Cari Blog Ini

Jumat, 07 Agustus 2020

Parenting

 

PARENTING



Peran Ibu dalam mendidik anak jauh lebih daripada sekolah formal.

Ibu adalah guru terbaik

Guru Pendidikan karakter terbaik adalah ibu, karena hanya ibu yang bisa mengajar dengan hati dan karakter yang baik akan terbentuk dari hati yang baik juga.

Faktanya … Kebanyakan ibu beranggapan

Saat anaknya sudah masuk sekolah  maka sekolah lah yang bertanggungjawab sepenuhnya atas Pendidikan anak, berharap anak punya penddikan agama yang baik, karakter yang positif dan berharap anaknya rajin mengaji. Tapi di rumahnya sendiri tidak pernah diberikan tauladan dan contoh yang baik. Pepatah mengatakan “satu contoh lebih baik dari seribu nasehat ”. Hal sekecil apapun yang kita lakukan akan sangat berdampak bagi anak-anak kita. Apabila kita memberi contoh yang baik maka anak pun juga akan mengikuti kita apabila kita beri contoh yang tidak baik anakpun akan mengikutinya. Jadi apapun Maka berhati-hati dalam berperilaku sehari-hari. Tindakan orangtua akan selalu dicontoh oleh anak-anaknya. Disini peran ibulah yang sangat dominan karena kebanyakan anak dekat dengan seorang ibu walau tidak bisa kita pungkiri ada juga anak yang lebih dekat sama ayahnya.

Di masa pandemi ini justru beban orang tua bertambah berat karena diberlakukan School from home, orang  tua harus pinter-pinter mencari alternative kegiatan , terutama untuk mental anak.



Kenyataan yang terjadi  saat ini

รผ  Banyak Orang Tua mulai kebingungan mengatasi kebosanan  anak saat School From Home

รผ   Orang Tua  khawatir metode pembelajaran anak saat masa pandemi ini tidak cocok diterapkn

รผ  Resiko kurikulum yang digunakan tidak afektif diterapkan saat Schol From Home

Orang tua dituntut untuk extra sabar dan super kreatif saat menghadapi anak-anak mereka, apalagi dimasa pandemi saat ini yang mengharuskan  anak-anak bisa semangat untuk belajar. Belajar sendiri kadang membuat mereka kurang bersemangat jka kita orang tua tidak pandai-pandai dalam membersamai belajar mereka kesabaran angat di butuhkan karena biasanya anak akan nurut denagn gurunya dari pada orang tua mereka. Sehingga anak-anak cenderung kurang beremnagta dan selalu banyak alasan dalam mengerjakan tugas-tugas dari gurunya selama masa daring ini.

Anak belajar dari kehidupanya

Jika anak hidup dengan dorongan ia belajar percaya diri

Jika anak hidup dalam dukungan ia belajar menyukai dirinya sendiri

Jika anak hidup dalam pengakuan ia belajar mengenai tujuan

Jika anak hidup dengan pujian ia belajar menghargai

Jika anak hidup dengan saling pengertian ia belajar menjadi sabar

 Jika anak hidup dengan rasa aman ia belajar memiliki kepercayaan

Jika anak hidup dengan kejujuran ia belajar menjadi adil

Jika anak di terima dan hidup dalam persahabatan ia belajar menemukan cinta

Jangan sia-siakan moment Bersama anak-anak kita, penyesalan terbesar dalam hidup adalah di kala kita salah mendidik anak. Didik anak-anak dengan penuh cinta dan kasih sayang supaya mereka tumbuh dengan kekuatan hati yang mampu membawanya pada kebesaran jiwa, mampu menghadapi tantangan hidup ke depan.

Salam literasi salam guru blogger Indonesia

14 komentar:

  1. Wow keren..mbk atik..semoga kita menjadi ibu hebat..orang tua hebat utk putra putri kita

    BalasHapus
  2. Aamiin bu guru..
    Terimakasih dan tolong ingatkan saya ya jika saya sering mengeluhkan masalah anak๐Ÿ™๐Ÿ™ sangat bermanfaat sekali bagi saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mndidik bersama2 ya.. Antara guru n orang tua.. Ibubtetap yg utama

      Hapus
  3. Aamiin bu guru..
    Terimakasih dan tolong ingatkan saya ya jika saya sering mengeluhkan masalah anak๐Ÿ™๐Ÿ™ sangat bermanfaat sekali bagi saya..

    BalasHapus
  4. Semangattt menjadi orang tua ๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  5. terimakasih ilmunya bunda... mohon bimbingannya

    BalasHapus

Benang Rindu

Benang Rindu Merah senja membawa kisah Pada sebait kata yang menggugah Jiwa meronta karena terpisah Bukan karena tak cinta namun...