Cari Blog Ini

Jumat, 05 Februari 2021

Public Speaking For Teacher ala Bapak Mufid

 Public Speaking For Teacher Ala Bapak Mufid




Pertemuan ke-10 hari ini kamis, 4 Januari 2021, dalam agenda belajar Public Speaking For Teacher dari PGRI di isi oleh narasumber hebat yaitu Bapak Mufid, Guru Matematika SMK 7 Semarang. Dengan segudang prestasi.Waaw luar biasa.

Menurut Bapak Mufid sebenarnya seorang guru itu baik guru TK,SD,SMP ataupun SMA dan SMK adalah seorang public soeaking.

Beliau merasa orang baru dalam dunia public speaking. Namun karena Om Jay memintanya untuk mengisi acara dari PGRI ini , maka bapak mufid bersedia untuk berbagi pengalaman. Pak Mufid pun menyampaikan tips-tips public speaking sesuai pengalaman beliau.

Konsep Publik Speaking menurut Bapak Mufid.

Sesuai arti dalam bahasa Inggris Public artinya kalayak umum speaking berbicara. Jadi public speaking adalah berbicara di depan umum atau dihadapan umum.

Tips Public Speking ala Bapak  Mufid :

1.      Kenali tujuan dan audiens yang baik

Contoh : Seorang guru MTK. Di SMK kebanyakan siswa tidak suka matematika, dari 36 anak yang suka MTK hanya tidak lebih dari 10 orang . yang tidak suka matematika  mayoritas. Yang ketiga yang tidak suka mtk  Sedikit. Setelah kita tau audiens kita.  Jangan samapi kawan-kawan tidak mengenal audien kita.

2.      Susun point-point penting yang akan disampaikan.

Misal mengajar MTK di SMA dan TIK di Kampus. Satu SMA Atau Kampus pasti karakter mereka berbeda. Maka cara kita menghadapi merekapun juga tentu berbeda. Perlu kita siapkan point – point penting.

3.      Persiapkan alat bantu jika diperlukan

Penguasaan panggung harus kita kuasai. Misal : kita diminta untuk ngomog di depan forum maka kita harus menguasai panggung. Apapun yang terjadi di panggung kita harus tetap tenang, agar acara dapat berjalan dengan lancar. Siapkan alat yang di perlukan missal Lcd, laptop atau peralatan lain yang sekiranya di butuhkan.

4.      Kuasai materi dan berlatih terus

Cerita tentang Bapak Mufid  seorang guru TIK harus selelu belajar karena ilmu akan semakin bertambah. Jika hanya mengandalkan ilmu di banku kuliah maka kita akan tertinggal karena ilmuTIK selalu berkembang.Guru tata busana hanya mengandalkan keilmuanya saat di kampus. Ilmu itu akan selalu ketinggalan jaman.Maka perlu belajar dan terus berlatih.Jangan terlalu berbangga. Jangan membaggakan masa lalu. Bisa jadi prestasi kita masa lalu sekarang hanya sebagai syarat saja. Kalau tidak seperti itu tidak bisa. Kalau kita menguasai materi kita akan mampu menyampaikan.

5.      Perhatikan aspek non verbal.

Contoh : Gestur, bahasa tubuh, bahasa mulut, lempar senyum, banyak berinteraksi.  Walaupun sama materi yang di sampaikan oleh beberapa orang, namun dengan gestur yang baik akan dapat memberikan pemahaman yang berbeda. Mulailah berlatih tentang aspek non verbal. Orang yang ramah murah senyum itu akan membuat orang lain senang dan akan mudah di terima ornag lain apa yang disampaikan.

6.      Be confident jadilah diri sendiri percaya pada diri sendiri.

Salah satu faktor kita bisa jadi Public Sspeaking adalah percaya diri.. Misal pada suatu ketika kita di minta untuk menjadi Publik Speaking dalam suatu event yang sekiranya kita tidak menguasai/mampu  kita bisa menolak. Namun jika kita mampu dan menguasai maka kita bisa menerimanya. Dengan kita enguasai materi maka kita akan percaya diri dalam menyampaikannya.

 

Bagaimana kiat kita bisa menjadi public speaking yang baik saat usia kita sudah mencapai “oversek” atau  usia lebih lima pulahan? Kita bisa terus belajar, belajar tidak melulu harus  dengan orang yang lebih tua namun kita bisa belajar dari orang yang lebih muda dari kitaseperti istilah jawa “ Kebo Nyusu Gudel”  artinya kerbau menyusu pada anaknya. Maksudnya kita bisa belajar pada anak-anak kita tentang ilmu-ilmu yang belum kita kuasai. Jangan malu bertanya.

 

 Tentang kita sebagai public speaking di kelas kita sebagai guru harus mampu untuk buat  kesan pertama begitu menggoda”.Buat trik buat siswa untuk terkesan pada pertemuan pertama kita. Buat anak vokus terlebih dulu jangan masuk ke materi. Kita harus paham pada saat moment apa anak-anak akan paham dan mampu menerima pelajaran kita.

 

Itulah tips-tips  yang disampaikan oleh Bapak Mufid, semoga kita bisa memahami dan mengamalkan apa yang beliau sampaikan.

Salam sehat salam sukses untuk kita semua.

 

Gunungkidul, 5 Februari 2021

4 komentar:

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...