Cari Blog Ini

Senin, 21 Juni 2021

Dialog Tag

Dialog Tag


Dalam kesempatan malam ini di kelas WCS cerpen aku mendapatkan ilmu. Aku suka sekali  baca cerpen dan ingin sekali bisa menulis cerpen.  Selama ini aku menulis cerpen sekedar menulis saja, menceritakan apa yang aku rasakan,  bersyukur banyak teman yang memperhatikan tulisanku dan memberikan komentar tentang bagaimana penulisan yang benar. Bukan berlatar belakang dari guru Bahasa Indonesia tentu saja aku banyak kekurangan dalam hal tata bahasa. 
Dengan keinginan kuat akupun mengikuti WCS kelas cerpen ini,  berharap banyak ilmu yang akan aku dapati. Malam ini kembali aku mendapatkan ilmu tentang dialog tag. Berikut pemaparan materi dari Kak Ratna. 
*DIALOG TAG*
1. Apa Dialog Tag itu?
Dialog tag adalah sebuah frase yang mengikuti dialog. Fungsinya adalah untuk menginformasikan kepada pembaca identitas si pengucap dialog.
2. Kapan dan di mana penggunaan dialog tag?
Dialog tag digunakan setelah pengucapan dialog. Didahului dengan . (titik) atau , (koma) kemudian tanda " (petik) tergantung situasi dialognya.
3. Contoh dialog tag
"Anak itu memang cerdas," kata ibu✔️
"Mak, aku ingin berhenti sekolah," ujarku sore itu.
"Sudah, Dik," jawabnya.
"Jangan pergi!" seruku padanya.
A. Netral
- ujar
- salam
- celetuk
- ucap
- desak
- kata
- pamit
- harap
- pesan
- cetus
- tutur
- papar
- ungkap
- tandas
- tanya
- tegur
- sapa
- ajak
- panggil
- pungkas
- tegas
- ajak
- pinta
- tunjuk
- beber
- seloroh
- cakap
- lontar
- akunya

B. Netral sebagai respon
- sahut
- lanjut
- jawab
- tawar
- tolak
- sambut
- sanggah
- imbuh
- terang
- balas
- tangkas
- tambah
- sambung
- jelas
- sela
- sosor
- tukas
- potong
- kilah
- usul
- putus
- protes
- urai
- saran
- berondong
- timpal
- kekeh
- kelit
- deham

C. Ada Emosi
- sindir
- hina
- gerutu
- sungut
- rengek
- tekad
- resah
- cemooh
- ejek
- kelakar
- canda
- cela
- ledek
- gerundel
- puji
- keluh
- adu
- perintah
- cibir
- tuntut
- decit
- cicit

D. Emosi Bernada Rendah
- bisik
- gumam
- decak
- desah
- rintih
- desis
- sesal
- ulang
- lirih
- racau
- batin
- ringis
- hembus
- goda
- rajuk

E. Emosi Bernada Tinggi
- jerit
- geram
- usir
- bentak
- berang
- hardik
- teriak
- tuduh
- tampik
- tantang
- pekik
- tekan
- sembur
- seru
- erang
- serang
- cecar
- raung
- sergah
- murka
- dengus
- ketus
- marah

Bagaimana cara penggunaannya?

Kalau masih bingung, ini ada tipsnya.
Dialog tag hanya digunakan untuk mempertegas siapa yang bicara.
Contoh 1 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," kata Mia.
Keterangan : Setelah kata putus, diikuti dengan koma, petik, kemudian kata Mia merupakan dialog tag dan menggunakan huruf kecil.

Contoh 2 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," katanya.
atau
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," kataku.
Keterangan : Dialog tag bisa diakhiri dengan nama tokoh atau "katanya" atau "kataku".
Contoh 3 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," tangis Mia.
Keterangan : Dialog tag tidak hanya berupa "kata...." tapi kamu juga bisa pakai "tangis, ucap, ujar, keluh, dll"

Contoh 4 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus!" bentaknya.
Keterangan : Meskipun diikuti ! (tanda seru) atau ? (tanda tanya) awal dialog tag tetap huruf kecil.

WARNING!!! 
Dialog tag harus selalu didahului dengan , (koma) dan diawali dengan huruf kecil.
Berikut ini adalah contoh yang salah. Sekali lagi, ini adalah CONTOH YANG SALAH LOH YAAAAAA. hehe
Contoh yang salah :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," Kata Mia. (1)
atau
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus." kata Mia. (2)
Keterangan : K di contoh (1) besar dan dialog di (2) diakhiri dengan titik jadi contoh tersebut tidak tepat untuk dialog tag.

Sekarang bagaimana kalau setelah dialog diikuti dengan aksi? Ya, berarti tidak diperlukan dialog tag lagi.
Contoh 1 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus!" Mia melempar telepon genggamnya ke sofa.
Keterangan : Melempar telepon genggam ke sofa merupakan aksi jadi tidak diikuti dialog tag.

Contoh 2 :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus." Mia menunduk, menangis lagi.
Keterangan : Menunduk, menangis lagi merupakan aksi.
Nah... sekarang gimana kalau mau pake dialog tag + aksi?
Contoh :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," bisiknya. Mia menunduk, menangis lagi.
Oke, tetapi ada pengecualian juga....
Contoh :
"Aku tidak akan kembali padanya lagi. Kita sudah putus," dia menunduk, menangis lagi, "kukira Andi tidak akan pernah menyakitiku. Hatiku terluka dan sekarang semuanya tidak akan pernah sama lagi."

Keterangan : "dia menunduk, menangis lagi," itu bukan dialog tag. Itu merupakan aksi juga, tetapi karena masih nyambung dengan dialog pertama jadi di awal (dia) menggunakan huruf kecil kemudian di akhir ketika mau masuk dialog lagi diikuti dengan koma.

Demikian materi yang dapat aku terima semoga bermanfaat.  Tulis apa yang anda lakukan lakukan apa yang anda tulis. Semoga setelah mengikuti kelas cerpen ini tulisanku bisa lebih bsik lagi.  Terimakasih
Salam sehat,  salam literasi tetap semangat dan terus berkarya. 

Gunungkidul,  21 Juni 2021

6 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca