Cari Blog Ini

Jumat, 26 Juni 2020

KKG GPAI Kabupaten Gunungkidul



KKG GPAI  Kabupaten Gunungkidul


Pertemuan KKG Kabupaten dan Korcam se-Kabupaten Gunungkidul di adakan di Rumah “Makan Sekar Kusuma”.Acara di mulai pukul 09.10 WIB dan selesai pukul 11.00.
Susunan Acara kegiatan sebagai berikut :
1.      Pembukaan
2. Sambutan Ketua KKG Kabupaten Gunungkidul
3.      Penyampain Program
4.      Sambutan Bp Kasi Pais
5.      Lain-lain
6.      Penutup

Acara di buka dengan membaca ummul kitab Al-Fatihah
v  Sambutan Ketua KKG ( Bp Supriyanto,S.Pd.I)
Ucapan syukur dan terimakasih atas kehadiran bapak ibupengurus KKG Kabupaten dan Korcam Kecmatan yang telah meluangkan waktu untuk acara KKG  Kab hari ini. Dalam pertemuan ini semua yang hadir tetap melaksanakn protocol yang ditetapkan untuk pencegahan covid-19.
Selama kurang lebih satu semester I pertemuan yang biasanya di laksanakan 3 bulan sekali tapi karena  pandemic ini maka baru bisa di laksanakan. Namun dalam agenda-agenda tertentu info-info dari pais di sampaikan melalui WAG, dan korcam menyampaikan pada kecamatan masing-masih. Untuk agenda di si program pada tahun 2020 tentang TOT Microsoft. Rencana akan di laksanakan di bulan Juli 2020. Untuk anggota 12 pengurus kabupaten ,seluruh korcam di 18 kecamatan dan 2 orang guru perwakian dari kecamatan masing-masing. Selanjutnya mohon untuk seksi program menyampaikan hal tersebut tentang teknis pelaksanaanya.

v  Penyampaian Program(Bp Fuadi & Ibu Ambar)
Dalam masa pandemi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengenai IT sangatlah di perlukan bagi seorang gru.Mau tidak mau seorang guru harus mampu mendesain pembelajaran secara online dengan baik. KKG kabupaten bekerjasama dengan microsof untuk mengadakan pelatihan secara daring yang di peruntukkan guru-guru PAI di seluruh Indonesia.Pelaksanan di mulai tanggal 6 sampi tgl 10 secara Daring selama 2 jam dan di mulai pukul 09-00 - 11-00 WIB. Bisa di aplikasikan pada sekolah masing-masing dan nanti KKG Kabupaten akan membuka link pendaftarannya. Kegiatan ini efektif dan mudah terpantau,peserta di batasi 20 orang tiap satu mentor.Akun nanti dari microsof (guru inofatif). Desiminasi Microsoft office 365 sangat membantu etiap pesrta akan mendapat fasilitas 5 tera di one drive.
Acara di buka secara serentak di seluruh Indonesia yaitu tanggal 6 Juli 2020,di tanggal 7 Juli 2020 pembukaan dari tiap kabupaten masing-masing. Untuk kegiatan inti:
1.      Pengenalan Microsoft team untuk pembelajaran
2.      Hari kedua,One Drive : Bagaimana kita menggunakan dokumen-dokumen secara online dan secara kolaboratif.
3.       Aplikasi swee untuk media pembelajaran
Untuk undangan dan ketentuan lain  nanti akan menyusul.

v  Sambutan Kasi Pais ( Bp Andar Prasetya)
Sebenarnya beliau sudah 4 bulan yang lalu mendapat SK sebagai Kasi Pais di Kemenag Kabupaten GK,Yang sebelumnya beliau di tugaskan di kemenag Kabupaten Bantul.
Bp Andar menyampikan betapa pentingnya guru untuk meningatan kualitas diri sebagai guru,apalagi di masa pandemic ini seoarang guru harus melakukan pembelajaran secara daring.maka di perlukan penguasaan IT. Juga dalam maslah kesejahteraan guru unuk naik angkat pun guru harus melakukan Publikasi ilmiah,untuk melakukan itu maka kita juga memerlukan penguasaan IT yang bagus.Kita sebagi guru harus semangat untuk terus belajar. Kita harus bekerjasama dengan teman-teman sejawat agar lebih bersemangat.Bisa saling sharing, kerjasama,saling support dan bekerja bersama-sama dan menentukan pembibing secara bersama untuk menyelesaikan Pubikasi Ilmiah dalam hal  ini adalah PTK. Pada dasarnya jika sungguh-sungguh di laksanakan PTK itu 3 bulan bimbingan sudah selesai. Asal di jadwal dan konsisten melaksanakn jadwal yang ada. Seperti di Kecamatan Saptosari kemarin sudah berhasil. 15 guru membuat PTK Bersama. Boleh untuk kecamatan yang lain bisa segera memulai.korcam  mohon mendata guru-guruyang telah lama belum naik pangkat untukbisa di daftar mengikuti pelatihan. Sebenarnyaguru sudah cukupdengan “Tupoksi” nya dalam mengajar namun guru di tuntut untuk dapat melakukan pengembangan diri di antaranya membuat PTK.Pesan Beliau Jangan hanya berprinsip  “ aah ngene we gajiku es cukup ra dadi kepala sekolah ra masalah “
Tapi berkait dengan kompetensi tentang TI yang tidak bisa di tawar lagi kita sebagai guru harus tetap ikuti aturan-aturan dari pemerintah. Mohon untuk para guru semangat dalm melakukan pengembangan diri. Terus belajardan tingkatkan kualitas kita sebagai guru.
Selanjutnya Bapak Andar mempersilahkan bagi bapak ibu guru yang mau bertanya.

v  Lain-lain
Di isi oleh bapak wartoyo sebagai team Meda. Menyampaikan dana yang sudah masuk dan buku yang sudah di distribusikan di kecamtan masing-masing.

v  Penutup
Acara di tutup dengan bacaanhamdalah Bersama-sama.

Demikian acara KKG Kabupaten yang di laksanakn pada hari ini ada kurang lebihnya mohon maaf.mohon di indahkan.
Terimakasih

Wonosari,26 Juni 2020 ; 11.30 WIB



2 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca