Cari Blog Ini

Kamis, 15 April 2021

Ubah Dunia dengan Menulis

 

Ubah Dunia dengan Menulis



Semua orang pasti punya mimpi. Mimpi sukses dalam pendidikan, bekerja dan menikah atau mungkin juga mimpi untuk bisa mengubah dunia. Begitupun diriku dengan bermimpi untuk bisa mengubah dunia. Mana mungkin bisa mengubah dunia. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita memang bersungguh-sungguh “man jadda wa jadda” barang siap bersungguh-sunguh ia akan dapat. Itulah satu kalimat yang membuat diri ini semakin yaqin akan mimpi untuk mengubah dunia.

Berawal dari diri sendiri dan berharap nanti akan merambah ke saudara, teman dan juga lingkunganku. Aku bekerja di lingkungan pendidikan tentu saja aku ingin mengubah dunia lewat pendidikan. Bukan bagaimana membuat anak didik menjadi pintar dan juga cerdas namun bisa kita mulai dari guru. Guru yang berperan sangat besar dalam pendidikan itu. Maka gurulah yang harus pertama di ubah.

Selama ini banyak guru berada di zona nyaman, dimana mengajar hanya sesuai kurikulum yang ada, padahal di luar sana banyak yang perlu kita berikan ke anak didik tanpa harus terbatas dengan kurikulum yang dipakai. Saat ini guru di tuntut untuk bisa mendidik dan mengajar yang kreatif dan inovatif. Guru juga dituntut untuk  bisa membuat karya ilmiah ataupun publikasi ilmiah. Banyak guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksaannya. Sebenarnya jika guru berusaha dan keluar dari zona nyaman mau belajar dan meng-ubgrate diri pastilah mereka akan mampu melaksanakan tugas terbaik yang di embanya atau membuat karya ilmiah ataupun publikasi ilmiah tersebut.

Wabah corona membawaku untuk masuk ke komunitas menulis. Dari sana aku bisa mengenal guru-guru hebat di penjuru Nusantara. Pada awalnya memang ada perasaan minder namun dengan semangat yang membara untuk bisa membawa perubahan dalam diri akupun semangat untuk belajar tak malu untuk bertanya pada guru yang lebih luas ilmunya.memilii teman yang beragam membuat aku tambah wawasan dan juga ilmu. Satu yang paling aku bahagia dan bangga dari komunitas itu aku bisa menulis buku solo. Alhamdulilah ternyata untuk belajar itu tidak terbatas usia. Selama ini banyak teman-teman guru yang merasa diri sudah tua dan tidak perlu lagi belajar.

Akupun akan mengubah dunia dengan menulis. Mulai dari diri sendiri dan bermimpi untuk bisa mengajak teman-teman  dan semua guru-guru di seluruh Nusantara terutama pada teman-teman guru GPAI dan juga guru dimana aku bekerja. Aku ingin mengajak agar mereka semangat untuk selangkah lebih maju dengan menulis. Aku ingin mengubah dunia melalui tulisan. Tulisan yang mampu memberi motivasi dan inspirasi untuk orang lain. Aku ingin semua guru-guru di seluruh Nusantara juga mampu menulis. Mengubah dunia dengan mengajak orang-orang disekitar, anak didik  kita teman-teman kita untuk menulis. Karena dengan menulis maka kita akan bahagia jika kita bahagia maka kita bisa banyak menghasilkan karya-karya yang akan  membawa perubahan positif pada dunia. Salam sehat salam literasi  tetap semangat dan terus berkarya.

#JWWritingChallenge

Gunungkidul, 15 April 2021

2 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca