Cari Blog Ini

Minggu, 06 Desember 2020

Kunci Sukses Kepeminpinan

 Kunci Sukses Kepemimpinan



Kamis, 3 Desember 2020 kembali kegiatan dari Grup Topic: “TANYA GURU “ dari Dompet Duafa  berbagi dengan tema Coaching, Kunci Sukses Kepemimpinan. Materi pertama dari bapak Muh Sirli Gumilang beliau adalah supervisor jaringan sekolah Indonesia Dompet Duafa Pendidikan.

Mengawali prnyampaian materi dengan mengeshare kata dalam bahasa Cina “ Wae Ji” dalam bahasa Inggris crisis dan dalam bahsa Indonesia adalah bahaya. Terdiri dari dua kata wae dan ji . Wae artinya bahaya dan ji artinya peluang. Jadi artinya peluang dalam bahaya. Melihat dari sudut pandang berbeda yaitu bahaya dan juga peluang. Jangan jadikan bencana ini sebagai hanya sudut pandang bahaya saja. Jangan di lihat crisis ini di lihat dari sisi negative saja. Tapi kita perlu melihat dari sisi peluangnyanatau dari sisi kesempatan. Hal ini bisa kita untuk mencari peluang-peluang yang bisa kita manfaatkan dari bencana ini.

Kita dapat mengambil peluang dengan adanya bencana ini kita bisa belajar untuk berlaku lebih hati-hati, kita bisa belajar Bersama secara online seperti sekarang ini, dan masih banyak peluang-peluang yang kita dapati. Itulah pembuka dari Bapak Sirli untuk kita bisa membuka peluang dari bencana yang ada.

Selanjutnya Pak Sirli menyampaikan tentang materi pokok hari ini yaitu tentang coaching.

Coaching yang bagaimana dan kemudian seperti apa sih yang di maksud di sini. Bagaimana kita bisa meningkatkan potensi-potensi di sekolah. Coaching itu sangat luas  dapat di terapkan dimana dan kita sebagai apa, bisa kita terapkan di bidag industry,bisa kita terapkan di sekolah, di perusahaan-perusahaan  untuk pengembangan SDM di perusahaan tersebut,dan untuk di terapkan di berbagai hal, untuk anak-anak kita juga rekan-rekan kita yang mungkin sedang mengalami masalah juga.

Kita bisa menyampaikan pertanyaan-pertanyaan  misalnya pada siswa kita yang terlambat datang ke sekolah dengan memberi pertanyaan yang menyenangkan dan membuat nyaman. Coach itu akan membangun hubungan jadi gunakan  Pertanyaan yang dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa.  Pertanyaan yang  dapat mencari alasan apa alasannya, tetapi lebih bagaimana menemukan solusinya,menguatkan hubungan. Jika hubungannya baikmaka akan muncul kenyamanan tersendiri. Dan apabila keadaan nyaman maka jawaban-jawaban Semua itu butuh tehnik

Tehnik coaching ada tiga hal :

1.      Kemitraan antara coach dan chocee. Kemitraan akan terbangun jika antara choacee dan coach bisa

2.      Proses Kreatif. Suatu saat menemukan solusi itu perluprosess kreatif dari seorang coach dengan cara Teknik bertanya proses kreatif dari seorang coachee untuk menemukan pilihan-pilihan solusinya. Atau alternafif sehingga akan mencapai pada tujuan akhir.

3.      Memaksimalkan potensi pribadi coachee

Lalu bgaimana kita sebagia Choacing, tentunya yang di pikirkan bukan hanya diri kita. Tapi bagaimana kita mengoptimalkan dengan potensi orang lain. Yang menarik Coaching ini  bukan satu-satunya aternatif atau cara untuk pengembangan SDM namun masih ada cara lain. Missal mentoring, conselling itu semua bagian dari pengembangan SDM. Tetapi bisa dengan melalui worskshop, trening dan lain sebagainya. orientasi vamilie yaitu bagaimana mengembangkan team secara personality atau tidak cecara grup. Ada persamaan dari ke empat hal ini. Coaching, mentoring, conselling consulting .


Posisi coaching ini   jika kita contohkan garis horizontal dan vertikal. Garis horintal berkaitan dengan liminasi masa kemana atau orientasinya itu ke masa depan atau atau orientasinya ke masa lalu. Bukan berarti yang berorientasi kemasa lalu itu buruk, tidak dan yang berorientasi pada masa depan itu baik, tidak. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan. Dan kemudian yang terkait dengan garis yang k etas dan ke bawah itu adalah tehnik. Jadi horisontal adalah liminasi masa yang vertical adalah tehniknya. Teknik yang ke atas itu yang bertanya  kalau yang ke bawah itu telling atau memberi intruksi atau memberi tau. Asking telling.

 Berbicara coaching berada di kuadran satu jadi orientasinya ke arah masa depan. Solutif ke masa depan. Tekniknya dengan bertanya bukan untuk menyampaikan. Contoh pertanyan kenapakamuterlambat itu mengandung jawaban kea rah masa lalu bukan masa depan. Tapi jika coache bertanyanya dengan Teknik yang tepat maka itu orienyasinyake mas depan. Jadi bukan hanya sekedar bertanya.

 

Mentoring di kuadran ke empat karena mentoring itu tetap orientasinya ke masa depan jika kita menjadi seorang mentor mka orang yang kita mentiring yang tadinya belum tau menjadi tau tejnik yang di lakukan dengan memberi tahu. Hal ini di lakukan kepada orang yang sudah tau missal car membuat file power point yang menarik. Tidak bisa di lakukan dengan cara coaching.

Pertanayaannya boleh tidak sih  kita menghubungkan coaching dam mentoring pada saat pelaksanaan coaching. Seperti dalam contoh di atas siswa yang terlambat. Ternyata bisa mengkombinasikan keduanya. Jika seseorang sudah mentok dan pada tahab maximal dalam choaching mka baru kemudian mengkombinasikan dengan mentoring. Lalu kemudian conseling dan consulting  perku ilmu lebih lanjut untuk conselornya tentang ilmu yang ia kuasai. Missal tentang consultan keuangan maka ia harus paham dulu tentang ilmu-ilmu keuangan.  Untuk conselling kita lebih orientasinya ke masa lalu. Contoh untuk orang yang traumatic bukan untuk menambah pengetahuan namun untuk menghilangkan traumatic. Ini juga masuk ke dalam pengembangan SDM karena bisa jadi traumatic pada masa lalu itu akan memepengaruhi kinerja yang bersangkutan.maka konsuling juga merupakan bagian dari pengembangan SDM.

Fokus pada coaching.

Yang di lakukan choac profesional

1.      Mengikuti etika dan standar profesional

2.      Membuat perjanjian choaching

3.      Membuat kepercayaan dan keakraban coache

4.      Kehadiran menyeluruh dalm choaching

5.      Mendengar untuk memahami

6.      Pertanyaan yang tepat

7.      Komunikasi langsung

8.      Menciptakan kesadaran

9.      Membuat rencana

10.  Perencanaan dan menetapkan tujuan.

Dari kesepuluh itu yang ditekankan oleh pemateri adalah yang no 3.5 dan 6.

Yang pertama  tentang “Membangun kepercayaan dan keakraban”. Membangun kepercayaan dan keakraban  dengan choachee dapat di lakukan dengan :

Dalam satu yang perlu diingat dalam suatu rapat. “Ada satu hal yang ketika ini tidak di lakukan maka lambat laun organisasi ini akan hilang atau kacau”. Dari semua jawaban yang ada yang terpentig adalah ketika rasa percya itu sudah tidak ada. Bagaimana kita untuk membangun kepercayaan.

1.      Semua dengan coache (bukan tentang diri coach)

2.      Hubungan mitra (ada Batasan hubungan)

3.      Fokus pada tujuan

4.      Mendengarkan dengan tujuan penuh

5.      Menghindari saran langsung

6.      Tidak menilai memberikan label/berasumsi

7.      Tidak memberi tau solusi

8.      Mirroring

Yang kedua .Kuncinya suatu hal yang pasti “ mendengar untuk memahami”

Mendengar untuk memahami itu hal yang simple namun untk mempraktekkannya itu snagat berat sekali. Kadang ita lebih suka untu berbicara. nHa iitantangan untuk kita bahwa ketika kita mendengatrkan kita seras ingin mengomentari

1.      Day attention (Kita berikan perhatian lebih)

2.      Give feedback

3.      Defer judgement

4.      Respon aproprielly

5.      Show that you are listening ( dengan cara mengangguk,merespon missal “oo begitu”)

Urutan yang keenam yaitu untuk “mengajukan pertanyaan yang power full”.

 Yang harus kita lakukan adalah memberikan pertanyaan-pertanyaan yang tepat.  Pertanyaan yang mengandung jawaban pada masa lampau, pertanyaan yang kepo itu perlu kita hindari.

Sebagai contoh pada siswa kita yang terlambat. Gunakan pertanyaan yang membuat dia nyaman dan pertanyaan yang menimbulkan jawaban solutif.  – “Bagaimana perasaanmu jika kedepan kamu tidak terlambat lagi ?

Urutan kita yang perlu  kita lakukan. Tanyakan tentang  goalnya.Goal-reality ( kondisi-kondisi yang nyata)-option(pilih opsi untk mengatasi masalah)-way forward( sebuah perencanaan)

Focus pada tujuan

Bertanya dengan power full untuk menyelesaikan masalah dan menumbuhkan cita-cita. Menggugah untuk menjawab pertanyaan dengan jawaban yang mengandung solusi.

Contoh pertanyaan : Goal-powerfull. Tepat untuk pertanyaan option. Setelah ada opsi-opsi yang ada maka kita dapt mengambil untuk dapat menyelelesaikan masalah. Tahab selanjutnya kita bertanya tentang rencana-rencana selanjutnya untuk mengatasi masalahnya.

Itu barangkali teknik yang tepat untuk di berikan kepada coachee. Coaching ini merujuk pada solusi bagaimana kita menggali pada si coachee atuu personal-personal. Semoga apa yang di sampakain menjadi bayangan untuk kita terapkan dan untuk menambah pengetahuan. Terimakasih.

Salam sehat,salam literasi, tetap semangat dan terusberkarya.

Des6AiseiWritingChallenge

4 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca