Cari Blog Ini

Kamis, 13 Agustus 2020

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku

 

 Berbagi Pengalaman Menerbitkan buku


Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Berbagi pengalaman menerbitkan buku oleh Mb Siska .Mb Siska akan menjelaskan tentang  bentuk-bentuk tulisan nonfiksi.Namun sebelumnya akan di jelaskan dulu alasan mengapa kita harus menulis.tentang mengenal ragam tulisan non fiksi.   


Mengapa kita menulis.

Pertama Dalam kontek Islam  sabda Rasul : Qoyyidul ‘ilmi bilkitabi artinya  :  “Ikatlah ilmu dengan tulisan”. ini merupakan sebuah  landasan  utama untuk menulis.

Kedua : merupakan bentuk knowlage menegemen atau Menejemen pengetahuan kita. Membagi tulisan kita untuk orang lain dengan pengetahuan menulis. Pengalaman pengetahuan sebuah Lembaga atau Yayasan (organisasi), harganya mahal.kebanyakan dari tulisan tersebut di protek. Dalam kontek pribadi untuk knowlage manajemen. Tulisan kita itu adalah muaranya kesana untuk  mengelola pengetahuan kita agar mnjadi copyright milestone. menjadi jejak langkah kita. Dengan tulisan kita bisa bercerita  pada orang lain.bahwa kita pernah  melakukan sesuatu .kita pernah punya gagasan,kita pernah punya pengalaman. dan seterusnya.

Ketiga.Tulisan itu adalah sebuah  Legalitas paten dari aktivitas kita.  Ide /gagasan kita mengapa kita harus menuliskan ilmu yang kita punya, karena  dalam rangka untuk mematenkan gagasan kita ide kita. Jangan sampai di kemudian hari kita ketika pernah bicara kesana kemari namun belum kita tulis. Sementara ada yang mendengar gagasan kita dan menuliskannya. Missal kita punya ide namun belum di tulis lalu yang mendengar menulis dan memproduksinya membuatnya sebagai gagasan orang yang menulis. Itu bisa kita paten kan dan menjadi produk kita. Dan itu sebagai bukti bahwa ide itu bukan dari kita kerena orang tersebut memiliki bukti dengan tulisan  tersebut..

Karya non fiksi

Pengertian : Menurut KKBI  adalah yang tidak bersifat fiksi , tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Dalam kontek karya atau tulisan  non fiksi adalah karya informatif  dimana  penulis bertanggug jawab penuh atas kebenaran dan akurasi  informasi  yang di sajikannya. Kenapa begitu karena yang tau tentang tulisan itu ya kita sendiri yang tidak bersifat fiksi  karya infomartif dimana penulis bertanggungjawab penuh atas kebenaran tulisan yang di sajikannya. Yang tau tentang yang kita tulis hanya kita sendiri yang tau jangan sampai menjiplak. Sesuatu yang tidak melakukan tapi kita mengkklaimnya sebagai yang melakukan itu tidak boleh. Kita harus bertanggung jawab penuh tentang tulisan kita sendiri.

Apa saja tulisan ragam non fiksi ?

Mengacu pada reverensi umum karya non fiksi itu banyak banget.Tidak hanya buku tex saja tapi insiklopedi,kamus itu juga termasuk karya nonfiksi.


Nonfiksi yang bisa cepat kita tulis.

Ragam non fiksi .


1.       Berita

Berita adalah  cerita  atau keterangan melalui peristiwa hangat.Teknis penulisan berita itu ada 2 yaitu:

Ø  Hard news ;berita yang to the point tidak bertele-tele isinya lugas dan singkat. Bisa kita dikoran atau media online. Berita yang sangat cepat sekali missal ada kebakaran di daerah tertentu dan di tuliskan oleh wartawan.

Ø  Fiature : artikel yang kreatif sifatnya selain informatif tapi juga menghibur gaya menulisnya  adalah gaya bercerita atau true story dmn hrpnnya pembaca selain mendapat informasi pembaca juga mendapatkan hiburan dari sini. lebih banyak bunga2 bahasa hiasan Kata-kata  tulisan bisa kita masukan di sini kata-katanya tidak lugas namun bisa menambahkan beberapa pengembangan dalam tulisan.

1.       Esai

Karangan  prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandangan pribadi penulisnya. Di sebut sebagai opini  jadi kita mengangkat sebuah topik kemudian kita kupas berdasarkan tulisan kita bisa juga kita tawarkan solusi disana.

Dibawah ini adalah contoh dari tulisan esai yang pernah diposting di Kompasiana dengan 1000 lebih pembaca, tentang film India yang sempat menjadi headline dengan judul " Every Child is special". Cerita tersebut diambil sebagai lesson learn dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.


1.       Catatan Perjalanan

Ragam nonfiksi berikutnya yang dapat diproduksi dengan mudah yaitu Catatan Perjalan. Tulisan tentang proses sebuah perjalanan atau ulasan tentang apa yang ditemui dalam perjalanan  tersebut, dapat berupa ulasan tentang tempat atau lokasi yang dikunjungi, budaya daerah dan makanan khasnya.

 Contoh tentang Catatan perjalanan dari salah seorang teman ibu Siska.

Juga dari hipwee tentang traveling. Dan inilah link nya: https://wiediesta.wordpress.com/2019/12/07/arigato-tokyo/

https://www.hipwee.com/travel/mengintip-sejarah-budaya-batak-di-t-b-silalahi-center-balige-tobasa/


1.       Artikel Informatif

Ragam nonfiksi berikutnya adalah Artikel informatif yaitu tulisan yang berisi informasi tentang suatu hal yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca. Isinya murni informasi. Dalam bahasa populer sering disebut "artike feature". Contohnya Lenovo. Maka diceritakan kelebihan dari perangkat tersebut.

Berikut contoh tentang artikel informatif bersama gerak bareng tentang relawan.



      Best practise

Ragam nonfiksi yang terakhir adalah Best Practice, yaitu tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya dibuat oleh para pendidik atau mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan. Selain sebagai lesson study, produk tulisan best practice dapat juga menjadi masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan.


Demikian yang perlu sampikan tentang materimenulis ragam nonfiksi,semoga bermanfaat selamat mencoba dan berkarya.


Terakhir bahwa kemampuan menulis kita berbanding lurus dengan kemampuan membaca. Makin banyak baca maka akan makin banyak juga kosa kata yang kita punya. Selain itu kita juga belajar bagaimana membangun tulisan/karya. Dengan demikian kita akan lebih lancar menulis.

Slam literasi salam guru blogger Indonesia




5 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca