Pertemuan ke 36
Senin,18 Mei 2020
Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8
MATERI : Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari
Rumah
NARASUMBER : Wijaya
Kusumah (Omjay)
WAKTU
: Pukul 13.00-15.00 WIB
Sehubungan
dengan berhalangannya pak Munif Chotib, karena harus berangkat ke Surabaya, maka
untuk pertemuan hari ini Omjay yang akan
menyampaikan materinya.dan teman semua ijinkan Mr.Bams memamdu belajar siang
hari ini.
Untuk kelancaran grup sementara ditutup
terlebih dahulu.Om Jay mengawali kuliah dengan mengucap salam dan ucpaan
selamat siang Mr.bams menyampikan
Sebelum Omjay memberikan materinya
Khusus untuk
penanya ada beberapa hal yang ingin disampaikan
1 orang 1
pertanyaan dalam satu chat. Sebutkan Nama dan Tempat Asal. Kirimkan pertanyaan
paling cepat 13.45 WIB.
Di awal
pembelajarannya om Jay membagikan cannel youtube nya untuk peserta menulis.
tentang berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari
rumah
Bagaimana Pola
belajar efektif dari rumah dapat di lakukan. Banyak aplikasi yang menawarkan
pembelajaran daring, rumah belajar, saba banten yang ditawarkan, namun
guru-guru baru familier dengan google class room. Efektifkah pembelajaran
tersebut ?
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau cara kerja
sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur
yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam
menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).
Belajar adalah
suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut dalam
bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya
pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner,
pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku
yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar
adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai
akibat dari pengalaman yang telah lalu.( https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.http
Efektif bisa
diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan.
Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai
yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu
usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai.
(https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/).
Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama
jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang
menepati rumah tersebut.
Berdasarkan
definisi-definisi diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses
perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar
dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan demikian
peserta didik yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat
rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang
berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jawal ini harus di ikuti secara
konsisten, disiplin dadan terjadwal. Rumah sebagai tempat tinggal dapat
dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi peserta didik.
Penjadwalan kegiatan dapat di buat sebagai patokan untuk melakun kegiatan
belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai ke tidur
lagi. Contoh dengan membuat matrik kegiatan sebagai berikut:
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
Berdasarkan
devenisi di atas yang di sampaikan pola belajar efektif dari rumah dapat di artikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan
perubahan tingkah laku yang maximal dari suatu tempat yang nyaman agar di
hasilkan sesuai dengan yang di harapkan pembelajaran harus menyenangkan semua.
Dengan demikian
peserta didik atau siswa yang melakukan
pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencaana kegiatan belajar dengan
membuat perencanaan ,penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam
rumah,jadwal ini harus di ikuti secara konsisten,disiplin,dan terjadwal.
Kalau anak kita
sudah terbiasa mmbuat jadwal di rumah maka mereka di latih untuk mndiri mencoba
mencari sendiri pngetahuan yang mereka dapatkan dari internet,itu di butuhkan
peran orang tua dan guru memantau lewat wa group.guru dan orang tua sesuai dengan
selera peserta didik sendiri yang penting dapat di laksanakan secara
konsisten.dg jadwal yg terpola sedemikian rupa peserta didik dapat melakukan dengan
konsisten setiap hari.maka siswa akan terbiasa dengan pola yang sudah
terjadwal.perubahan perilaku peserta didik akan mengalami peningkatan sesuai yang
di harapkan ini yangg di sebut dengan belajar.rumah yang merupakan tempat tinggal
dapat di rancang sedemikian rupa agar peserta didik merasa nyaman bisa di lakukan
sambil slonjoran lebih bagus lagi apabila ada meja belajar yang di khususkan untuk
belajar.hal ini yang mmbuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan.siswa merasa
nyaman tetap belajar dari rumah.
berikut ini
omjay contohkan pjj sekolah dasar, https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs
Kesimpulan
materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah,
guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan
dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah
masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga
pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila
kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus
membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar,
Semoga materi
yang omjay sampaikan siang ini bermanfaat buat kawan kawan semua.
Dilanjutkan
sesi tanya jawab yang dapat saya simpulkan sebagai berikut:
Untuk jadwal
dalam BDR sebaiknya di rubah dari jadwal sebelumnya pembelajaranya lebih di tekankan pada pembentukan karakter.Jadwal
jelas harus berubah, tidak sama dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran
lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek
dan imtak. Untuk penilaian guru dpatmelakukan penilaian berbasis proyek atau
potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid SD.
Bila sistem
pembelajaran daring nantinya bila frasa siswa atau guru lebih nyaman..akan memberi
efek pada pembelajaran konvensional yang lazim kita laksanakan sebelum wabah
Corona terjadi Kalau memang ada efek tidak baiknya, maka Mungkin nanti akan
terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap
muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tidak
tergantikan oleh teknologi modern.
Untuk
keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala
tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot Solusinya gunakan
teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau
tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi
baru untuk meningkatkan SDM unggul.
Melaksanakan
pembelajaran melalui group WA. Di akhir pertemuan, guru memberi tugas sebagai
instrumen penilaian. Namun sayang, ternyata yang mengumpulkan tugas hanya
maksimal 75% siswa saja.Jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan
sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum
mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu
sangat penting dalam pembelajaran yg efektif dari rumah.
Dalam mengatasi
pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring.yaitu bahwa Untuk
anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil.
Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam
hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
Harus sabar dan
gunakan fasilitas yg ada, ingatlah film laskar pelangi, ditengah keterbatasan,
justru bu muslimah bisa melahirkan anak anak yg hebat dan bisa berkeliling
dunia. Hal itu juga kami alami, jadi tetap sabar menunggu mereka
menyelesaikan tugasny bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk
mendapatkan pengetahuan. Tetap komunikasi dgn orang tua siswa.
Untuk penilaian
siswa yang tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring
untuk saat ini walaupun sudah terjadwal maka perlu dicatat, kemudian diberikan
surat teguran dari sekolah, kemudian dicaritahu apa masalahnya. Sebab bisa jadi
ada masalah serius di keluarga siswa, seperti ortunya kena phk, atau sakit,
dll.
Penilaian yg
tepat untuk pembelajaran daring seperti ini yang cocok itu seperti ap?
Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh
dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor. Kalau masalah cocok itu
reltif karena kondisinya tidak sama di setiap daerah. Guru dapat melakukan
inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa, anda bisa memba kembali artikel
yg saya bagikan di atas, https://www.kompasiana.com/isardasukitasim/5ead48f5d541df3a7323d8e5/menciptakan-belajar-efektif-dari-rumah?page=4
Dalam
menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita sudah membuat jadwal dan
berharap siswa juga bisa melaksanakan. Pembelajaran sesuai jadwal tersebut.tapi
pada kenyataan yang kami alami di sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang
mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran
sesuai jadwal yang di sampikan. Bagaimana sikap kita untuk hal
tersebut. Mengingat siswa belum bisa mngikuti pembelajaran sesuai
jadwal secara konsisten.. .banyak dari para wali siswa mngeluhkan untuk
pmbelajaran dr rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg
d brikn tdk dpt trselesaikan dengan cepat.akhirnya pembejaran ini di rasa tidak
efektif.
Bagaimana
tindakan kita sebagai guru. Mngingat peserta didik kmi msh pd kelas rendah( SD)
Guru harus
melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan
kpd murid. Kolaborasi guru sangatpenting dalam memecahkan masalah ini, oleh
karena itu komunikasi dgn teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola
pembelajaran yang efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat
murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu
ada komunikasi dengan orang tua murid yang terus menerus
Kendala dalam
PJJ Pasti ada, bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa
dan guru di rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di
sana, misalhnya cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera,
maka telpon lsg adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup
besar. Jadi setiap guru akan mengalami hal yang beragam, inilah dinamikannya dan
jangan lupa pengalaman kita dituliskan di blog sehingga dapat menginspirasi guru
lainnya.
Keluhan siswa
tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi
cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yg
terpakai. Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan efektif
yg mana? Omjay saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka,
walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah
dan mudah cara pemakaiannya.
Kondisi ekonomi
siswa merupakan kendala besar pembelajaran secara daring yang di lakukan saat
ini,Bagaiman solusi menarik untuk tetap menciptakan belajar efektif dirumah dengan
menyenangkn. Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang
merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan
dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh
tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa
mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada. memang dibutuhkan
pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya. apalagi bila
rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah pengabdian,
terutana buat guru di daerah 3T. Omjay salut dan memberikan penghormtan dengan
guru guru tangguh sperti ini. Mereka selalu datang dgn solusi dari masalah yg
dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat kurang. tapi yakinlah
dengan pesan pak harfan dalam film laskar pelangi. hiduplah dengan memberi
sebanyak banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
BDR yang paling
efektif yang bisa kita pakai adalah dengan wa group.
Dalam
pembelajaran online ada plus minusnya. Terutama pada penggunaan kuota internet.
Dengan pola on off bisa membantu pelaksanaan belajar . Mengingat ekonomi rakyat
sedang terpuruk.maka BDR yang paling efektif
yang bisa kita pakai adalah dengan wa group atau line group.
Setiap
penjadwalan siswa yang sudah di rancang sedemikian rupa oleh guru dan Kerjasama
dengan orang tua itu disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tsb dengan
memeprhatikan gaya belajar siswa
Tentang pembelajaran
daring dari rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas maka dalam penilaian hanya
guru yg bersangkutan yang lebih tahu, kalau dirasa dengan online sudah cukup
nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan waktu eremedial
melalui online. hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg kurang dgn
menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan
guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir
Terakhir om Jay
berpesan untuk para peserta seperti
biasa, jangan lupa membuat resumenya dan kirimkan ke email omjaylabs@gmail.com
lalu posting di blog agar semakin banyak orang tahu materi yg anda dapatkan
hari ini.
Cukup sekian
terimakasih
Salam guru
Blogger Indonesia
Luar biasa,keren
BalasHapusTerimakasih ibuk..
BalasHapusMantaaap....krrennnn.
BalasHapusMksiih pak..
HapusWow...sipp..mbk atik..komplit
BalasHapusKurang gmn buk... Mhon masukanya..
HapusManteb lengkap
BalasHapusMksih pak..
HapusLengkap sekali notulensi materinya
BalasHapusMksih om.. Tp kayaknya di intro kurang greget yaak..
HapusMantapp bu....
BalasHapusTerimakasih ibuk...
HapusGood job, lanjut
BalasHapusAsiiiap bu nani. . Hehe
HapusLuar biasa bu guru.. Lanjutkan
BalasHapus