Cari Blog Ini

Selasa, 07 Juli 2020

Pembukaan Program Desiminasi TOT Guru Inovatif Angkatan 2020

Pembukaan Program Desiminasi TOT Guru Inovatif Angkatan 2020





Oleh : Sumarjiyati,S.Pd.I

Hari senin tanggal 6 Juni 2020 ,pembukaan Diseminasi secara resmi di seluruh Indonesia pada pukul 13.00 di Jakarta oleh Bapak Obert Hoseanto dari Microsoft office.
Ketika covid-19 melanda di negri ini bahkan di seluruh penjuru dunia.Seluruh dunia bergerak agar dunia Pendidikan selalu siap untuk menghadapi segala tantangan.Kita di hadapkan sesuatu yang mau tidak mau kita harus siap dan tidak bisa di hindari dan ini merupakan tantangan di seluruh dunia.
Program yang sangat mendadak ini target di ikuti oleh 1 ribu orang guru  namun dalam waktu satu minggu sudah  mencapai 7 ribu guru yang terdaftar sehingga belum habis waktu pendaftara selaesai sudah di tutup karena pendaftar sudah melebihi quota. Sangat luar biasa ternyata banyak para guru yang berminat untuk kegiatan peningkatan kompetensi ini.

Kegiatan ini tanpa di pungut biaya apapun dan nanti setelah kegiatan selesai peserta akan mendapatkan sertifikat jiapeserta mampu melalui tahapan-tahapan kegiatan. Yang terpenting bukan sertifikat namun ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi diri sebagai guru .
Peserta Microsoft office ini  di ikuti seluruh guru di Indonesia dan juga guru-guru Indonesia yang  bertugas di liuar negeri yaitu sekitar 200 orang dari 13 negara. Hal ini adalah bagian sejarah yang sangat luar biasa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi. Berbagi hal positif untuk peningkatan dunia Pendidikan khususnya.
Sejauh ini walau tanpa persiapan  yang sangat lama yang harusnya di siapkan sekitar 3 bulan atau bahkan sampai 6 bulan tapi hanya di perlukan waktu 1 bulan dan sudah terisi.Artinya potensi guru Indonesia sebenarnya sangat luar biasa.Harapan kedepan setelah mengikuti pelatihan ini para guru mampu berbagi .Untuk hal keamanan  di tanggung  karena telah mengikuti standar dunia. Jadi tidak perlu di kwatirkan.


Untuk mengembangkan  Pendidikan di Indonesia maka kita akan beralih ke pembelajaran digital toh walaupun terpaksa ternyata kita semua bisa melakukannya.
Tahun ajaran baru  jatuh pada tanggal 13 Juli kita pun mau tidak mau harus siap menghadapi new normal Hal ini di butuhkan para guru yang mampu berinovatif. Kenyataanya  komunitas guru inovatif masih tidak sebanding dengan  jumlah guru di seluruh Indonsia.

Bagaimana keadaan guru-guru yang berada di pelosok negeri ini,kebanyakan mereka masih minim ketersediaan perangkat. Hanya ada beberap mereka yang sekolahnya mendapatkan bantuan  dari kementrian dengan membagikan perangkat computer terkait UNBK.Sebenarnya perangkat itu boleh juga untuk pembelajaran sehari-hari.Rusak tidak apa-apa jika digunakan dari pada rusak namun jarang bahkan tidak pernah di pakai.

Bagaiman guru mendesain pembelajaran agar mampu mengakomodir apalagi pelajaran  di sekolah saat ini keadaan yang tidak  kondusif. Yang tidak memungkinkan siswa dan guru bisa bertemu dan belajar bersama secara langsung.Yang terpenting adalah  apa saja yang harus di kuasai oleh peserta didik sesuai dengan usia mereka jangan harus menyelesaikan 1 buku pelajaran,tidak harus bisa ini itu jangan buat mereka stress. Berikan satu tugas pada siswa yang dapat di selesaikan dalam jangka waktu tertentu seminggu misalnya.

Apalagi kondisi belajar di rumah yang tidak memungkinkan dalam satu rumah hanya terdapat satu perangkat saja yang dapat digunakan oleh seluruh keluarga atau mungkin keadaan rumah yang sempit yang di huni oleh beberapa anggota keluarga dan tidak memiliki ruangan khusus untuk dapat belajar dengan baik.Tentu saaja hal ini di butuhkan peran orang tua untuk bisa membantu anak dalam menyesaikan tugasnya.Orang tua bisa mendesain untuk pembelajran anak-anaknya.
Orang tua di kirim materi oleh guru selama seminggu,orang tua yang menyiapkan agar ada bukti tentang tugas yang di kerjakan oleh siswa.Hal ini akan menjadi motivasi bagi guru dan siswa.Konten di buat untuk guru dengan daring namun bisa didesain agar kedekatan emosinya antara guru  dan siswa bisa tetap terjalin hubungan emosiaonal. Sehingga peran guru masih snagat di butuhkan walupun pembelajaran secara jarak jauh.

KEGIATAN HARI PERTAMA DISEMINASI KKGPAI1

Ibu bapak GPAI Hebat yang selalu semangat, pada kesempatan ini juga pada pukul 09.00-11.00  diadakan pertemuan perdama tentang materi micrisoft office.Untuk materi pertama yaitu pengenalan tentang mirosoft office 365
Para guru-guru PAI di kelompok 1 ini terdapat 49 guru, kami sudah berusaha untuk mengikuti kegiatan
dengan baik akan tetapi karena terkendala jaringan jadi mengalami trouble.
Pertama, tadi pagi kami telah mendapatkan sedikit informasi mengenai dasboard office 365
yang bisa di gunakan fasilitasnya.
1. Untuk masuk dashboard office 365 caranya tulis di browser portal.office.com
kemudian sign in dengan akun bapak ibu. Nanti akan masuk dashboard office 365.
2. Untuk mengganti foto profil klik akun pojok kanan atas kemudian klik my office
Profile.
3.Ganti foto profil sesuai yang diinginkan
Kemudian tadi kita mencoba untuk membuka Microsoft Educator Center (MEC). MEC
adalah pusat pendidik microsoft yang didalamnya kita bisa mendapatkan fasilitas untuk
kursus aplikasi microsoft secara gratis. Tentunya membutuhkan koneksi internet karena
microsoft 365 semua berjalan online.
Cara untuk membuka MEC adalah:
1. Ketik di browser education.microsoft.com kemudian sign in di pojok kanan atas
dengan akun yang dimiliki.
2.Di MEC kita bisa memilih kursus yang kita inginkan. Semuanya gratis dan untuk bisa
mendapatkan badge kita harus menyelesaikan kursus yang kita ambil
3.Kita dapat mengecek pencapaian kita melalui profil. Caranya klik pojok kanan atas di
MEC kemudian pilih my profile
4. Kemudian untuk memasukkan redeem code klik pojok kanan atas di akun kemudian
pilih redeem code. Masukkan kode reedem. Reedem code untuk memasukkan badge
dari pelatihan yang dijalankan diluar MEC seperti diseminasi yang dilakukan
sekarang.
Demikian sedikit resume dari kegiatan di hari pertama. Semoga dapat
bermanfaat terutama bagi teman-teman yang tertinggal karena masalah jaringan. Terima
kasih. Tetap Semangat belajar!!

Salam literasi salam guru blogger Indonesia

15 komentar:

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca

Tips Tulisan yang di Lirik Pembaca