Cari Blog Ini

Senin, 15 Juni 2020

Menjaga Konsistensi dalam Menulis (2)

Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I
Peserta Guru Menulis Gelombang 8

Senyum hangat Om Jay menyapa pagi kita hari ini.Semangat yang selalu hadir menyertai kami dan selalu menyala dalam diri semua peserta menulis bersama Om Jay.Dalam siaran langsung Om Jay yang kelima kali ini Om Jay berpesan untuk bisa  menjaga  konsistensi dalam menulis.Seringkali kita kurang dapat menjaga konsistensi tersebut.Hal ini di karenakan kita tidak bisa mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menulis.

Tentu ini menjadi catatan penting dalam konsistensi menulis kita.Untuk itu agar kita mampu menjadi penulis yang baik maka kita harus menjaga konsistensi tersebut.Hal yang harus kita lakukan adalah:

1.Banyak membaca
Usahakan setiap hari kita membaca karena dengan membaca kita akan memperoleh kosa kata baru,kita akan mendapatkan banyak ide.Sehingga dalam menulis kita tidak akan kehabisan kata-kata.Membaca merupakan santapan harian seorang penulis.Apa yang kita baca akan masuk ke long time memory kita.Sehingga saat kita menulis maka kosa kata itu akan muncul.

2.Berkumpul dengan komonitas penulis.
Dengan kita punya komunitas kita akan terjaga dalam menulis setiap hari.Dari komunitas itu maka kita akan mendapatkan kekuatan.
Menulis adalah sebuah ketrampilan,ubdate blog setiap hari maka kita akan mahir dalam menulis,bila setiap hari menulis tulisan kita akan semakin enak di baca dan akan di cari oleh orang lain.

3.Mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menulis.
Kesulitan saat memulai menulis.Hilangkan kemalasan dalam diri sendiri.Kesulitan kita terletak  saat akan memulai menulis.
Jangan menunggu ide datang lalu menulis,tapi menulislah maka ide akan datang ( Om Budiman Hakim)

4.Blog walking( berkunjung)
Lakukan blog walking ke blog teman.Jangan hanya membaca sepintas sehingga tidak memberi komentar, namun dengan melihat,membaca dengan baik maka kita akan bisa memberi komentar.Otomatis jika kita memberi komentar teman pun juga akan mengunjungi blog kita dan memberi komentar pula.

Itulah 4 cara kita menjaga konsistensi dalam menulis.Semoga kita bisa menjaganya sehingga dari menulis setiap hari kita bisa menulis buku dan menerbitkan.Sehingga tulisan kita bisa di baca orang lain dan bisa memberi manfaat.

Terimakasih suntikanya  Om Jay.. 
Salam literasi
Salam guru blogger Indonesia.
Tetap semangat 

2 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca