Cari Blog Ini

Senin, 22 Juni 2020

3 Hal manfaat dari Kegiatan Menulis dari Grup belajar Menulis


Senin,22 Juni 2020

3 HAL MANFAAT DARI KEGIATAN  MENULIS DARI GRUP BELAJAR MENULIS

Oleh: Sumarjiyati,S.Pd.I

Sudah hampir tiga bulan lamanya, mempunyai keluarga baru dimana anggota keluarga ini orang-orang hebat dari Sabang sampai Meraoke. Belajar dari nara sumber-nara sumber hebat. Luar biasa walau diri merasa seperti ilalang berada di rumput hijau nan subur. Hal itu tidak menyurutkan niatku untuk semangat menuntut ilmu dari orang-orang hebat. Berharap akan mendapatkan sesuatu yang sangat berguna bagiku yang kelak bisa di gunakan untuk berbagi.

Pertemuan awal di grup ini kita di latih untuk menulis hal-hal kecil, dengan mendapat kiriman gambar-gambar dari Om Jay sang blogger ternama yang memandu kegiatan guru menulis ini.
Anggota grup ini ada 256 orang, dimana jika ada salah satu anggota grup yang keluar langsung ada guru lain yang masuk menjadi anggota grup ini. Kuliah di adakan 20 x pertemuan wajib dan 10 kali materi tambahan, namun karena permintaan peserta dan penawaran dari Om Jaya maka pertemuan tetap dilaksanakan 3 x semingggu di hari senin, Rabu, dan Jum’at .

Alhamduliah dari kegiatan ini banyak manfaat yang dapat saya ambil :
1.      Mendapatkan ilmu menulis, terutama menulis di blog
Sebelum mengikuti pelatihan ini tidak memiliki blog. Sekarang sudah memiliki dan bisa menulis semua kegiatan dan semua ilmu yang di peroleh di kuliah online ini bisa di bagi dengan  guru lain yang kebetulan belum mengikuti kegiatan guru menulis ini. Bisa mengetahui tulisan-tulisan peserta lain yang sangat bermanfaat.
2.      Memiliki banyak teman se-Indonesia
Dengan mengikuti grup guru menulis ini dapat menambah teman baru yang menambah semangat untuk belajar dan berbagi. Dengan memiliki banyak teman dari berbagai kalangan guru ataupun dosen otomatis wawasan kita bertambah.
3.      Bisa menuangkan ide dan di bukukan.
Dengan menulis dan memiliki blog pribadi maka kita  bisa menuangkan ide melalui tulisan atau artikel kita. 

Artikel-artikel kita yang terkumpul bisa di jadikan buku yang bermanfaat untuk diri kita dan orang lain.
Selanjutnya jika peserta sudah mengirimkan resume ke email om Jay. Maka wajib untuk membukukan resume yang telah di buat tersebut. Sudah beberapa orang  guru yang telah menyelesaikan membuat buku solo. 
Jika sudah mengirimkan  judul maupun naskah buku nya maka peserta akan mendapatkan sertifikat.
Selain mendapatkan banyak ilmu peserta pun juga mendapatkan sertifikat yang tentunya sangat bermanfaat untuk para peserta.
Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk mendapat nilai di angka kredit guru.
Para peserta pun sangat bersemangat untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Alhamdulilah disaat wabah covid melanda negri ini bahkan di seluruh dunia,namun kami dapat memanfaatkan masa WFH ini dengan aktif mengikuti kegiatan guru menulis dari PGRI ini .
Terimakasih PGRi
Terimakasih  om Jay
Terimakasih guru-guru hebat di seluruh nusantara,telah memberi suport dan kekuatan untuk saling mengingatkan di kala kita kurang bersemangat.

Salam literasi sukses untuk kita semua..

7 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca