Cari Blog Ini

Minggu, 06 Juni 2021

Memahami Sila Pertama Pancasila

 

Memahami Sila Pertama Pancasila


Teet teeet.. bel berbunyi tanda jam istirahat tiba, tepat pukul 11. 45 WIB adalah  jam istirahat kedua. Siswa-siswi berhamburan keluar kelas. Ada yang berlari menuju  ke halaman sekolah, ada yang lansung menuju tempat wudu untuk persiapan tunaikan salat duhur berjamaah. Berhubung mushola yang ada di sekolah hanya kecil dan hanya dapat menampung siswa atau guru yang berjamaah sekitar 30 orang, maka jadwal salat di mushola pun di laksanakan perkelas. Untuk selebihnya melaksanakan salat jamaah di masjid di sekitar sekolah kami yang jaraknya hanya sekitar 50 meter dari sekolah.

Di kelas enam terdapat 30 siswa satu diantarnya adalah siswa non muslim. Walau dia non muslim namun ia merupakan siswa aktif yang selalau mengingatkan teman-temannya untuk segera laksanakan salat berjamaah. Walau sudah menjadi kewajiban untuk siswa muslim selalu melaksanakan salat duhur berjamaah di sekolah namun masih saja ada anak yang menunda-nunda bahkan bermalas-malasan untuk salat duhurnya. Brian adalah salah satu siswa non muslim yang ada di kelas enam. Dialah yang selalu membantu ibu guru untuk mengajak teman-temannya yang belum aktif berjamaah. Brian juga menghormati teman lain, saat waktu salat Brian tidak mengajak temannya bermain. Tindakan Brian merupakan salah satu sikap pengamalan dari sila pertama pancasila.

Sila ke-1 Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa artinya kita sebagai warga negara Indonesia yang berpedoman Pacasila harus percaya adanya Tuhan yang maha Esa yang kita yaqini. Sila ini mengandung butir-butir pengamalan beserta nilai-nilai dan maknanya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah atau kelas. Sikap dan perilaku Brian adalah termasuk di dalamnya.

Semoga ada Brian-Brian yang lain yang mampu mengembangkan sikap hormat menghormati antara pemeluk agama lain. Bekerja sama dan mampu membina kerukunan hidup antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tugas kita sebagai guru dan orang tua agar mampu menanamkan sikap hormat menghormati pada anak-anak kita, peserta didik kita untuk bisa mengamalkan ajaran-ajaran  dalam Pancasila.


#HariKesaktianPancasila

#AiseiWritingChallenge

#Juni2021Challenge

Gunungkidul, 6 Juni 2021

14 komentar:

  1. Yes, super sekali bu. Memang nilai-nilai Pancasila harus tetap menjadi pembiasaan dalam lingkungan belajar semua.

    BalasHapus
  2. Walau beda agama, tetap satu Indonesia. Mantap!

    BalasHapus
  3. Luar biasa ceritanya, two thumbs up buat Brian!

    BalasHapus
  4. Terimakaish inspirasinya, bu

    BalasHapus
  5. Wah, keren nih Brian. Salut, buat Brian

    BalasHapus
  6. Hebat Brian...
    Selalu mengingatkan dalam kebaikan...
    Terimakasih sharing inspirasinya Bu

    BalasHapus
  7. Jadi teringat murid saya...kangen rasanya solat bareng. Terima kasih, bu Atik sharingnya!

    BalasHapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...