Cari Blog Ini

Kamis, 04 Juni 2020

WEDANG UWUH


WEDANG UWUH


Hari ini jum’at, 5 Juni 2020 saya WFH setelah kemarin jadwal piket ke sekolah. Untuk jadwal Setelah perpanjangan masa BDR tidak berubah masih tetap seperti jadwal yang di buat di awal pelaksanaan BDR di pertengahan bula Maret lalu.

Pagi setelah subuh daerah kami sudah di guyur hujan.waah sangat cocok untuk membuat minuman yang menghangatkan.Ya.. kemarin sempat ke warung untuk membeli sayuran dan sekalian saya membeli bahan wedang ewuh.Saya beli yang sudah paketan 1 paket wedang ewuh yang di buat untuk satu gelas seharga Rp.3000,00.Apa itu wedang uwuh ?

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Bahan-bahan
1.      Jahe
2.      Kayu secang
3.      Cengkih, bunga cengkih, batang cengkih dan daun cengkih
4.      Pala dan daun pala
5.      Akar sereh dan daun sereh
6.      Kapulaga
7.      Gula Batu

Cara membuat
Kita siapkan bahannya  bahannya kemudian yang perlu kita lakukan adalah mencuci bersih semua bahan dan jangan lupa untuk memarkan jahe dan menyiapkan air putih secukupnya. Langkah pembuatan wedang uwuh ini adalah sebagai berikut:
ü  membakar jahe sampai harum kemudian memarkan namun jangan sampai hancur
ü  Masaklah air dan masukan semua bahan kecuali gula batu
ü  Masukkan semua bahan dan tunggu sampai mendidih
ü  Durasi pemasakan kira-kira 15 menit
ü  Setelah terasa harum maka anda bisa mengangkatnya dan mendinginkan sebentar
ü  Wedang uwuh sudah bisa dikonsumsi dan jangan lupa masukan gula batu supaya rasa lebih manis.

Manfaat wedang uwuh
1.      Menurunkan kolesterol
Dari berbagai jenis kandungan yang ada di dalam wedang uwuh maka tidak heran jika minuman herbal tradisional ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu bahan didalamnya adalah rimpang jahe dimana jahe ini sangat berguna sebagai pelancar peredaran darah. jahe sendiri memiliki sifat koagulan dimana mampu mencegah terjadinya pembekuan darah bahkan khasiatnya ini lebih besar dibandingkan yang bisa diberikan oleh bawang merah atau bawang putih.

Manfaat lainnya dari jahe ini adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. penelitian yang dilakukan di jepang memperlihatkan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami di dalam jahe. Selain itu jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

Selain kandungan jahe yang sangat bermanfaat, kandungan lainnya seperti kayu manis ini juga akan membuat rasa wedang uwuh menjadi lebih nikmat. Kandungan antioksidan di dalamnya juga sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang saat ini sudah sangat parah di lingkungan. Antioksidan ini juga bisa membantu peremajaan kulit sehingga membuat anda menjadi tampak lebih awet muda.
2.      Kaya antioksidan
Para ahli kesehatan yang telah menguraikan manfaat dari setiap bahan yang ada di dalam wedang uwuh ternyata sangatlah beragam dan baik bagi tubuh. manfaat utama yang ada di dalam wedang uwuh berkaitan dengan melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. kandungan kayu manis dan cengkeh di dalam wedang uwuh akan memberikan rasa dan aroma yang unik. Selain itu adanya daun pala di dalam wedang uwuh mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri perut, melancarkan menstruasi, melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi gangguan pada lambung.

Komponen lainnya yang ada di dalam wedang uwuh ini adalah secang. Manfaat dari secang ini sudah banyak diketahui dan digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Kayu secang ini juga bisa memberikan rasa hangat pada tubuh serta mmampu menjadi antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah. terakhir adalah manfaat dari gula batu sebagai gula alami yang sehat dan aman dikonsumsi memberikan rasa yang enak dan unik pada wedang uwuh ini.

Itulah manfaat dari wedang uwuh bagi kesehatan. Ternyata manfaatnya ini sangatlah banyak dan anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengonsumsi wedang uwuh secara rutin ya. saat ini anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan herbal secara tradisional atau bisa membelinya yang sudah dalam bentuk instan supaya lebih praktis, namun manfaatnya tetap sama.

 Selamat mencoba
Salam guru blogger indonesia


18 komentar:

  1. Terima kasih Resep nya mba,. sehat2. and. kuat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Sehat sll ibu.. Smg d mdhkn dlm mnylesaikan tugas2 kita..

      Hapus
  2. di saya biasanya ada diangkringan. maribuan. enak dan menghangatkan

    BalasHapus
  3. Anget2 joz utk kesehatan masuk pak Eko. Mksih infonya bu

    BalasHapus
  4. Beli di toko2 jg sdh ada kan pak terus di rebus sendiri.. Tp mngkin klo dsana sdh bentuk sachetan ya

    BalasHapus
  5. Wow...joss...seger..anget2...mbk atik..sini jg mendung td hjn ...

    BalasHapus
  6. Wow...joss...seger..anget2...mbk atik..sini jg mendung td hjn ...

    BalasHapus
  7. Terima.kasih resepnya kesulitan cari.daun pala

    BalasHapus
  8. Kalau di pasar belinya di tmpt yg jual rempah2 itu buk atau d tkng jual bunga untuk d bawa je makam itu.
    Di gk mlh sdh d sediakan satu pket.. U satu gelas d bungkus plastik kecil..seharga 3rb buk.

    BalasHapus
  9. Minuman yang ngangeni.... tentunya..

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca