat nasional yaitu INOBEL.
Menurut Nara sumber  bahwa  bidang inovasi itu banyak sekali . Tergantung tujuannya. Dan strategi pembelajaran dapat  dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan mencapai tujuan tersebut. Ide-ide dalam mendapatkan penghargaan inobel beliau didorong oleh pengalaman dan kenyataan yang dihadapi. Ide-ide itu muncul ketika melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Dimana siswa-siswa yang di hadapi setiap harinya, di daerah 3T tersebut sebenarnya  mempunyai hape  android, padahal tidak bisa dipakainamun tidak dapat digunakan karena terkendala jaringan. Dan hape android adalah sebuah media digital bagi mereka.
Sebenarnya dalam kondisi apapun, guru memang harus dituntut untuk kreatif dan inovatif menciptakan suatu pembelajaran yang menarik minat siswa dan dapat meningkatkan prestasi siswa. Inovasi tersebut tidak melulu dalam bidang IT atau harus berupa produk yang mahal dan susah dibuat. Banyak barang di sekitar kita yang apabila kita kreatif, bisa dijadikan suatu media pendukung proses pembelajaran. 

Apalagi di daerah 3T yang segalanya serba minim dan terbatas, tantangan tersendiri bagi guru yang mengajar di daerah tersebut untuk terus menciptakan inovasi dalam pembelajaran yang dilakukan. Di tengah segala keterbatasan yang ada, kekreatifan seorang  guru sangatlah diperlukan agar transfer pendidikan tetap berjalan. Inovasi harus terus-menerus dilakukan. Dan yang penting dari suatu inovasi adalah mudah dibuat, mudah ditiru, mudah digunakan, dan pastinya bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
          Kemudian sekarang di saat sedang musim pandemi corona, maka yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di rumah ,yaitu  kegiatan belajar menggunakan sms lewat hape. Siswanya dibagi perwilayah atau perdaerah. Di mana setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai hape mencari tempat sinyal kemudian materi maupun tugas-tugas disampaikan kepada merka. Selanjutnya pengumpulan tugas-tugas  berbentuk portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM maka siswa sudah siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu juga membuat media android yang dapat  diakses secara offline.

Langkah membuat inovasi pembelajaran

Menurut BP Arif , dalam membuat inovasi pembelajaran atau untuk menghasilkan produk baru berbeda-beda tergantung rujukannya siapa yang mau memnafaatkan produk baru tersebut. Namun secara garis besar ada beberapa langkah yang harus dilewati dan dijalani yaitu :
1.    Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2.    Aspek penilaiannya mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru,
3. dan seberapa manfaat produk tersebut dalam pembelajaran akan mendapatkan nilai tinggi.
Menurut Om Arif lagi bahwa inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah atau format yang lain.  Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian R&d. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen. Bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian ditulis secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice. Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.
Langkah membuat karya ilmiah atau penulisan karya ilmiah diantaranya  ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan.

Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan dari kedua idenya tersebut Om Arif  sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan teknologi. Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara , Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya.
Dan dalam memanfaatkan inovasi media yang diciptakan Om Arif menggunakan metode diskusi yang paling dominan, kemudian  pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek Based Learning atau Problem Based Learning. Alasannya karena kedua model tersebut dapat menggali kemampuan siswa secara sebenarnya. Tidak hanya secara kognitif namun menyeluruh meliputi aspek afektif dan psikomotornya juga.

Dalam memotivasi siswa  beliau melakukan visit home , bertemu keluarga dan anaknya , kemudian menjelaskan pentingnya sekolah. Mereka diberi pengertian akan  kesadaran untuk belajar . Sedangkan untuk siswa yang berkebutuhan khusus harus mendapatkan perhatian lebih dibanding dengan siswa lainnya. Pesan terakhir dari nara sumber agar kita semua sebagai seorang guru, seorang pengajar sekaligus pendidik harus selalu bersemangat , dan semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak-anak bangsa.
Demikian resume pertemuan hari ini semoga dapat memberi inspirasi bagi kita semua,semangat untuk melakukan inovasi-inovasi pembelajaran.Tidak ada alasan untuk kita berinovasi bahkan di daerah 3 T pun mampu meraih inobel.

Semangat untuk terus  berkarya
Salam guru blogger Indonesia





3 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca