Materi Pertemuan ke 39
kamis,21 Mei 2020
Dari Blogger menjadi Youtuber Mendapat Jutaan Rupiah dari Rumah
Narasumber : Paman Apiq
Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8
Siang
ini materi kuliah belajar menulis di gelombang 8 adalah materi tentang blogger
menjadi youtuber.dari bapak Agus atau di kenal dengan Paman Apic Waaw keren..
bagaimana tidak,jika kita perhatikan
saat ini seorang youtuber bisa menghasilkan berjuta-juta rupiah tiap bulannya
seperti Gen halilintar misalnya Gen Halilintar punya 15,8 juta subscribers dan
diproyeksikan mampu mengantungi US$29,9 ribu atau setara Rp 448,5 juta sebulan,
Ria ricis. pendapatan bulanan channel youtube Ricis Official
berada di angka $36.6K - $585.2K. Jika dirupiahkan sekitar Rp497 juta sampai
Rp7,9 miliar per bulan.dan masih banyak youtuber-yuotuber yang
penghasilanya begitu menggiurkan.
Mari kita
belajar dari Nara sumber yang luar biasa seorang pakar yutubber yang mendunia.
Dari youtube yang ia buat dikunjungi ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung.
Dari karya youtube beliau menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya.
Bilau seaorang
yang sangat kreatif, mari kita ikuti pegalaman beliau tentang awal mula
mengenal youtube,
Sebelumnya
yang ingin mengenal lebih dekat dengan Om Agus (Apiq) Nggermanto silakan buka
di
Awal mula
menjadi youtuber
Saya memulai
jadi blogger dengan wordpress gratisan sejak 2008 dg alamat APIQQUANTUM.COM.
Lalu 2012 makin aktif sebagi youtuber dengan beberapa canel
1.
youtube.com/pamanapiq
2.
youtube.com/edujiwa
Semua membahas
tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif👍🏼 dengan metode APIQ.
Memang jadi
youtuber lebih menggoda karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening.
Taksiran
penghasilan 1 canel saya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan.
Berbagi ilmu
matematika sambil dapat bonus dolar
Tips jadi
blogger dan youtuber
1. Gunakan
program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis
matematika.
3. Pelajari
statistik untuk improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik
yang berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.👍🏼
Barangkali itu
pengantar dari saya. Berikut ini saya infokan lebih lengkapnya.
Kenalkan
Belajar Matematika Yang Asyik & Kreatif Melalui Paman APiQ.
Di balik
sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan
matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika
bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal
Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube
Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika
yang mudah dan menyenangkan.
Agus
Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa yang belajar
matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ, para siswa
itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak Agus, Om Agus,
Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ muncul seirama
dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu Al, Geo, dan Meti.
Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika Aljabar,
Geometri, dan Aritmetika.
Istilah APiQ
sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun
1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB.
Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk
akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan
menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat
diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika
dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an
dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus
melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air untuk
lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah
menjadi guru sejak sekolah menengah dengan mengajar di kelompok-kelompok
belajar siswa SMA yang merupakan teman-teman sendiri. Ketika kuliah di ITB,
Agus juga sambil mengajar di lembaga bimbingan belajar untuk tingkat SMA, SMP,
dan SD, serta menjadi asisten dosen di kampus ITB sendiri. Selanjutnya, ia
mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan tinggi. Kesulitan yang
sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang tidak menguasai konsep
matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana sekalipun. Maka ia pun
terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar matematika yang lebih
memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih APiQ terus berkembang
maju.
Setelah
menemukan metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus APiQ dengan modal
sendiri dan bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus APiQ berawal dari
kota Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat lain di Indonesia.
Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar matematika dengan
cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan matematika menjadi
senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil meraih nilai
matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga berimbas ke
pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Bapak Agus juga mengembangkan game matematika
orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan
anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah selingan seperti
game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini maka seorang anak
bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ.
Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal
matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat
mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga
menjadi semakin kuat.
Beliau mengaku,
sejak kecil ia sudah menyukai matematika. Tetapi matematika sering menakutkan Bapak Agus, kesan menakutkan pada matematika
itu bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat langsung mengalami asyiknya
belajar matematika seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak orang dewasa yang
mengatakan, mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus,
kita tidak bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata
manis saja. Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata. Dan itulah yang ia
kerjakan di APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi
asyiknya matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ,
rumus-rumus tidak harus dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering
dengan gembira berhasil menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah
menghafalnya. Tetapi yang lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti
proses belajar matematika dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut Bapak Agus, memang banyak yang salah dengan
pengajaran matematika saat ini, sehingga menempel fitnah matematika itu
menakutkan. Tetapi kita tidak cukup menyalahkan pihak lain. Namun perlu
berpartisipasi dari titik berangkat masing-masing. Misalnya dengan mengeluarkan
metode APiQ, ia bisa berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika
yang asyik dan kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah. Paman APiQ
juga menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan
orang dewasa. Pemerintah pun, dirasa Bapak Agus, juga perlu menyempurnakan
kurikulum yang lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan
juga perlu terus berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di
Indonesia. Dan Agus mengatakan, APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak
untuk memajukan Indonesia.
Kini Bapak Agus
memilih media Youtube untuk memberikan edukasi, karena ia menganggap media
Youtube merupakan media belajar matematika yang efektif dan efisien. Siswa
menjadi mudah memahami konsep matematika kreatif APiQ melalui video multimedia
Paman APiQ atau www.youtube.com/agusyes. Hal ini karena video multimedia
dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa juga
dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama Agus
unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang sudah
ramai. Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja. Mungkin,
menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum mudah. Tetapi
sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus. Trik khususnya
adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat dengan
tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling banyak
ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian cepat,
dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Bapak Agus pun
senang dengan tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan bahwa internet dapat
dimanfaatkan untuk kepentingan positif semisal belajar matematika bersama Paman
APiQ. Masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi melalui media Youtube Paman
APiQ dengan menuliskan komentar di bawahnya. Dan bagi yang ingin lebih mendalam
konsultasi dapat bergabung dengan komunitas APiQ di www.APiQQuantum.com
dan melalui media sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter,
WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun
sudah berhasil meraih beberapa prestasi. Antara lain mendapat kehormatan dengan
diundang oleh Youtube Indonesia (Google Indonesia) untuk menjadi narasumber di
seminar pendidikan nasional melalui Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh
Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan Indonesia yang prospektif.
Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa penghargaan kepada APiQ.
Sementara secara bisnis, franchise APiQ memenangkan seleksi wirausaha franchise
untuk masuk kategori waralaba nasional. Sedangkan siswa APiQ sendiri banyak
yang berprestasi di sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi,
Nasional, dan bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat
ini, Agus masih fokus pada usaha kursus matematika kreatif APiQ yang ia dukung
dengan inovasi pada teknologi multimedia. APiQ telah mengembangkan sistem
belajar matematika online melalui www.APiQQuantum.com. APiQ juga menawarkan
beragam aplikasi di Android baik berupa game matematika atau buku-buku
matematika dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan sekarang APiQ juga
mengembangkan sistem franchise atau waralaba, yang merupakan sistem usaha
paling efektif saat ini. Adapun, kendala yang masih Agus hadapi adalah karena
usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya memerlukan disiplin dan konsistensi
tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat diatasi dengan memperkuat konsistensi
tim dan berpartisipasi aktif dengan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh
APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan
sebagai narasumber di berbagai seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi
bulutangkis dan renang, dan ia selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk
hobi olahraga tersebut rutin setiap pekannya.
Bapak Agus
berpendapat, kita memang perlu konsisten untuk membangun negeri tercinta ini
sesuai kapasitas masing-masing. Dan barangkali, ia memang sengaja memilih jalur
pendidikan matematika untuk berkontribusi memajukan negeri. Memang berat
rasanya, tapi sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa berat itu menjadi lebih
ringan. Dan Agus beruntung memiliki keluarga yang mendukung perjuangannya untuk
berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun secara finansial, ia juga
masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan untuk keluarganya,
meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan besar, tentu akan
berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi terbaik di
Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan terbaik yaitu
Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk bekerja di
perusahaan besar nasional atau internasional. Tetapi ia lebih memilih mengabdi
melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai saat ini, Agus dan
keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila seandainya ada fasilias
berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya untuk hidup sederhana,
lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang penuh makna. Dan Agus juga
sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif dari keluarga besarnya.
Selanjutnya
sesi tanya jawab yang dapat di simpulkan sebagai berikut :
Landasan utama Paman
Apiq membuat Apiq. Adalah berbagi ilmu matematika dengan mudah dan kreatif.
Kegiatan Saat
ini PSBB maka fokus bikin konten saja
Wow amazing.
Memperoleh penghasilan yang begitu besar.dari youtube.
Cara Mudah
untuk membuat chanel you tube saat ini.
Buka aplikasi
youtube.
1. Klik kanan
atas gambar kamera
2. Coba upload
1 video
3. Ikuti
petunjuknya
Maka sudah jadi
canelnya
Buka di hp ya,
agar lebih mudah
https://www.youtube.com/watch?v=wKrlJm3sRM0&list=PLcz6MrU25lf27UPkSVKpt4KiK1M_K1-sI Misal ini saya eksperimen ngajar matematika tanpa kata sama
sekali
Tips untuk guru
B.Inggris yang ingin memulai menjadi youtuber, konten yang menarik.
Tentang bahasa
Inggris bagus. Baik materi bahasa Inggris atau tentang bagaimana cara
belajar bahasa Inggris. Dan ini global bisa untuk seluruh dunia.
Dalam video 7
detik perkalian cepat, ada perkalian yang langsung dimulai dari ratusan,
sedangkan penanaman konsep selama ini mulai dari satuan, bagaimana untuk di
kelas rendah, apa bisa kita jelaskan yang seperti itu, mohon pencerahannya.
Sebagai youtuber maka kita bisa membuat semua konten
tersebut hanya pakai HP saja. Ada yang langsung perkalian ratusan. Ada pula
mulai dari konsep paling dasar. Saat ini saya punya sekita 7000 judul video di
youtube.
Beberapa contoh sbb:
https://www.youtube.com/playlist?list=PLcz6MrU25lf3Ct4wU1U4pgnC_tJrzc-ta perkalian
cepat jurus 7 detik
https://youtu.be/9HsmB3A2xNo Cara
Mudah Menguasai Menghafal Perkalian 1 -10
https://youtu.be/OoTM83cqt5U Menghafal
Perkalin 1 - 10 Lebih Mudah
Saya sependapat menjawab fitnah dengan langkah nyata. Ini
luar biasa. Perlu waktu berapa lama riset atau apalah yang bisa menjawab fitnah
matematika? Apakah kendala utama?
Zaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang lebih mudah.
Riset bisa pakai goole dan youtube sendiri. Lalu konten kita improve lagi
sambil jalan. Yang penting sekarang praktek dulu lalu perbaiki. Lama-lama akan
makin sempurna. Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di bagian
tulisan ini.
Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan
dan editing. Temukan cara meningkatkan kualitas konten video. Temukan cara
memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi. Temukan irama
yang konsisten untuk meproduksi konten positif. Gali lebih dalam analytic Anda
dan perhatikan trending serta analytic canel lain. Buat video lagi sesuai
analytic. Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas. Oh ya, kendala
utama: waktu.
https://pamanapiq.com/2020/01/07/cara-youtuber-sukses-dengan-jurus-terakhir/ Cara
Youtuber Sukses dengan Jurus Terakhir
Cara memantapkan supaya cannel youtube yang
kita buat banyak yang menontonnya.
Agar banyak nonton maka riset kata kunci di youtube juga
bisa. Misal ketik "matematika" maka yang muncul konten apa aja. Kita
buat konten yang sesuai tersebut.
Trik khusus paman APIQ untuk membuat banyak orang yang
datang ke channel YouTubenya
Triknya bikin konten yang menarik yang sedang dicari banyak
orang. Misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul fitri? Hisab
hitungannya bagaimana? Maka saya buatkan video hitungan idul fitri ini. Dalam 1
hari ditonton 19.000 kali.
.Aplikasi yang sesuai dengan you tube.
1. Polaris untuk papan digital
2. Mobizen untuk rekam layar dan suara
Cukup 2 di atas.
Bila perlu tambahan,
3. Canva desain gambar
4. Inshot edit video
Semua cukup pakai HP saja ya
Cara atau syarat agar mendapatkan penghasilan dari
YouTube
Harus memenuhi syarat u jadi youtube partner
1. Subs minimal 1000
2. Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir
Maka bisa monet dan dapat uang
Saya cari monetise gambar dolar kok ga ketemu, bagaimana
memunculkannya?
Akan muncul jika sdh memenuhi syarat di atas.
Cara membuat konten kreatif di youtube sehingga ribuan
org bisa like video kita
1. Bikin saja konten apa aja
2. Perbaiki dengan konten lebih baru
3. Pelajari statistik analytic yang disediakan youtube
4. Bikin konten lagi yg lebih baik
5. Ulangi lagi
Beberapa contoh pengalaman pribadi paman Apiq sebagai
youtuber.
Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing.
Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting.
Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak
perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih
mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor
saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video
dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip
pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam
editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?
Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang.
Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit
sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.
Persiapan saya yang paling penting adalah desain power
point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan
polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari
editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang
paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.
Saya mengamati untuk konten matematika para penonton lebih
suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya buat
video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir
dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka
penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan
desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda
mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu
persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke
youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video
untuk youtube.
Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan
jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi
youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber
sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.
Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video
di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 –
5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka
saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1
video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya.
Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah
youtuber. Sukses dan bahagia.
Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan
trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati
penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari
mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?
Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak
lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas
tanpa batas.
Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic
maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih
terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang
sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang
mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih
dari 3 juta view.
Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya
buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.
Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu
bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count yang
sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending
youtube.
Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak
positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus
memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga.
Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.
Pak Apiq aplikasi buat coret-coret sambil rekam screen
shootnya pakai apa? Biar enak pas menjelskan di komputernya, kan males kalau
ngetik.
Ok, https://youtu.be/bnt7uUlFshE Apk
Papan Tulis Paman APIQ (1)
https://youtu.be/-EmRrEoG_-c Apk
Papan Tulis Paman APIQ (2)
https://youtu.be/ar63LX7YQNM Apk
Papan Tulis Digital Paman APIQ (3)
Yg itu ya, coret2nya mudah
Pak saya tertarik video Bapak. Saya juga pingin bisa
membuat video seperti itu. Yang saya tanyakan aplikasi apa yang bapak gunakan
untuk membuat video yang menerangkan mtk seperti nulis langsung gitu. Saya jg
pingin membuat video pembelajaran fisika yang bisa nulis langsung seperti itu.
Yang ini jawabannya seperti di atas ya: papan tulis paman
apiq. Bisa coret-coret dan bisa memasukkan gambar atau foto buku fisika
misalnya. Bisa screen shot juga.
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari Karir Pertama
Anda?
Ditulis oleh Paman APiQ 30 Oktober 2019 Tulis komentar pada
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting dari Karir Pertama Anda? SuntingMengapa Karir
Kedua Lebih Penting dari Karir Pertama Anda? Menjadi yang kedua lebih penting
dari yang pertama! Kok bisa?
Ini berlaku untuk karir. Anda lebih baik memiliki dua karir
dari hanya satu karir dalam hidup Anda. Jelas karena dengan karir kedua maka
Anda jadi memiliki dua karir tidak hanya satu karir – khususnya karir
profesional di sini.
“Jangankan dua karir, satu pekerjaan saja saya tidak punya!”
celetuk seorang pengangguran.
Karir berbeda dengan perkerjaan. Di sini letak masalahnya.
Banyak orang mengira bahwa karir adalah memperoleh pekerjaan. Tapi lapangan
kerja terbatas. Maka sebagian angkatan kerja menganggur. Akibatnya mereka tidak
punya karir sama sekali.
Karir menunjukkan suatau perkembangan atau kemajuan
kehidupan profesional Anda. Orang yang punya pekerjaan mungkin saja tidak punya
karir karena pekerjaannya mandeg. Tapi orang yang punya karir maka ia pasti
punya pekerjaan yang makin maju berkembang. Bahkan jika tidak ada pekerjaan,
orang yang punya karir, justru bisa menciptakan pekerjaan baru.
Kabar baiknya, di jaman digital ini, kita lebih mudah untuk
mendapatkan dua karir: karir dunia nyata dan karir dunia digital.
Karir dunia nyata. Saya misalnya berkarir untuk menjadi guru
matematika plus (lain-lain). Dari awal saya menyusun rencana untuk menjadi guru
terbaik tingkat RT atau kampung. Karir selanjutnya adalah saya menciptakan
beragam metode belajar matematika yang kreatif dengan balutan nama paman APIQ.
Karir bertumbuh meluas lebih dari guru kelas kampung saja.
Karir dunia digital. Karir kedua ini mudah tapi membutuhkan
konsistensi. Saya tetap berkarir menjadi guru tetapi di dunia digital. Awalnya
saya mengajar melalui tulisan-tulisan yang saya buat di blog gratisan. Internet
makin berkembang maka saya menjadi guru matematika digital sebagai youtuber.
Karir digital ini tampaknya terus makin berkembang, semoga.
Bila saya mengajar di dunia nyata biasanya hanya bisa
mengajar siswa puluhan orang saja dalam satu hari. Sedangkan melalui dunia
digital saya bisa mengajar ratusan ribu siswa setiap harinya. Wow…dampak
kemajuan teknologi.
Jadi, apa karir kedua Anda?
Mengapa Karir Kedua Lebih Penting daripada Karir Pertama
Anda? Bisa dilihat di https://pamanapiq.com/2019/10/30/mengapa-karir-kedua-lebih-penting-dari-karis-pertama-anda/
Di penjelasan barusan Paman Apiq juga menggunakan PPt
lalu dibuka dengan polaris. Bagaimana caranya Pak?
Betul. Bisa langsung dibuka. Ppt dari komputer pindah ke HP.
Maka di HP bisa langsung buka pakai polaris.
Luar biasa benar-benar enak jadi orang yang super kreatif.
Hanya di rumah saja bisa mendapat jutaan rupiah. Bisa pula menjawab fitnah
bahwa pelajaran matematika paling sulit dan menakutkan. Di tangannya belajar
matematika mengasyikkan dan menyenangkan. Satu lagi yang paling membanggakan.
Beliau jawab fitnah bukan dengan kata-kata, melainkan dengan tindakan nyata.
Bagaimana dengan Anda? Tertarik bukan untuk menjadi youtuber
?
Selamat mencoba dengan karya nyata
Salam Guru Blogger Indonesia.
Alhamdulillah selesai juga, lengkap, top bgt
BalasHapusWow...keren..mbk...
BalasHapusTerimakasih bu eny.. Blm slsai ni..yg pertemuan terakhir..
HapusIya buk..tinggal satu lgi..
BalasHapus