Cari Blog Ini

Kamis, 02 Juli 2020

Tips Membuat Konten Pembelajaran yang Menarik Di Youtube


 kamis,2 Juli 20220

Tips Membuat Konten Pembelajaran yang Menarik Di youtube


Oleh : Sumarjiayti,S.Pd.I

Untuk yang pertama di grup baru belajar menulis di gelombang 13 mendapatkan ilmu tentang bagaimana kita membuat konten-konten pembelajaran yang menarik di youtube.Paman Apik membagikan chanel youtube beliau.


3 langkah menjadi youtuber sukses berikut ini.
1.      Mulai langkah kecil dengan rencana maraton.
2.      Produksi video mudah dan berkualitas dengan tiga tipe: hub, help, dan hero
3.      Konsisten improvement.

Mulai langkah kecil dengan rencana maraton
Banyak yang salah mengira bahwa jadi youtuber bisa menghasilkan uang banyak dalam waktu singkat. Nyatanya kurang dari 10% youtuber yang bisa menghasilkan uang lumayan. Maka lebih dari 90% gagal dan kecewa jadi youtuber.
Langkah kecil dan berpikir jangka panjang menjadi penting untuk sukses sebagai youtuber. Paman Apiq memulai jadi youtuber bulan Juli 2008 dimana akses internet di Indonesia masih lambat. Pun tidak ada monetize, tidak ada pendapatan uang sebagai youtuber.

Beliau menjadi youtuber saat itu dengan misi ingin menyebarkan ilmu matematika di dunia pendidikan. Tidak terpikirkan sama sekali menghasilkan uang dari youtube. Bahkan di Amerika sendiri tahun 2008 belum ada monetize dari youtube. Sehingga semua youtuber saat itu memang idealis termasuk saya, paman apiq, dengan canel utama saya youtube.com/edujiwa .

Baru tahun 2010, kabarnya, youtube Amerika mulai monetize sehingga youtuber Amerika dan beberapa negara tertentu bisa menghasilkan uang. Paman Apiq dapat email dari youtube, seingat beliau, bulan Desember 2012 bahwa videonya terpilih sebagai salah satu video Indonesia yang berhak untuk monetize. Video yang dimaksud adalah video beliau mengajarkan konsep matematika tentang perbandingan berbalik nilai yang kreatif.

Paman Apiq berpikir untuk mencoba sesuatu yang baru maka 1 video matematika itu beliau ijinkan untuk monetize. Berikutnya youtube mengirimkan petunjuk lanjutan yang kira-kira isinya bahwa lebih banyak video yang bisa dimonetize lagi.

Sampai di sini tidak ada masalah finansial bagi Paman Apiq. Karena beliau memang bertujuan dalam jangka panjang ikut berbagi ilmu matematika melalui youtube. Banyak siswa dan guru (serta orang tua) yang merasa terbantu oleh video beliau. Itu lebih dari cukup memberi rasa bahagia bagi sesama.
Dengan rencana jangka panjang untuk ikut memajukan pendidikan di Indonesia melalui youtube maka saya bisa bertahan dan terus berkembang sebagai youtuber sampai tahun 2019, 11 tahun lebih 1 bulan. Sebagai efek sampingnya ada penghasilan pula dari youtube semacam passive income.
Kesalahan youtuber pemula adalah mereka mengira bisa menghasilkan uang banyak dari youtuber dalam waktu 1 sampai 3 bulan. Ketika mereka menjalani sampai 3 bulan tidak menghasilkan pendapatan sesuai harapan maka bisa bubar semua rencana.
Solusinya adalah langkah kecil dengan rencana maraton jarak jauh jangka panjang.

Berbagi pengalaman sebagai youtuber
Pengalaman beliau sebagai youtuber selama 11 tahun mengajarkan banyak hal tentang maraton jarak jauh. Tahun 2008 youtube tidak memberikan dolar sama sekali. Tahun 2012 mulai monetize tetapi penghasilan dari youtube masih kecil tidak lebih dari 10 dolar per bulannya. Tahun 2016 beliau melihat ada lonjakan pendapatan dari youtuber Indonesia termasuk saya. Dan tahun 2018 adalah tahun paling menakjubkan pertumbuhan revenue dari youtube. Dan tahun 2019 semoga menjadi lebih baik lagi.

Meski awalnya youtube tidak memberi keuntungan langsung secara finansial tetapi youtube memberi banyak dampak positif. Orang Indonesia jadi mengenal matematika kreatif APIQ dari youtube. Media massa cetak mau pun televisi memberikan liputan gratis APIQ setelah mencermati konten APIQ di youtube. Siswa dan guru bisa belajar matematika asyik kapan saja melalui saluran youtube APIQ. Dan masih banyak dampak positif lainnya.
Terakhir untuk sukses sebagai youtuber. Maksudnya dengan trik pamungkas ini dijamin Anda akan sukses jadi youtuber. Masalahnya adalah pada konsistensi dan waktu.

Trik awal: memulai jadi youtuber dengan rencana maraton. Artinya meng-upload video setiap hari bahkan kalau bisa dalam sehari sampai 3 video. Untuk itu lakukan tiga Langkah Sukses Youtuber.

Trik menengah: memproduksi video konten dengan mudah dan berkualitas sudah saya bahas pada tulisan kedua. Silakan membaca dengan klik tautan berikut ini: Tip Memproduksi Video.

Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di bagian tulisan ini.Gunakan Langkah-langkah berikut :
1.      Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
2.      Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
3.      Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
4.      Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
5.      Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
6.      Buat video lagi sesuai analytic.
7.      Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Lebih detil dari 7 trik terakhir youtuber di atas mari kita diskusikan di bawah ini. Paman Apiq  menambah dengan beberapa contoh pengalaman pribadi beliau sebagai youtuber.
Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.
Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan sPaman Apiq sendiri berusaha untuk menghindari edit video.

Cara menghindari edit vidio
Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.
Lupakan editing. Matangkan persiapan.
Menurut beliau Persiapan yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!

Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.

Paman Apiq  mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah bukan cara yang hebat dan sulit. Maka beliau buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video beliau isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.

Cara murah dan efisien memproduksi video menurut Paman Apiq adalah:
1.      Siapkan desain ppt
2.      Buka dengan Polaris
3.      Rekam dengan mobizen
Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.

Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.

Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?
Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.

Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?
Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.
Penonton Paman Apiq berminat dengan tema jarimatika. beliau buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.
Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka beliau buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.

Mengapa jadi youtuber?
 Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.

Kesimpulan
Menjadi seorang youtuber itu adalah pilihan untuk berbagi ilmu kepada sesama sehingga ilmu kita jadi bermanfaat. Jangan fikirkan finansial namun luruskan niat untuk berbagi insyaAllah finansial akan mengikuti. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia.
Bagaimana menurut Anda?       
Selamat berkarya salam guru Blogger Indonesia

18 komentar:

  1. Mantap Bu...


    Salam literasi.. 😊🙏

    BalasHapus
  2. Terimakasih buk..salam literasi..saya dr gelombang 8 buk..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih ibuk..salam knal...

    BalasHapus
  5. Mantul dan sgt bermanfaat bu atuk. Trims

    BalasHapus
  6. Mantap,tertarik nenjadi youtuber,monggo bu Atik, hehehe

    BalasHapus
  7. Keren bunda. Makasih infonya

    BalasHapus
  8. Keren bunda. Makasih infonya

    BalasHapus
  9. Salam Hangat dari saya, Resumenya super bu..

    BalasHapus

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca