Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Juni 2020

Membangun Personal Branding melalui Medsos dan Blog



Membangun Personal Branding melalui Medsos dan Blog



Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Narasumber kuliah belajar menulis online malam ini, Jumat 26 Juni  2020 yaitu Bapak Namin AB Ibnu Solihin. Beliau seorang founder  motivator pendidikan.com.

Sekilas tentang narasumber
Namin AB Ibnu Solihin adalah founder motivatorpendidikan.com, Motivator & Trainer Pendidikan, Pembicara Seminar Parenting, Konsultan Branding Sekolah, Dosen, Blogger Pendidikan, Penggiat Pendidikan dan Ayah dari 3 Putri dan 1 Putra yang hidup tanpa Gadget dan Televisi.
Lebih dari 15 tahun telah berkarier dalam dunia training, baik social maupun professional. Sejak Tahun 2015 telah berbagi Inspirasi di Lebih dari 250 lembaga Pendidikan, NGO, Komunitas dan Perusahaan diberbagi Kota dan Pelosok Indonesia.

Mengenal Seorang Trainer dan motivator Bapak Namin AB Ibnu Solihin founder motivatorpendidikan.com buka link berikut ini.
Bermula sebagai seorang Office Boy alias tukang sapu laboratorium computer di sekolah SMK  juga office Boy di Sekolah Dasar disatu lokasi yang sama.

 Memulai hidup mandiri sejak dirinya usia kelas 6 SD sudah berjualan Es Masmbo, jadi tukang bongkar muat bata merah pada saat sekolah MTS, menjadi penjaga kedai buku dan foto copy pada saat awal-awal kuliah, menjadi penyiar radio, jurnalis tabloid, bahkan sempat mendirikan sebuah EO bernama Semangat Promosindo.
Menjadi Guru SD adalah pengalaman paling lama yaitu dari tahun 2004-2015, pernah juga mengajar SMP dan SMA.

Pada tahun 2008 berkesempatan mengikuti program sertifikasi guru dan tercatat sebagai salah satu peserta termuda saat itu. Beberapa amanah Jabatan pernah diterimanya seperti Kepala Seksi Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Kepala Sekolah. Pernah terlibat dalam mendirikan beberapa sekolah, menjadi Tim Seleksi Dosen, Tim Seleksi Kepala Sekolah, Tim Seleksi Guru dan Tim Seleksi Guru Teladan.

Keaktifanya dalam dunia organisasi membuat Bapak namin banyak terlibat dalam berbagai Nara sumber,fasilitator,baik panitia maupun peserta. Aktif dalam organisasi Membuatnya terampil dalam bidang Public Speaking, Leadership, dan Manajemen Organisasi.

Ditahun 2012 Namin mulai melakukan Branding bagi dirinya sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007.Selama perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah Namin banyak membuat Ide dan Gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah sperti medesign logo, membuat kegiatan yang menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan akhirnya namin berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang di dampinginya.

Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh Bp Namin tercatat tahun 2012-2015, beliau melakukan beberapa kali Branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Beliau pernah membranding dirinya sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan guruberakhlak.com, founder @gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com, founder @bisaberbagi dengan mendirikan bisaberbagi.com, founder @komunitasguruinspiratif dan beberapa branding lainnya.

Hingga akhirnya ditahun 2014 Beliau mulai menjadi Trainer dan Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com. Pada tahun itu jadwal trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik Dengan Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan tema-tema pendidikan lainnya. Hingga akhirnya tahun 2015 Namin harus memutuskan jalan terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan Kepala Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena Namin tidak mau mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir jadi kepala sekolah serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar ide dan gagasan Namin dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru diseluruh Indonesia.

 Atas izin serta ridho dari Allah SWT pada tahun 2015 Namin melauching program Training, Seminar dan Workshop di website www.motivatorpendidikan.com, sejak saat itulah  Bapak Namin AB Ibnu Solihin dikenal sebagai founder motivatorpendidikan.com.
Saat ini Bapak Namin aktif mengajar sebagai dosen tamu dibeberapa perguruan tinggi, dengan mata kuliah Adversity Quotient, Managamen Organisasi, Etika Profesi, Kecakapan Antar Personal, Manajemen Pendidikan Non Formal, Landasan Pendidikan, Metodologi Penelitian dan Mata Kuliah Arsip Elektronik. Dalam mengajar Namin mengembangkan sebuah  konsep yang menarik dengan nama “Mengajar Kreatif Layaknya Kelas-Kelas Training” karena penerapan menagajar yang dinamis dan menyenangkan Namin pernah mendapatkan penghargaan dosen terbaik pilihan mahasiswa. 

Bapak Namin membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak
Jika berminat berteman  dengan Bapak naming melalui media sosial yang di miliki beliau yaitu Instagram @motivatorpendidikancom, di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

Apa Itu Personal Branding ?
Personal branding adalah bagaimana cara kita untuk membangun citra diri, memberi label diri kita, mempromosikan diri kita atau cara kita menunjukkan keahlian akan suatu ilmu yang kita miliki ke dunia luar. Melalui personal branding ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh. Masyarakat akan tahu siapa kita, apa saja karya kita, keahlian kita, hingga pada akhirnya mereka akan menganggap kita sebagai seorang pakar pada suatu bidang tertentu. Imbasnya, akan banyak tawaran menjadi seorang pembicara, trainer, ataupun narasumber pada suatu event yang membahas topik keahlian kita.
Internet memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mengakses apapun yang mereka butuhkan. Semua informasi  pun selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah di internet. Face book , blog, youtube, dan lainnya akan membantu masyarakat untuk menemukan apapun yang mereka inginkan. Segala fasilitas ini dapat kita manfaatkan untuk membangun personal branding kita. Blog dan media social.
Lengkapnya materi membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial di bagikan lewat link di bawah ini.
https://www.slideshare.net/naminsekolahakhlak/membangun-branding-melalui-blog-dan-medsos.
  https://www.instagram.com/anaktanpagadget/
 https://www.instagram.com/motivatorpendidikancom/ kalau ini instagram.
 https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/
Membangun Branding memang tidak mudah. Kita harus fokus dan sungguh-sungguh. Membangun Branding melalui blog dan medsos juga harus selaras dengan kepribadian dan aktivitas yang kita lakukan. Menulis konten blog dengan konsisten pada branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kalau mau dikenal sebagai pakar pendidikan, ya sudah menulislah tentang dunia Pendidikan

Bapak Namin mulai ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com. Tulisan di Blog jmasih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati. Lebih dari 10 blog pernah di buat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah  di  hapus semua.

Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  Bp Namin  mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama.
Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013  Beliau mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.
Pada tahun 2014 beliau dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 juga awal saya mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan saya membangun Branding bisa dibaca di profil saya pada link di atas.
Singkatnya akhirnya pada tahun 2015 saya melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang saya isi.
Sebelum website tersebut di launching, beliau banyak mencurahkan gagasannya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com
Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.
Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.
Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.
Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan Bp namin keliling Indonesia, Beliau telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang.
Berminat menghubungi kami sebagai pembicara silahkan kirim surat resmi ke email : infomotivatorpendidikan@gmail.com atau HP. 0813 8460 2045. 

Tips Membangun Branding
1.      Buat nama atau alamat blog sesuai Branding yang telah anda tentukan (unik, simple, mudah diingat).
2.      Menulislah sesuai passion Anda.
3.      Banyak Membaca untuk membuka jendela dunia
4.      Publish potensi terbaik yang Anda mikiki di blog. Misalnya jago puisi, fokus di puisi.
5.      Menulis konten di blog sesuai permintaan pembaca. Hal ini terdeteksi di keyboard pengunjung blog kita
6.      Kelola blog dengan konsisten dan dengan design yang kreatif dan inovatif bila perlu pakai Domain Hosting berbayar.
7.      Share tulisan di blog atau medsos
8.      Jangan jadi plagiat atau copy paste tulisan orang lain.
9.      Menulislah dengan Percaya Diri sesuai kapasitas diri.

Tentang Hosting atau web Hosting

Hosting adalah Hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database ( Niaghoster).
Jadi mudahnya hosting itu adalah tempat dimana website kita menyimpan file.
Contoh website  Bp Namin www.motivatorpendidikan.com
Domainnya."Com" Hostingnya menggunakan id webhost, yang kapasitasnya unlimited.

Motivasi Menulis
Motivasi terbesar Pak Nanim untuk sukses adalah, ingin hidup nya bermanfaat bagi banyak orang.
Untuk menjadi orang bermanfaat, tahapan yang kita harus lakukan belajar dulu.

Kemudian mengalami langsung dan setelah itu barulah kita berusaha untuk memberikan untuk banyak orang.
Maka Pak Namin mempunyai motto "Jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani"

Dalam proses perjalanannya kita wajib terus memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas. Dan hal itu dapat dilihat di profil Pak Namin pada bagian “My Story". 

Saat ini motivasi terbesar beliau adalah ingin mewujudkan visi dan kurikulum keluarganya agar anak-anaknya  menjadi pribadi yang sholeh
Atas motivasi itu , Pak Namin mendidik anak-anaknya  dengan cara @anaktanpagadget, tv dan bioskop.

Proses menulis itu
Gunakan rumus 5a.
1.      Dipaksa
2.      Terpaksa
3.      kepaksa
4.      Biasa
5.      Terbiasa
Jadi paksakan dulu selama 3 bulan minimal menulis 15 menit saja. Insya Allah setelah itu akan jadi terbiasa

Blog yang menarik itu.
ü  Designya simpel,
ü  Postingan dipandukan tulisan, video dan gambar.
Karena kita harus memfasilitasi tiga kecerdasan anak yang Visual, Audio, dan Audio Visual maka blog kita harus berisikan konten tersebut.
Butuh perjuangan memang😊
Maka jangan pernah menyerah untuk belajar.
1. Jika dia punya tujuan untuk dikenal publik, karena agar ilmunya banyak dirasakan manfaatnya oleh orang, maka wajib membranding diri.
2. Pengalaman Bp Namin menyeleksi para calon kepsek yang pertama dinilai adalah : akhlaknya (kepribadiannya), pemahaman ke Islamannya (jika agama Islam), leadership-nya dalam mengelola dan mendidik anak dan istri/suami dan rekannya, kerja nyatanya dimasa lalu, kreativitas dalam mengembangkan sekolah dan SDM,  visi besarnya dan kemampuan problem solving.
Demikian materi malam ini.Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani. Terimakasih, semoga bermanfaat😊

Kesimpulan
Terus belajar dengan banyak sumber. Banyaklah membaca buku.
Karena kita tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca.
Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.Fokuslah menulis sesuai dengan kemampuan kita.

Selamat berkarya salam literasi
Salam guru blogger Indonesia


16 komentar:

  1. Balasan
    1. Masa sih buk..pingin nulis yg songjat padat dan jelas buk.. Tp blm bisa..hehe.. Nulisnya suka pnjang ini

      Hapus
  2. Personal branding adalah bagaimana cara kita untuk membangun citra diri, memberi label diri kita, mempromosikan diri kita atau cara kita menunjukkan keahlian akan suatu ilmu yang kita miliki ke dunia luar. Melalui personal branding ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh. Masyarakat akan tahu siapa kita, apa saja karya kita, keahlian kita, hingga pada akhirnya mereka akan menganggap kita sebagai seorang pakar pada suatu bidang tertentu. Imbasnya, akan banyak tawaran menjadi seorang pembicara, trainer, ataupun narasumber pada suatu event yang membahas topik keahlian kita. joss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkdih om Jay.. Mg kita bs membngun citra diri...
      Dan bs berbagi dg orla..

      Hapus
  3. Semoga saya dapat menulis resume sebaik ini... Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah bu win.. Tulisan saya trllu pnjng mungkin.. Hehe..mau nulis yg singkat padat n jls blm bisa..

      Hapus
  4. Semoga saya dapat menulis resume sebaik ini... Aamiin...

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. makasih bu ismi... mana tulisan bu ismii... ayo semangat.. hehe

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca