Cari Blog Ini

Senin, 29 November 2021

Kuraih Kemenangan

Kuraih Kemenangan



Tambahan pelajaran bagi siswa Sekolah Dasar tempat aku menimba ilmu aku ikuti. Ada beberapa tambahan pelajaran atau les wajib yang perlu di ikuti siswa.Di antaranya les Menari, Olah raga, Drumband, Hadroh dan juga BTA( Baca Tilis Al-quran). Selain les Olah Raga aku ikut les BTA. Aku sangat ingin mahir dalam membaca Al-Quran, bahkan aku bermimpi untuk bisa ikut ajang lomba MTQ yang setiap tahun di adakan.Senang melihat teman-teman yang ikut lomba dan meraih kemenangan.

Les BTA diadakan seminggu sekali di hari Rabu, les wajib yang harus di ikuti seluruh siswa ini dibagi menjadi dua kelompok di setiap kelas. Kelompok pertama diperuntukkan  siswa yang sudah bisa membaca Al-Quran sedang kelompok kedua bagi siswa yang masih Iqro'. Aku termasuk ke kelompok dua. Di awal mengikuti les tak jarang aku mendapat ledekan dan hinaan teman-teman.

"Hai, Ron. Kamu tuh kenapa sih susah banget membaca iqro, mosyok sudah kelas 4 itu-itu aja, ga naik tingkat. Harusnya kan kalau kelas 4 sudah bisa membaca Qur'an," ledek Saiful.

Aku hanya tertunduk malu dan diam seribu bahasa. Namun sahabatku Deni selalu membelaku.

" Iful, iful. Kenapa juga kamu yang repot urusi Roni bisa baca Quran apa tidak, harusnya kamu yang sudah bisa tu ajari dia," balas Deni.

" Sudah,Den. Jangan dengarkan Saiful. Toh aku memang lambat belajar Al-Qurannya," ucapku.

"Kamu aja ,Den yang ajari Roni ya, aku sibuk banyak urusan." Dengan gayanya yang sok. Saiful pun berlalu.

Beruntung guru yang mengampu les BTA sangat sabar membimbingku. Aku sekalu ikuti les dengan rajin, aku harus bisa membaca Al-Quran sebelum aku naik kelas lima. Di kelas lima sudah harus banyak setoran hafalan surat-surat pendek. Aku tak boleh tertinggal dengan teman-teman.

Setiap sore di Mushola dekat rumahku selalu ada kegiatan mengaji. Akupun mengikuti agar saat BTA di sekolah aku makin lancar membaca. Ada banyak peningkatan yang aku dapati setelah setiap hari ikut bergabung untuk mengaji di Mushola. Selain membaca iqro di Mushola tersebut ada tambahan hafalan surat-surat pendek. Hafalanku mulai tambah. Aku sangat senang sekali. Pernah di Mushola di adakan lomba menghafal aku dapat juara satu. Walau aku belum bisa membaca Al-Quran namun hafalanku sangat bagus. Itu kata guruku. Aku sering mendengarkan murotal yang di putar kakakku di rumah. Dengan mendengar setiap hari murotal itu maka hafalanku semakin bagus.

Saat di rumah ada waktu senggang aku gunakan untuk meminta kakakku mengajariku. Aku berjuang melawan rasa malas dan keinginan untuk bermain bersama teman-temanku. Ibuku selalu memintaku untuk rajin belajar dan mengaji. Jika Ibu sudah longgar dalam menyelesaikan pekerjaanya Ibu selalu berusaha untuk langsung mengajariku.

Sakit panas dan deman yang sering aku alami di saat kelas dua dulu membuatku terlambat untuk belajar Al-Quran. Berkat kesabaran Ibuku dan nasehatnya aku bisa mengejar teman-teman seusiaku.

Kini setengah semester telah kulalui di kelas 4, aku sudah bisa menamatkan jilid 6 belajar Iqro’. Aku sangat senang kini sudah bisa membaca Al-Quran, walau belum lancar namun aku akan terus membaca dan belajar. Tiap pada event lomba akupun ikuti walau di awal aku kurang percaya diri namun berkat dukungan dari Ibu guru dan juga temanku Deni serta orang tuaku, aku pun bisa mencapai kemenangan.  Saat lomba tahun ini aku juara 1 lomba hafalan tingkat kecamatan dan akan maju ke tingkat kabupaten.

“Selamat, Ron atas capaian yang kau raih. Tetap semangat sahabatku. Semoga di tingkat Kabupaten kamu juga memperoleh kemengan,” ucap Deni.

“Terimakasih, Den. Berkat kamu juga aku bisa menang dalam lomba ini,” jawabku.

“Sama-sama, Ron. Buktikan kamu bisa kawan,” pecutan semangat dari Deni selalu mampu buatku tambah semangat.

“Siap, Bos… sambil tangan kami kepalkan, aku dan Deni sangat bersemangat. Sementara Saiful tiba-tiba datang dan tak lagi mengejekku. Dia juga mengucapkan selamat padaku. Kami tersenyum bersama.


 #CerpenAnakKerjakeras

#AiseiNovemberChallenge

#OnedayOneStory

Gunungkidul, 30 November 2021


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca