Cari Blog Ini

Jumat, 06 November 2020

Allah Itu Indah

 Allah Itu Indah




Siapa yang tak kan menyukai bunga, bunga identik dengan keindahan. Memandangnya hati terasa ikut berbunga-bunga. Setiap bunga memiliki keunikan dan khas serta di jadikan simbol yang berbeda. Bunga mawar, bunga melati, bunga anggrek,bunga platigon dan yang lainya.

Sebenarnya yang akan saya bahas kali ini bukan masalah keindahan bunga asli yang sering kita lihat dan jumpai. Namun keindahan dari yang maha hakiki yaitu Allah Swt. Seperti dalam potongan hadist ini.

إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

“Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan” (H.R Tabrani)

Allah Ta’ala menyukai keindahan dari makhluq-makhluqNya dalam segala bentuk. Allah mencintai hamba-hambaNya yang memakai baju yang indah, memakai sepatu yang indah dan bersih. Allah menyukai keindahan dalam segala hal.

Mari kita Renungkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan” karena kalimat ini mengandung dua prinsip yang agung; makrifat (pengetahuan) dan suluk (prilaku).

Yang pertama adalah sabda Nabi “Sesungguhnya Allah itu Indah”. Ini adalah poin yang harus kita ketahui bahwa Rabb kita, Allah Swt Maha Indah dalam nama-nama, sifat-sifat-Nya, dan Dzat-Nya. Allah Tabaraka wa Ta’ala memiliki nama-nama yang indah dan sifat-sifat yang mulia lagi sempurna. Allah Ta’ala juga memiliki Dzat yang Maha Indah, Maha Sempurna, Maha Agung, yang keindahan, kesempurnaan, serta keagungan itu tidak mampu dilogikakan oleh manusia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai hamba-hamba-Nya, yang beribadah kepada-Nya dengan memperbagus diri dan penampilan. Inilah syariat-Nya yang Maha Bijaksana, agama-Nya yang senantiasa mengurus makhluk-Nya, dan jalan Allah Tabaraka wa Ta’ala yang lurus.

Ayyuhal mukminun, ibadallah,

Sabda Nabi bahwasanya Allah Swt mencintai keindahan meliputi seluruh syariat Allah. Jadi, Allah menyukai agar seseorang indah dalam perkataannya, hatinya, dan amal perbuatannya. Memperindah hati dengan keimanan, memperbaiki hati dengan ketenangan, dan sebaik-baik amalan yang memperindah hati seseorang adalah iman kepada Allah, kepada malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir

Ketika seseorang menghiasi diri dengan adab dan akhlak yang terpuji, maka ia telah melaksanakan hal yang paling maksimal dalam memperindah dirinya. Dan syariat Islam adalah ajaran yang sangat menjunjung tinggi akhlak dan adab, orang yang menjaga adab dan akhlak yang sesuai dengan tuntunan syariat Islam, maka dia telah berhias diri dengan sebaik-baik perhiasan.

Betapa agungnya memperbaiki diri dan betapa mulianya seseorang beribdah kepada Allah dengan cara memperindah diri mereka. Memperindah diri ini akan mendekatkan seseorang kepada Yang Maha Indah, yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga Allah Ta’ala memperindah dan menghiasi diri kita dengan sesuatu yang Dia cintai dan ridhai. Menghiasi kita dengan perkataan yang benar dan amal yang shaleh. Semoga Dia juga menghiasi hati kita dengan keimanan, anggota badan kita dengan ketaatan, dan memperbaiki semua keadaan kita serta melindungi kita dari setan dan hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan.



Day3 Aisei WritingChallenge

Gunungkidul,6 November 2020


14 komentar:

  1. Dimana itu??? Seperti lukisan. Indahnya....

    BalasHapus
  2. Semoga kita senantiasa memperbaiki dan memperindah diri.

    BalasHapus
  3. Luar biasa .Alloh begitu indah dengan semua ciptaanNnya juga.termasuk bunga2 cantik itu..juga wanita muslim yg indah yg berada di tengahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksih mb eny..smg kita bs sll mmperundah diri dengan akhlak yg terpuji

      Hapus
  4. Alloh maha indah. Terima kasih smg keindahan sll menyertai kita dlm perkataan dan perbuatan

    BalasHapus
  5. Allah SWT penuh dengan Kasih sayang dan keindahan,. Love Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb nani..smg kita bs memprindah diri dg akhlak terpuji

      Hapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca