Cari Blog Ini

Kamis, 18 Juni 2020

Buat Pembelajaran Jarak Jauh menyenangkan

Sore ini alhamdulilah walau hanya 15 bersama namun ilmu dari Pak Nanim begitu luar biasa.
Pada masa pandemi ini membawa dampak  yang sangat luar biasabagi dunia pendidikan. Keadaan ini memaksa para guru bertransformasi untuk mampu melek digital. Sebagai guru kita harus mampu untuk membuat pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan. Pastikan kita seperti mengajar didalam kelas. Ajak anak-anak untuk tetap nyaman belajar jarak jauh bersama kita. 
Banyak Aplikasi-aplikadi yang dapat di gunakan seperti zoom,webek dan lainnya,namun jika ada beberapa siswa yang tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut bisa menggunakan voice noot.

Inilah 3 cara kita agar bisa melakukan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan.
1.Publik speaking yang baik.
Bicara sistematis. Dan dalam menyampaikan materi usahakan berpakaian rapi sebagaimana kita saat belajar di kelas.Jangan melakukan kegiatan lain di saat melakukan pemelajaran. Gestur tubuh yang penuh penjiwaan.
2. Menampilkan slite presentasi yang baik yang bisa di lihat (power point ) tulisan jangan terlihat kecil. Buat tulisan  dengan kata-kata yang mengajak atau memberi inspirasi  siswa. Jika ingin menampilkan gambar dan vidio gunakan korel draw. Di jamin nanti pembelajaran pasti menyenangkan.
3. Seorang guru blog .apa yang kita sampaikan bisa di publis  di blog,bisa di rekam dan di aplaud di youtube agar siswa yang terputus jaringan internet maka bisa mengulang kembali apa yang kita sampaikan.

Ketika kita sudah tampil bagus,materi sudah di desain sebaik mungkin tapi ketika jaringan internet putus maka akan percuma apa yang kita kerjakan. Untuk itu perlu di persiapkan sedemikian rupa agar internet bisa di akses dengan lancar. 

Pesen bapak Nanim bahwa kita sebagai guru harus jadi guru di atas rata-rata yaitu guru yang keseharianya selain melakukan tugasnya mendidik mengajar juga harus kreatif,berkarya dan menghasilkan produk- produk yang bermanfaat di dunia pendidikan.

Selamat berkarya salam literasi salam guru blogeer Indonesia.

7 komentar:

  1. Poin 2. Slide ya...bu.
    Upload

    Ok bangeet. Bisa dipraktikkam nih

    BalasHapus
  2. Tdk ada slide pak.. Untuk yg dr pak Nanim...yg slide pak yahya..tp blm saya tulis d blog..br d kertas.hehe

    BalasHapus
  3. mantap trik PJJ-nya bu, namun daerah kami masih mengalami kendala karena tidak semua orang tua anak memiliki hp yang mendukung untuk pembelajaran. tahun ini aja ada 20 anak, 15 anak yang masuk group tp hanya ada 5-8 anak yang aktif dalam pembelajaran. Bahkan untuk bertatap muka secara online pun anak2 banyak yg tidk mau dg alasan malu...solusinya gmn bu?

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca