Cari Blog Ini

Senin, 18 Mei 2020

Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah


Pertemuan ke 36
Senin,18 Mei 2020
Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah


Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Peserta Guru Menulis Gelombang 8

MATERI                 : Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
NARASUMBER    : Wijaya Kusumah (Omjay)
WAKTU                  : Pukul 13.00-15.00 WIB

Sehubungan dengan berhalangannya pak Munif Chotib, karena harus berangkat ke Surabaya, maka untuk pertemuan hari ini Omjay  yang akan menyampaikan materinya.dan teman semua ijinkan Mr.Bams memamdu belajar siang hari ini.
 Untuk kelancaran grup sementara ditutup terlebih dahulu.Om Jay mengawali kuliah dengan mengucap salam dan ucpaan selamat siang Mr.bams menyampikan  Sebelum Omjay memberikan materinya
Khusus untuk penanya ada beberapa hal yang ingin disampaikan
1 orang 1 pertanyaan dalam satu chat. Sebutkan Nama dan Tempat Asal. Kirimkan pertanyaan paling cepat 13.45 WIB.
Di awal pembelajarannya om Jay membagikan cannel youtube nya untuk peserta menulis.
tentang berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah

Bagaimana Pola belajar efektif dari rumah dapat di lakukan. Banyak aplikasi yang menawarkan pembelajaran daring, rumah belajar, saba banten yang ditawarkan, namun guru-guru baru familier dengan google class room. Efektifkah pembelajaran tersebut ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau cara kerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).

Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu.( https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.http

Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. (https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/). Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut.
Berdasarkan definisi-definisi  diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan demikian peserta didik yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jawal ini harus di ikuti secara konsisten, disiplin dadan terjadwal. Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi peserta didik. Penjadwalan kegiatan dapat di buat sebagai patokan untuk melakun kegiatan belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai ke tidur lagi. Contoh dengan membuat matrik kegiatan sebagai berikut:


WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
Berdasarkan devenisi di atas yang di sampaikan pola belajar efektif dari rumah dapat di artikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maximal dari suatu tempat yang nyaman agar di hasilkan sesuai dengan yang di harapkan pembelajaran harus menyenangkan semua.

Dengan demikian peserta didik atau siswa  yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencaana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan ,penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah,jadwal ini harus di ikuti secara konsisten,disiplin,dan terjadwal.
Kalau anak kita sudah terbiasa mmbuat jadwal di rumah maka mereka di latih untuk mndiri mencoba mencari sendiri pngetahuan yang mereka dapatkan dari internet,itu di butuhkan peran orang tua dan guru memantau lewat wa group.guru dan orang tua sesuai dengan selera peserta didik sendiri yang penting dapat di laksanakan secara konsisten.dg jadwal yg terpola sedemikian rupa peserta didik dapat melakukan dengan konsisten setiap hari.maka siswa akan terbiasa dengan pola yang sudah terjadwal.perubahan perilaku peserta didik akan mengalami peningkatan sesuai yang di harapkan ini yangg di sebut dengan belajar.rumah yang merupakan tempat tinggal dapat di rancang sedemikian rupa agar peserta didik merasa nyaman bisa di lakukan sambil slonjoran lebih bagus lagi apabila ada meja belajar yang di khususkan untuk belajar.hal ini yang mmbuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan.siswa merasa nyaman tetap belajar dari rumah.
berikut ini omjay contohkan pjj sekolah dasar, https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs

Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajarn menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajar,

Semoga materi yang omjay sampaikan siang ini bermanfaat buat kawan kawan semua.

Dilanjutkan sesi tanya jawab yang dapat saya simpulkan sebagai berikut:

Untuk jadwal dalam BDR sebaiknya di rubah dari jadwal sebelumnya pembelajaranya  lebih di tekankan pada pembentukan karakter.Jadwal jelas harus berubah, tidak sama dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek dan imtak. Untuk penilaian guru dpatmelakukan penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid SD.

Bila sistem pembelajaran daring nantinya bila frasa siswa atau guru lebih nyaman..akan memberi efek pada pembelajaran konvensional yang lazim kita laksanakan sebelum wabah Corona terjadi Kalau memang ada efek tidak baiknya, maka Mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tidak tergantikan oleh teknologi modern.

Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot  Solusinya gunakan teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul.

Melaksanakan pembelajaran melalui group WA. Di akhir pertemuan, guru memberi tugas sebagai instrumen penilaian. Namun sayang, ternyata yang mengumpulkan tugas hanya maksimal 75% siswa saja.Jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dengan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yg efektif dari rumah.
Dalam mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring.yaitu bahwa Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
Harus sabar dan gunakan fasilitas yg ada, ingatlah film laskar pelangi, ditengah keterbatasan, justru bu muslimah bisa melahirkan anak anak yg hebat dan bisa berkeliling dunia. Hal itu juga kami alami, jadi tetap sabar menunggu mereka menyelesaikan tugasny bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Tetap komunikasi dgn orang tua siswa.

Untuk penilaian siswa yang tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah terjadwal maka perlu dicatat, kemudian diberikan surat teguran dari sekolah, kemudian dicaritahu apa masalahnya. Sebab bisa jadi ada masalah serius di keluarga siswa, seperti ortunya kena phk, atau sakit, dll.
Penilaian yg tepat untuk pembelajaran daring seperti ini yang cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor. Kalau masalah cocok itu reltif karena kondisinya tidak sama di setiap daerah. Guru dapat melakukan inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa, anda bisa memba kembali artikel yg saya bagikan di atas, https://www.kompasiana.com/isardasukitasim/5ead48f5d541df3a7323d8e5/menciptakan-belajar-efektif-dari-rumah?page=4

Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita sudah membuat jadwal dan berharap siswa juga bisa melaksanakan. Pembelajaran sesuai jadwal tersebut.tapi pada kenyataan yang kami alami di sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran sesuai  jadwal yang di sampikan. Bagaimana sikap kita untuk hal tersebut. Mengingat siswa belum bisa  mngikuti pembelajaran sesuai jadwal secara konsisten.. .banyak dari para wali siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr  rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg d brikn tdk dpt trselesaikan dengan cepat.akhirnya pembejaran ini di rasa tidak efektif.
Bagaimana tindakan kita sebagai guru. Mngingat peserta didik kmi msh pd kelas rendah( SD)
Guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kpd murid. Kolaborasi guru sangatpenting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dgn teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan orang tua murid yang terus menerus
Kendala dalam PJJ Pasti ada, bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa dan guru di rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di sana, misalhnya cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera, maka telpon lsg adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup besar. Jadi setiap guru akan mengalami hal yang beragam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman kita dituliskan di blog sehingga dapat menginspirasi guru lainnya.

Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai. Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan efektif yg mana? Omjay saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka, walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara pemakaiannya.

Kondisi ekonomi siswa merupakan kendala besar pembelajaran secara daring yang di lakukan saat ini,Bagaiman solusi menarik untuk tetap menciptakan belajar efektif dirumah dengan menyenangkn. Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tidak bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada. memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya. apalagi bila rumah siswa dan guru sangat jauh. itu adalah resiko dari sebuah pengabdian, terutana buat guru di daerah 3T. Omjay salut dan memberikan penghormtan dengan guru guru tangguh sperti ini. Mereka selalu datang dgn solusi dari masalah yg dihadapi walaupun peran pemerintah di daerah sangat kurang. tapi yakinlah dengan pesan pak harfan dalam film laskar pelangi. hiduplah dengan memberi sebanyak banyaknya, bukan menerima sebanyak banyaknya.
BDR yang paling efektif yang bisa kita pakai adalah dengan wa  group.

Dalam pembelajaran online ada plus minusnya. Terutama pada penggunaan kuota internet. Dengan pola on off bisa membantu pelaksanaan belajar . Mengingat ekonomi rakyat sedang terpuruk.maka  BDR yang paling efektif yang bisa kita pakai adalah dengan wa  group atau line group.
Setiap penjadwalan siswa yang sudah di rancang sedemikian rupa oleh guru dan Kerjasama dengan orang tua itu disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tsb dengan memeprhatikan gaya belajar siswa

Tentang pembelajaran daring dari rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas maka dalam penilaian hanya guru yg bersangkutan yang lebih tahu, kalau dirasa dengan online sudah cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online. hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg kurang dgn menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk meberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir

Terakhir om Jay berpesan untuk para peserta  seperti biasa, jangan lupa membuat resumenya dan kirimkan ke email omjaylabs@gmail.com lalu posting di blog agar semakin banyak orang tahu materi yg anda dapatkan hari ini.

Cukup sekian terimakasih
Salam guru Blogger Indonesia



15 komentar:

Kebersamaan di Hari Guru Nasional SDN Mulusan Paliyan

Kebersamaan di Hari Guru Nasional SD N Mulusan Paliyan .                        Dokument Pribadi Alhamdulialhirabil ‘alamin bers...