Cari Blog Ini

Sabtu, 06 Februari 2021

BIMTEK DIGITAL AGPAII KABUPATEN GUNUNGKIDUL

 BIMTEK DIGITAL AGPAII KABUPATEN GUNUNGIDUL


Banyak kita jumpai di sekitar kita sebagai Guru PAI  merasa minder dan kurang percaya diri. Di sini Bapak Andar Prasetyo sebagai Kasi PAIS Kabupaten Gunungkidul berpesan  agar kita sebagai guru PAI harus percaya diri, bangga, lebih semangat jangan minder dengan memiliki jabatan guru PAI, jangan merasa kecil kita memiliki tugas yang sangat mulia. Pendidikan Agama bertujuan untuk jangka Panjang yaitu akhirat. Kita bertanggung jawab bagaimana membawa anak-anak kita mengenal agama dan bagaimana bertindak dan berperikau sesuai dengan tuntunan agama yang dianut. Kita memiliki haq yang sama untuk bisa belajar meningkatkan keprofesioanal kita. Setiap ada kesempatan untuk belajar maka gunakan dan manfaatkan dengan baik bergabunglah dengan teman-teman guru yang ingin maju bukan hanya guru PAI melainkan kita harus mampu berbaur dengan guru-guru mapel lain.

Mari berusaha untuk bisa menjadikan anak didik kita merasa kangen saat tidak bertemu kita, jadilah guru yang selalu di nanti dan di rindukan. Untuk itu kita sebagai GPAI harus  meningkatkan kompetensi kita dengan  banyak berkreasi, berinovasi, berwawasan luas serta memiliki jiwa kasih sayang. Untuk meingkatkan kualitas diri kita banyak hal yang dapat kita lakukan diantaranya kita bisa daftarkan diri kita di AGPAI (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia)  ini.

Dengan Bimtek AGPAII ini di harapkan semua GPAI di seluruh Gunungkidul memiliki wadah untuk memajukan diri, meningkatkan kompetensi, karena di dalam AGPAII ini memiliki aplikasi-aplikasi inovasi pembelajaran. Anggota AGPAI ini mencakup seluruh GPAI di jenjang SD, SMP, SMA, SMK di seluruh Indonesia maka dari itu selain kita dapat meningkatkan kompetensi disini kita akan bertambah teman seprofesi yang dapat di jadikan ajang silaturahmi dan berbagi ilmu yang dapat menambah wawasan kita untuk kemajuan guru dan peserta didik kita.

Dengan adanya AGPAII ini maka GPAI sudah bertindak sebelum yang lain memikirkan. Hal ini merupakan satu Langkah lebih maju. Untuk mendaftar AGPAI sanagt mudah yang penting kita sudah punya akun, kemudian daftar diri kita. Disini ada lima aplikasi yang mencakup KTA AGPAI, RPP AGPAI, MODUL AGPAII, PENILAIAN  DIGITAL AGPAII dan SISWA PAI.



KTA

KTA merupakan kartu tanda anggota yang wajib dimiliki guru yang mendaftar di AGPAI. Dengan KTA ini guru akan dapat berselancar dalam aplikasi-apliaksi yang tersedia di AGPAI.

RPP

RPP mencakup RPP SD, SMP, SMA, dan SMK. Setiap RPP  memiliki tujuan, kegiatan dan penilaian. Tanda lonceng yang ada di pojok atas merupakan tanda pemberitahuan tentang RPP. Untuk tanda gir itu untuk edit profil ( Nama, NIP,Nama Kepala Sekolah Nip Kepala Sekolah).  Meu plus (+)  untuk membuat RPP.

PENILAIAN.

Disini terdapat soal-soal yang pernah di tampilakan dari berbagai jenjang.. Terdapat menu buat soal mualia dari kelas, level 1, level 2, level 3, ketrampilan, sikap disini juga ada pilihan soal pilihan ganda isai atau uraian. Ada menu ralat, disini soal-soal yang telah di buat akan muncul. Aplikasi penilaian memudahkan guru dalam membuat dan merakit soal ,bisa juga berkolaborasi dengan teman-teman guru seluruh Indonesia . Aplikasi penilaian AGPAI dapat membantu siswa untuk berlatih soal-soal secara mandiri. Sehingga menjadikan siswa senang untuk berlath mengerjakan soal. Hal ini sangat menunjang untuk pembelajaran jarak jauh.

MODUL

Merupakan wadah perjuangan GPAI yaitu perjuangan untuk kesejahteraan guru dan untuk meningkatkan kompetensi. Disiniterdapat modul PAI yang telah di buat dan di publis. Anggota yang lain bisa melihat dan dapat mengomentari milik teman lain.

Untuk lebih jelasnya tentang aplikasi-aplikasi dalam AGPAII bisa di lihat di Chanel Youtube AGPAII.

Demikian sekilas tentang Bintek AGPAI I yang di adakan  pada tanggal 1-5 Februari di seluruh wilayah DIY dengan di bagi lima kabupaten yang ada di DIY secara terjadwal. Setelah mengikuti bimtek ini peserta harus mengirimkan tugas  ke kantong tugas H+7 dan nanti setelah berhasil mengirim tugas akan di nyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat Bimtek.

Untuk guru-guru PAI yang belum mendaftar ayo segera daftar dan bergabung dengan AGPAI. Dengan bergabung di AGPAI kita akan mendapatkan banyak hal yang positif yang dapat kita gunakan untuk menunjang karir kita sebagi GPAI. Semoga dengan niat lilahi ta’ala untuk mewujudkan tujuan pendidikan Agama Islam kita akan bersemangat untuk meng-ubdate diri. Dengan meninggalkan pola lama menegganti dengan pola baru untuk manjadikan PJJ lebih menyenangkan dengan bergabung dalam wadah AGPAI.




#Thepowerofkepepet

#Pikir15Menit

#Tulis15Menit

#Kasihsayang

#Feb6AiseiWritingChalleng

Gunungkidul, 6 Februari 2021


4 komentar:

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...