Cari Blog Ini

Rabu, 17 Juni 2020

Berbagi Pengalaman Menulis Resume Kuliah


Pertemuan ke 48
Rabu,17 Juni 2020
Berbagi Pengalaman Menulis Resume Kuliah

Oleh  : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8

Malam ini seperti malam-malam sebelumnya kami peserta guru menulis sangat berbahagia dan tetap semangat mengikuti kuliah online grup guru menulis bersama PGRI. Hari-hari yang telah kami lalui bersama kurang lebih hampir 3 bulan ini menjadikan kami seperti keluarga dan sulit rasanya untuk sedetikpun berpaling dengan grup ini. Para peserta saling memberi motivasi terutama Om Jay yang tak pernah lelah untuk selalu mengingatkan kami para peserta untuk selalu menulis setiap hari.
Untuk malam ini Nara sumber kita adalah Ibu tere yang kita kenal dengan sebutan Cikgu Tere.
Cikgu Tere yang memiliki nama lengkap Teresia Sri Rahayu, S.Pd.SD adalah guru muda dengan berbagai pencapaian sebagai guru berprestasi dan terbaik.Beliau lahir di  Kuningan pada tanggal 13 September 1984 dan saat ini mengajar di SDN WAIHIBUR, KAB SUMBA TENGAH NTT.Inilah prestasi yang sudah beliau raih.

BEST ACHIEVEMENT :
1.         Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kab. Bandung Barat (2014)
2.         Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kab. Bandung Barat (2014)
3.         Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kec. Padalarang (2014)
4.         Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018)
5.         Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional (2018)
6.         Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat nasional (2018)
7.         Peserta Short Course ke Luar Negeri dalam Program 1000 Guru ke Luar Negeri (2019)
8.         40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching Challenge (2019)
9.         Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat internasional (2019)
10.       Guru Inti Terbaik dalam Pembekalan Guru Inti Program PKP tingkat Provinsi NTT (2019)
11.       Peserta Terbaik dalam Bimtek UKS Regional Bali
12.       Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019)
13.       Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkat internasional (2019)
14.       Kader Inti Gerakan Ajarmat / Ayo Belajar Matematika (2019)
15.       Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay (2020)
16.       Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta pada bulan (2020)
17.       35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics (2020)

Ibu Fatimah S.si dari Aceh sebagai moderator yang handal membuka perkuliahan dengan salam serta mengingatkan untuk jalannya kuliah dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pemaparan dan di lanjut sesi kedua adalah tanya jawab.
Selanjutnya Cik gu Tere segera memulai untuk sharingnya
Terima kasih untuk waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk sharing pengalaman dlm membuat resume.

Pertama - tama Cikgu Tere meminta ijin untuk menceritakan terlebih dahulu, awal kisah dair pengalaman beliau dalam membuat resume.
Sekitar bulan Februari, Cikgu Tere melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu beliau belum kenal dengan Om Jay dan juga kegiatan belajar menulis atau yang sering kita sebut kuliah online WAG ini.
Beliau  memberanikan diri untuk bertanya pada Om Jay tentang cara unttk bisa ikut kegiatan belajar menulis, lalu akhirnya saya pun digabungkan dalam grup Belajar Menulis Gelombang 4.
Tidak lama setelah Cikgu Tere bergabung dalam grup, ada info bahwa nanti malam akan ada materi pertama tentang personal branding. Lalu Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yang sudah memiliki blog. Tujuannya adalah agar setelah menerima materi dari narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing - masing. Om Jay mengatakan bahwa dengan cara ini, kita bisa menebar banyak kebaikan melalui tulisan yang kita bagikan tersebut.

Cikgu Tere baru mengikuti model pelatihan melalui WAG dan merasa bingung ketika harus membuat resume, adapun saat itu beliau sendiri sudah memiliki blog. Saat itu alamatnya masih https://cikgutere.blogspot.com, blog ini sudah lama dibuat, beliau sampai lupa persisnya, namun baru beliau isi sekitar bulan Oktober setelah beliau termotivasi oleh seorang teman yang juga merupakan seorang blogger.

Selanjutnya beliau mencoba mencari informasi tentang resume. Cara membuatnya serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya.
Ketika awal menulis resume, beliau coba mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun beliau merasa kaku dan ide - ide tidak bisa mengalir dengan lancar.
Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, saya pun mulai menemukan style sendiri dlm menulis resume. Dari situlah akhirnya saya merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Hal yang menjadi kebanggaan bagi beliau sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang kita buat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu,Cikgu Tere pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya, sehingga  bisa terus memantau trafik pengunjung blog beliau, bahkan melihat banyaknya viewer yang membaca tulisan beliau. Ini adalah contoh artikel yang beliau buat dan dilihat oleh ribuan pembaca
Sedangkan untuk resume hasil belajar menulis, jumlah viewernya bervariasi sekitar ratusan pembaca.
Ini resume yang paling banyak viewernya yaitu 720 orang.
Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, Cikgu Tere punya pengalaman yang unik dan menarik. Ini salah satunya :

Suatu saat, salah satu narasumber kami saat itu, Ibu Lilis Sutikno, beliau adl guru PPKn di slh satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kpd kmi utk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendpatkan hadiah dari beliau. Saat itu kondisi di daerah saya sedang mati lampu. Sehingga  saya harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Dan saya pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , beliau mengontak saya dan menyatakan bahwa saya termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau. Tentu saja saya merasa sangat senang, karena saya bisa membuktikan bahwa saya bisa menulis resume dengan cepat dan beliau juga suka dengan resume yang saya tulis.

Setelah pengalaman itu, akhirnya motivasi beliau dalam menulis pun bertambah dengan motivasi untuk berprestasi. Memang banyak motivasi untuk menulis, tapi bagi Cikgu Tere motivasi beliau menulis ada 2 yaitu untuk berbagi / sharing dan untuk berprestasi.
Beberapa resume Cik Gu Tere yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :

Dan terakhir, beliau mendapat penghargaan sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.
Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya".CikguTere merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan menulis resume. Keajaiban itu datang ketika beliau dan peserta yang lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Dan saya termasuk satu dari sekitar 21 peserta yang menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya saya yang berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.
Terus terang ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi Cikgu Tere. Beliau merasa berat karena memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dengan pemberian penghargaan itu.
Dan apa yg beliau khawatirkan pun terjadi. Banyak guru - guru yang menghubungi beliau secara japri melalui WA dan messenger sekedar untuk meminta tips atau saran dalam menulis.

Tips menulis resume ala Cikgu Tere :

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yang terlewat.
2. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self.
3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat)
4. Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya beliau menghubungkan dengan kehidupan Cikgu Tere, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka beliau awali dengan pengantar bahwa sejak kecil beliau suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat beliau menulis buku dan bukunya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"
5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.
6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dr orang lain / blogger yg lain.
- Menentukan judul resume yang wow
- Mencari referensi terkait topik
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.
-Melakukan editing sederhana (PUEBI)
 7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll).
8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.
9. Lakukan blog walking untuk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.


Inti dari sesi tanya jawab

Ø  Tugas setiap individu beranega ragam, setiap kesibukan bukanlah alasan untuk tidak menulis. Kegiatan yang banyak menyita waktu harus bisa mempersiapkan dengan baik,  pandai mengaturnya mana yang harus di dahulukan.
Ø  Untuk memulai menulis yang di katakana bermutu,tentunya kita harus terus menulis, karena tulisan yang bermutu bukan produk sekali jadi. Ibaratnya butuh jam terbang juga. Dari pengalaman saya, untuk mengetahui tulisan itu bermutu atau tidak, saya coba kirim tulisan saya ke majalah atau blog komunitas sprti kompasiana atau gurusiana. Krn di sana ada penilaian thdp tulisan kita. Kemudian agar tidak minder, kita harus kembali meluruskan niat kita untuk menulis yaitu untuk berbagi. Jika kita ikhlas berbagi, maka pelan - pelan perasaan minder akan hilang. Pertanyaan berikutnya tentang menerbitkan karya, bisa ibu mulai dr lingkup sekolah terlebih dahulu. Mungkin ada majalah dinding atau blog / website sekolah.
Ø  Strategi membuat buku hanya seminggu tantangan Prof Eko : membuat jadwal dulu. Malam itu langsung sy kirim outline Bab 1 - 3 pada Prof. Eko sekaligus rancangan judulnya. Ternyata besoknya langsung di tagih Bab 1 maka berdasarkan outline yang sdh dibuat, dan langsung menulis. Sambil menulis, sambil mencadi referensi pendukung. Kebanyakan dari jurnal dan website online walaupun ada juga yang dari buku koleksi pribadi saya. Dalam perjalanannya kami mendapat tambahan waktu 1 minggu, namun dengan catatan jumlah halaman minimal 100 halaman dan dibuat 5 bab dengan spasi 1. Sehingga kerja keras lagi.



Ø  Dalam memenej waktu, berpedoman pada jadwal sehingga setiap hari punya target.Buat jadwal yang pas dan usahakan setiap jadwal dilaksanakan dengan sunggu-sungguh.Harus komunikasi dengan keluarga.Di Pagi hari meluangkan waktu berfikir sejenak tentang rangkaian kegiatan di hari tersebut.
Ø  Dalam menentukan judul tulisan yang menarik. JUDUL akan sangat mempengaruhi minat pembaca untuk melirik tulisan kita. Saya bahkan sudah membuktikannya sendiri. Ketika tahun 2017 saya mengirimkan 2 artikel untuk lomba matematika yaitu PKB Two In One dan Karya Tulis Ilmiah, artikel saya tidak lolos. Lalu saya mencoba bertanya pada salah satu guru yang pernah mengikutu kegiatan tersebut, ternyata jika ada lomba menulis seperti itu entah essay, PTK ataupun yang lainnya, buatlah judul yang semenarik mungkin, katanya. Sehingga benar - benar membuat penasaran bagi orang lain sehingga akhirnya orang tersebut mau membaca tulisan kita. Buatlah singkatan atau akronim sehingga menghasilkan judul yang wow, tambahnya.
Pertanyaannya sekarang, judul seperti apa yang bisa menarik minat pembaca ? Menurut Mahrani, M.Pd (2019:22) berikut adalah lima judul yang dimaksud :
1)      Judul Bombastis : menggebu - gebu, mustahil, berlebihan. Contoh : 6 Hari Bisa Bahasa Inggris, 10 Hari Sukses Menulis Buku, dll.
2)      Judul Kontroversi : bertentangan. Contoh : Mengubah Wajah Sekolah dari Menyeramkan Jadi Menyenangkan
3)      Judul How to : tips dan trik, cara membuat sesuatu. Contoh : Tips dan Trik Merawat Blog Seperti Anak Sendiri
4)      Judul Manasuka : suka - suka penulisnya. Kadang membingungkan tapi juga membuat penasaran orang untuk membaca. Contoh : Cinta Brontosaurus, Mariposa, Tarian Kunang - Kunang, Laskar Pelangi, dll
5)      Judul Rahasia : sangat membuat penasaran pembacanya. Karena isinya tidak bisa ditebak. Contoh : Lima Judul Tulisan yang Menarik Minat Pembaca, Kitab Sukses Mahasiswa, dll.

Ø  Dalam menulis kita harus punya motivasi agar tetap bersemangat.Motivasi Cikgu Tere hanya 2 yaitu menulis untuk berbagi/sharing dan menulis untuk berprestasi. Menulis utk berbagi tentunya sesuai dgn profesi kita sebagai guru.
Ø   Cara nemasang gafget statistik di laman blog, untuk memantau pengunjung,adalah dengan memasang gadget statistik, caranya masuk di bagian setting blognya ada banyak gadget yang bisa kita tambahkan,
Ø  lalu apa tipsnya supaya banyak pengunjung di blog kita, : buat  artikel yang menarik, aktual, dan yang penting adalah artikel update. Maksudnya seperti artikel Cikgu Tere yang dibaca ribuan orang, tentang download materi belajar di rumah, karena saat itu banyak orang yang mencari materi bahan belajar di rumah.
Dan kuncinya ada di judul, Jangan lupa bagikan postingan blog kita di beberapa komunitas blogger. Atau komunitas guru.
Ø  Dalam meringkas materi jangan sampai kita hanya copas dari materi narsum, namun dimodifikasi lagi dgn kalimat kita agar lebuh enak dibaca. (istilahnya Om Jay)
Ø  Manfaat terbesar yang di rasakan guru yang mampu menulis adalah ketika lolos seleksi beberapa lomba guru karena essay yang di tulis. Di sini tentunya ada juga manfaat yang didapatkan oleh siswa saya, karena dengan mengikuti lomba itu, kemampuan profesional guru juga meningkat.  Selain itu, tulisan yang di buat juga dapat di  jadikan bahan mengajar di kelas.
Ø  Gurusiana juga merupakan blog, namun itu adalah blog bersama, bukan blog personal. Sebenarnya untuk ketentuan itu, gurusiana (setahu Cikgu Tere) tidak terlalu ketat. Apalagi jika kita menuliskan keterangan bahwa tulisan itu telah dimuat di blog pribadi ibu, sertakan linknya. Namun jika di kompasiana, maka hal itu tidak diperbolehkan. Sekalipun tulisan kita sendiri.
Untuk bergabung di tantangan menulis gurusiana, silakan ibu aktif mengikuti postingan  member dan admin gurusiana termasuk media guru
Kesimpulan
Menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri. 🙏🙏🙏

Demikian resume pertemuan kuliah  malam ini.Semoga bermanfaat.
Terima kasih Cikgu Tere sudah memberikan ilmu yang begitu berguna bagi kita semuanya.
Salam literasi
Salam guru blogger Indonesia

10 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca