Cari Blog Ini

Kamis, 25 Februari 2021

Dari Belajar Menulis Menuju Belajar Bicara

 

Pertemuan Ke-16 Publik Speaking For Teacher Bersama PGRI

Dari Belajar Menulis Menuju Belajar Bicara



Hari Kamis tanggal 25 Februari dalm grup Belajar Publik Speaking For Teacher bersama PGRI mendapat materi dari Bapak Akbar. Sebelum menyampaikan tips berbicara Pak Akbar menyampaikan bagaimana beliau berproses menulis buku sampai best saller. Pak Akbar melihat menulis buku motivasi dengan menggunakan  Pepatah arab Man jadda wa jadda. Pak Akbar berkali-kali datang ke Grammedia hanya untuk melihat-lihat buku yang laris dipasaran. Pak Akbar harus mampu mmbedakan buku yang akan beliau tulis dengan buku-buku motivasi lainya. Buku motivasi yang akan di tulis sama dengan buku-buku motivasi lainya. Yang membedakan adalah motivasi berbasis bahasa arab.  Sebagai alumni pesantren, Pak Akbar menuliskan pengalaman-pengalamnya dan  bicara dari filsafat hidup. Buku ini terjual sampai 500 exemplar.  Waaw sungguh luar biasa. 

Bagaimana  buku beliau di terima oleh Gramedia. Surat pengantar yang beliau buat disampaikan apa keunggulan buku beliau di bandingkan buku yang lain. Di dalam buku ini  jabarkan  10 keunggulan buku man jada wa jadda. Buku pertama buming karena ngomong. Setelah itu siapa pasarnya dan berapa besar target penjualanya. 5 % dari 5 juta. Apa yang beliau  lakukan untuk mempromosikan buku ini. Beliau menyampaikan akan memasarkan seluruh kota besar di Indonesia.

Jika sudah di expos. Kita bisa di kenal orang. Itulah kita exis mudah di kenal bagaimana kita bisa mengenalkan pruduk-produk kita.

Kalau kita tulis buku kita buat komunitas . Buku kedua juga buming karena ngomong. Kenapa orang beli, karena kita bisa ngomong.

Meningkatkan kemampuan Publik Speaking

*5 hal untuk menjadi pembiraca hebat

Hal penting manjadi pembicara hebat

1.      Mencintai pekerjaan kita

Setiap hari kita mengajar kita merasa menyenangkan atau beban. Kalua ini masih menjadi beban. Tanya pada diri kita. kalua kita kerja merasa beban kita tidak akan bahagia. Kerja jangan jadi beban. Cintai pekerjaan kita. Ngomong itu merupakan bagian dari cintaketika kita berbicara dengan penuh cinta energi yang keluar itu berbeda. Dengan ketika kita bicarnya hanya asal bicara saja. Ketika kita bicara dengan cinta, energi akan merasuk ke orang lain. Bicara karena cinta beda dengan tanpa cinta. Ilmu itu hidup, kenapa ilmu itu hidup karena kalau kita ngomong lalu orang mau bergerak melakukan sesuatu maka ketika ilmu hidup maka harus kita hidupkan dulu dengan cinta. Cintai pekerjaan kita.

2.      Perkuat kelebihan kita

Perkuat kelebihan kita dengan menunjukan apa ciri khas kita. Memaksimalkan media pembelajaran. Membuat orang lain mau bergerak. Kita harus tau kelebihan kita. Ketika kita tau kelebihan kita maka kita perkuat.

3.      Bangun percaya diri

Percayalah ini adalah factor yan baik kita masuk dengan percaya diri. Tanamkan dalam diri kita, saya bisa,saya pasti bisa. Ketika kita punya percaya diri maka kita akan punya energi positif. Saya baik-baik saja bismilah saya harus bisa. Kata-kata seperti itu yang mampu membawa kita pada kesuksesan dalm menjalankan tugas kita sebagi public speaking.

4.      Banyak berlatih

Sebuah keterampilan akan menjadi baik jika selalu di latih dan banyak berlatih. Latihannya serius. Minta tolong sama teman untuk memperhatikan apa kekurangan kita. Bisa kita latihan dengan merekamnya lalu kita lihat dan kita perbaiki kekurangan, lama-lama akan menjadi baik.

5.      Punya mentor

Punya orang yang mau memperbaiki kita.

* Kerampilan Publik Speaking

1.      The Voice

Atur tempo dan kecepatan suara, gunakan variasi intonasi, volume kadang tinggi kadang rendah.Ketika ngomong beri jeda sejenak beri  kesempatan audien untuk mencerna, kasih waktu beberapa detik. Berikan jeda sedikit. Kita dengarkan kasih waktu beberapa detik baru ngomong lagi agar pendengar punya kesempatan utuk mencerna.

2.      The Body ( bahasa tubuh)

1)      Mimik muka. Ini menunjukkan jiwa kita. jika hati kita bersih maka mencul senyum yang bersih tidak di buat-buat. senyum dapat membangkitkan semangat kerja aura positif, tinggalkan semua beban pikiran sebelum kerja,jangan memikirkan hal lain selain keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk publik, hindari bermuka masam, cemberut. “ ketulusan terungkap dari senyum” senyum dengan tulus iklas. Latihan senyum yang menyehatkan  senyum ketika bangun tidur. Kita Latihan lima menit setelah bangun tidur di depan kaca berdoa dan senyum dan berdoa alhamdulilah.

2)      Mata . Mengungkapkan segalanya. Jaga kontak mata ketika kita bicara dengan audien. Pandang mata public anda dengan jaga kontak mata. Sapu pandangan kesuluruh penjuru,jangan hanya ke satu arah.

3)      Mendengarkan ( seni memperhatikan orang lain ): pusatkan perhatian pada apa yang dikatakan audiens, dengarkan suara public, tunjukkan pada public bahwa kita  mendengarkanya.Bbiarkan rilex santai dan memperhatikan. “Kesediaan mendengar menjadikan lebih pintar”

4)      Gerakan tangan ( rilex dan santai ) :  janagn melipat. Atau gauk-garuk, telinga hidung. Itu menunjukkan kita ragu.

5)      Gerakan Tubuh

Berdiri tegap tunjukkan antusiasme dan semngat bergerak ke berbagai tempat,rilex dan santai.jangan tegang

6)      komunikasi waktu.disiplin tepat waktu

3.      The Media

Maksimalkan multimedia.Manfaatkan powr point,sesuaikan media dg materi, video,musik

4.      The delivery (kemampuan menyampaikan)

Cara menjelaskan, berinteraksi dengan siswa, menggerakkan ruangan.

Membuka dan menutup presentasi. Point terpenting Tiga menit pertama kita harus bisa buat orang tertawa Bersama kita.

Demikianlah materi public speaking dari Pak Akbar. Semoga bermanfaat. Beberapa pertanyaan yang bisa di simpulkan sebagi berikut:

Untuk mengetahui mngetahui kekurangan dan kelebihan kita. Kita ngobrol sama orang lain. Ketika kita sudah merasa maximal, namun kita belum berhasil. Masih ada ruang untuk perbaiki.  Kesunguhan itu tidak pernah usai.Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik, kalau kita belum di berikan yang terbaik sekarang maka kita akan di beri yang lebih baik. Ini adalah ujian. Kalau kita beulm mencapai apa yang kita lakukan berarti  Tuhan akan menguji kita.example : menulis buku di tengah jalan kita “aduh banyak tugas nih,banyka alasan”. Itu artinya kita tidak sungguh-sungguh,bukan masalah hasilnya tapi sebenarnya kita belum sungguh-sungguh. Setiap Langkah memerlukan kesungguhan. Tuhan memberikan sesuatu  tanpa di uji terlebih dahulu.

Kalau kita mmbuat orang lain tersenyum kepada  kita,kita harus tersenyum dulu, kalau kita ingin orang lain sayang sama kita maka kita harus sayang kepada mereka, jika kita ingin di hargai orang lain maka hargailah orang lain, jika kita ingin merubah orang lain  maka ubahlah diri kita. karena cara kita berbicara intonasi kita, biasanya itu yang bisa  di terima. Komunikasi itu  cerminan hati,  Kita harus paham kita dekati pelan-pelan. Pendekatan dari hati ke hati.

Cara mmbuat orang tertawa. orang menganggab kita serius. Kalau kita adalah bukan tipe orang yang lucu/pelawak. Mari kita mulai dengan membangun semangat positif dengan kita smua. “Silahkan bersalaman dan bilang cantik ganteng di sebelah kanan dan kiri”. Pasti mereka tampil berseri. Kedua  Proyektor. Dengan gambar-gambar lucu, bikin video lucu. Membuat orang tertawa. Akhirnya membuat kita menjadikan orang-orang bersemangat.

Membuat orang tertawa itu harus di latih. Kita bisa Latihan tertawa 40 menit, setiap 5 menit sekali kita tertawa 80 x tertawa, tertawanya 5 menit sekali. 8 menit kita tertawa. 3 menit sekali taip ketika kita tertawa, anak-anak harus ikut tertawa akan terbentuk. Jika di latih memerlukan 21 hari. Memperhatikan 10 detik. Orang lain melihatnya tidak enak. Buat job dan harus di persiapkan. 15 menit sekali harus bisa buat anak-anak tertawa. Buat ice breaking, bergerak dan mmbuat mereka tertawa. Membuat orang tertawa itu harus di latih.

Untuk Membawakan acara resmi kita bawa catatan.  Pertama : Di catat dan di latih. Ketika ngomong intonasinya pas, yang membuat garing ada kata-kata tertinggal. Resmi selalu latihan beberapa kali. Membawa hadirin bertepuktangan, membawa tertawa detik berapa harus di lakukan. Kedua. Tidak bisa huruf R. yang setiap menemui kata-kata dia mncari kata yang   berbeda.  Tetap dihadpai akan di hadapi itulah saya. Bahwa inlah saya. My love voice, aku mencintai diri saya.

Salah satu  factor kesuksesan adalah teman. Kita ingin bisa menulis maka kita harus berteman dengan   orang yang suka menulis. Kalau pingin menjadi pembicara yang baik maka kita harus berteman dengan orang yang pandai bicara. Selektif dalam memilih teman.

Ilmu yang luar biasa semoga membantu kita sebagai publik speaking yang baik.

Salam literasi

Gunungkidul, 26 Februari 2021

6 komentar:

  1. *LIVE ON YOUTUBE*
    *Dari Belajar Menulis Menuju Belajar Bicara*
    Hari Kamis, 25 Februari 2021
    Pukul 19.00 WIB

    live streaming di Youtube
    https://youtu.be/b2S6JY3qYu0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih om Jay..bisa simak youtubnya. Semalem keluar dari zoom dan bisa lanjut gabung di live youtube

      Hapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...