Cari Blog Ini

Senin, 14 Juni 2021

Memaknai Sila Kedua Pancasila

Memaknai Sila kedua Pancasila





Pancasila merupakan buah pikiran, musyawarah, dan mufakat yang dilakukan para tokoh penting pada masa perjuangan kemerdekaan. Hasil buah pikir tersebut di harapkan mampu membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik mewujudkan Indonesia yang merdeka berdaulat adil dan Makmur.

Dalam Pancasila, ada lima sila atau pedoman yang perlu diketahui. Kelima sila tersebut memiliki arti dan makna tersendiri yang harus dipahamioleh masyarakat Indonesia. Minggu lalu saya mencoba untuk menulis tentang bagaimana memahami Pancasila sila kesatu. Untuk minggu ini saya akan berusaha untuk bisa menulis tentang bagaimana memaknai sila Pancasila sila kedua.

Sila kedua yang berbunyi 'kemanusiaan yang adil dan beradab'. Tanpa memahami maknanya, susah untuk kisa menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari sila kedua Pancasila dapat kita ambil beberapa makna yang pertama Kesadaran perilaku setiap rakyat Indonesia akan disesuaikan dengan nilai-nilai moral dan tuntutan hati nurani yang ada pada sanubari setiap pribadi masing-masing.

Atas kesadaran tersebut, diharapkan bisa memberikan peran dari masing-masing lembaga masyarakat Indonesia untuk melakukan atau melaksanakan pembangunan sesuai kapasitasnya.

Misalnya kita sebagai seorang pendidik harus mampu memberikan contoh bagaimana kita bersikap terhadap anak didik kita dari berbagai karakter dan tingkat sosial yang ada tanpa harus membedakan asal dan golongan mereka.

Kedua tentang hak asasi manusia ialah serangkaian pengakuan serta menghormati Hak Asasi Manusia ( HAM ) antar individu yang sejatinya dimiliki seseorang ketika ia baru dilahirkan. Semua warga negara Indonesia berhaq mendapatkan kehidupan yang layak, pendidikan, kesehatan, rasa nyaman dan mendapatkan keadilan.

Ketiga tentang kemanusiaan yaitu mengembangkan atau menumbuhkan sikap saling mencintai antar sesama makhluk, atas dasar kemanusiaan. Dengan demikian akan tercipta kehidupan masyarakat yang aman tentram serta dapat mengurangi tindak kejahatan.

Keempat Makna sila kedua pancasila yang keempat adalah proses untuk bisa menerapkan kehidupan yang adil dan beradab.

Makna yang satu ini sangat penting, mengingat pembangunan yang ada harus merata serta harus dilakukan dengan terus mempertimbangkan jumlah penduduk, wilayah, dan hal-hal lainnya.

Kelima sikap tenggang rasa. Pengalaman dalam mewujudkan sikap yang terkandung dalam sila kedua Pancasila ini bisa memberikan dorongan dalam memunculkan dan mengembangkan sikap tenggang rasa atau saling hormat menghormati dalam hubungan sosial, baik antar individu maupun kelompok masyarakat. Perbedaan yang ada dalam masyarakat  tetap bisa terjaga dengan bersikap dan bertindak sesuai norma-norma, tidak melanggar aturan-aturan  yang berlaku dengan mengedepankan akhlak dan adab dalam bertindak dan bersikap insyaAllah perbedaan yang ada tidak menjadikan masalah sehingga dapat mewujutkan masyarakat yang aman dan tentram.

 

Itulah beberapa hal yang bisa kita amalkan dalam penerapan pengalaman sila kedua Pancasila, semoga semakin kita memahami makna dari sila-sila Pancasila akan menambah kecintaan kita pada tanah air dan kita bisa ikut berperan serta untuk menciptakan Indonesia yang adil makmur dan sejahtera.

Salam sehat, tetap semangat dan terus berkarya.

 

#HariKesaktianPancasila

#AiseiWritingChallenge

#Juni2021Challenge

Gunungkidul, 15 Juni 2021 

4 komentar:

  1. Semoga kita akan terus menyadari betapa pentingnya makna sila-sila dari Pancasila. Terlebih bisa mengamalkannya. Bagus sekali pemaparannya Bu. Mantap.

    BalasHapus
  2. Mudah2an kita bisa terus menjadi contoh ya bu buat anak2..terkadang masih ada saja bullying di sekolah..menyangkut sila kedua ini sangat berkaitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Betul ibu.. Msh bnyk kt jumpai pd anak-anak kita

      Hapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...