Cari Blog Ini

Minggu, 02 Agustus 2020

Cara Menulis Buku Best Seller

 Cara Menulis Buku Best Seller





Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I 

Malam ini  Jum’at 31 Juli 2020, kelompok  13 guru menulis akan mendapatkan materi  dari Bapak Encon Rahman seorang guru muda berprestasi dari majalengka yang  biasa di panggil dengan kang Encon.

Kang Encon Rahman  lahir di Majalengka pada tanggal 5 April 1972. Setelah beliau lulus Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Majalengka, beliau merantau ke Bandung dan bekerja sambil kuliah di Universitas Pasundan Bandung Fakultas Pendidikan dan Keguruan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah menyelesaikan pendidikan di Unpas, tahun 2002 beliau melanjutkan menjadi santri di pesantren Darut Tauhid pimpinan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).   Selama enam tahun beliau di pesantren DT, Bapak Encon berkarya pada program Misykat Lembaga Dompet Peduli Umat (DPU) DT.

Kecintaannya pada bidang sosial-pendidikan mendorongnya untuk berkiprah pada tenaga pendidik dan kependidikan. Pada tahun 2006 Encon Rahman tercatat sebagai Guru berstatus PNS yang ditempatkan di Kabupaten Majalengka. Sebagai guru muda Encon Rahman terus berkarya dan berkarya. Pada tahun 2012 ia menjadi Juara III Kreativitas Guru tingkat Nasional dan juara II “Simposium Nasional Program BERMUTU” tingkat Nasional. Pada tahun 2013 Ia menjadi Juara Harapan I Forum ilmiah guru (FIG) SD Tingkat Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, tahun 2014 ia menjadi Finalis  Inovasi pembelajaran (INOBEL) tingkat nasional untuk jenjang SD. Pada Tahun 2015 Finalis “Anugerah Mahkamah Konstitusi Guru PPKn” Kelompok SD Tingkat Nasional dan juara I tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2016 Juara I guru berprestasi tingkat nasional dan Guru Inspiratif Jawa Barat “Anugerah Een Sukaesih Awards 2016”. Pada tahun 2017 Encon Rahman mendapat penghargaan sebagai guru internasional dari Princess Maha Chakri Awards (PMCA) Kerajaan Thailand. Pada tahun 2018 ia pun mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai guru berprestasi di bidang Pendidikan.

Adapun karya yang sudah dipublikasikan antara lain, (1) Menulis 500 berupa cerita pendek, artikel pendidikan dan puisi ke surat kabar / majalah lokal dan nasional. (2) Menulis 6 buku pelajaran untuk Sekolah Dasar, (3) Menulis 2 buku sosial (4) Menggambar 150 kartun di surat kabar/majalah (5) Menulis Penelitian Tindakan Kelas setiap tahun dan dipubliksikan di jurnal ilmiah.

Dari berbagai prestasi yang diperoleh Encon Rahman bisa keliling ke luar negeri dengan gratis, yakni bisa melaksanakan ibadah Umroh, Mekkah tahun 2015, Studi Singkat ke Melbourne, Australia tahun 2016, Perjalanan ke Singapur tahun 2017, Melaksanakan Ibadah Umroh kedua kalinya, Mekkah tahun 2017, dan Menerima  penghargaan Princess Maha Chakri Awards dari Kerajaan Thailand, Bangkok tahun 2017.

Tahun ini beliau terdaftar sebagai pengawas sekolah dengan rekomendasi karena guru berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Materi malam ini adalah tentang enam (6) kiat cara menulis buku best seller. Adapun tiga tujuan menulis buku antara lain:

1.      Mengembangkan budaya literasi (Karya Bersama atau antologi)

Menulis untuk  mengembangkan budaya literasi atau untuk pribadi maka membuat buku secara bersama-sama yaitu satu Buku ditulis oleh 20 orang 15 orang atau 30 orang. Di dalam proses ini biasanya penerbit itu menerbitkan buku terkait dengan teknologi yang ada beli langsung oleh para penulisnya Sedangkan untuk penjualan untuk penjualan antologi menurut penerbit Andi di grup ini pernah bercerita bahwa agak susah kalo menjual tentang antologi buku kroyokan kerjakan lebih cenderung sebagai buku koleksi buku pribadi yang notabene bisa mengembangkan budaya literasi ini sangat baik sekali

2.      Untuk kenaikan tingkat

Buku untuk kenaikan pangkat bisa  buku solo,karya Bersama,PTK,Best Praktice,Diktat.

Menulis buku untuk kenaikan pangkat sudah ada pedoman. Hal ini merupakan salah satu upaya pengembangabn Publikasi Ilmiah.

3.      Untuk finansial/menghasilkan uang

Menulis buku ini ya memang untuk  menghasilkan uang tidak salah jika  memang menulis buku untuk mencari penghasilan,dari buku artikel  atau sebuah karya ilmiah atau penelitian  yang bisa di anggap firal apalagi laku di pasaran. Gol seorang penulis yang  hebat karyanya banyak di nikmati banyak orang.  ini termasuk sudah level tinggi  dan di tervbitkan oleh penerbit mayor. Output dari suatu karya yang bisa di nikmati oleh msyarakat.

Seperti saat ini misalnya  tentang covid-19. Menulis obat yang paling mujarab  untuk penyembuhan covid -19. Hasil penemuannya akan dinikmati oleh orang banyak dan pasti akan laku di pasaran saat ini.

Adapun jenis-jenis buku pendidikan yang dinilai dalam kenaikan tingkat, antara lain:

1.      Karya Bersama

Buku karya bersama adalah buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh 4 orang penulis. Dengan ketentuan nilai angka kredit yaitu 40% untuk penulis utama, dan 20% untuk penulis pembantu.

2.      PTK dan Bes practice

Adalah sebuah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Angka kreditnya 4 jurnalilmiah 3

3.      Tulisan Ilmiah Populer ( artikel)

Artikel populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, dst) yang menyangkut bidang pendidikan. Denngan ketentuan angka kredit yaitu 2 untuk tingkat nasional (Kompas, Media Indonesia) dan 1,5 untuk tingkat propinsi (Radar, tribun, majalah Geliat Gemilang)

4.      Tulisan Hasil Penelitian

5.      Buku Teks Pelajaran

Buku yang berisi pengetahuan untuk bidang ilmu tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. Adapun untuk ketentuan angka kredit adalah 6 untuk buku teks pelajaran lolos BSNP, 3 untuk buku yang dicetak penerbit ber-ISBN, dan 1 untuk buku yang dicetak penerbit tidak ber-ISBN.

6.      Buku Pengayaan

7.      Buku Pedoman Guru

Adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru, yang terdiri dari:

a.       Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi pesserta didik.

b.      Rencana pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Adapun angka kreditnya adalah 1,5.

8.      Modul/ diktat Pelajaran

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.

 Diklat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/ memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapaun ketentuan angka kredit adalah 1,5 untuk modul yang digunakan di tingkat provinsi, 1 untuk modul yang digunakan di tingkat kabupaten/ kota, dan 0,5 untuk modul yang digunakan di tingkat sekolah.

9.      Buku Pendidikan

Buku dalam bidang pendidikan adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Buku ini harus bermanfaat untuk guru dan siswa. Adapun ketentuan angka kreditnya adalah 3 untuk penerbit yang ber-ISBN dan 1,5 untuk yang belum ber-ISBN. Bisa makro , mikro atau satuan pelajaran. Harus sesuai dengan satpel kita atau outobiografi kita sebagai pengajar.

10.  Buku Terjemahan .

Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah kebahasa Indonesia atau sebaliknya dari bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Adapun ketentuan angka kreditnya yaitu 1.

Buku Best Seller

Buku best seller adalah buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan. Kriteria best seller adalah penjualannya mencapai 30-50 ribu buku pertahun serentak di toko buku.

6 Cara Menulis Buku Best Seller

1.       Menulis buku 2 jam x 10 hari itu lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2  hari.

Artinya istiqomah dalam menulis itu sangat penting

2.      Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis.

Artinya untuk menambah/ meningkatkan bobot tulisan kita.

3.      Menulis buku lebih nyaman disepertiga malam atau pagi hari antara pukul 03.00-06.00 WIB. Sebab pada pagi hari pikiran kita masih fresh, sehingga mudah mengeluarkan ide. Pada umumnya ketika kita bergaul antara jam 3 sampai jam 6 itu saat-saat yang penting dalam menulis apa namanya harapan reseller.

Sebab pada pagi hari pikiran kita masih fresh, sehingga mudah mengeluarkan ide.

4.      Menulis buku harus seizin suami/ istri.

Sebab ridlo Allah ada pada ridlo orang tua dan ridlo Allah ada pada ridlo suami. 

5.      Sebelum menulis buku, dianjurkan memiliki wudhu agar tulisan kita mempunyai ruh.

Seperti yang sering dilakukan oleh para ulama para Kyai para sahabat Rasulullah pada saat menulis Kitab buku-buku,  mereka pada umumnya ketika meneliti atau mau menulis buku itu selalu memiliki wudhu.

 Dengan begitu kita akan dimudahkan oleh Allah dalam menulis dan tulisan kita akan bermanfaat untuk orang lain. Selain itu umur tulisan kita akan lebih panjang dari umur kita.

6.      Menulis resume buku karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang sedang kita tulis.

Maksudnya ketika kita mandek dalam menulis buku, maka carilah buku yang sejenis dengan apa yang kita tulis. Kemudian kita buat resumese hingga akan membantu kita untuk mengembangkan ide.

 

Pengertian Resume,Ringkasan,Rangkuman, dan ikhtisar

Resume adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja.

Ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri.

  

Langkah-langkah menulis resume antara lain: 

1.       Membaca buku

2.       Menemukan gagasan pokok

3.       Menuliskan kembali gagasan pokok  secara berurutan

4.       Menulis resume yang singkat dan padat.

5.       Mempublikasikan resume.

 

Kesimpulan 

Jangan takut salah saat menulis, tetapi takutlah tidak bisa memperbaiki kesalahan. Walaupun kita pemula tetap menulislah karena nanti akan ada mentor yang akan membantu. Motivasi dalam menulis buku adalah untuk mencari ridlo Allah SWT, supaya ada ruh dalam menulis buku dan bisa menjadi amal jariah.

 

Al-hamdulilah banyak ilmu yang kita dapat dari pertemuan ini semoga bermanfaat.

Salam literasi salam guru blogger Indonesia

Gunungkidul 2 Agustus 2020

7 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca